Sep 102014
 

Ada keterangan menarik hasil wawancara Metro TV dengan Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, saat berada di Paris,Β tanggal 26 Juni 2014. Akankah Helikopter Tiger H61, ikut meramaikan Parade Militer HUT ke-69 TNI ?.


Dua helikopter serbu Eurocopter Tiger H61 sedang pamer kelincahan bermanuver. (Foto: REUTERS)

Dua helikopter serbu Eurocopter Tiger H61 sedang pamer kelincahan bermanuver. (Foto: REUTERS)

Paris, 26/6/2014 – Upacara kebesaran HUT ke-69 TNI akan menjadi ajang pertama bagi ‘macan’ baru TNI memperkenalkan diri kepada warga Indonesia. Macan itu sedang dalam tahap akhir persiapkan fisik di benua Eropa.

Macan itu adalah helikopter serang Eurocopter Tiger H61. Mereka akan melengkapi helikopter serbu MI 35 dan Apache memperkuat TNI AD. Selain itu ada tiga kapal fregat multifungsi untuk TNI AL yang sedang dibangun di Manchester, Inggris.

“Seluruh alutsista yang baru ini akan ikut dalam peringatan Hari TNI 5 Oktober,” kata Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin di Paris, Jumat (26/6/2014).

Wamenhan berkunjung ke Paris bersama rombongan Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Selain itu mereka ke Belanda juga untuk memastikan perkembangan seluruh alutsista yang dipesan Indonesia untuk jajaran TNI.

“Saat ini seluruh pesanan itu sudah dalam tahap akhir dan akan segera dikirim secara bertahap ke Indonesia,” sambung matan Pangdam Jaya ini.

Sjafrie merasa puas karena selain pembelian alutsista ada banyak tawaran bagi pengembangan kerja sama industri pertahanan. Terutama untuk Pindad yang terbuka peluang bagi pengembangan panser Anoa serta kendaraan tempur dan amunisi lainnya.

Bersama Dirut Pindad Sudirman Said, Wamenhan bertemu juga Presiden Volvo Group, Stefano Chmielewski untuk membicarakan pasokan mesin Renault sebagai sumber tenaga Panser Anoa. “Pindad sudah memproduksi 250 unit panser kebutuhan TNI AD. Sekarang Pindad mempunyai kesempatan untuk memasok 250 unit lainnya dan Renault bersepakat untuk memasok kebutuhan mesinnya,” kata Sjafrie (Suryo Pratomo). (MetroTVNews.com).

Bagikan:

  239 Responses to “Helikopter Tiger H61 akan Datang ?”

  1.  

    Mantap lagi sarapanya

  2.  

    Alhamdulillah….

  3.  

    Tadi pagi nonton di salah satu stasiun TV Lokal Jawa Timur, dalam sebuah wawancara dengan Lembaga Konsumen Surabaya (jika gak salah baca tadi) mereka menolak penyelenggaraan HUT TNI di Jawa Timur karena akan mengganggu aktifitas Bandara Juanda.

    •  

      Ups salah kamar…

    •  

      Pro Kontra biasa bung..apalagi lembaga seperti itu yang lebih mementingkan segi market,costumer,n profit orientednya..tapi masyarakat skitar saya yakin mendukung!!rasa nasionalisme mutlak untuk ibu pertiwi..

      •  

        Betul bung, Toh paling hanya 2 ato 3 hari, setaon ntu ada 360 hari lho!
        Ada juga yang bilang rakyatnya sulit BBM kok TNI foya-foya, Bukannya Anggarannya lain ya??
        Hanya menghormati rezim, Mungkin itu wujud rasa terimkasih TNI kepada rezim tsb atas segala apa yang telah diberikan kepada TNI, Toh TNI lebih tau apa-apa saja yang telah diberikan kepadanya.
        Lagian saya g yakin kok seluruh rakyat diluar TNI dan keluarganya g setuju dgn acara ini, banyak juga yang senang dan terhibur.

        •  

          Tahu gak berapa banyak uang yg keluar dalam acara itu. Kenapa kemarin pemerintah harus melakukan penghematan dan memangkas Beberapa kementrian.

          Lagi penghematan kenapa harus royal. Pernah denger curhat Kemhan masalah BBM saat membantu mencari MH-370??

          Nah, kenapa sekarang dihamburkan lagi, kemarin Latgab di Situbondo sudah keluar berapa banyak?? Lalu kalau ini ada 200 pesawat silahkan di kali lagi. Lihat kondiai pertamina sekarang, wong TNI itu pake hasil kerja keras pertamina udah ghitu ngutang.

          Lagian acaranya bukan untuk rakyat kok, untuk menghormati rezim. Kenapa tidak tunggu ekonomi stabil lagi. Jawabannya gampang, toh bon bbm diserahkan ke pemerintahan baru aja. Kan bentar lagi masa jabatan sudah selesai.

          Apakah ini yg dibilang mendukung?? Hari ini TNI, besok Polri, lalu Kementrian Perikanan, lalu Bakamla, dll

          Apakah gak jeblok anggaran negara ini?? Saya sih setuju dilakukan parade, sudah lihat parade yg dilakukan negara lain?? Itu baru bentuk tanggung jawab bukan dilakukan tertutup di ujung pelabuhan sono untuk menghormati rezim.

          Salam

          •  

            Wah mana nich Semangat Membara Arek Arek Suroboyo .. Dukung penuh dong Gelar Tempur HUT TNI … apalagi Manuver Pugachev beraksi di Surabaya … Sekalian No Flying Zone Buat Pesawat diluar TNI ….

          •  

            ya udah klo gitu ga perlu ada latgab, TNI juga ga perlu parade buat menhormati SBY yg sudah jelas dlm eranya berhasil meningkatlatkan keluatan militer indonesia juga ekonomi. Biar duitnya ngumpul banyak buat tabungan rezim yg baru aja. klo perlu ga usah belanja alutsista biar tambah banyak tabungannya. jadi pertamina juga utuh duitnya krn ga perlu ngeluarin bon buat militer.. jadi biar bolong aja pertahanannya.. klo perang biar prajurit kita byk yg mati..dan ancur nkri ini.. begitu ya bung jalo

          •  

            Tumben bung Jalo komentarnya kritis ke pemerintah. Dan gamblang. He3… biasanya kata2nya dan arah tulisan sangat hati2.
            Tapi menurut saya argumen bung Jalo ada benarnya.
            Harusnya ada batas yang jelas antara parade yg wajar dan jor2an anggaran. Sekarang tinggal kita lihat, siapa yg berani menarik garis merah tersebut dan berdiri menjaganya?

            Tulisan bung Jalo bukan berarti beliau tidak setuju dg perkuatan pertahanan seperti yg disebutkan bung drone pret. Bukan itu yg disoroti bung Jalo.

          •  

            Sekali waktu perlulah kita unjuk alutsista. apalagi di Ultahnya TNI. Bangga donk rakyat kalo lihat TNI nya kuat. Biar tetangga sebelah gak anggap remeh kepada NKRI. Selamat Ultah buat TNI. Go..go..go….

          •  

            Ultah TNI terbuka untuk umum, siapapun boleh melihat.
            Saya kurang setuju kalau ini untuk menghormati rezim.
            karena acara ini toh dilakukan setiap tahun. Namun selama 10 tahun baru tahun ini saja yang agak besar. biasanya kecil-kecilan kok.
            Dan sudah cukup lama TNI puasa latihan dengan melibatkan lintas matra. Karena dulu uangnya ndak ada, jadi setelah beberapa senjata datang nggak salah dong kita berikan kesempatan untuk berlatih.
            Secanggih-canggihnya senjata kalau jarang makai juga akan tidak kelihatan kehebatannya. Saya setuju untuk dilakukan.

          •  

            Saya tetap setuju parade militer seperti besok tgl 7 .. kalo penghematan kenapa beli sampe 150T . Penghematan itu pemerintah yg tau sebabnya dan alasan kenapa dan solusinya .. kitaa sebagaiwarjager nikmatiaja sajian milliter oleh pemerintah ygdana penyelenggaraanya jg bs dipertanggungjawabkan

          •  

            Woi jgn asal njeplak. Baca dgn seksama, kunyah, baru telan apa yg dkatakan bung @jalo. Saya 1000% sepakat dgn bung @jalo. Buat apa lg latihan militer besar2an stlh brp banyak yg dihabiskan pd latgab di Situbondo…??? Ah Latgab2 itu mnrt saya jg ga ngaruh apa2 sih. Ntuh buktinya Malingsialan berulah lg di Karang Singa, BintN. Brrti Malingsialan gak keder sama sekali dgn Latgab2 kita bukan…???
            Mana yg katanya KS gaib, rudal anti udara gaib, pespur gaib…mana…mana…??? Krn “gaib” itulah oleh Malingsialan dianggap KLENIK…!!!

            Setuju bung @jalo. Klo perlu boikot Latgab yg skdr utk menghormati rezim ntuh. Toh kelak bebannya, rakyat juga yg nanggung.

            #Edisi:AhPemimpinNegeriSial**

          •  

            Dibilang Asal jeplak kunyah kunyah ? Kalo ga setuju dikunyah sendiri aja .. ga enak ?ga perlu repot nasihatin yg setuju . Udah latihan n kerja keras dibilang boros .. enak ya yg liat n komentar .. apalagi udah liat komentar ga setuju diadakan … hebat hebat

          •  

            Bung Jalo,,, Salut ama bung. Kadang kala Negeri ini butuh orang2 yg bersuara sumbang tp JUJUR. Jujur untuk menilai sesuatu, katakan yg salah itu salah dan yg benar itu benar secara proporsional dan menjunjung tinggi obyektivitas menilai pada siapapun mereka. Kita menghormati dan menghargai orang bukan karna jabatannya, kekayaan, cantik atau gantengnya tp karna sikap dan tutur katanya. Harapanku untuk penguasa dinegeri ini amanahlah pada pemberi amanah dlm hal ini rakyat, Seiya sekata antara ucapan dan tindakan bukan ucapan penuh retorika dan intrik tanpa makna. Ingat rakyat saat ini udah banyak yg cerdas.

