Jul 012013
 
Helikopter Apache Longbow  AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)

Helikopter Apache Longbow AH-64D Belanda (photo: Paul Johnson)

Mabes TNI AD telah mengajukan tambahan anggaran khusus senilai Rp 6 triliun untuk pembelian sejumlah helikopter serang Apache dari Amerika Serikat beserta persenjataannya. ”Pemerintah Amerika Serikat sudah menyetujui pembelian helikopter Apache. Sekarang sedang proses negosiasi harga,” ungkap Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Semarang,(29/6/2013). “Harga satu unit helikopter Apache mahal senilai US$ 40 juta atau sekitar Rp 388 miliar. ”Saat ini tim khusus dari Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI AD, sedang melobi pemerintah Amerika Serikat mengenai harga helikopter Apache,” imbuhnya.

Rencana pembelian helikopter serang Apache diharapkan terealisasi, sebab dalam waktu dekat tim khusus Kementerian Pertahanan dan TNI AD akan melihat beberapa varian heli ini.

Menteri Pertahanan menjelaskan, rencana pembelian helikopter serang buatan AS dalam rangka membangun kekuatan pertahanan untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Beberapa negara di Asia seperti China dan Jepang sedang membangun kekuatan pertahanan di negara masing-masing. “Melihat kondisi seperti itu, kita juga mempersiapkan diri, tapi bukan untuk perang melainkan untuk menjaga kedaulatan RI,” ujar mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu.

Selain menjaga kedaulatan RI, rencana pembelian helikopter Apache merupakan bagian dari pembanguan kekuatan pertahanan untuk mengamankan sumber daya alam Indonesia yang berada di perbatasan dengan negara lain.

Helikopter Apache Longbow  AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)

Helikopter Apache Longbow AH-64D Belanda (photo: Paul Johnson)

AH-64D APACHE Block III LONGBOW Attack Helicopters (aviationnews.eu)

AH-64D APACHE Block III LONGBOW Attack Helicopters (aviationnews.eu)

Helikopter Serang Apache Longbow (4.bp.blogspot.com)

Helikopter Serang Apache Longbow (4.bp.blogspot.com)

Masih terkait dengan pengadaan helikopter, Menteri Pertahanan menerangkan, TNI Angkatan Laut juga menyiapkan helikopter anti-kapal selam yang bisa diangkut kapal perang, membuat armada perusak kapal rudal dan membangun kapal selam. “Alhamdulillah perekonomian Indonesia cukup baik sehingga sebagai dana bisa untuk kesejahteraan masyarakat dan membangun kekuatan pertahanan dalam menghadapai ancaman ke depan nanti,” katanya. Semua itu untuk membangun kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih handal.(JKGR).

  16 Responses to “Helikopter Serang Apache Terus Melaju”

  1. Skadron heli serang gado gado : rusia & amrik : si tank terbang mi 35 dan apache
    Jgn lupa hrs lkp persenjataannya!
    Payung udara tni ad lebih lkp klo arhanud dikasih rudal pertahanan jarak sedang/menengah + uav sendiri untuk melengkapi program:
    Mef 1:
    Leo + atross + caesar + mander + tarantula + nlaw + javelin ?+ anoa +mistral

  2. sekalian beli blackhawk pasti keren ,asal gak di embargo wae

  3. Jangan cuma membeli heli apache aja dong kalo bisa pemerintah mendukung dan mewujudkan riset helikopter Gandiwa PT.Dirgantara Indonesia. Sampai kapan kita akan tergantung kepada negara lain…???

  4. AH-64E Longbow + F-16 terbukti kombinasi mematikan melawan AD Iraq yg dibekali alutsista Russia. Saya kurang tahu apakah F-16 kita yang sedang di dressed-up (dipermak) di AS dipasangi alat komunikasi yang bisa transfer data dengan Apache Longbow. Radar Longbow Apache ini bisa mentracking paling sedikit 128 target sekaligus (? koreksi kalau salah angkanya) lalu merangking 16 top target. Ke 16 target ini diharapkan bisa diselesaikan oleh 16 missile Hllfire yg dibawanya. Data ke 128 target yg ditracking juga bisa ditransfer ke F-16, dan target yang belum dieksekusi Apache akan diselesaikan F-16. Ya Apache Longbow bertindak sebagai pesawat AEW&C mini. Kalau Apache ini tertembak jatuh maka posisi2 target yg sudah di deliver ke F-16 masih bisa diburu.

