Jan 232018
 

Helikopter tempur ringan LCH buatan HAL, India. ©Venkat Mangudi

JakartaGreater.com – Di bawah program Make In India, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah melakukan serangkaian pengujian pada Light Combat Helicopter (LCH), di lansir dari laman Times of India. (22/1/2018)

Uji kemampuan serang dilaksanakan di Pokhran Field Firing Range di Jaisalmer, India.

Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO), Angkatan Udara India dan ilmuwan HAL sedang mengawasi proses pengujian tersebut untuk memverifikasi berbagai parameter pada LCH.

Menurut informasi dari sumber terpercaya, pengujian ini telah berlangsung selama satu pekan terakhir dalam kondisi iklim gurun pasir. Kemampuan karakteristik tembakannya dinilai dari ketinggian yang bervariasi. Percobaan serupa sebelumnya telah diadakan di Siachen.

Meskipun LCA adalah helikopter ringan berbobot 5,5 ton, namun merupakan platform tempur serbaguna, helikopter ini adalah helikopter serang yang dipergunakan melawan tank musuh, kendaraan lapis baja pengangkut personel, pesawat terbang yang lamban, kapal perang permukaan dan bahkan kapal selam.

Helikopter ALH Rudra buatan India. ©HAL

LCH juga dapat digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan serta pengawasan. LCH ini berbeda dengan versi tempur ALH Rudra, karena Rudra bisa membawa tentara dan memiliki senjata untuk mendukung perannya, LCH memiliki peran serangan murni dengan kemampuan manuver, kelincahan dan lapis baja dan senjata yang lebih baik.

LCH memiliki tingkat pendakian yang lebih baik, lebih siluman dan aerodinamika yang lebih baik daripada ALH Rudra dan bisa berfungsi sebagai gunship.

Sumber HAL mengatakan bahwa LCH 5,8 ton ini dipersenjatai dengan turret senjata 20 mm, roket 70 mm dan dapat dilengkapi dengan peluru kendali (rudal).

Bagikan :

  21 Responses to “Helikopter LCH “Make in India” Sedang Diuji”

  1.  

    Saingannya Tiger yg dr konsorsium Eropa.

  2.  

    “Sempat Dikabarkan Dieksekusi Mati karena Skandal Video, Ia Malah Ditunjuk Pimpin Delegasi Korut”…

    Salah satu hoax yg disebarkan AS dan yg anti Korea Utara akhirnya terbantah…

  3.  

    PT.PINDAD kapan buat design sendiri? Gandiwa blm kedengaran perkembangannya!he3. Salut pd India.

  4.  

    Indonesia sudah bisa bikin semua, hanya kebutuhan utama rudal saja yg belum terealisasi…apakah 2018 ini ada satu saja rudal yg bisa tercipta? seperti yg Huha komenkan, roket beda dgn rudal, ruket sihh gampang, tinggal ngarahkan doang ke sasaran jadi dehhh, saya yakin, ilmunya sudah ada, nahhh untuk rudal ini perlu banyak belajar dgn teknologi.

  5.  

    INDIA AJA UDAH BISA BIKIN HELI SERANG SENDIRI. SEDANGKAN INDON BELOM BISA BIKIN HELI SERANG SENDIRI

  6.  

    lah iya, masa kita harus menunggu terancam… kaya india terancam oleh china dan pakistan…baru bisa mandiri dalam hal alutsista…gak harus langsung bisa bikin sendiri kan…

 Leave a Reply