          •  

            coba di telaah komen bung jalo lagi dengan baik

          •  

            Salam hormat buat bung Jalo atas pandangannya tsb.

            Saya tinggal menunggu ulasan Bung NR/PR mengenai alutsista apa saja yg telah dibeli dengan anggaran MEF 1 sebesar 150T.

            Sungguh sangat bangga kalau benar2 terwujud dan benar2 bisa diketahui oleh rakyat. (bukan yg ghoib2 karena alasan rahasia).

            Maaf, hanya pendapat oot.

          •  

            ngawur Bug Wedus hahaha… kalo gitu sama aja dong ndak perlu keluarin uang APBN untuk kementrian PU karena buat infrastruktur jalan aja ndak becus, ndak perlu anggaran untuk kementrian pendidikan karana banyak sekolah yang roboh, kalau seperti itu pemikirannya ya bahaya Bung. hehehe… berarti maunya Bung wedus ini personil TNI dibarak aja ya Bung, ngobrol cepika cepiki doang gitu tiap hari. hahahaha… parah Bung! Karang Singa itu salah satu dari sekian banyak tapal batas di negara kita dengan negara jiran yang belum diselesaikan permasalahannya dan itu sejak zamannya Bung Karno dulu. dengan filipina, singapura, PNG dan tetangga lain pun juga begitu, lagipula di karang singa memang ada tentara jiran yang bercokol Bung? saya jawab sekalian ya, ndak ada! berharap UU wajib militer segera di sahkan, biar bung wedus atau wedus-wedus lainnya nanti bisa ikut dan tau mendalam tentang arti sebenarnya bela negara. salam hangat :mrgreen:

          •  

            @wedus :mrgreen: anda hanya bisa asal njeplak juga πŸ˜€
            comrade yang begini ini bagian nya kang satrio biar digembleng :mrgreen:

          •  

            Hehehehehe, kalau bisa sabar sedikit menunggu keadaan ekonomi normal dan masalah BBM selesai saya pasti akan sangat setuju. Kalau parade boleh mewah, kenyataannya ada satrad yang selama 3 hari beroperasi bahan bakarnya cuman memenuhi 1 hari sedangkan 2 hari tidak dijaga karena gak ada bbm. Ada satrad yang bahan bakarnya tidak bisa menanggung sehari penuh cuman 6 jam aja.

            Lalu ada kapal patroli yang harus beroperasi selama 15 hari kenyataannya cuman bisa mencukupi 8 hari. Ada pos perbatasan yg mau berpatroli kekurangan bbm. Pernah lihat patroli saat pemasangan tiang pancang, itu pake perahu apa.

            Kemana hati nurani, jangan sampai parade ini malah mengurangi jatah mereka beroperasi di wilayah terdepan. Kasus latgab situbondo aja berpengaruh kepada nasib mereka di garis depan.

            Ya udah terserah, silahkan bocorin anggaran negara. Kenapa TNI, karena ada yg merasa super body.

            Ya udah dari pada koar2 disini, saya lebih senang melawan langsung di kehidupan nyata.

          •  

            sepertinya bung WEDUS harus dia ajak mainan DOPPERING 7,62 & 12,7 800 Meter aja cukup.. hehehe

          •  

            hehehehehe ojo cak mesake :mrgreen:

          •  

            Hehehehe katanya perlu diskusi sehat, tapi kok jadi nyerang bung wedus…

            Sabar ya bung, semoga tidak ada arogansi. Kalau mau diskusi silahkan saya ladenin, kebetulan saya juga dari kemarin lagi debat dengan suriken 4…

          •  

            Baru baca komen bung wedus, jadi kalau untuk latgab gak apa2 bung karena itu bagian dari latihan yg harus dilakukan karena menyangkut strategi, manajemen dan koordinasi jadi perlu. Mungkin kayak parade sekarang momennya yg kurang pas karena saat ini kita sedang ribut2 masalah bbm.

          •  

            separah itukah keadaanya bung @Jalo maslah Latgab sampai kayak g perlu karena tidak ekonomis??..disini saya mengangkat isu Latgab yang bung Jalo sampaikan.. kalo menurtku masalah Latgab itu sangat penting.. bagaimana caranya mengaplikasikannya langsung SECARA NYATA penyatuan strategi dari berbagai kesatuan dari semua matra.. disitulah dapat disimpulkan melalui monitoring dan evaluasi, mulai berapa biayanya, alutsita apa aja yang tepat untuk operasinya, jumlah personilnya, strategi, ide ide baru tantangan serta kelemahannya dll.
            masak masalah Latgab dipersoalkan?? masak Latgap mau pake alat Simulator biar efisien? nanti TNI kita seperti jago playstation.. lha wong Latgab pelaksanaannya tidak tiap tahun..

            maaf bung @Jalo.. saya cuman berprofesi sebagai tukang angon wedus..

          •  

            setuju…….

          •  

            Bung Jalo, menghitung dengan tepat apakah saat ini layak untuk diadakan atau tidak memang tak mudah. Misalnya saja, rakyat miskin di desa-desa yang hidup dengan penghasilan amat kecil masih sangat banyak. Angka resmi, 28 juta juta orang adalah miskin. Belum lagi fakta-fakta lain tentang berbagai macam kekurangan termasuk di TNI sendiri.
            Artinya, selalu ada paradoks. Bahwa parade besar atau tidak, jadinya juga sangat debatable.
            Saya tak bisa berpendapat secara tepat karena kemampuan saya menghitung tak cukup. Amat banyak variabel yang harus dihitung.
            Oleh karena itu saya berharap bahwa parade besar itu nanti benar-benar bisa menyumbang pada menguatnya semangat rakyat dan TNI di seluruh pelosok tanah air, menguatnya kesadaran tentang pentingnya keadilan, dan menguatkan moral TNI.
            Apalagi di masa ini informasi amat terbuka. Media bisa ikut membuka mata warga negara bahwa di tengah rasa kebanggan yang meluap di sana-sini, masih banyak hal yang harus diperbaiki.
            Dan semoga ini bukan sebatas menyenangkan satu dua pihak.

          •  

            Bung jalo inilah yg provokatif….tidak suka dg SBY boleh2 saja tp tdk perlu berlebihan kritisinya…toh bentar lg pak SBY turun…dg legowo juga…dan diganti idola anda si JK..berdoa aja Anda bung jalo biar jokowi cepet dipanggil Tuhan..biar JK suksesi…

          •  

            bung Prasetya, pada masa SBY I, JK juga wapres dan leluasa berbuat, anoa, listrik 10,000MW, konversi minyak tanah ke LPG 3kg, mendamaikan aceh, ambon, poso.

            klo mau komen bernada gak enak, mbok wawasan diperkuat dulu…

          •  

            Bukannya udah ada porsi Anggaran masing-masing yah, itulah gunanya APBN bahkan APBNP. Lek gak yo repot cak PU mau bangun jalan ee.. g jadi karna masih ada rakyat yang g punya rumah, PNS, TNI/POLRI dpt jatah uang lauk pauk tp disis lain banyak rakyat yang tidak makan. Anggota Dewan mendapat berbagai macam tunjangan bahkan plesiran keluar negari tp disisi lain masih banyak rakyat yang putus sekolah karena tidak punya biaya… dll dll dst….
            iki pie..iki pie…

          •  

            imho
            anggaran bayangan pun banyak lo πŸ˜†
            ya mungkin aja di buat untuk privatisasi milik negara :mrgreen:
            anggaran bayangan —> masuk kantong—> privatisasi milik negara —-> pensiun (penghasilan tambahan) :mrgreen:
            apalagi kalau yang di privatisasi masalah minyak :mrgreen:

            kalau salah ya maaf πŸ˜€
            maaf oot πŸ˜€

          •  

            Parade lebih baik dilakukan setiap tahun, termasuk latgab. Untuk anggaran khan sudah ada posnya. Untuk ribut BBM sama hub.annya sama parade. Mungkin saya lebih setuju begini di hancurkan saja 50% kendaraan pribadi di indonesia diganti tanportasi umum yg lebih baik. Dulu kita jlan kaki hapir jarak skilo saja ngak ngeluh, sekarang ngak sampai 100meter pakai motor/mobil. Klw mau hemat rakyatnya dulu suruh hemat. Ooh iya saya khan juga rakyat, tapi juga masih kurang hemat..:D

          •  

            Saya quote yang ini aja “Jawabannya gampang, toh bon bbm diserahkan ke pemerintahan baru aja. Kan bentar lagi masa jabatan sudah selesai.” Klo pemerintahan baru nggak sanggup dan parno, dengan tegas saya katakan mundur jadi pemimpin. Saya memilih beliau karena saya yakin beliau sanggup apapun masalahnya, mau ditinggalin utang berapapun sama pemerintahan sebelumnya. Sama ketika setiap peimpin baru negara ini harus menanggung hutang dari IMF atau yang lainnya. Mereka nggak perlu teriak-teriak mengatur harus menaikkan bbm sekarang. Jadi ingat masa sebelum kampanye dulu. Siapa yang suka teriak teriak menentang kenaikan harga bbm. Tapi kenapa sekarang justeru teriak-teriak menyuruh orang lain menaikkan harga bbm. Tanya kenapa? Masukan untuk daerah perbatasan? Gunakan energi alternatif tenaga matahari, angin, ombak, dll yang tersedia banyak disekitar lokasi. Bagaimana anggarannya? Nah ini kritik kita, sudah tau bbm mahal kenapa nggak beralih. Atau memang jangan-jangan memang ada mafia bbm yg sengaja membuat energi alternatif itu tdk berkembang. Tujuannya supaya jualan minyaknya tetep laku dan mahal sehingga untung besar. Jadi ingat film anak-anak mengenai konspirasi minyak. Ternyata memang dibuat agar minyak tetap digunakan walaupun sudah diketahui langka.

