Jul 052014
 
Pilot RNlAF (Belanda) Mayor Laurens Vijge,   beri hormat kepada kepala kru Lockheed Martin  saat  taksi keluar untuk penerbangan pertama F-35A Lightning II. (USAF photo by Samuel King Jr.)

Pilot RNlAF (Belanda) Mayor Laurens Vijge, beri hormat kepada kepala kru Lockheed Martin saat taksi keluar untuk penerbangan pertama F-35A Lightning II. (USAF photo by Samuel King Jr.)

Militer Amerika Serikat menghentikan operasi seluruh armada tempur jet F-35 buatan Lockheed Martin. Langkah ini diambil setelah terjadi kebakaran pada salah satu pesawat siluman itu di Pangkalan Udara Eglin, Florida, 23 Juni lalu.

Diberitakan Reuters, Jumat 4 Juli 2014, sebanhyak 97 pesawat F-35 akan dihentikan operasinya sembari melakukan penyelidikan terkait kecelakaan bulan lalu. Pesawat itu terbakar saat hendak tinggal landas. Belum diketahui penyebabnya karena penyelidikan masih berlangsung.

Diduga ada kebocoran bahan bakar di mesin pesawat. Pratt & Whitney, sebuah unit kerja di perusahaan United Technologies Corp, yang merupakan pembuat mesin tunggal pada F-35 juga turut serta dalam penyelidikan.

“Pemeriksaan untuk mesin F-35 telah dilakukan dan kembalinya penerbangan ini akan ditentukan berdasarkan hasil penyelidikan dan data teknisi,” ujar pernyataan Pentagon.

Dengan harga mencapai US$398,6 miliar, F-35 adalah pesawat termahal dalam jajaran alutsista Amerika Serikat. Pesawat ini juga telah dipesan oleh beberapa negara, salah satunya Jepang yang memborong 42 unit F-35.

Namun dugaan cacat produksi dalam pesawat ini membuat pemerintah Jepang risau. Rencananya, permasalahan ini akan dibicarakan dalam kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera pekan depan ke AS.

Selain Jepang, Australia telah berencana membeli 58 pesawat F-35, sementara Korea Selatan 40 unit. Kedua negara ini mengatakan, walaupun diduga ada masalah, namun mereka tidak berniat mengubah rencana pembelian.

Akibat pemeriksaan kerusakan ini, rencana keterlibatan F-35 dalam dua pertunjukan udara di Inggris juga terganggu. Rencananya, akhir bulan ini, F-35 akan memamerkan ketangguhannya di udara Inggris. (vivanews.com).

  102 Responses to “AS Hentikan Operasi F 35”

  1. pertamak lagi

  2. 1

  3. absen dlu

  4. Numpang ah….

  5. nomer gangsal

  6. Punya Ausie, ngak usah di beliin Su-35 jg sudah jatuh sendiri entar ….

  7. no 6 lumayan

  8. Sepuluh besar

  9. Pesawat yg terus bermasalah … contoh yg hrs diperhatikan utk pengembangan IFX, ilmu fighter amrik bukan yg terbaik di dunia, carilah mahaguru yg lbh baik …

  10. Hore f35 jatuh …

  11. Hehehe

  12. ijin nyimak

  13. Kesian pesawat yg di bangga-banggakan yg di elu-elukan banyak negara ternyata cacat produksi….ngapain beli pesawat siluman ternyata banyak masalah..

  14. lho 1

  15. eh salah .. 14

  16. Su 35 pilihan yg tepat buat kita

  17. rasa bangga Australia akan memiliki F35 mulai pudar,sementara rasa bangga Indonesia akan memiliki SU35 semakin meningkat…. ha ha ha

  18. rusak lagi…pending lagi…trus biaya lagi…ya begini kalo proyek setengah hati beda ma proyeknya F-22 Raptor USAF

  19. Baguslah..untuk lebih mendorong lagi kfx/ifx yg lebih bagus & mumpuni…sebagai pelajaran bahwa sekelas asu az masih bisa gagal dlm pembuatan pespur…nah ini juga buat pembuktian apabila kfx/ifx berhasil bahwa bangsa ini juga mampu & bisa…ayoo buktikan bangsaku bahwa INDONESIA bisa..!!!

    …NKRI HARGA MATI…

  20. kendala terus….
    jgn2 selain cyber army… paragaknormal army turun juga …. 😀 😀 😀

  21. wolak alik jaman ….wes wayae gantian ….jayalah nusantara

  22. F 35 MAHAL & SELALU BERMASALAH…HIDUP SU 35 …HIDUP RI..HIDUP RUSSIA..HIDUP BRUNAI.

  23. Bangkit terus bangsaku, kejar kemunduran AS dengan inovasi inovasimu, hapuskan segala ketamakannya dan hilangkan dia dari peta dunia 😀

  24. lebih bagus SU35.

  25. Kenapa ya F35 diizinkan untuk dijual (terutama pada sekutu) sedangkan F22 tidak padahal F22 produk terdahulu sedangkan F35 produk terbaru atau mungkinkah ada teknologi F22 yang lebih unggul dibandingkan F35 apakah para Senior ada yang tau?

