Mar 222019
 

Helikopter serang Mi-28NM buatan Rusia © Dmitry Serebryakov via TASS

JakartaGreater.com – Helikopter serang Mi-28NM modern Rusia akan dilengkapi dengan rudal baru dengan jangkauan lebih dari 25 km, menurut sumber industri pertahanan Rusia seperti dilansir dari laman TASS pada hari Rabu.

Pada saat ini, jangkauan maksimum dari peluru kendali yang digunakan oleh helikopter tempur Rusia tidak lebih dari 15 kilometer.

“Sebuah rudal baru dengan nama kode ‘Article 305’, sedang dibuat untuk Mi-28NM. Itu dimaksudkan menghancurkan kendaraan lapis baja dan benteng beton yang diperkuat di siang dan malam hari. Jangkauan rudal akan melebihi dari 25 kilometer”, kata sumber itu. Dan menambahkan bahwa satu helikopter akan membawa hingga 8 rudal.

Perusahaan induk Russian Helicopters (afiliasi Rostec) saat ini terus meningkatkan dan menyempurnakan helikopter tempurnya yang diuji dalam aksi nyata di Suriah, kata kepala perusahaan, Andrey Boginsky.

“Ada lusinan perubahan semacam itu. Semua berbeda-beda dan menyangkut desain, senjata yang mereka bawa, sistem pertahanan onboard, sistem kontrol senjata dan kemungkinan menggunakan senjata terpadu yang identik dengan yang dibawa oleh Ka-52 maupun Mi -28N. Kerjasama yang besar perusahaan induk Rostec sedang berlangsung”, katanya.

Para spesialis militer menginginkan agar jangkauan senjata ditingkatkan dan parameter helikopter ditingkatkan, sistem dan komponen tertentu harus diduplikasi supaya waktu yang diperlukan untuk menyiapkan helikopter untuk terbang bisa berkurang.

Para spesialis di Russian Helicopters telah menanggapi banyak permintaan Departemen Pertahanan dengan merevisi desain helikopter dan tidak hanya untuk model masa depan, tetapi juga yang sudah dalam pelayanan.