          •  

            nanti kalo akir rejim jokowi baru boleh ya om…

          •  

            saya tidak sependapat ama pendapat anda bung jalo……….tak liat2 anda kok agak condong ke pemerintan yg akan datang. acara ini menurut saya perlu bung karena biar mereka tau bahwa indonesia bisa

          •  

            Anggaran memang ada batasnya, tapi ancaman tidak mengenal ada anggaran atau tidak. Jika dulu Bung Karno mikir anggaran, itu papua ga bakalan jadi warisannya.

          •  

            @jalo bung jalo yang terhormat, maaf, itu bukanlah tertutup justru terbuka dan jaman ibu megawatipun pernah jg dilakukan di pelabuhan surabaya yg kebetulan dekat lantamal karena bukan hanya alutsista AD dan AU saja yg diperlihatkan tp jg alutsista AL selain marinir. lalu soal penghematan anggaran, apakah bung jalo masih ingat, sebelum periode presiden sby ke 2, kementerian dan instansi mana yg sering mengalah dalam hal anggaran? apakah harus selalu mengalah? bukankah bandara juanda adalah aset AL? bukankah pesawat2 kemiliteran jg boleh parkir di lanudal juanda? lalu soal parade di negara2 luar, apakah masyarakat mau jalan besar protokol ditutup saat parade seperti halnya di rusia, prancis, dan cina di hari kerja? lagipula penerbangan komersil di juanda tidak akan ditutup, hanya delay sebentar dan itupun sedang dibicarakan bagaimana caranya jadi tidak akan mengganggu penerbangan komersil makanya persiapan dilakukan jauh2 hari dan apa rencana yg perlu diubah. tp kalo menurut bung jalo, parade tidak perlu dan alutsista low profile aja, mungkin itu ide yg bagus jg jd tidak akan ada lagi pihak yg mempermasalahkan pengadaan alutsista sana sini yg terlalu terbuka

        •  

          mengenai Progres Korupsi menurut @jalo gimana?

          KPK itu juga boros anggaran loh,ga mau di AUDIT juga kok..

        •  

          Kpk diaudit bung oleh BPK, saya aja masih punya laporan BPK soal audit KPK tahun lalu.

          TNI memang di audit sama BPK, tapi silahkan yg punya teman di BPK perbedaan audit di lingkungan TNI dengan instansi lain.

          Hehehehe, kenapa sekarang nyerang KPK.

        •  

          Saya punya sejumlah lapiran audit baik KPK, Polri, Kejaksaan, kementrian, tapi sejak 8 tahun saya berprofesi saya belum pernah dapat audit TNI….

          Kalau punya teman di BPK, silahkan tanya gimana perasaannya kalau ngaudit TNI

        •  

          Salam Bung Jalo, kalau saya tangkap sepertinya maksud Bung Jalo dan rekan-rekan user disini ada perbedaan persepsi, bahwa para user menangkap esensi peringatan ini sebagai bukti bahwa TNI ada dari rakyat dan kembali kepada rakyat. Esensi Bung Jalo ke arah penggunaan anggaran negara menurut saya lebih masuk ke ranah politik atau kebijakan (meskipun memang ujung-ujungnya adalah untuk sama-sama untuk kesejahteraan masyarakat).

          Perdebatan ini memang tidak ada habisnya, publik ingin TNI kuat namun publik juga tidak ingin TNI menjadi “tuan” dari rakyat sehingga dibutuhkan audit dari mereka yang mewakili publik. Ada benturan kepentingan yang saya rasa masih lumrah terjadi di masa pendewasaan demokrasi ini.

          Kita tidak akan pernah bisa sama seperti negara demokrasi lainnya dimana rakyat memegang posisi tawar yang tinggi untuk melakukan check dan balance terhadap pemerintah dan penguasa, paling tidak untuk saat ini.

          Kalau rakyat bisa memilih, rakyat pasti memilih TNI yang kuat dan bertanggung jawab. Untuk saat ini rakyat hanya bisa mengandalkan kebesaran hati dan kebijaksanaan pemimpin untuk memutuskan yang terbaik. Rakyat bisa mengawal tapi ada batasnya, kalau pemerintah ingin korup rakyat tidak bisa serta-merta mengganti pemerintah kecuali membereskan dari dalam sistem.

          Salam lagi Bung Jalo

        •  

          Salam hangat juga bung M4C, iya bener bung. Saya jadi terbawa-bawa emosi cuman ya sudah saya coba colling down menyikapi perdebatan ini.

          Iya bener bung, kayaknya ada perbedaan persepsi dalam menyikapi perdebatan ini. Yang saya tekankan, momen saat ini kurang pas karena akan ada sejumlah isu yg gak baik kepada TNI. Saya sih sangat mencintai institusi ini, saya juga ingin institusi ini maju. Memang saat ini TNI lagi senang karena setelah 10 tahun akhirnya mereka punya otot lagi dengan kedatangan alutsista baru.

          Cuman, saya tekankan kalau mau parade saat ini momemnnya kurang pas karena negara kita sedang ribut masalah bbm. Memang mereka punya pos anggaran sendiri, tapi bener itu menggunakan pos anggarannya. Karena setahu saya, hingga kini pos anggaran TNI untuk seluruh operasi masih bermasalah. Matra laut baru bisa mencakup 80% operasi, udara 60-70% operasi, darat kalau gak salah 70%. Nah kalau acara besar2an ini pasti menambah beban penggunaan operasi. Dan saya yakin pasti tidak menggunakan pos operasi tersebut tapi dengan pengajuan anggaran baru.

          Dan kemarin ada kejadian, yaitu keluarnya Kepres untuk penghematan pos anggaran Kementrian. Nah, kalau dengan pos anggaran parade HUT TNI besok dilakukan pengajuan baru pasti akan berdampak juga. Latgab Situbondo itu menghabiskan anggaran sebesar 100 m lebih, nah besok ada 200-an pesawat, dan juga kapal yg dipindahkan dari pos-pos masing2 dan atraksi itu kan anggaran lagi.

          Jadi yah seperti itulah, momennya kurang pas menurut saya.

        •  

          pokoknya jokowi ya om..

        •  

          bukan perbedaan persepsi om…tapi sudut pandang. sudut pandang om jalo adalah kalo bukan jokowi ga ada yang bener.

        •  

          Untung ada JK kalau nggak Presiden RI ke 7 jadi o o wi…….

    •  

      Selamat pagi
      Menurut hemat saya, kalau tidak ada yang menjaga ataupun menjamin keamanan negara kita tercinta( TNI ). Apa iya kita bisa berkegiatan ekonomi dengan baik, mbok ya jangan hanya berpikir ekonomikus aja.
      Seumpama kita dijajah, kegiatan ekonomi dikuasai penjajah kan.
      Nasionalisme itu juga penting harus seimbang dwngan ekonomi.
      He3x…
      DMohon pencerahannya para sesepuh…

      •  

        Dipikir TNI itu sebagai Satpam ,, yang dibayar ya sudah,,
        Kalau mau makan dan minum untuk kegiatan patroli dihitung Ngutang dan akan dipotong bon nya saat gajian bulanan,, ??

        miris dengan pemikiran seperti itu

        Perayaan HUT TNI dibuka untuk umum dan disiarkan langsung oleh TV Nasional

        •  

          kadang gregetan saya bacanya.. begini,untuk biaya perlehatan akbar HUT TNI sdh jauh hari di siapkan dan tidak ada yg namanya memotong anggaran kementriaan. rakyat perlu tau apa yg telah di mereka sumbangkan demi kemajuan TNI beserta alutsistanya.

          Rakyat juga perlu tahu bahwa “Prajurit / Kesatria” itu dari awal masuk pendidikan sdh tanda tangan surat pernyataan yg berbunyi “keluarga tidak akan menuntut apapun pada pihak TNI jika yg bersangkutan ‘GAGAL’dalam tugas pendidkan”.

          Intinya KAMI sudah Kontrak Mati menjaga keutuhan,keselamatan Republik Indonesia dari awal masuk sampai selesai masa tugas/pensiun/Gugur, jika kami di tanya apa rasa nya berdefile secara besar-besaran yang dibilang menghamburkan anggaran.. “KAMI BANGGA JADI PRAJURIT”.
          biarlah rakyat tahu bahwa selama ini yg membuat,melindungi,mengayomi mereka Bangga menjadi Kesatria mereka.

          •  

            Coba main ke perbatasan tanya anggota disana tahun ini bbm mereka di sana gimana kabarnya dibanding tahun lalu…

          •  

            Dari jaman Suharto sampai hari ini,masalah BBM jadi Polemik. ada yg tahu kenapa? bung @jalo tahu mungkin?

            saya juga mersakan kok tugas di perbatsan yg serba terbatas dlm segala hal. berapa lama ada di tapal batas bung?

          •  

            Bung PR saat saya kuliah dulu, saat parade apalagi devile. Bangganya minta ampun. Memang diskusi ini beda persepsi. Tapi kalau sudut pandangnya hanya sisi ekonomi, ya susah. Justru menurut sy ini momen yang pas. Ingat kasus penyadapan sonotan bersamaan dengan kejadian Usman Harun, jg bersamaan dengan new guinea. Mungkin tak pas. Tapi setahu sy anggaran itu disusun sebelum tahun anggaran berjalan. Tiap2 kegiatan punya DIPA masing2. DIPA rutin beda dengan DIPA kegiatan. HUT pasti beda anggaran dengan RUTIN yang mencakup belanja bagi semua prajurit. Tak bisa anggaran rutin untuk HUT, tak bisa di SPJ. Jadi antara kebutuhan seharian prajurit degan latihan Dan HUT itu beda DIPA yang SPJnya berbeda buku.

        •  

          dahulu sukarno banyak membangun proyek mercusuar.pdhl rakyat bnyak yg miskin..bnyak yg bilanj pemborosan.tp skrg lhat proyek2 trsebut manfaatny bg indonesia skrg?
          bgtu jg latgab nanti.saat ni dianggap pemborosan tp manfaatny nanti baru terasa,baik yg terasa scra langsunj atwpn tdk

        •  

          Bung Satrio….saya bingung membedakan antara ular dan garuda…yang jadi ular sebenarnya yang mana to bung…

        •  

          kalo bukan jokowi pokoknya ga etis om..

