Helikopter Serang Ringan (LCH) India Sukses Tembakkan Rudal Udara ke Udara

JakartaGreatre.Com – Helikopter Tempur Ringan (LCH) rancangan dalam negara India baru saja menyelesaikan tes peluncuran rudal udara ke udara.

Perusahaan HAL (Hindustan Aeronautics Limited), sang perancang helikopter LCH menyebutnya sebagai “tonggak unik” bagi helikopter yang merupakan hasil buatan secara mandiri di dalam negeri.

Tes penembakan dengan rudal udara ke udara tersebut dilakukan di area tes terintegrasi Chandipur di Odisha.

Helikoptetr LCH dirancang dan dikembangkan oleh Rotary Wing Research & Design Center (RWRDC) bagian dari HAL.

Helikopter LCH dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata India, dan menurut Pemimpin HAL – Madhavan ini adalah pertama kalinya helikopter buatan dalam negeri melakukan tes serangan dengan rudal udara ke udara.

Tahun alu, helikopter LCH menyelesaikan tes penembakan dengan senapan mesin 20 mm dan roket kaliber 70 mm.

HAL mengklaim LCH adalah satu-satunya helikopter serang di dunia yang mampu beroperasi di daerah ketinggian di lokasi gletser Siachen. Dilengkapi dengan helm pembidik target dan sistem penjejak inframerah, pilot LCH sekarang dapat mendeteksi dan menghancurkan target di darat ataupun di udara.

Dengan helmet mounted sight, pilot sekarang dapat meluncurkan rudal ke target tanpa harus memutar helikopternya untuk membidik, dan mampu menetralisir ancaman yang berupa pesawat udara tak berawak (UAV) dan pesawat terbang kecil lainnya.

HAL twitter

Tinggalkan komentar