Sep 102014
 

Ada keterangan menarik hasil wawancara Metro TV dengan Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, saat berada di Paris, tanggal 26 Juni 2014. Akankah Helikopter Tiger H61, ikut meramaikan Parade Militer HUT ke-69 TNI ?.


Dua helikopter serbu Eurocopter Tiger H61 sedang pamer kelincahan bermanuver. (Foto: REUTERS)

Dua helikopter serbu Eurocopter Tiger H61 sedang pamer kelincahan bermanuver. (Foto: REUTERS)

Paris, 26/6/2014 – Upacara kebesaran HUT ke-69 TNI akan menjadi ajang pertama bagi ‘macan’ baru TNI memperkenalkan diri kepada warga Indonesia. Macan itu sedang dalam tahap akhir persiapkan fisik di benua Eropa.

Macan itu adalah helikopter serang Eurocopter Tiger H61. Mereka akan melengkapi helikopter serbu MI 35 dan Apache memperkuat TNI AD. Selain itu ada tiga kapal fregat multifungsi untuk TNI AL yang sedang dibangun di Manchester, Inggris.

“Seluruh alutsista yang baru ini akan ikut dalam peringatan Hari TNI 5 Oktober,” kata Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin di Paris, Jumat (26/6/2014).

Wamenhan berkunjung ke Paris bersama rombongan Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Selain itu mereka ke Belanda juga untuk memastikan perkembangan seluruh alutsista yang dipesan Indonesia untuk jajaran TNI.

“Saat ini seluruh pesanan itu sudah dalam tahap akhir dan akan segera dikirim secara bertahap ke Indonesia,” sambung matan Pangdam Jaya ini.

Sjafrie merasa puas karena selain pembelian alutsista ada banyak tawaran bagi pengembangan kerja sama industri pertahanan. Terutama untuk Pindad yang terbuka peluang bagi pengembangan panser Anoa serta kendaraan tempur dan amunisi lainnya.

Bersama Dirut Pindad Sudirman Said, Wamenhan bertemu juga Presiden Volvo Group, Stefano Chmielewski untuk membicarakan pasokan mesin Renault sebagai sumber tenaga Panser Anoa. “Pindad sudah memproduksi 250 unit panser kebutuhan TNI AD. Sekarang Pindad mempunyai kesempatan untuk memasok 250 unit lainnya dan Renault bersepakat untuk memasok kebutuhan mesinnya,” kata Sjafrie (Suryo Pratomo). (MetroTVNews.com).

jakartagreater.com

  239 Responses to “Helikopter Tiger H61 akan Datang ?”

  1.  

    klo saya pribadi seh. •seneng bsa lihat TNI yg kuat profesional.
    bangga bsa lihat tni yg punya alusista moderen

  2.  

    setuju bung jalo tuk penghematan tapi masyarakat juga merindukan kejayaan tni dan bangsa ini tuk ditunjukkan pd dunia.jangan di anggap sebelah mata saja ma tetangga.

  3.  

    benar bung tom, tapi yg perlu di cermati mengapa di situasi yg lagi prihatin bbm acaranya jorjoran seperti HUT RI,independen day,dll.

  4.  

    benar bung tom, tapi yg perlu di cermati mengapa di situasi yg lagi prihatin bbm dan ktnya kas negara minim acaranya jorjoran seperti HUT RI,independen day,dll.

    •  

      Situasi prihatin bbm sebenernya bukan baru sekarang bung. Tapi dah lama, beberapa kali bbm mau dinaikkan sama pemerintah. Tp ada orang-orang oposisi yang bilang katanya nggak perlu dinaikkan, masih banyak pos pos yang bisa di efisiensi. Menaikkan harga bbm menjadi tugas yang membuat setiap pemerintahan harus mempertimbangkan dengan seksama demi popularitas dan tetap menjaga dukungan rakyat.

    •  

      bbm maning, orang minyak tinggal nyedot apa susahnya sih, sekarang kan minyak dah zaman disedot mentah keluar mateng, apalagi katanya sumur di sini ada 60 ribuan, kalo 1 sumur min produksi 100-3000 barel per hari, wah kaya sekali negeri ini

    •  

      Dan Cadangan Devisa RI per Agustus 2014 berada pada posisi 111,4 Miliar Dollar tertinggi sejak 2009. katanya Tipi lho!

