Helikopter Tiger HAD Pertama Masuki Layanan Angkatan Bersenjata Prancis

Helikopter Tiger HAD (Hélicoptère d’Appui Destruction a.k.a Support and Destruction Helicopter). © Airbus Helicopters

JakartaGreater.com – Perusahaan Airbus Helicopters telah mengirimkan helikopter Tiger pertama yang dikonfigurasi menjadi versi HAD kepada Penerbang Angkatan Darat Prancis, setelah sebelumnya menyelesaikan proses penerimaan formalnya dengan Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) Prancis, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Retrofit ini dari HAP (Hélicoptère d’Appui Protection) menjadi versi HAD (Hélicoptère d’Appui Destruction) meliputi lebih dari 100 modifikasi badan helikopter dan memasang lebih dari 1500 komponen baru serta 250 instalasi kabel kelistrikan.

Dibandingkan dengan versi HAP sebelumnya, Tiger HAD memperoleh manfaat dari peningkatan Maximum Take-Off Weight (MTOW), dilengkapi dengan dua mesin canggih MTR 390 E yang baru dan sistem pengamatan STRIX yang dilengkapi dengan penanda laser sehingga memungkinkan untuk menembakkan rudal udara-ke-darat Hellfire II.

Retrofit ini adalah yang pertama dari 36 retrofit Tiger HAP menjadi Tiger HAD yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Prancis.

Untuk program retrofit Tiger ini, Airbus Helicopters telah mendirikan sebuah organisasi industri baru, menggabungkan tim dari Pusat Dukungan Militer Prancis dan tim Produksi Akhir Tiger.

“Retrofit ini merupakan prioritas bagi Angkatan Darat Prancis dan akan memungkinkan kita memiliki sistem senjata yang disempurnakan dan armada yang homogen. Tiger HAD pertama telah teruji tempur sejak tahun 2014 dan telah menunjukkan kemampuan mereka yang luas setiap harinya dalam teater yang menuntut operasi”, kata Komando Penerbangan Angkatan Darat Prancis.

“Kami senang telah mencapai pengiriman pertama ini sesuai dengan spesifikasi pelanggan kami”, kata Alexandra Cros, kepala urusan pemerintahan Prancis di Airbus Helicopters.

Cros menambahkan, bahwa program retrofit Tiger ini akan memberikan tambahan kemampuan Angkatan Darat Prancis yang dibutuhkan untuk menjalankan tuntutan misi operasional mereka.

Tiger HAD adalah helikopter serang multi-peran dari Airbus Helicopters. Helikopter ini dirancang untuk melakukan pengintaian bersenjata, pengawalan udara atau darat, pertarungan udara-ke-udara, dukungan penembakan di darat, misi penghancuran dan perang anti-tank, dalam segala kondisi cuaca baik siang atau malam.

Helikopter tempur Tiger telah membuktikan kemampuannya selama penerapan operasional di Afghanistan, Republik Afrika Tengah, Libya dan Mali. Ada dalam pelayanan angkatan bersenjata Prancis, Jerman, Spanyol dan Australia, armada Tiger global telah mencatat lebih dari 92.000 jam terbang sampai saat ini.

Tinggalkan komentar