Sep 272016
 

airshow-h6

Dunia penerbangan militer Kores Selatan kembali berduka, sebuah kecelakaan udara dilaporkan terjadi pada Helikopter angkatan laut Korsel yang jatuh di laut lepas pantai timur pada Senin (26/9) malam, saat latihan militer bersama dengan Amerika Serikat.

Pihak Militer Angkatan Laut Korsel memiliki 13 Helikopter jenis Lynx.

Pihak Militer Angkatan Laut Korsel memiliki 25 Helikopter jenis Lynx sejak tahun 1990.

Seperti yang dikutip AFP, Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengatakan, akibat jatuhnya helikopter tersebut tiga angkatan laut termasuk di dalamnya seorang pilot dilaporkan hilang.

Helikopter anti kapal selam jenis Lynx tersebut sempat mengirimkan sinyal bahaya sebelum menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas dari kapal perang di Laut Jepang.

Seorang juru bicara kementerian setempat mengatakan, pesawat jatuh ke laut dan saat ini masih berada dalam pencarian. “Hari ini memang merupakan latihan gabungan angkatan laut untuk menampilkan dan menguji kekuatan militer terbaru North Korea’s fifth nuclear dalam menghadapi ketegangan di semenanjung,” papar sumber di kementrian pertahanan korsel.

Latihan tersebut juga melibatkan kapal perusak Amerika Serikat USS Spruance dan kapal perang Korea Selatan dan simulasi serangan terhadap tentara Korea Utara serta penahanan kapal selam.

Kecelakaan Helikopter jenis Lynx milik militer angkatan laut Korsel bukan kali ini saja. Sebelumnya Helikopter jenis yang sama pernah mengalami sebuah kecelakaan dan jatuh di kawasan lepas pantai barat daya negeri ginseng itu, pada Jumat, 16 April 2010.

AW159 Lynx Wildcat, Helikopter Andalan Angkatan Laut Inggris. Helikopter buatan Inggris ini telah banyak dipesan negara dunia.

AW159 Lynx Wildcat, Helikopter Andalan Angkatan Laut Inggris. Helikopter buatan Inggris ini telah banyak dipesan negara lain di dunia.

Dalam musibah Kecelakaan helikopter anti-kapal selam yang bernama lengkap Westland Lynx tersebut mengakibatkan satu penumpang dikabarkan meninggal dan tiga orang dinyatakan hilang. Penyebab insiden itu sendiri hingga kini masih misterius. Namun dua kapal angkatan laut kecepatan tinggi berhasil menemukan jasad satu dari empat penumpang helikopter naas itu.

“Helikopter Lynx anti-kapal selam menghilang Kamis setelah kehilangan kontak radar dengan pasukan patroli sekitar 14,5 kilometer di lepas pantai,” kata Yonhap mengutip para pejabat pertahanan (16/4/2010).

Menurut pihak militer Korsel helikopter ini berusia 11 tahun, kondisinya masih layak pakai dan cuaca saat kejadian dilaporkan dalam kondisi baik.

AL Korsel mengoperasikan 25 Lynx sejak 1990-an, termasuk 13 Super Lynx dengan peningkatan pada rotornya. Namun demikian, pengalaman buruk atas jatuhnya Helicopter Lynx sudah pernah dialamai pihak militer AL Korsel yakni pada tahun 1993 saat melakukan misi pengangkutan dekat Pohang, Provinsi Gyeongsang Utara.

Lynx merupakan helikopter lincah dan mampu membuat gerakan berputar (loops and rolls).

Lynx merupakan helikopter lincah dan mampu membuat gerakan berputar (loops and rolls).

Helikopter Lynx yang saat ini digunakan oleh angkatan bersenjata di lebih dari dua belas negara di dunia, dirancang oleh Westland Aircraft (sekarang bernama AgustaWestland) dan diproduksi di pabrik Westland di Yeovil.

Helikoter yang awalnya juga diproduksi untuk kepentingan sipil itu mulai dioperasikan pada tahun 1977. Pada Februari 1967, cikal bakal pembuatan helikopter dimulai dengan penandatanganan perjanjian dilakukan antara Inggris dan Prancis, perusahaan Perancis Aerospatiale diberikan bagian kerja dalam proyek pembuatan.

Lynx merupakan helikopter lincah dan mampu membuat gerakan berputar (loops and rolls). Pada sebuah penerbangan yang dipiloti Roy Moxam pada 1972, Westland Lynx mampu mencapai rekor 15 dan 25 km dengan kecepatan 321,74 km/jam.

Di negeri pembuatnya, angkatan bersenjata Inggris menggunakan Lynx untuk berbagai keperluan, termasuk pengangkutan taktik, pengiring angkatan bersenjata, pertempuran anti-kendaraan baja, pengintaian dan evakuasi.

Nama Lynx diambil dari nama seekor kucing liar yang ada di hutan Eropa. Kucing liar tersebut mempunyai tubuh lebih besar dari kucing rumahan pada umumnya. Kelincahan menerkam mangsa berupa burung yang mendasari filosofi pemberian helikopter tersebut dengan Lynx. (marksman/ sumber: metrotvnews.com dan tribunnews.com)

Bagikan:
 Posted by on September 27, 2016

  2 Responses to “Helikopter Lynx Anti Kapal Selam Korsel Jatuh, 4 Kru Hilang”

  1.  

    Kurang greget

  2.  

    Kurang greget

 Leave a Reply