  5.  

    Yah minimal bisa mendongkrak semangat Para Prajujrit TNI, toh beliau-beliau yang berdiri didepan mempertaruhkan nyawanya demi untuk tegaknya negara ini. Saya mah cuma penonton, kebiasan penonton memang bersorak sorai ketika senang dan mencacimaki ketika tidak senang…

  6.  

    prokontra wajar dlm mengkritisi setiap masalah yg terjadi, skarang bagaimana kita mensiati setiap mslh. tuk acara hut tni tahun ini sbgai pembuktian kepada rakyat ap yg telah dilakukan tni slma 10 thn ini.
    mohon maaf jk slah ucap

  7.  

    Saya rakyat kecil dari pelosok kalimantan ingin melihat TNI yang gagah dan kuat, dinegeri ini yg bisa saya banggakan cuma TNI (kecuali segelintir oknum yg suka bikin susah masyarakat, oknum model ini kalau ditempat saya biasa diparang warga kalau berada ditempat gelap)

    Selamat ulang tahun TNI ku

    •  

      siapa itu yang main parang? bukan berarti oknum loh yg diparang, bisa aja yg parang yg salah atau karena masalah pribadi, jd jangan anggap nanti itu oknum aparat yg diparang yg salah, benar atau salahnya adalah melalu proses pembuktian secara hukum yg sah agar tidak terjadi kesalahpahaman. pernah dulu ada kejadian di kaltim, ada anggota yg diparang tp selelah usut punya usut, rebutan perempuan bukan pelanggaran hukum oleh oknum aparat, hampir satu kesatuan marah tp langsung disterilisasi, pernah jg kejadian tp ternyata sama2 oknum aparat yg melakukan barulah diadili secara sah

  8.  

    Kalau saya pribadi, memandang peringatan HUT TNI th ini diperingati dengan meriah adl sah sah saja. TNI + pemerintah juga berharap dgn program MEF 1 ini bisa menunjukkan semua masyarakat (Live TV) hasil dari pembangunan kekuatan TNI.
    Baik peringatan atau Latgab jelas disusun jauh jauh hari dan pastinya semua anggaran yang diajukan pemerintah pasti sudah mendapat persetujuan dari DPR RI. Apalagi latihan yang rutin harus sering dilakukan baik itu latihan tingkat matra maupun gabungan tingkat matra.
    Pembelian alutsista pastinya juga sudah disetujui oleh DPR RI sebagai presentasi dari wakil rakyat.
    Untuk menilai kebijaksanaan pemerintah , saya pikir masyarakat kita sudah sangat dewasa dan kontrol publik lewat media juga sangat kritis.
    Media itu sangat berperan sekali dalam pembentukan opini publik.
    Konstitusi kita sangat jelas, apabila kebijaksanaan pemerintah melengceng ada ruang konstitusi untuk mengawasi. DPR skrg juga sangat kritis. Dan ingat anggota DPR juga wakil kita yg kita pilih lewat pemilu legislatif.
    Klo masalah BBM, klo saya melihat itu sudah permasalahan lama. Klo saya melihat langsung pedagang eceran beli BBM di spbu yg antrian panjang, klo saya tanya mereka malah suka klo subsidi BBM dihilangkan saja, jadi pasar akan terbentuk dengan sendirinya mengikuti harga asli BBM tdk disubsidi.
    Subsidi yg besar bisa dialihkan ke banyak program2 kemasyarakatan. Tapi jangan berupa hibah, krn akan membuat masyarakat kita jadi manja. Berikan kail, jangan berikan ikannya.
    Maklum saya juga asli orang desa he he he…
    Jujur saja klo saya bisa libur kerja, saya akan ajak anak dan istri saya melihat peringatan tsb. Moga2 aja bisa terlaksana, amin. Dan siapa tau bisa ketemu teman2 warjag he he he……

    Salam hangat

  9.  