  26. Rongsokan wae dibanggakan,regane larang meneh,kasihan-kasihan nyang mau beli,dah dikibuli masih percaya ma asu

  27. Assalamualaikum semua, ijin nyimak.

  28. hidup f35 hdp asu

  29. nggak abis abis babysick pesawat ini..

  30. Gmna klo trick biar gak bocor kehebatanya..bagi mereka asik2 aja jualnya kan ausie tetap aja pesanan F35 nya

  31. Bujug buneng….emang yg namanya downgrade gak akan pernah sempurna…apalagi teknologi yg blm pernah combat proven…

    Filling sy sih…Rusia masih memimpin teknologi kedirgantaraan dgn menelurkan pesawat2 yg terkenal bandel,harga bersaing dan berteknologi sederhana (untuk ukuran aeronautika) namun tepat guna di medan tempur….

    Untuk mengejar MEF sdh sepantasnya kita mengakuisisi pesawat Rusia apapun tipenya karena sepertinya cm Rusia yg bs memenuhi tenggat waktu pesanan sesuai kesepakatan….minimal sampai kita bs memproduksi kebutuhan dirgantara kita sendiri…

    Atau kita bs membeli pesawat buatan eropa yg sdh jadi (bekas).yg penting MEF terpenuhi walau terpaksa instan karena kebutuhan kita sdh mendesak…prediksi sy awan mendung peperangan sdh semakin mendekat dlm beberapa tahun mendatang.untuk menghindarinya otot kita harus cukup kuat sehingga mendung tsb ogah mendatangi kita…si vis pacem parrabelum…

    Jangan seperti KNIL hindia belanda yg mengira paling banter kekuatan asing musuh yg akan menyerang hindia hanya satu batalyon sehingga tdk pernah ada modernisasi dan penambahan Alutsista. Akhirnya ketika badai PD2 menghampiri buru2 pesan 500 tank ringan marmon harington buatan afsel (baru 25 tank datang ketika jepang menyerang) dan 40 pesawat pemburu P-40 kityhawk (kapal pengangkutnya tenggelam di depan tanjung priok oleh KS jepang).tp terlambat…to litle n too late…. 🙁

    • Bung wehrmacht, adakah kemungkinan konflik LCS menjadi pemicu PD 3..? Kalo memang LCS menjadi pemicunya dan war theather nya ada di Asia Pasifik, bagaimana proyeksi posisi Indonesia dalam perang tersebut..? Kalo dalam ramalan Islam kan PD 3 akan benar2 menyusutkan populasi, tetutama kaum Adam.. sehingga pada pasca perang tersebut rasio perbandingan antara laki2 dan perempuan di muka bumi mencapai 1:50, akan kah akhir dunia datang secepat itu..? Maaf oot.. hehehe..

      • Kemungkinan selalu ada bung ucav…tp kita memperkuat diri bkn untuk mengundang perang tp menghindarinya…

        Senjata bkn hanya untuk menuntaskan perundingan yg buntu tp kadang jg menjadi peace maker…disinilah fungsi paling optimal dr alutsista yg kita beli,efektif dan efisien untuk menangkal perang…

        Seperti kata Sun Tzu: Kemenangan terbesar adalah kemenangan tanpa menumpahkan darah setetes pun…

        • klo dikita ada ujar ujar
          ngluruk tanpa bala,menang tanpa ngasorake(menyerang tanpa pasukan,menang tanpa mengalahkan) ya bung wehrmacht

        • Siiiap ndan, satu jempol buat komadan werhmact , kami siiiap raptkan barisan untuk NKRI ini ,, 1 pertanyan ndan kami mencinatai NKRI ini apakah NKRI ini mencintai kami . ? Parajurit ulung 🙂

          • Saya benci US walau sy bkn komunis,taliban atau ISIS…tp sy sangat suka kata kata kennedy saat pidato pelantikannya: “jangan tanyakan apa yg negerimu berikan padamu…tanyakan apa yg bisa kau berikan pada negerimu…”

            Cinta tak pernah bersyarat…apapun akan kita lakukan untuk cinta…apapun adil dalam perang dan cinta kata shakespeare…

        • Kemenangan terbesar adalah kemenangan tanpa menumpahkan darah setetes pun –> noted bung wehrmacht
          “hanya Rusia yg b” –> saya jadi teringat, seandainya TNI AU lebih memilih pesawat coin buatan rusia daripada buatan brasil… 🙂

          • Pilihan pesawat coin emang gak banyak bung dewa kembar…setau sy cm ada pilatus swiss dan super tucano brazil…

            Rusia kayaknya gak punya 😀

          • rusia sepertinya hanya punya sekelas Yak untuk jet latih ya bung..bagaimana nasib tucano kedepan ini

          • SU-25 ini kan aircraft ground attack bung..apa memang masuk ke coin kah?
            http://www.milavia.net/aircraft/su-25/gallery/su-25_15.jpg

          • Wow Su-25 cantelannya ngeri broow 😯 Btw kita dapat gak ya Yak-130? Sepertinya mumpuni buat melatih pilot pespur generasi 5.