    Dalam serangan darat invasi AS ke Iraq 2003, awalnya 30 Apache Longbow “sendirian” melawan AD Iraq yg ternyata semuanya babak belur dalam perang kota, meskipun masih pada bisa pulang. Serangan Apache berikutnya melibatkan koordinasi dengan AU terbukti sukses, sehingga konvoi kekuatan darat AS bisa terus melaju utk menaklukkan Baghdad.

  5. boleh aj kalu mau beli ini.. tp baru yag.. jgn bekas mulu…

  6. Hebatnya Helikopter Serang Apache Longbow AH-64D bisa mengintai dari ketinggian yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, dan juga lebih aman dari serangan roket anti udara dari darat, Negara-negara seperti eropa mau memborong Apache karena sudah dijamin kehandalannya yang mampu memberikan efek daya gentar musuh, tembakan dari udara kedarat betul2 akurat dan sangat mematikan, saya rasa Indonesia wajib memiliki Helikopter serang seperti apache ini karena sangat berperan penting untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia.

    • Emang cuman Apache yg bisa gitu gan? Dari ketinggian berapa klo boleh tau.. Aman dari roket darat ke udara? Emang ada yg heli yg aman dari rudal SAM? SAM sekarang canggih2 lho gan, banyak diantaranya yg anti jamming dan nggak mudah dikecoh.. Keunggulan Apache yg ane tau cuman kemampuan nembakin missile sambil ngumpet dibalik bukit (itu juga klo pake konde), trus teknologi pada tangki bahan bakar yg bisa menutup luka dari tembakan peluru. Untuk yg lainnya kemampuannya sama dengan Attack helo yg lain.. CMIIW..

  7. Jangan berangan-angan terlalu tinggi, nanti sakit hati lho…kebijakan selalu berubah-ubah…gandiwa dibuat saja jangan cuma bisa buat prototipe, kalo cuma bisa buat yang prototipe ga usah digembar-gemborkan dulu bikin malu saja….

  8. namanya heli kopter pasti rentan terkena RPG ato SAM lainnya

  9. Mending beli S300 (payung udara dulu) atau SU 35 ngapain beli Apache yg muahaaal effect deterjen nya kurang , gampang ke hajar rudal plus gampang kena embargo .. kasiaan deh

  10. Saya setuju pembelian Apache ini, bila perlu langsung borong 1000 unit, soal uang gampang, jual aja pulau-pulau yang tdk terpakai dan ekspor aja artis2 yang bahenol ke Arab, ini tentu bisa menamvah anggaran pertahanan !!! Dengan Apache, Indonesia pasti jadi negara terkuat di dunia !!! Bravo Apache !!!

  11. Selamat datang AH-64 Apache di 2014 !!

    Hallo Bung Diego, mungkin bisa tayang lagi … menarik nih artikel terupdate hari ini ttg bocoran pengadaan AH-64 Apache dari ARC
    Beberapa intisarinya:
    1. Yang unik dan lain dari yang lain adalah, khusus heli serang ditulisnya jelas-jelas merek Apache (baris paling bawah di tabel). Dgn demikian menyingkirkan kemungkinan2 helos lain.
    2. Anggarannya dari 2014 sampai 2017 (milyar) = 3.043 + 2.902 + 3.192 + 3.671 = 12.808 milyar. Anggap dengan kurs dolar berbulan-bulan lalu 1 dolar AS = Rp 9500,-, maka sebesar 1,348 milyar US$.

    Prediksi saya yang akan datang kemungkinan bukan baru dgn fakta:
    1. TNI masih fokus ke jumlah (lihat case F-16, Leopard 2, ex Nakhoda Ragam, dll).
    2. Baik KSAD dulu dan KSAD sekarang (yang tadinya wakilnya) telah mengunjungi AS untuk melihat-lihat Apache. Tentunya yang dilihat barang yang sudah ada, bukan barang yang akan dibikin.
    3. Barusan Menhan bilang penginnya memiliki skuadron Apache. Tentunya ukurannya sekitar 18 unit, bukan 8 unit.

    Just info, untuk saat ini yg battle proven untuk menghancurkan sekian banyak sasaran bergerak di darat, apalagi kalau sasaran diam, semacam kendaraan lapis baja, mobile radar, SAM, dll memang lebih efektif Apache.

 Leave a Reply