    Jalo @ Saya setuju Bung dengan Komentar Bung Jalo…… karena memang inilah realita yang ada. Kami Masyarakat di Kepri sangat paham bagaimana pusingnya Para Komandan Kapal KRI dan Kapal Patoli Airut, Bea Cukai, KPLP setiap akan melaut yang harus pandai 2 menyikapi segala kekurangan bekal uintuk melaksanakan tugas negara. Sementara masyarakat Kepri juga banyak yang tahu bagaimana para jenderal jenderal setiap hari libur sabtu minggu khususnya hari kejepit nasional berduyun – duyun berwisata golf ke Lagoi Bintan dan para istri berbelanja ria di Nagoya, Batam. Kadang Kasihan melihat kawan kawan kodim 0316 Batam yang setiap hari stanby bertugas untuk mengurus akomodasi dan peralatan goilf para jenderal 1234 di pelabuhan telaga punggur dan sebagiannya lagi mengawal para istri berbelanja di Nagoya Batam..

    Kalau Soal Bela Negara, Bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri, Tapi Merupakan tanggung jawab setiap Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk siap Mati Demi Mempertahankan Negara dan siap Untuk Dipanggil Apabila Terjadi Mobilisasi Umum…. NKRI Harga Mati….

    •  

      tp pertahanan tetap fungsi utama dari tni walaupun memang bela negara adalah hak da kewajiban seluruh wni, begitu halnya kamtibmas yg merupakan fungsi utama dari polri tp wni yang lain termasuk tni boleh jg membantu

  10.  

    bravo TNI, brhrp TNI tk ikutan korupsi..?

  11.  

    ALERT!!!….ALERT !!!….ALERT!!!…ada indikasi memecah NKRI….jurus pertama melemahkan TNI dgn berbagai cara.

  12.  

    Bagaimana caranya mengembangkan teknologi mesin yg powerful tanpa BBM untuk arsenal tempur semua matra ? [ mesin jet dan pesawat tanpa BBM, mesin kapal tanpa BBM, mesin kendaraan darat tanpa BBM ]

    Kedengarannya aneh dan sulit tapi mau bagaimana lagi. Teknologi tanpa BBM yg bisa membantu pertahanan keamanan negara [ ketahanan energi nasional sekaligus menghemat biaya operasional TNI, me-minimal-kan intervensi ‘mabuk’ politik ].

    Adakah para peneliti dan universitas bekerjasama dengan Balitbang TNI mau untuk mengembangkannya ? Teknologi yg nantinya bisa dimanfaatkan untuk rakyat juga :mrgreen:

  13.  

    Bung Jalo dkk sepertimya risih n ga seneng ada penghormatan terakhir sebagai pemimpin bangsa untuk Sang Jendral Besar

  14.  

    Ngeri Bung PR mainnya doopering he..he..salam bung
    Sudah ada yg baca analisa Pak kwik kian gie tentang Mafia BBM ? Pertamina untung atau rugi? Trend harga minyk dunia?cadangan minyak?produksi per barel? P&L ? He..he..
    Hayo silahkan di cari……googling dan temukan jawaban nya. Mgk mmg sekedar pendapat pakar ekonom tapi masuk akal juga
    Sdh bkn rahasia yg menghabiskan anggaran paling buesarrr itu PNS perlu di evaluasi tugasnya, jumlahnya, , perjalanan dinasnya, fasilitasnya. Wong sekelas kadin level kabupaten saja sdh pake inova type G atu V (silahkan cek hargamya) kabag pakai toyota rush Hmmm….dinas luar 2 hari klaimnya 4 he..he..gedung/ruangan banyak yg kosong tp rapat di hotel. Maaf tdk ada maksud tendensi apapun tp ya seperti itu yg terlihat. Apalagi anggota dewan….klo mau mmg mau hemat mbok ya di lihat segala aspek semuanya sama rata. Di kodim kepala staf kodim/kasdim mobdin nya katana,(ada teman saya masih pake tuh he..he..sebelum pindah ke kodam)

    Sorry cm pendapat tukang senapan angin cipacing he..he…

  15.  

    dgn mengikuti perkembangan alutista di forum jakartagreater ini aja ane sbg warga sipil segitu banggax,,bgm seandaix ane bisa langsung liat parade militer TNI di hari jadix nt ya..tk para sepuh cooling down ya..semoga maslah perbdaan pendapat bisa menjadikan qta bisa lbh dwasa dlm bersikap dan bijak..ane menghargai pendapt bung jalo,,dan ane pun menghargai pendapat para sepuh lainx..mari bung qta jaga forum tercinta qta ini sebagai forum persatuan dan kesatuan anak bangsa yg akan slu banga akan kemampuan militer negarax.ane hya bisa berdoa agar pemerintahan kedepan bisa lebih baik n bisa lbh memperhatikan kesejahteraan para prajurit TNI.