      •  

        Ternyata sudah mulai carmuk….pahlawan kesiangan…..seburuk-buruk kondisi saat ini masih jauh lebih baik drpd 10 tahun bahkan transisi bersambung dg tapa bisu…..
        Kalau ndak siap menantang jaman jangan berlagak sok paling hebat…..negeri ini menanti karya kita bersama….ada masa dimana karya putra terbaik diapresiasi meski jauh dihatinya….pengakuan tidak dibutuhkan SBY…..catat itu sebagaimana bentuk penghargaan lainnya. Mari berdewasalah dalam memberi kontibusi untuk negeri tercinta…..INDONESIA

      •  

        TNI adalah kita…. Tugas kita menjaga NKRI… kita bagian integral dari TNI… klo ga ada kenaikan gaji dari kita, ga ada uang masuk pajak. ga ada perubahan dan pembangunan… TNI bukan tameng yang ada diluar tubuh. TNI bukan hanya bagian tubuh… TNI itu adalah system imun dalam tubuh kita. semuanya harus berguna dan pasti berguna… kejayaan TNI adalah kejayaan Tubuh mistik Indonesia Raya beserta segenap manusia bangsa Indonesia

    •  

      Lha mereka sadar nggak ya kalau bandar udaranya itu wilayah LANUDAL Juanda.

      •  

        setuju kalau parade di buka untuk umum( bayangin leo muter2 tugu pahlawan)

      •  

        Ya udah besok2 TNI kalau ditanya bandara akan dijadikan komersil oleh pemerintah di tolak aja. Lah, TNI sendiri yg mengatakan tidak masalah dan tidak mengganggu…

        •  

          Karena tekanan bung,hehehe

        •  

          hehehe bisa aja bung jalo, Lha gimana dengan bandara ngurah rai yang juga sekali dalam 1 tahun ditutup untuk nyepi ? kok nggak protes ya ? Bali juga Indonesia lho bung.

        •  

          kalo jokowi yg minta ok ga om?

          •  

            gak oke bung handal..
            tetap gak oke kalau keadaannya kayak gini ma titik

            termasuk pak jokowi..keadilan dan kebijakan itu musti menyangkut org banyak ..,,klu terjadi apa2 gimana disana kan ada pesawat kormesil ..sia yg tanggung ..imho

            salam pak handal.,,mf klu salah ,

        •  

          @jalo berarti besok2 tak perlu lagi, bandara komersil bangun aja sendiri, cari tanahnya sendiri. selama ini tni selalu diminta membantu perekonomian dan jalur transportasi perdagangan negeri ini agar lancar maka tni bilang tidak masalah tp disitu jg ada syarat2nya bila suatu waktu sementara dipakai untuk kepentingan tni akan diberikan walaupun hanya sebentar. lalu soal penerbangan komersial juanda juga tidak akan tutup, tp ini akan jadi hal agar besok2 tidak ada lagi lanud/lanudal yg dibagi dengan bandara komersil seperti rencana di malang

          •  

            Maaf bung, maksud saya disitu bukan menjelekan TNI itu kritik biar TNI harus berani menolak kebijakan. Karena selama ini selalu mengatakan bahwa tidak masalah dan tidak mengganggu.

            Ada namanya program MP3EI itu untuk membantusalah satunya masalah bandara.

        •  

          Hayo kita dukung pemerintah membangun bandara sipil di Surabaya. Sudah saatnya penerbangan sipil tidak menumpang di bandara militer.

      •  

        bandara itu masuk wilayah sidoarjo, kotaku.
        kl di rumdis pasti banyak yang kaget karena byk burung besi yang berterbangan dengan ketinggian rendah

      •  

        Perlu saya sampaikan bahwa pangkalan udara Angkatan Laut Waru yg kemudian diresmikan oleh Presiden kita Bpk Ir Soekarno merupakan pangkalan udara militer besar dan bertaraf internasional yang dibangun oleh Angkatan Laut merupakan lapangan udara yg pertama dibangun sejak Indonesia merdeka.

        Pangkalan udara lainnya waktu itu adalah berupa pangkalan militer peninggalan belanda yg kemudian diperbaiki dan disempurnakan.

        Pembangunan pangkalan ini yg kemudian diberi nama proyek waru adalah merupakan program Biro Penerbangan AL namun faktor yg paling kuat adalah perjuangan pembebasan Irian Barat.

        Kol Ali Sadikin sbg Pembantu Utama Menteri Angkatan Laut (PUMAL) bertanggung jawab dlm bidang administrasi.

        Pd dasarnya pangkalan ini menggantikan PUAL morokrembangan. Adapun runway yg dibangun sangat besar pd jaman itu yaitu 3.000 meter dgn lebar 45 meter.

        Pd tgl 12 agustus 1964 pangkalan ini diresmikan oleh inspektur upacara bpk Ir.Soekarno dan diberi nama Pangkalan Udara Angkatan Laut Djuanda.

        Bpk Ir. Djuanda sbg Perdana Menteri dianggap paling berjasa dalam penyelesaian pangkalan itu, sayangnya beliau wafat sebelum pangkalan tsb diresmikan yaitu tgl 7 nop 1963.

        Komandan pertama PUAL Djuada yaitu Mayor O.Amin Singgih.

        Dlm pembangunan awalnya, tdk ada rencana fasilitas untuk penerbangan sipil, namun karena kebutuhan penerbangan sipil khususnya maskapai Garuda akan ruang gerak yg lebih besar dibandingkan lapangan terbang morokrembangan tanjung perak surabaya, maka diambil keputusan utk memperbaiki gudang yg tdk terpakai sbg terminal sementara.

        Disadur dari Rajawali Laut, 50 Tahun Penerbangan TNI ALΒ·

    •  

      Waduh ribet rekk,,perang belum mulai aja sudah ribut membahas BBM,Alutsista kok d salahin,,
      Knapa juga penjualan Otomotif d Negeri ini d banyakin,?
      Knapa gak bangun kilang minyak sendiri ngurus minyak mentah scr mandiri,?
      Knapa penambang” Asing yg lebih rakus dri rayap d kasih tempat d Negri ini,?
      Saya rasa smua tanggung jawab Pemerintah ngurus kmakmuran,bukan Alutsistanya
      Lihat aja Negara” d kawasan Eropa yg mementingkan Angkutan Umum skaligus pertahanannya,bukan menuh”in Negara dgn motor n mobil,,
      Yg Pro bener yg Kontra bener,yg salah yg ngurus n yg nguras SDA Negara neh kyaknya,,imho

  4.  

    I love as an Indonesian and as a tax payer!

  5.  

    akankah datang ‘macan’ yang ini?

  6.  

    dasyaaat…bli sklian mistral prancis yg msh smar2….

  7.  

    Jagalah NKRI

  8.  

    nyimak..

  9.  

    10

  10.  

    Mantab tambah lagi heli serbu buat TNI

  11.  

    f5 tiger ya..jadi jelas sekali clue2nya..monggo di pelototin nanti kalau yang dekat juanda. Bravo TNI

    •  

      Selamat pagi semua. Salam dari nebie.
      Saya jadi bingung. Tadi malam Jend Muldoko bicara akan ada 240 pesawat baik tempur hely atau angkut yang akan dilibatkan di hari ulang tahun TNI. Tread sebelumnya kasih info akan ada 222 pesawat. Di TV lokal Jatim dari keterangan dinas penerangan armatim hanya ada 219 pesawat. Yang betul mana nih?

      Salam dari nebie

  12.  

    tinggal yg dibawah air yg masih misteri….kapan ditongolin pak?

  13.  

    Asyik ngelamunin rumpon baru temen phil collins dr comen bung Ngurah Rai dh ada artikel br lg..
    jd nmr 13…14..15..16..17..?

  14.  

    absennn

  15.  

    TNI lebih berotot lagi..mantapppp,,,,lanjutkan

  16.  

    latihanya d pindah ke ambalat donk biar lebih seru

  17.  

    kami yang diponorogo sangat bangga dengan kegigihan pilot-pilot tempur TNI AU.sudah seminggu ini latihan dari jam 06;00-17:10 wib.hebat sekali mereka,tapi hari ini nampaknya istirahat.

  18.  

    indonesia pnuh dngn mistik dan goiby,,ap lg alutsista tni yg goib2 pada muncul yaa mskipn gk drilis kpublik,,kyk kpal selam goib,kapal perang goib,pesawat tempur goib,yg lbh goib lg pocong syeremm kdal nonggol kdang ngilang..goib tenen..

  19.  

    Jangan melupakan sejarah. Lapter Juanda dl kan priolitas unt militer ya? La wong cuma ditutup sehari (kalau jadi ditutup) aja kan? Nanti ABD, ISWJ klo ada penerbangan sipilnya, klo TNI butuh ribut lagi…., capek deh. Emang dari sisi ekonomi pasti akan ada kerugian, tapi sapa yg bisa menghitung nilai dampak dari sebuah momen tsb? Rasa bangga, cinta tanah air berapa harganya? (nilai yg tak tampak/terhitung). Emang wujud dari rasa itu bisa banyak cara, salah satunya ya dlm bentuk ceremonial…., mohon maaf jika salah. Moga sehat2 semua. Salam NKRI

    •  

      rencana Besarnya adalah mengembalika Lanudal Juanda kembali pada fungsi Utama & Strategis nya,sama saat tahun 60’an. pada saat itu Penerbal mengoperasikan berbagai macam pespur strategis seperti Il-28 Beagle. memang banyak pertentangan dari pihak-pihak yg mengatasnamakan “ekonomi/bisnis”. saya pribadi berharap lanud militer tidak mencampur dgn sipil,demi keamanan nasional

  20.  

    Yang nolak sudah pasti para pengusaha yang mementingkan duit, duit, duit…. buat kantongnya sendiri…

  21.  

    Tidak semuanya bisa dihitung dengan uang……..

