Jul 272017
 

Helikopter Tiger Jerman (karim @Specta_Orientem)

Bamako – Sebuah helikopter militer Jerman yang ditugaskan pada misi penjaga perdamaian PBB di Mali jatuh di gurun utara, Mali pada Rabu, 26-7-2017 dan menewaskan awaknya, kata militer Jerman.

Helikopter Tiger jatuh pada tengah hari, di daerah sekitar 70 kilometer sebelah utara Gao. Helikopter tersebut terbakar habis, tanpa adanya korban selamat.

Kecelakaan tersebut dilaporkan oleh sebuah helikopter kedua yang mengikuti misi tersebut.

“Saat ini kami dapat memastikan bahwa dua tentara telah menyerahkan hidup mereka untuk mengabdi pada negara,” ujar Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen pada sebuah jumpa media. Kematian mereka menjadi peristiwa pertama kalinya pasukan Jerman tewas dalam pertempuran sejak 2013 di Afghanistan, kata juru bicara militer.

Jerman meningkatkan komitmennya terhadap misi pemeliharaan perdamaian MINUSMA tahun ini, dengan mengirimkan delapan serangan, helikopter dan 350 tentara tambahan ke Mali, di mana para pemberontak yang terhubung dengan al Qaeda menyerang tentara Mali dan pasukan PBB.

Seorang perwira militer Jerman di Berlin mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda serangan dari luar, yang menjadi penyebab jatuhnya helikopter berawak dua warga Jerman itu.

“Alasan jatuhnya pesawat masih dalam tahap penyelidikan. Tidak ada tanda-tanda yang menujukkan kecelakaan ini disebabkan faktor dari luar,” ungkap Joachim Ruehle, wakil inspektur jenderal militer Jerman, dilansir Antara, 27-7-2017.

“Penyelidik militer Jerman akan menuju ke lokasi kejadian pada Kamis, untuk mencari kotak hitam helikopter,” katanya.

Terkait insiden ini, penerbangan rutin helikopter Tiger lainnya akan dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan, dan hanya penerbangan yang mendesak saja diberangkatkan, tambahnya.

Jerman saat ini memiliki sekitar 1.000 tentara yang bertugas di Mali sebagai bagian dari MINUSMA dan misi Uni Eropa.

Helikopter dipandang sebagai salah satu kebutuhan penting bagi misi MINUSMA di Mali utara, untuk kebutuhan pengawasan dan pemantauan kedudukan tentara dalam proses perdamaian yang diusung PBB.

Sebelumnya, sebuah helikopter Belanda jatuh pada 2015, terdapat spekulasi tentang apakah panas dan debu yang ekstrem berkontribusi terhadap terjadinya kecelakaan.

Misi tersebut tengah berusaha untuk mengganti tujuh helikopter Belanda yang ditarik tahun ini.

Empat tahun setelah campur tangan militer pimpinan Prancis menyingkirkan militan pemberontak dari kota-kota yang mereka rebut pada 2012, Mali utara tetap diliputi oleh kekerasan, dan banyaknya serangan yang dilancarkan, menjadikan MINUSMA sebagai misi penjaga perdamaian PBB paling mematikan di dunia.

Bagikan:

  One Response to “Helikopter Tiger Jerman Jatuh di Mali”

  1.  

    min tolong bahas tank paladin yg baru datang

 Leave a Reply