  16.  

    Konteks yang dipaparkan bung Jalo tentu tidak dapat dinafikan sepenuhnya. Namun terlepas dari apriori yang mengalir, seperti seolah menjadi ajang “triumph of legacy”, mungkin ada baiknya dipandang lebih komprehensif ya bung?.inventaris kreasi komponen, instrumentasi dan perekayasaan data pada pengembangan alutsista Kita salah satu, ya memang dibabar pada acara semacam ini. TNI juga menunjukkan bahwa ia sebagai unsur dari rakyat (bukan wong cilik atau wong licik) ialah produk dari usaha kemerdekaan. Lepas dari pendikotomian, politik dan militer.Jadi ketika wacana kenegaraan diwujudkan dalam rencana cadnas/milsuk/wamil semata-mata penghayatan bela negara/dasar kemiliteran ialah pemahaman yang melekat sebagai kewajiban bela negara. Cmiiw bung Jalo. Salam tabik.

  17.  

    Mobil dinas kesayangan msh tahun 2003 loh.. rumah masih kredit.. hehehe

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      malah saya sepeda motor bung PR.
      di pakai gantian lagi 😆
      tapi yang ngiris itu saat orang tua saya yang umurnya 60an+ pakai sepeda motor malem-malem cuma untuk berobat ke dokter.
      kalau mobil seh enak tidak kena angin, duduk atau tiduran bisa la sepeda motor wkwkwwk 😆
      di sukuri aja bung PR. moga-moga Indonesia kedepannya makin makmur sejahtera dan bisa membawa manfaat untuk dunia 🙂

  18.  

    gak setujuuuuuu titik

    klu bbm habis gimana…,giliran rakyat di suruh antree sampe 6 jam bahkan udah capek antre eh bbm abiss..,,gak pernah antree di pom bensin tu pemerintah…,coba sekali2 antree 2 jam aja..mungkin udah keluar taringnya ..dan asap di ubun2 nya

  19.  

    bung jalo said :
    Sabar ya bung, semoga tidak ada arogansi. Kalau mau diskusi silahkan saya ladenin, kebetulan saya juga dari kemarin lagi debat dengan suriken 4…

    wah mantafff…aku pribadi siap melayani bung jalo@ ya bikinin kopi atw pijat ..siap !!>

    bangga rasanya kalau seandainya indonesia ini perang aku bisa berada di dalam komando bung jalo@

    salam untuk keluarga dan semoga ALLAH SWT ,memberikan kesehatan dan rezki yg halal dan barokah untuk bung jalo@sekeluarga..aminnnn

    salam bung jalo@

  20.  

    Setahun lebih jd SR, akhirnya sy merelakan diri berkomentar juga. Pemicunya hanya gara-gara terkesima dengan kritiknya bung Jalo. Bagi sy sesuatu yg lumrah ada kritik dari banyak perspektif dalam membaca sebuah realitas. Jauh sebelumnya, sy suka jg baca komentar2 bung Jalo, terutama yg terkait dgn informasi, report, maupun cerita pengalaman beliau.

    Namun, sy sempat terhenyak membaca komentarnya bung Jalo pada July 29, 2014 at 12:53 pm “Kita harus optimis siapa pun presidennya. Saya aja gak memilih keduanya karena dari dulu saya berprinsip akan menjagokan presiden yg bisa menjadikan syariat islam sebagai hukum negara. Di dua pilihan tidak ada kriteria saya.” Wow! Sy langsung menginterpretasikan diri anda secara subjektif. Tapi ketika itu sy tetap malas kasih komentar.

