Feb 192019
 

JakartaGreater.com – HENSOLDT akan menyediakan batch kedua jajaran korvet K130 Angkatan Laut Jerman dengan radar TRS-4D Rotator dan sistem identifikasi teman atau musuh (IFF) MSSR 2000 ID, menurut rilis pers perusahaan.

Perusahaan dianugerahi pesanan yang sesuai untuk tujuh sistem masing-masing jenis dari otoritas pengadaan Jerman BAAINBw, yang akan dikirimkan pada tahun 2022.

“Dengan TRS-4D, korvet itu akan diberikan sistem radar yang sangat kuat yang telah membuktikan kemampuannya, terutama di lingkungan perairan pesisir yang sulit”, kata CEO HENSOLDT Thomas Müller.

TRS-4D sudah digunakan di atas kapal fregat F125 baru, dalam konfigurasi yang terdiri dari empat array planar tetap. Selain itu, HENSOLDT sebelumnya telah melengkapi batch K130 pertama dengan radar TRS-3D-nya.

Untuk batch kedua dari lima kapal, TRS-4D kini telah diperintahkan untuk disuplai dalam versi yang terdiri dari antena yang berputar secara mekanis yakni TRS-4D Rotator, juga di bawah kontrak untuk kapal tempur litoral (LCS) Angkatan Laut AS.

Sistem radar ini adalah bagian dari keluarga produk yang juga mencakup radar pertahanan udara berbasis darat, yaitu TRML-4D dan karenanya mendapatkan manfaat dari peningkatan dan keunggulan produk berkelanjutan terkait dengan manajemen dan pelatihan suku cadang.

TRS-4D telah dirancang untuk digunakan untuk operasi anti-pesawat dan anti-permukaan. Antena rotasinya menggabungkan pemindaian azimuth mekanis dan elektronik, yang memungkinkan target terdeteksi dan dilacak dengan sangat cepat.

Berkat meningkatnya sensitivitas teknologi AESA sistem radar, dimungkinkan itu untuk mendeteksi target kecil dan bermanuver secara lebih akurat dan untuk mengkonfirmasi target lebih cepat, yang berarti bahwa awak kapal memiliki lebih banyak waktu untuk merespons ancaman. Karena karakteristik sistem dapat didefinisikan melalui perangkat lunaknya, radar dapat secara khusus diprogram dan parameternya ditetapkan sesuai dengan persyaratan pelanggan dan juga dapat disesuaikan dengan ancaman baru atau modifikasi yang mungkin timbul selama masa manfaat kapal.

Sistem ini juga mencakup radar sekunder, MSSR 2000 I, untuk identifikasi teman atau lawan (IFF), yang memenuhi semua standar IFF, bahkan “Mode S / Mode 5” terbaru. Saat ini, semua pasukan NATO dan sekutu mereka sedang dalam proses mengubah sistem IFF mereka ke Mode 5 karena standar ini diperlukan untuk operasi bersama dengan NATO dan pasukan sekutu lainnya.