Mar 272019
 

Penerbangan perdana helikopter masa depan, SB-1 Defiant © Sikorsky-Boeing

JakatyaGreater.com – Video memperlihatkan penerbangan perdana helikopter masa depan yang dikembangkan Sikorsky-Boeing SB-1 Defiant, yang mewakili pesawat sayap putar generasi baru di fasilitas Sikorsky di Pantai Palm Barat, Florida, AS, seperti dilansir dari laman Boeing pada hari Kamis.

Rekaman memperlihatkan SB-1 Defiant yang melayang disekitar lapangan terbang muncul di halaman resmi SB-1 Defiant, setelah lebih dari 15 bulan presentasi penerbangan pertama Bell V-280 Valor. Tes darat pertama SB-1, yang dapat melakukan pengiriman pasukan dan peralatan lebih cepat di medan perang, dilaksanakan pada bulan Februari.

Kedua helikopter tersebut memiliki karakteristik unik. SB-1 Sikorsky-Boeing berisi fitur luar biasa yang membedakannya dari helikopter konvensional karena dilengkapi sengan pendorong “pusher propulsor”.

SB-1 menghasilkan daya angkat dan stabilitas melalui penggunaan dua set rotor utama yang berputar berlawanan arah dan baling-baling pendorong, menghasilkan gaya dorong ke depan yang lebih cepat, sementara sebagian besar helikopter menggunakan rotor ekor untuk menstabilkan penerbangan dan rotor utama untuk mengangkat.

Sementara itu, pesawat tilt-rotor Bell V-280 Valor, pada gilirannya, memiliki desain yang mirip dengan V-22 Osprey.

Pesawat angkut vertikal V-280 Valor © Bell

Keduanya tengah bersaing dalam program “Future Vertical Lift-Medium” Angkatan Darat AS, yang bertujuan untuk menggantikan helikopter Sikorsky UH-60 Blackhawk dan juga AH-64 Apache yang ikonik. Pemenang dalam program ini bisa menjadi kendaraan untuk menggantikan helikopter tidak hanya di Angkatan Darat AS, tetapi juga di Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Penjaga Pantai AS.