Jul 122014
 
Helikopter yang jatuh itu disebut jenis helikopter tempur militer Pave Hawk

Helikopter yang jatuh itu disebut jenis helikopter tempur militer Pave Hawk

LONDON, KOMPAS.com — Sekelompok angsa liar menabrak sebuah helikopter militer AS saat tengah terbang di atas sebuah kawasan suaka di Inggris timur. Empat orang kru helikopter tewas dalam kejadian tersebut. Demikian penyidik militer menjelaskan, Rabu (9/7/2014).

Helikopter milik AU Amerika Serikat jenis HH-60 Pave Hawk, yang berbasis di pangkalan udara Lakenheath ini, jatuh di Norfolk pada 7 Januari lalu dalam sebuah latihan rutin.

Saat helikopter itu tengah mengudara, sekelompok angsa liar tiba-tiba beterbangan yang kemungkinan besar dipicu karena suara bising mesin helikopter.

Akibatnya, sekitar tiga ekor angsa menabrak kaca depan helikopter dan menembus masuk ke dalam kokpit, lalu langsung menghantam wajah pilot, kopilot, dan petugas penembak hingga pingsan. Demikian pernyataan Badan Investigasi Kecelakaan yang diterbitkan Angkatan Udara di Eropa dan Afrika.

Salah satu angsa itu juga membuat sebagian kendali helikopter tak berfungsi, di saat para kru helikopter tengah berlatih melakukan penyelamatan pada malam hari.

“Pingsannya pilot dan kopilot, ditambah rusaknya fungsi stabilisator helikopter, membuat helikopter itu bergerak tak terkendali,” tambah laporan itu.

“Akibatnya, helikopter itu kemudian jatuh sekitar tiga detik setelah ditabrak sekelompok angsa,” lanjut laporan itu.

Helikopter tersebut berasal dari Skuadron Penyelamat ke-56 AU Amerika Serikat, Wing Tempur ke-48, yang banyak dikenal dengan nama Wing Patung Liberty. Kesatuan ini adalah salah satu unit penting militer AS di Eropa.

Helikopter HH-60 Pave Hawk biasa digunakan dalam proses penyelamatan korban perang dan kerap digunakan untuk menolong kru udara yang jatuh di wilayah musuh.

Helikopter ini banyak digunakan di Afganistan, Irak, dan dalam operasi penyelamatan seusai hantaman Badai Katrina di New Orleand, AS, pada 2005. internasional.kompas.com)

  54 Responses to “Helikopter Tempur AS Jatuh Ditabrak Angsa”

  1. Lapor ndan….!!!

  2. Modaro

  3. 10 besar :3

  4. lumayan 10 besar…

  5. H?²H?²H?²H?²H?²H?²H?²

    coper vs angsa

  6. heli duel ma angsa … yg menang angsa, ide bagus … kita latih angsa tempur buat ngadepin heli musang

  7. Binatangpun ikut membenci kebiadapan usa, dg cara melakukan serangan kamikaze ala japan

  8. itulah kuasa tuhan…ada yg mau coba he he he…

  9. Lumayan sepulcher besar

  10. Maaf sepuluh besar

  11. Assalamualaikum …
    Selamat berbuka puasa …

  12. Emangnya ni helo terbang dgn kecepatan tinggi ya! Sampe2 si angsa tembus ke kokpit? Herman!!!

  13. ada2 saja heli si asu ini…

  14. Pilot, co pilot, gunner pingsan dihantam angsa? Binung bgmn bisa…

  15. konyol, masa kacanya pecah ditabrak angsa, kalah sama kaca bis

    • Jangan salah bung. Harus dilihat momentum benda yang menabrak pada saat moment of impact. Helo bergerak pada kecepatan berapa kilometer per jam. Walaupun benda itu “hanya” seekor angsa tapi dampaknya serius apabila menabrak pada kecepatan tertentu. CMIIW

  16. jiakakak 😀

    di dramatisir biar kagak tengsin, ngapa kagak bilang sekalean nyungsep gara sopirnya meleng liat cewek mandi di kali yah 😆

    bang broto semedi, bang erich..nurut pendapatnya cemana yg sebenere, monggo diulas..