    Kritik anda belakangan, semoga dengan niat baik, nampaknya harus sy respon. Bagi sy, lahir di Indonesia dan tumbuh dalam lingkungan nahdlyin, perbedaan cara pandang, sikap politik, maupun tradisi merupakan sesuatu yg lumrah dan patut disyukuri. Bedanya, kalau kritik anda dimotivasi ideologi yang anda anut maka warung ini sudah menjadi kurang indah. Terutama bagi sy yang memiliki pandangan Pancasila sudah final. Sebagaimana kata almarhum Gus Dur: “Pancasila bukan agama dan tidak akan pernah menggantikan agama.” Mbah Wahab Chasbullah juga kira2, sy agak lupa, pernah berkomentar: “Selama negara tidak melarang kita sholat, membayar zakat, naik haji, dan amaliyah lainnya maka kita wajib tunduk terhadap hukum negara.” Hukum agama semisal nikah, waris, dll sudah diadopsi dalam hukum negara yang berbentuk pengadilan agama. Mbah Hasyim Asy’ari bahkan pernah mencetuskan Resolusi Jihad ketika tentara sekutu memaksa masuk menguasai Indonesia via Surabaya, katanya: “Mempertahankan tanah air hukumnya fardlu ain.” Walhasil, setelah bung Tomo mendapatkan wejangan utk meneriakan takbir dalam pidatonya untuk menggerakkan rakyat Surabaya, tentara sekutu yang didukung persenjataan modern malah memaksa untuk melakukan gencatan senjata, Santri dan kelompok sosial masyarakat lainnya berperang atas dasar motivasi keagamaan dan nasionalisme.Keduanya tidak berkontradiksi.

    Maksud paragraf sy di atas, sy senang menjadi SR di sini karena menambah pengetahuan dalam dunia militer tapi sy akan sangat menyesal manakala warung ini menjadi arena internalisasi, entah dinyatakan dalam pendapat tegas maupun kritik lugas, yang bertujuan untuk mendekontruksi nilai-nilai ke-Indonesia-an sy.

    Ini cuma unek-unek dari warga biasa yang ga pernah dapat kesempatan diskusi dengan shuriken 4 loh bung Jalo..Hehehe

    •  

      Like dng komentarnya bung Delta Whiskey! Salam kenal bung.

    •  

      komentar yang adem. Like it buat @delta whiskey

    •  

      Jalo says:
      July 29, 2014 at 12:53 pm
      Kita harus optimis siapa pun presidennya. Saya aja gak memilih keduanya karena dari dulu saya berprinsip akan menjagokan presiden yg bisa menjadikan syariat islam sebagai hukum negara. Di dua pilihan tidak ada kriteria saya.

      Sedikit bercerita kebelakang, dulu Pak SBY membentuk Partai Demokrat dasarnya dari mana?? Beliau berkunjung kemana dan meminta restu siapa?? Dan akhirnya terbentuk yg namanya partai Demokrat. Di akhir masa jabatannya, ada masyarakat yg mengakui beliau berhasil membawa negara ke arah yg lebih baik. Dab melupakan awal sejarah beliau. Nah begitu juga dengan presiden kedepan, mari kita hormati walaupun beliau tidak kita sukai. Tapi di hati harapan beliau berbeda dengan apa yg kita pikirkan pasti ada. Harapan rakyat adalah harapan negara. Ingat Negara kita bukan presiden, tapi negara kita Indonesia…

  21.  

    TNI sudah LEGOWO tdk berpolitik & akan berangsur menjadi tentara yg lbh profesional & kompeten,,tentu negara (rakyat) mesti memberikan barang mainannya, berupa alutsista,,dg demikian mereka akan fokus pd tugasnya,,tdk akan melirik dunia poltik lg,,lain soal kalu sdh pension boleh berpoltik,,soal hrg Alutsista tentu sangat mahal namun telah di tempuh berbagai kompromi,review, optimlaisasi & negosiasi lbh baik shg pemanfaatan budget lbh optimal,,hrg alutusisa/Anggaran militer NKRI msh terlalu murah dibandung harga sebuah KEDAULATAN ….kita semua PANTAS berterima kasih kepada Panglima Tertinggi Bung SBY beserta jajaran Kemenhan, Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau yg telah memimpin merancang peningkatan kekuatan militer yg cukup dahsyat (melalui program Minimum Essential force I & II) namun dengan biaya yg relatif rendah, bila dibandungkan dg negara lain,,,,adalah sangat wajar kita memberikan penghormatan tinggi atas jasa2nya kepada Panglima Tettinggi dengan menampilkan kekuatan pertahanan NKRI dimasa akhir tugas beliau sbg Presiden RI