  22.  

    kalo super tucano, yang masih sisa 12 biji kapan di terima ya. mohon infonya, barangkali ada yg sdh copy

  23.  

    saya usul..kalo truck tua dan mobil tua TNI serta pesawat tua dihibahkan pada anggota dewan buat operasional mereka sehari2 dan TNI beli yang baru sebagai gantinya ..jadi bisa sebagai tindakan nyata penghematan uang negara… salam.

  24.  

    Yap, setuju. Ga’ semuanya dihitung dngan uang. Patriotisme jga penting. Dngan adanya parade/perayaan hut TNI tentu akan membuat warga bangga dngan TNI dan Negaranya, jga agar punya efek deterend kpada tetangga. Lanjut… Tapi warga jga harus berjiwa patriot jga, bila bbm langka ya harus maklum, subsidi bbm dicabut ya musti siap nerima. Ok, salam sejahtra.

  25.  

    tanya nih sesepuh. itu tiger juga ada yang kondean yah. maaf liat dari hape jadul.
    kalo urusan biaya. selama alutsista goibnya hanya confidential saya ngga setuju, kalo di keluarin walaupun satu satu dengan istilah pinjem juga ngga apa2, saya dukung.

  26.  

    Parade tersebut hanya sebagian kecil saja biayanya dan sudah dianggarkan. Ini juga HUT TNI bukan HUTnya presiden. Saya setuju dgn parade ini utk menunjukkan kemajuan dan kesiap siagaan TNI kita dalam menjaga bumi pertiwi. Saya sebagai rakyat berhak melihat kekuatan dan kemajuan TNI kita. Ini bukan untuk regim yg berkuasa, tapi ini kemajuan TNI dan kebanggaan rakyat karena melihat TNI nya sdh berkembang dan maju. Tidak perlu ada politik disini, harus dilihat dari kaca mata TNI kita bukan sesuatu yg lain sbg subyek politik.

    Kalau mau menghitung dgn uang, supaya bisa irit tdk perlu ada pemilihan langsung utk presiden dan kepala daerah krn sistim kita beda dgn negara lain.

  27.  

    Juanda sampe skrg tetap milik tni al tapi penglolaannya bumn kayanya .. panser amx10 buatan perancis yg cuman dibuat parade aja kalo dibuat latihan perang sering terbalik dan kita punya banyak TNI AL juga masih stanbay di dekat landasan .. n sniper2 juga diatas gedung jaga2 .. ( pendapat orang stroke )

  28.  

    kontribusi lu apa bung wedus, bayar pajak kah..?

    sekedar mengingatkan cacian ente d baris terakhir…

    rasa bangga, rasa nasionalisme, rasa hormat terhadap para aparat penjaga ibu pertiwi ternyata bisa anda nilai dengan uang…

    #edisimirismelihatpemikirananda

    •  

      Bukannya cuman bayar pajak udah jadi pahlawan bung djoko, APA KATA DUNIA kalo pahlawan bangsa di hina.
      Biarin aja lah namanya juga kambing mana bisa mikir keutuhan negara yang dipikir kan cuman yang ijo2 ajah

      •  

        dari soekarno,soeharto,habiebie,megawati,sby, sama nanti jokowi adalah presiden saya, pemimpin saya, dan pemimpin bangsa ini…

        enak aja ceplas-ceplos maki-maki…

        •  

          Hahaha paling juga politikus bung djawa kalo rakyat kayak saya mah ikut ajah. Lagian walopun negara bangkrut yang bayar ya rakyat, pengusaha kolap ya rakyat yang bayar. Kalo rakyat ngga di kasih ke banggaan ya gitu itu jadinya. Pesimis dan duit ajah di pikirannya. Oh iya lupa yang ijo termasuk daun muda juga yah. πŸ˜€

    •  

      Apa jdnya jika negara zonder tentara? Swiss yg katanya netralpun, juga punya angkatan perang! Kalo hulubalang negara direndahkan, kebangetan banget. Kalo mmg problemnya anggaran, haqul yakin, rakyat mau patungan utk biayai parade tsb!

  29.  

    Setuju. Anehnya teman2 spt bung Jalo dll

  30.  

    Betul bung .. udah nolak latgab mau boikot dll .. ehh besok nongol liat parade sama bilang .. wooww hebat yaaa .. wooww keren .. TNI hebat … hehehe .. begitulah saudaraku

  31.  

    Biasa kwalitas wartawan yg belum jd penghuni JKGR…

  32.  

    wedus anjrit sialan loe.. blm pernah kena sniper pala loe yang peang ya..!!!

  33.  

    wihh rame dar..der..dor…
    waktu latgab 2013 kok sebelum2nya sepi ya..??apa karena rumput nya sekarang sudah mulai mengering ya…???
    hehehe

  34.  

    WOW… baru kali ini diwarjag ada pertempuran dg tensi tinggi antar senior warjager. berlanjut terus lintas artikel.
    wis mingkem aelah.

  35.  

    Itu si frans@ yg reinkarnasi jadi kambing setelah ketabrak truk .. selalu mengadu domba dengan pernyataanya .. berlagak nasionalis terkadang menghina .. tapi yg paling jelas dia sangat dendam dengan pemerintah kita .. salam NKRI

  36.  

    Mulutmu harimaumu… mangkanya dipikir dulu sebelum nulis.. win win solution….

    Jayalah Negeriku..

  37.  

    yah bung cupax gitu lagi. menilai bagus dan ngganya orang dari “sikap dan tutur kata” pantesan negri ini para pengambil keputusannya seneng ama rayuan gombal dan branded timbang produk sendiri. hadeuh cepek deh.

  38.  

    barusan ini tadi naik bus dari sby menuju malang, di daerah pandaan terlihat di kejauhan di atas trawas…helikopter tempur hitam bermanufer..sepertinya itu alutsista baru kita… sayang ndak sempat memfotonya….apa ada hubungannya dengan HUT TNI bulan depan ya..?

  39.  

    Hmmm.. menarik
    tak ada yg sempurna.. Realitasnya bisa di buktikan kedepannya seperti apa. Apa yg baru bisa? entah lah,karena setiap Pemimpin selalu di kelilingi Sengkuni,Dasamuka. Kadang pemimpinnya juga bangga menjadi Boneka. jika saja,Bad Boys di luar sana sdh kembali.. mungkin “Tikus” juga tak kan berani akan dan hidup..

    •  

      Tambahan Bung PR, kadangkala pemimpin boneka lebih sering tidak sadar kalau dijadikan boneka sampai sudah terlambat. Saya hanya bisa mengamati dan menyetujui bahwa pada akhirnya politisi yang mengarahkan negara menuju kemana, banyak politisi yang menurut pengamatan saya dari luar membuat kebijakan secara tidak sadar karena kalau sadar saya masih ragu mereka memilih kebijakan yang akan membebani anak cucu mereka nantinya, belum lagi keluarga besar, kerabat, tetangga dan teman-temannya.

      Ranah ekonomi, militer, sosial, budaya suatu negara tidak akan lepas dari politik karena sistem politik yang mengatur tata cara melaksanakan roda pemerintahan yang menangani perihal ekonomi, militer, sosial, budaya.

      Sori kalau saya jadi nyinggung politik. Salam

      •  

        Idem bung PR, tidak apa berbeda pendapat, rakyat juga tahu pemerintah tidak sempurna, TNI tidak sempurna, rakyat juga tahu diri sendiri juga tidak sempurna; masih banyak yang melanggar UU, mengemplang pajak, mementingkan kepentingannya sendiri atau kelompoknya tanpa mau tahu orang lain. Ini masuk dalam proses pendewasaan sebagai bangsa dan pribadi. Mental kita-kita ini juga bermasalah banyak “penyakitnya”.

        Apapun yang sudah diputuskan kita akan dukung, kita memang butuh orang-orang nasionalis seperti bung PR, bung Jalo, bung Satrio, bung NR, bung PS, dan rekan-rekan lainnya yang ada di dalam sistem untuk memperbaiki keadaan. It’s okay.

    •  

      “Bad Boys” ..?? wahh.. siapa lagi tuh bung..??

  40.  

    Yang tampil dari Prancis itu..Heli Cougar..?? Heli serang Tiger..?? Pengganti F5 (Rafa)..atau semuanya tampil y..??

  41.  

    hehehe………..ternyata memang sdh ada yg siap2 jadi pahlawan kesiangan ya……berlagak paling bener, jd selama ini 10 thn pemerintahan sby g ada yg bener semua salah dimata mereka??? klo hanya cari kesalahan, mk y selama y hanya salah itu lah yg akan kamu dapatkan???
    Dunia pun tahu, saat sukarno melaksanakan KAA dibandung thn 1955 kondisi ekonomi kita seperti apa???
    saat merebut irian barat pun kondisi ekonomi kita seperti apa, tapi bangsa ini pun berani berbuat sangat nekat menantang belanda&sekutunya, dan saat itu bagaimanapun kondisi bangsa ini, ternyata bung karno mampu melakukan yg terbaik bunat NKRI.
    Saya bukan lah seorang punggawa&pengawal NKRI sy hanya seorang warga negara biasa, tp sy yakin dg diadakannya parade besar tgl 7 oktober nanti adalah pasti ada kebanggaan tersendiri buat TNI dan semua warga yg sangat cinta Nasionalis terhadap para penggawal Negeri tercinta ini.
    Saya pun sangat yakin pagelaran ini bukan demi kebanggaan pribadi sang presiden SBY tp semua demi HUT TNI dan warga negara NKRI.

    Majulah bangsa jayalah negeri…..
    Semangat&juanglah TNI demi ibu pertiwi….

    •  

      ya gpp bung mronggosss,

      semua ada perannya, klo semua tepuk tangan dan gak ada yang menunjukkan kesalahan malah semua gak sadar udah melenceng…

      nonton bola tanpa komentator juga terasa hambar…

      •  

        iya benar sekali bung danu…. semoga memang niatnya ikhlas demi NKRI bukan demi kepentingan sendiri & demi perut sendiri.
        yg pasti semua ada waktunya mana yg memang demi kemajuan bangsa atau demi ada lele dibalik sego sambel bung….hehehe

        •  

          bung mronggosss, sayang sekali memang masih kuat motivasi demi kepentingan golongan & demi perut golongan,

          baru aja pileg berlalu sekian bulan rakyat udah ditelikung, dirampas haknya memilih pemimpin, maklum terbukti banyak pemimpin generasi baru pilihan rakyat ini mempersempit ruang gerak korupsi di daerah masing2…

          •  

            bung danu@apa bener ada wacana dihapuskannya pilkada secsra lsngsung?jujur saya kurang setuju bung,terus bagaimana cara agar wacana tersebut bisa dibatalkan.
            terima kasih!