    • ditabrak angsa hingga kaca pecah bisa menjadi alibi yang mendukung kenapa kecelakaan tersebut terjadi…

    • o,,o,,,kamu ketahuan tukang ngintip emak2 mandi haha @lare sarkem

    • klo menurut ane, si angsa nyang malang besar kemungkinan terhisap kedalam air intake ( lobang nyang dibawah kitiran itu loh, tapi bukan nyang diselangkangan ya ) nyang bikin engine failure ( malah besar kemungkinan terbakar atawa meledug ). klo kaca cockpit ampe pecah gara2 nabrak burung rasanya nggak dweh, dulu pernah bawa R-44 Raven, saat ketabrak manuk kaca cockpitnya gak papa tuh……mudah2an penjelasannya ngawur…….he,he,he

  17. hmmm.. . kita kasih penghargaan kpd angsa yg dgn gagah brani
    menabrakan dirinya ke heli, dimana tentara pun blum tentu brani mlakukanya,. . hidup angsa. .

  18. absen

  19. 19 …? angsa buatan bppt kali yah

  20. angsa mutan ne dg mental baja mpe helo ditabrak mpe semaput . . . hahahaha

  21. Assalamualaikum , ijin nyimak, lumayan 21 besar aku ra popo.

  22. Kasihan angsanya,…….
    Owala angsaaaaaa
    nasep muuuu…
    besok tabrak lagi ya pesawat tempurnya AS yng bnyk klo bsa

  23. usul pak pemerintah buat buatin rudal model angsa , buat nabarak heli musuh. …. sorry cuman ngigooo.

  24. para warjager , marilah kita tundukan kepala sejenak untuk mengenang keberanian pahlawan2 angsa ini , mengheningkan cipta mulai…….

  25. Baru ditabrak angsa..belom lagi GARUDA..Indonesia banyak unggas lue,

  26. Tentara / perwira kalau gugur (meninggal) dimedan perang biasanya dapat penghargaan sebagai pahlawan atas pengorbanan dan dedikasinya membela negara…
    Lha ini mati ditabrak angsa, kalau saya pribadi mendingan angsanya yang dapat gelar pahlawan.

  27. Pastinya ini angsa hasil pelatihan alqaeda..kita tunggu aja statement juru bicara angsa. Mungkin dendam lama banyak saudaranya di sembelih serdadu asu bikin barbekyu..selamat jalan rekan angsa..smoga rekan2 mu ikut jejak mu. Hidup angsa

  28. sungguh kisah yg ta bisa dinalar…bagaimana bisa tentara yang pegang senjata dibelakang kursi pilot jua ikut pingsan tertabrak angsa.menurut khayalanku..kemungkinan sabotase adalah realitas yang bisa dilogikakan.

  29. ahh..pilotnya aja yg kebanyakan minum oplosan itu…

  30. Lanjutkan bung semut geni,ni baru angsa,coba kalo semut geni yg ngeroyok…..langsung meledak tuh heli…..he…he…becanda bung,pisss…..!!!!salam kenal bung,semoga anda dan keluarga dalam limdungan allah swt…..amien.

  31. markasi bang erich, kapan2 ane beliin penumbuh rambut dah 😀

    bijimana temen2, percaya keterangan penulis skenario pilemnya sasha grey pa keterangan tukang ketoprak..

    cuman masih bingung, pemain ketoprak cemana critanya bisa bawa r44 raven bang..

  32. judulnya bikin termehek-mehek. mungkin inspirasi dari alam cara ngalahkan heli.. 😀

  33. :mrgreen: sakti bgt angsa nya..sering2 di up artikel yg bginian nih biar ada humor2 nya dikit di jkgr 😀

  34. Kabar si angsa bgmna ya?…
    Ikut tewas atau hanya menderita bibir jontor, keseleo, pegelinu dan encok?..
    Gx kebayang kesaktian itu angsa sampe bisa bikin kaca heli pecah dan bikin pingsan pilotnya..
    Pasti pilotnya gx pake helm SNI nih

  35. UPDATE:
    Berita yang di baru saja di terima oleh redaksi Jktgreater pagi ini.
    Angsa-angsa yang telah melakukan serangan heroik terhadap Helicopter AS berhasil diselamatkan oleh team medis. dan sekarang sedang mendapatkan perawatan intensif di RS.Cipto. ???? ????
    Mohon doa dari para pejuang angsa supaya diberikan kesembuhan dan dapat kembali bertugas seperti sediakala.
    Sekian Breaking News pagi ini.

  36. kok lucu ya?? nabrak pilot, copilot trus pingsan?? apa iya muka kena bokong angsa langsung pingsan?? haha,, ato pilot n copilot nya sama2 pobia angsa?? aneh.

  37. secanggih apapun ciptaan manusia pasti ada kelemahannya jadi jangan terlalu menganggap hebat mesin mesin perang asu.
    trima kasih angsa.

  38. kita ambil hikmah dan pelajaran atas tertabraknya capung besi segede gaban oleh oleh angsa.

 Leave a Reply