  22.  

    menanamkan harga nkri dan jiwa nasionalis di setiap rakyat indonesia mbok jangan diukur dengan nilai rupiah…. toh TNI tidak tiap tahun parade besar-besaran. Saat rezim mega yg katanya sulit toh tni pernah juga parade di hut tni di ujung…. so kalo menilai, coba lihatlah dampak dari militer itu berdampak positip gak bagi negara kita.
    Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

  23.  

    Fuiihh…pajang dan rame komennya!maaf bung @jalo,bung@pr ane komen dikit kalau menurut saya komen bung@jalo benar komen bung@pr juga benar.hanya beda dari kaca mata kepentingan saja.ribetnya kalau bbmnya dapet dikit.habis disedot asing.makanya china sampe bela belain inves minyak di timteng dan afrika.bung jalo,bung pr ini ada cabe buat temen gorenganya dari mbah marhaen di gunung.pedes!bgmana jika pertamina dijual trus di beli asing walaupun mula mula dibeli orang indonesia.nasib alutsista bung@pr gmana? Nasib tranportasi sipil gimana bung@jalo?saya tanya mbah marhaen?aou ah elap. Udah gelap mbah ya? Pulang yuk!

  24.  

    @ bung PR Bad boysnya dr indonesia za bung PR ?

  25.  

    🙂

  26.  

    @wedus latgab ya perlu kali, malaysia klaim mang gara2 latgab? komentar situ sepertinya ngaco sekali, situ wedus? ta panggil juru kunci ya? @bung jalo maaf sy kurang sependapat, soal mengalah, tni dan kemenhan dulu sering mengalah kog dalam hal anggaran apalagi pas ada bencana alam, td ada alasan yg sy kemukakan panjang lebar tp kenapa kehapus itu?

    •  

      Ok bung, namanya juga diskusi jadi gak apa2 kalau tidak sependapat… Saya sudah bilang tidak perlu ikutin saya, saya juga banyak salah…

      Itu cuman opini saya pribadi, maaf jadi sering ngasih komentar ngawur, mungkin kebawa emosi jadi begitu. Mungkin saya sedih karena kebawa kasus penghematan anggaran dan juga masalah bbm di sejumlah daerah, apalagi opsi energi alternatif yg dikoar2 kenyataan cuman ucapan doang.

      Jadi saya mohon buat teman2 kalau komentar saya ngawur tapi itu cuman opini saya aja. Jadi lebar kemana2 kebawa arus, baru baca2 lagi ternyata yah begitu. 🙂

      Silahkan dilanjut diskusinya, memang saya gak cocok jadi pengamat politik, bisa rusak negara ini. 🙂

  27.  

    Saya tertarik dgn drone stratosfir yg sempat di.singgung. apa bisa di buat kn artikelnya?.

    #over the horizon radar “Mata Garuda”.

  28.  

    TNI itu benteng terakhir eksistensinya NKRI…tugas utamanya menjaga keutuhan negara baik terhadap gangguan dari luar maupun dari dalam…patut disyukuri kita memiliki TNI yg sangat merakyat ini sekaligus profesional …bandingkansaja dgn tentara thailand yg suka kudeta ( its ok kalo tujuannya menyelamatkan negaranya ) manakala negara sdg dikuasai oleh sebuah rezim yg jahat dan merusak segala sendi kehidupan maka TNI jgn hanyut menjadi alat kekuasaan tp tetaplah menjadi alat dan benteng negara..silahkan lakukan tindakan yg diperlukan demi mempertahankan NKRI..biaya parade ? Terlalu kecil buat harga sebuah negara bernama INDONESIA…saya setuju diadakan Wajib Militer…walaupun saya pernah ngrasain digembleng Kodam Brawijaya cuma 2 hari di Trawas rasanya mau pingsan di hari pertama..hehehe tp hasilnya makin cinta sama NKRI ..:D maaf cuma pendapat pribadi