          •  

            sebetulnya saya gak suka politik bung danu,tapi bilamana hak kita sebagai rakyat dirampas terus terang saya tidak setuju.wacana tersebut boleh,bilamana kita sudah dewasa dalam berpolitik.semisal bgaimana jadinya jika kepala daerah dipilih oleh DPRD?sedangkan pileg tahun ini saya rasa yang terburuk selama saya mengikuti pemilihan(hampir semua yang duduk dikursi dprd didaerah saya melakukan mpolitik uang).seandainya peraturan tsbt sudah goal mungkinkah suatu saat peraturan tsbt di cabut(hapus)?

          •  

            bung SYAIFUL, di negara maju spt AS, bahkan sheriff dan district attorney / jaksa dipilih langsung oleh rakyat.

            UU Pilkada masih mungkin direvisi, salah satunya dengan menghukum partai2 yang pro UU tsb di pemilu berikut dengan jalan memberikan suara kepada partai2 yang menentang.

            masih lama memang, tapi konstitusional.

            salah pilih memang lama memperbaikinya…

          •  

            oya bung SYAIFUL, pada link yang saya beri dikatakan pilkada oleh dprd akan menghemat 41 T, ini namanya udah ditelikung, dibohongi lagi…

            dengan pileg, pilkada dan pilpres serentak biaya juga akan sangat dihemat, rakyat hanya perlu ke tps 1x dalam 5 tahun…

          •  

            bung danu, miris sekali dengar berita anggota dprd yang baru dilantik menggadaikan sk pengangkatan untuk cari utangan (biaya kampanye pasti dari utangan dan sekarang ditagih sama yang punya duit) Bisa sampean bayangkan kalau orang orang ini diberi kepercayaan untuk memilih gubernur ato bupati. Utang segunung, gaji bulanan sebagai anggota dprd tidak cukup untuk nyicil, kalau anda sebagai anggota dprd apa yang akan sampean lakukan?

            maaf analisa ngawur dari tukang gosok marmer

          •  

            Maksud saya kalau andalah anggota dprd seperti yang saya ceritakan, apa yang anda lakukan ketika didepan anda ada uang segunung dari calon gubernur ato bupati?

          •  

            ya itulah bung ckn, selain alasan (dicari2) akan irit biaya, alasan lainnya adalah menangkal politik uang pada pilkada, seolah anggota dprd adalah malaikat semua.

            dipilihkan oleh dprd, berarti dprd berperan sebagai perantara antara rakyat dan calon pemimpin daerah, yang namanya perantara dimanapun biasanya erat dengan akal2an…

      •  

        itu kalo komentatornya tidak berat sebelah bung danu…
        baru namanya tontonan seru… tidak hanya tiap hari komen keburukan skill para pemain satu pihak saja,

        •  

          kelihatan kok bung double D, mana yg membabi buta komen y demi memihak seseorang dan mana yg komen y memang demi kemajuan bangsa NKRI tercinta ini. Apalagi yg sdh lama jd warjag disini kelihatan sekali arah y kemana yg memang sengaja mau menggiring opini y itu.

          salam hangat bung…

          •  

            sekedar perbandingan, bung mronggosss klo udah cukup lama di jkgr pasti tahu saya selalu memback-up argumen dengan hitung2an, grafik, rangkaian foto, link media DN / LN, segitupun saya tidak pernah sembarangan meragukan apakah komen seseorang tidak demi kemajuan bangsa NKRI tercinta ini.
            mungkin saja ybs belum tahu data yang kebetulan saya ketahui…

          •  

            butuh link apa bung?

          •  

            sepertinya gak ada bung, yang disurvey biasanya masalah yang memiliki rentetan dampak cukup jauh ke depan, klo masalah HUT setelah bbrp hari gak diingat lagi…

          •  

            saya setuju asal kualitas liputan tvri gak seperti yang biasanya, maklum saya 600 km dari sby πŸ™‚

          •  

            iya betul bung danu sebelumnya memback up dg data2 yg ada dalam setiap opini y. Tapi bung danu jg pernah keceplosan sampe emosi kan dlm sanggahan opini tempo hari??? dan sempat disayangkan oleh bung satrio…..

            memang pilpres krm sangat2 berpengaruh pada pandangan seseorang, sehingga saling jegal&bantah bila ada yg meyerang sang capres pilihanya.
            semoga kedepan y warjag ini semakin mencerahkan&membangun alam pikiran kita demi kejayaan&kemajuan NKRI tercinta ini.

            salam hangat bung…

          •  

            betul bung mronggosss, saya terbawa suasana, soalnya segenap penghuni bonbin udah masuk ke jkgr, sekalipun demikian di thread tsb (ipo pertamina) saya tetap menampilkan sangat banyak grafik dan link terkait bursa saham…

            salam hangat bung.

        •  

          salam juga bung mronggoss

  42.  

    banyak Pro dan Kontra dengan akan di adakannya parade HUT TNI tahun ini,,,,terutama di warjag ini.
    tp saya sebagai warga negara indonesia, yang meski hanya beberapa rupiah selalu bayar pajak, yg alhamdulillah selalu beli Pertamax untuk Operasional sehari2.
    Saya sangat Bangga dengan akan di adakannya acara tsb, saya bangga dengan kekuatan TNI skrng meski saya tdk mengetahui persis dengan mata kepala saya sendiri bebrapa alutsista yg konon sdh ada. melihat para pengawal republik berbaris, melihat tank berat berjejer, melihat pesawat tempur terbang membentuk formasi dengan suara yg memecahkan telinga…sudah cukup buat saya pribadi puas, satu hal yg pasti: semua ada harga dan pengorbanannya, tidak semua melulu bisa di hitung dengan kalkulator. kemerdekaan, harga diri bangsa dan kedaulatan tdk akan pernah bisa di bandingkan dengan apapun…

    Majulah TNI…Jayalah NKRI

  43.  

    Dua2 benar..Mas Jalo yg kontra benar, rekan2 yang pro jg benar. Mas Jalo melihat dari keseharian kondisi di lapangan dan rekan2 melihat dari nilai dan arti acaranya..jadi dua2 benar cuma sudut pandangnya yang berbeda makanya gak nyambung tapi saya yakin semua demi memajukan Indonesia tercinta. kalau beda pendapat ya sah2 saja kan Indonesia negara Demokrasi…udh kita balik aja ke Tiger. Suhu2 blm adayg ngasih bar2an nie…

  44.  

    Sudahlah ngapain buat pamer otot sgala yg tentunya tidak ada manfaatnya…yg diperlukan pasukan TNI untuk semua kesatuan sudah mempunyai GPS Hal ini penting…liat perkembangan pasukan si Upil walaupun pasukanya termasuk Boy Band tapi tahu dimana letak musuh berada…tidak usah petak* tanah dan tali rapia untuk memetakan penyerangan terhadap musuh…anggaran besar yg menikmati kok hanya kelompok pengadaan alutsistanya dan pengadaan acara* pamer otot TNI…ini sama saja dengan pertunjukan Debus….bukanya di tampilkan secara modern malah persis tentara keraton yg dijejer- jejer alutsistanya….?tuh si jalo saja sudah muak sekarang…

  45.  

    kabar gembiranya bandara juanda ga akan di tutup karena permintaan presiden SBY dan sekarang sedang disimulasikan/rekayasa lalulintas terbangya biar lancar dan normal

  46.  

    klo saya pribadi seh. β€’seneng bsa lihat TNI yg kuat profesional.
    bangga bsa lihat tni yg punya alusista moderen

  47.  

    setuju bung jalo tuk penghematan tapi masyarakat juga merindukan kejayaan tni dan bangsa ini tuk ditunjukkan pd dunia.jangan di anggap sebelah mata saja ma tetangga.

  48.  

    benar bung tom, tapi yg perlu di cermati mengapa di situasi yg lagi prihatin bbm acaranya jorjoran seperti HUT RI,independen day,dll.

  49.  

    benar bung tom, tapi yg perlu di cermati mengapa di situasi yg lagi prihatin bbm dan ktnya kas negara minim acaranya jorjoran seperti HUT RI,independen day,dll.

    •  

      Situasi prihatin bbm sebenernya bukan baru sekarang bung. Tapi dah lama, beberapa kali bbm mau dinaikkan sama pemerintah. Tp ada orang-orang oposisi yang bilang katanya nggak perlu dinaikkan, masih banyak pos pos yang bisa di efisiensi. Menaikkan harga bbm menjadi tugas yang membuat setiap pemerintahan harus mempertimbangkan dengan seksama demi popularitas dan tetap menjaga dukungan rakyat.

    •  

      bbm maning, orang minyak tinggal nyedot apa susahnya sih, sekarang kan minyak dah zaman disedot mentah keluar mateng, apalagi katanya sumur di sini ada 60 ribuan, kalo 1 sumur min produksi 100-3000 barel per hari, wah kaya sekali negeri ini

    •  

      Dan Cadangan Devisa RI per Agustus 2014 berada pada posisi 111,4 Miliar Dollar tertinggi sejak 2009. katanya Tipi lho!

  50.  

    Yah minimal bisa mendongkrak semangat Para Prajujrit TNI, toh beliau-beliau yang berdiri didepan mempertaruhkan nyawanya demi untuk tegaknya negara ini. Saya mah cuma penonton, kebiasan penonton memang bersorak sorai ketika senang dan mencacimaki ketika tidak senang…

  51.  

    prokontra wajar dlm mengkritisi setiap masalah yg terjadi, skarang bagaimana kita mensiati setiap mslh. tuk acara hut tni tahun ini sbgai pembuktian kepada rakyat ap yg telah dilakukan tni slma 10 thn ini.
    mohon maaf jk slah ucap

  52.  

    Saya rakyat kecil dari pelosok kalimantan ingin melihat TNI yang gagah dan kuat, dinegeri ini yg bisa saya banggakan cuma TNI (kecuali segelintir oknum yg suka bikin susah masyarakat, oknum model ini kalau ditempat saya biasa diparang warga kalau berada ditempat gelap)

    Selamat ulang tahun TNI ku

    •  

      siapa itu yang main parang? bukan berarti oknum loh yg diparang, bisa aja yg parang yg salah atau karena masalah pribadi, jd jangan anggap nanti itu oknum aparat yg diparang yg salah, benar atau salahnya adalah melalu proses pembuktian secara hukum yg sah agar tidak terjadi kesalahpahaman. pernah dulu ada kejadian di kaltim, ada anggota yg diparang tp selelah usut punya usut, rebutan perempuan bukan pelanggaran hukum oleh oknum aparat, hampir satu kesatuan marah tp langsung disterilisasi, pernah jg kejadian tp ternyata sama2 oknum aparat yg melakukan barulah diadili secara sah

  53.  

    Kalau saya pribadi, memandang peringatan HUT TNI th ini diperingati dengan meriah adl sah sah saja. TNI + pemerintah juga berharap dgn program MEF 1 ini bisa menunjukkan semua masyarakat (Live TV) hasil dari pembangunan kekuatan TNI.
    Baik peringatan atau Latgab jelas disusun jauh jauh hari dan pastinya semua anggaran yang diajukan pemerintah pasti sudah mendapat persetujuan dari DPR RI. Apalagi latihan yang rutin harus sering dilakukan baik itu latihan tingkat matra maupun gabungan tingkat matra.
    Pembelian alutsista pastinya juga sudah disetujui oleh DPR RI sebagai presentasi dari wakil rakyat.
    Untuk menilai kebijaksanaan pemerintah , saya pikir masyarakat kita sudah sangat dewasa dan kontrol publik lewat media juga sangat kritis.
    Media itu sangat berperan sekali dalam pembentukan opini publik.
    Konstitusi kita sangat jelas, apabila kebijaksanaan pemerintah melengceng ada ruang konstitusi untuk mengawasi. DPR skrg juga sangat kritis. Dan ingat anggota DPR juga wakil kita yg kita pilih lewat pemilu legislatif.
    Klo masalah BBM, klo saya melihat itu sudah permasalahan lama. Klo saya melihat langsung pedagang eceran beli BBM di spbu yg antrian panjang, klo saya tanya mereka malah suka klo subsidi BBM dihilangkan saja, jadi pasar akan terbentuk dengan sendirinya mengikuti harga asli BBM tdk disubsidi.
    Subsidi yg besar bisa dialihkan ke banyak program2 kemasyarakatan. Tapi jangan berupa hibah, krn akan membuat masyarakat kita jadi manja. Berikan kail, jangan berikan ikannya.
    Maklum saya juga asli orang desa he he he…
    Jujur saja klo saya bisa libur kerja, saya akan ajak anak dan istri saya melihat peringatan tsb. Moga2 aja bisa terlaksana, amin. Dan siapa tau bisa ketemu teman2 warjag he he he……

    Salam hangat

  54.  

    Jalo @ Saya setuju Bung dengan Komentar Bung Jalo…… karena memang inilah realita yang ada. Kami Masyarakat di Kepri sangat paham bagaimana pusingnya Para Komandan Kapal KRI dan Kapal Patoli Airut, Bea Cukai, KPLP setiap akan melaut yang harus pandai 2 menyikapi segala kekurangan bekal uintuk melaksanakan tugas negara. Sementara masyarakat Kepri juga banyak yang tahu bagaimana para jenderal jenderal setiap hari libur sabtu minggu khususnya hari kejepit nasional berduyun – duyun berwisata golf ke Lagoi Bintan dan para istri berbelanja ria di Nagoya, Batam. Kadang Kasihan melihat kawan kawan kodim 0316 Batam yang setiap hari stanby bertugas untuk mengurus akomodasi dan peralatan goilf para jenderal 1234 di pelabuhan telaga punggur dan sebagiannya lagi mengawal para istri berbelanja di Nagoya Batam..

    Kalau Soal Bela Negara, Bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri, Tapi Merupakan tanggung jawab setiap Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk siap Mati Demi Mempertahankan Negara dan siap Untuk Dipanggil Apabila Terjadi Mobilisasi Umum…. NKRI Harga Mati….

    •  

      tp pertahanan tetap fungsi utama dari tni walaupun memang bela negara adalah hak da kewajiban seluruh wni, begitu halnya kamtibmas yg merupakan fungsi utama dari polri tp wni yang lain termasuk tni boleh jg membantu

  55.  

    bravo TNI, brhrp TNI tk ikutan korupsi..?

  56.  

    ALERT!!!….ALERT !!!….ALERT!!!…ada indikasi memecah NKRI….jurus pertama melemahkan TNI dgn berbagai cara.

  57.  

    Bagaimana caranya mengembangkan teknologi mesin yg powerful tanpa BBM untuk arsenal tempur semua matra ? [ mesin jet dan pesawat tanpa BBM, mesin kapal tanpa BBM, mesin kendaraan darat tanpa BBM ]

    Kedengarannya aneh dan sulit tapi mau bagaimana lagi. Teknologi tanpa BBM yg bisa membantu pertahanan keamanan negara [ ketahanan energi nasional sekaligus menghemat biaya operasional TNI, me-minimal-kan intervensi ‘mabuk’ politik ].

    Adakah para peneliti dan universitas bekerjasama dengan Balitbang TNI mau untuk mengembangkannya ? Teknologi yg nantinya bisa dimanfaatkan untuk rakyat juga :mrgreen:

  58.  

    Bung Jalo dkk sepertimya risih n ga seneng ada penghormatan terakhir sebagai pemimpin bangsa untuk Sang Jendral Besar

  59.  

    Ngeri Bung PR mainnya doopering he..he..salam bung
    Sudah ada yg baca analisa Pak kwik kian gie tentang Mafia BBM ? Pertamina untung atau rugi? Trend harga minyk dunia?cadangan minyak?produksi per barel? P&L ? He..he..
    Hayo silahkan di cari……googling dan temukan jawaban nya. Mgk mmg sekedar pendapat pakar ekonom tapi masuk akal juga
    Sdh bkn rahasia yg menghabiskan anggaran paling buesarrr itu PNS perlu di evaluasi tugasnya, jumlahnya, , perjalanan dinasnya, fasilitasnya. Wong sekelas kadin level kabupaten saja sdh pake inova type G atu V (silahkan cek hargamya) kabag pakai toyota rush Hmmm….dinas luar 2 hari klaimnya 4 he..he..gedung/ruangan banyak yg kosong tp rapat di hotel. Maaf tdk ada maksud tendensi apapun tp ya seperti itu yg terlihat. Apalagi anggota dewan….klo mau mmg mau hemat mbok ya di lihat segala aspek semuanya sama rata. Di kodim kepala staf kodim/kasdim mobdin nya katana,(ada teman saya masih pake tuh he..he..sebelum pindah ke kodam)

    Sorry cm pendapat tukang senapan angin cipacing he..he…

  60.  

    dgn mengikuti perkembangan alutista di forum jakartagreater ini aja ane sbg warga sipil segitu banggax,,bgm seandaix ane bisa langsung liat parade militer TNI di hari jadix nt ya..tk para sepuh cooling down ya..semoga maslah perbdaan pendapat bisa menjadikan qta bisa lbh dwasa dlm bersikap dan bijak..ane menghargai pendapt bung jalo,,dan ane pun menghargai pendapat para sepuh lainx..mari bung qta jaga forum tercinta qta ini sebagai forum persatuan dan kesatuan anak bangsa yg akan slu banga akan kemampuan militer negarax.ane hya bisa berdoa agar pemerintahan kedepan bisa lebih baik n bisa lbh memperhatikan kesejahteraan para prajurit TNI.

  61.  

    Konteks yang dipaparkan bung Jalo tentu tidak dapat dinafikan sepenuhnya. Namun terlepas dari apriori yang mengalir, seperti seolah menjadi ajang “triumph of legacy”, mungkin ada baiknya dipandang lebih komprehensif ya bung?.inventaris kreasi komponen, instrumentasi dan perekayasaan data pada pengembangan alutsista Kita salah satu, ya memang dibabar pada acara semacam ini. TNI juga menunjukkan bahwa ia sebagai unsur dari rakyat (bukan wong cilik atau wong licik) ialah produk dari usaha kemerdekaan. Lepas dari pendikotomian, politik dan militer.Jadi ketika wacana kenegaraan diwujudkan dalam rencana cadnas/milsuk/wamil semata-mata penghayatan bela negara/dasar kemiliteran ialah pemahaman yang melekat sebagai kewajiban bela negara. Cmiiw bung Jalo. Salam tabik.

  62.  

    Mobil dinas kesayangan msh tahun 2003 loh.. rumah masih kredit.. hehehe

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      malah saya sepeda motor bung PR.
      di pakai gantian lagi πŸ˜†
      tapi yang ngiris itu saat orang tua saya yang umurnya 60an+ pakai sepeda motor malem-malem cuma untuk berobat ke dokter.
      kalau mobil seh enak tidak kena angin, duduk atau tiduran bisa la sepeda motor wkwkwwk πŸ˜†
      di sukuri aja bung PR. moga-moga Indonesia kedepannya makin makmur sejahtera dan bisa membawa manfaat untuk dunia πŸ™‚

  63.  

    gak setujuuuuuu titik

    klu bbm habis gimana…,giliran rakyat di suruh antree sampe 6 jam bahkan udah capek antre eh bbm abiss..,,gak pernah antree di pom bensin tu pemerintah…,coba sekali2 antree 2 jam aja..mungkin udah keluar taringnya ..dan asap di ubun2 nya

  64.  

    bung jalo said :
    Sabar ya bung, semoga tidak ada arogansi. Kalau mau diskusi silahkan saya ladenin, kebetulan saya juga dari kemarin lagi debat dengan suriken 4…

    wah mantafff…aku pribadi siap melayani bung jalo@ ya bikinin kopi atw pijat ..siap !!>

    bangga rasanya kalau seandainya indonesia ini perang aku bisa berada di dalam komando bung jalo@

    salam untuk keluarga dan semoga ALLAH SWT ,memberikan kesehatan dan rezki yg halal dan barokah untuk bung jalo@sekeluarga..aminnnn

    salam bung jalo@

  65.  

    Setahun lebih jd SR, akhirnya sy merelakan diri berkomentar juga. Pemicunya hanya gara-gara terkesima dengan kritiknya bung Jalo. Bagi sy sesuatu yg lumrah ada kritik dari banyak perspektif dalam membaca sebuah realitas. Jauh sebelumnya, sy suka jg baca komentar2 bung Jalo, terutama yg terkait dgn informasi, report, maupun cerita pengalaman beliau.

    Namun, sy sempat terhenyak membaca komentarnya bung Jalo pada July 29, 2014 at 12:53 pm “Kita harus optimis siapa pun presidennya. Saya aja gak memilih keduanya karena dari dulu saya berprinsip akan menjagokan presiden yg bisa menjadikan syariat islam sebagai hukum negara. Di dua pilihan tidak ada kriteria saya.” Wow! Sy langsung menginterpretasikan diri anda secara subjektif. Tapi ketika itu sy tetap malas kasih komentar.

    Kritik anda belakangan, semoga dengan niat baik, nampaknya harus sy respon. Bagi sy, lahir di Indonesia dan tumbuh dalam lingkungan nahdlyin, perbedaan cara pandang, sikap politik, maupun tradisi merupakan sesuatu yg lumrah dan patut disyukuri. Bedanya, kalau kritik anda dimotivasi ideologi yang anda anut maka warung ini sudah menjadi kurang indah. Terutama bagi sy yang memiliki pandangan Pancasila sudah final. Sebagaimana kata almarhum Gus Dur: “Pancasila bukan agama dan tidak akan pernah menggantikan agama.” Mbah Wahab Chasbullah juga kira2, sy agak lupa, pernah berkomentar: “Selama negara tidak melarang kita sholat, membayar zakat, naik haji, dan amaliyah lainnya maka kita wajib tunduk terhadap hukum negara.” Hukum agama semisal nikah, waris, dll sudah diadopsi dalam hukum negara yang berbentuk pengadilan agama. Mbah Hasyim Asy’ari bahkan pernah mencetuskan Resolusi Jihad ketika tentara sekutu memaksa masuk menguasai Indonesia via Surabaya, katanya: “Mempertahankan tanah air hukumnya fardlu ain.” Walhasil, setelah bung Tomo mendapatkan wejangan utk meneriakan takbir dalam pidatonya untuk menggerakkan rakyat Surabaya, tentara sekutu yang didukung persenjataan modern malah memaksa untuk melakukan gencatan senjata, Santri dan kelompok sosial masyarakat lainnya berperang atas dasar motivasi keagamaan dan nasionalisme.Keduanya tidak berkontradiksi.

    Maksud paragraf sy di atas, sy senang menjadi SR di sini karena menambah pengetahuan dalam dunia militer tapi sy akan sangat menyesal manakala warung ini menjadi arena internalisasi, entah dinyatakan dalam pendapat tegas maupun kritik lugas, yang bertujuan untuk mendekontruksi nilai-nilai ke-Indonesia-an sy.

    Ini cuma unek-unek dari warga biasa yang ga pernah dapat kesempatan diskusi dengan shuriken 4 loh bung Jalo..Hehehe

    •  

      Like dng komentarnya bung Delta Whiskey! Salam kenal bung.

    •  

      komentar yang adem. Like it buat @delta whiskey

    •  

      Jalo says:
      July 29, 2014 at 12:53 pm
      Kita harus optimis siapa pun presidennya. Saya aja gak memilih keduanya karena dari dulu saya berprinsip akan menjagokan presiden yg bisa menjadikan syariat islam sebagai hukum negara. Di dua pilihan tidak ada kriteria saya.

      Sedikit bercerita kebelakang, dulu Pak SBY membentuk Partai Demokrat dasarnya dari mana?? Beliau berkunjung kemana dan meminta restu siapa?? Dan akhirnya terbentuk yg namanya partai Demokrat. Di akhir masa jabatannya, ada masyarakat yg mengakui beliau berhasil membawa negara ke arah yg lebih baik. Dab melupakan awal sejarah beliau. Nah begitu juga dengan presiden kedepan, mari kita hormati walaupun beliau tidak kita sukai. Tapi di hati harapan beliau berbeda dengan apa yg kita pikirkan pasti ada. Harapan rakyat adalah harapan negara. Ingat Negara kita bukan presiden, tapi negara kita Indonesia…

  66.  

    TNI sudah LEGOWO tdk berpolitik & akan berangsur menjadi tentara yg lbh profesional & kompeten,,tentu negara (rakyat) mesti memberikan barang mainannya, berupa alutsista,,dg demikian mereka akan fokus pd tugasnya,,tdk akan melirik dunia poltik lg,,lain soal kalu sdh pension boleh berpoltik,,soal hrg Alutsista tentu sangat mahal namun telah di tempuh berbagai kompromi,review, optimlaisasi & negosiasi lbh baik shg pemanfaatan budget lbh optimal,,hrg alutusisa/Anggaran militer NKRI msh terlalu murah dibandung harga sebuah KEDAULATAN ….kita semua PANTAS berterima kasih kepada Panglima Tertinggi Bung SBY beserta jajaran Kemenhan, Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau yg telah memimpin merancang peningkatan kekuatan militer yg cukup dahsyat (melalui program Minimum Essential force I & II) namun dengan biaya yg relatif rendah, bila dibandungkan dg negara lain,,,,adalah sangat wajar kita memberikan penghormatan tinggi atas jasa2nya kepada Panglima Tettinggi dengan menampilkan kekuatan pertahanan NKRI dimasa akhir tugas beliau sbg Presiden RI

  67.  

    menanamkan harga nkri dan jiwa nasionalis di setiap rakyat indonesia mbok jangan diukur dengan nilai rupiah…. toh TNI tidak tiap tahun parade besar-besaran. Saat rezim mega yg katanya sulit toh tni pernah juga parade di hut tni di ujung…. so kalo menilai, coba lihatlah dampak dari militer itu berdampak positip gak bagi negara kita.
    Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

  68.  

    Fuiihh…pajang dan rame komennya!maaf bung @jalo,bung@pr ane komen dikit kalau menurut saya komen bung@jalo benar komen bung@pr juga benar.hanya beda dari kaca mata kepentingan saja.ribetnya kalau bbmnya dapet dikit.habis disedot asing.makanya china sampe bela belain inves minyak di timteng dan afrika.bung jalo,bung pr ini ada cabe buat temen gorenganya dari mbah marhaen di gunung.pedes!bgmana jika pertamina dijual trus di beli asing walaupun mula mula dibeli orang indonesia.nasib alutsista bung@pr gmana? Nasib tranportasi sipil gimana bung@jalo?saya tanya mbah marhaen?aou ah elap. Udah gelap mbah ya? Pulang yuk!

  69.  

    @ bung PR Bad boysnya dr indonesia za bung PR ?

  70.  

    πŸ™‚

  71.  

    @wedus latgab ya perlu kali, malaysia klaim mang gara2 latgab? komentar situ sepertinya ngaco sekali, situ wedus? ta panggil juru kunci ya? @bung jalo maaf sy kurang sependapat, soal mengalah, tni dan kemenhan dulu sering mengalah kog dalam hal anggaran apalagi pas ada bencana alam, td ada alasan yg sy kemukakan panjang lebar tp kenapa kehapus itu?

    •  

      Ok bung, namanya juga diskusi jadi gak apa2 kalau tidak sependapat… Saya sudah bilang tidak perlu ikutin saya, saya juga banyak salah…

      Itu cuman opini saya pribadi, maaf jadi sering ngasih komentar ngawur, mungkin kebawa emosi jadi begitu. Mungkin saya sedih karena kebawa kasus penghematan anggaran dan juga masalah bbm di sejumlah daerah, apalagi opsi energi alternatif yg dikoar2 kenyataan cuman ucapan doang.

      Jadi saya mohon buat teman2 kalau komentar saya ngawur tapi itu cuman opini saya aja. Jadi lebar kemana2 kebawa arus, baru baca2 lagi ternyata yah begitu. πŸ™‚

      Silahkan dilanjut diskusinya, memang saya gak cocok jadi pengamat politik, bisa rusak negara ini. πŸ™‚

  72.  

    Saya tertarik dgn drone stratosfir yg sempat di.singgung. apa bisa di buat kn artikelnya?.

    #over the horizon radar “Mata Garuda”.

  73.  

    TNI itu benteng terakhir eksistensinya NKRI…tugas utamanya menjaga keutuhan negara baik terhadap gangguan dari luar maupun dari dalam…patut disyukuri kita memiliki TNI yg sangat merakyat ini sekaligus profesional …bandingkansaja dgn tentara thailand yg suka kudeta ( its ok kalo tujuannya menyelamatkan negaranya ) manakala negara sdg dikuasai oleh sebuah rezim yg jahat dan merusak segala sendi kehidupan maka TNI jgn hanyut menjadi alat kekuasaan tp tetaplah menjadi alat dan benteng negara..silahkan lakukan tindakan yg diperlukan demi mempertahankan NKRI..biaya parade ? Terlalu kecil buat harga sebuah negara bernama INDONESIA…saya setuju diadakan Wajib Militer…walaupun saya pernah ngrasain digembleng Kodam Brawijaya cuma 2 hari di Trawas rasanya mau pingsan di hari pertama..hehehe tp hasilnya makin cinta sama NKRI ..:D maaf cuma pendapat pribadi

 Leave a Reply