          • @Bung dewa kembar…syarat Pesawat Coin adalah berkecepatan rendah agar dpt mengawasi tempat tersembunyi secara maksimal namun lebih cepat dari helikopter agar mampu mengelak dari serangan dari bawah.Pesawat coin jg hrs mampu terbang rendah (kadang cm beberapa puluh meter dari permukaan tanah) agar mampu menghantarkan maut bagi sasaran secara optimal dan mengurangi collateral damage…Ini yg tdk bs dilakukan oleh pesawat jet meskipun itu jet latih…

            @Bung nara ini…. 😀 namanya jg Coin…Contra Insurgency alias anti gerilya…emang gerilya punya Tank?

          • kalo yang A 10 thunderbolt gimana ndan..? kan serem juga tuh…

          • bisa dibilang nyang namanya pesawat coin murni ntu cuman segelintir, diantaranya ov-10, pucara, tucano dll…tapi biasanya pesawat jenis CAS atawa AT ( advanced trainer ) bisa dipake bwat coin…..kira2 bgtu…….he,he,he

          • bung Erich lebih prefer yang mana kalau untuk coin 🙂 yang jet atau propeler..

        • Sepertinya awan mendung akan semakin kelam di th 2020 keatas bersegeralah penuhi alutsista utk berjaga” sedia payung sebelum kehujanan, gabungkan saja MEF II+III menjadi satu dipenuhi sebelum th 2020 tsb.
          Maaf pendapat orang awam …

          • Kalau perlu nama program nya dirubah jadi BMEF ( Beyond Maximum Essential Force ) :mrgreen:

          • kyknya ga sampe 2020 bung…

          • Wueleh” gak nyampe 2020 ? Emang sih sekarang kawasan sekitar sdh berasa gerahnya walaupun belum memanas gara” kasus LCS bung. Semoga saja dpt diselesaikan secara damai. Ya tapi kl mau damai pertahanan kita hrs super kuat bung, kl tdk kuat maka cuma dilecehkan doang oleh pihak laen.

      • 1 : 50 ??? bakalan jd raja nih … (maaf oot) hehehe …

  32. Salam kenal… Bung warjag.
    NKRI harga mati.. !!

  33. Maaf OOT,
    Bung Nara, Bung PS, mau nanya nih, saat ini kapur yg terpublikasi andalan TNI AL yg trcanggih dan yg paling mematikan kapur apa ya? Trimakasih

    • maaf mencoba ikut menjawab rasanya Kapur kelas Diponegoro yang punya Rudal Yakhont

    • Bung Tomo Class :mrgreen:

    • Bung bambu, trmasuk KRI Oswald Siahaan ya? Bukan nya kapur ini sudah trgolong tua bung?

      Bung Ngurah Rai, secanggih apa Bung Tomo class ini? Kalau dari speck persenjataan, sy akuin msih mematikan van speijk class kita bung wlaupun sudah tua tp ada yakhont nya

      • nih armament nya bung BRICI

        Komposisi utama terdiri dari kanon
        reaksi cepat OTO Melara kaliber 76mm,
        rudal anti kapal MM-40 Exocet Block II (2 x 4 Quad),
        2 peluncur torpedo triple tube kaliber 324mm,
        2 kanon anti serangan udara kaliber 30mm, dan
        16 SAM Mica Naval.

        • Bli Ngurah.. Klo bremen komposisinya ?

          • Aviation:
            flight deck & hangar for 2 Westland Super Lynx Mk.88A helicopters

            Armament:
            1 x Oto-Melara 76mm/62-caliber DP gun (3-inches)
            2 x Mk-141 missile launcher for 8 RGM-84 Harpoon SSM
            1 x Mk-29 launcher for RIM-7 Sea Sparrow SAM (8 missiles + reload)
            2 x MLG27 27mm light naval machine gun system
            2 x Mk-49 missile launching system for RIM-116 Rolling Airframe Missiles (RAM)
            2 x Mk-32 12,75-inch (324mm) twin-torpedo tubes for Mk-46 or DM4A1 torpedoes

          • Pertayaan selanjutnya Ndan ngurah rai, bremeen class apakah fix akan ikut gabung parade hut TNI?
            Hehehe

          • hehehehehehehee :mrgreen:

          • Masih misterius yaa bung… hehehehe

          • mau tau apa mau tau bingit :mrgreen:

          • Boleh dong bung NR dibabar dikit… hehehe

            Bung NR, kapan ni ada true story dari pengalaman NR? Dari kisah heroik sampai jenaka pun juga gak papa kx bung..
            Pokok e Ditunggu lhoo bung cerita2 yang membuat kita bangga dengan TNI kita. Eh yang gak dibanggain juga gak apa2 buat pelajaran kedepannya..hehehe

  34. Selain fitur siluman,kelebihan’a f35 ap lg selain bnyk mslh’a?

  35. andai saja project IFX kerjasama dengan mikoyan Project Mig 1.44 pasti tambah keren …..

  36. mending beli PAK FA lebih canggih dan harga lbh murah

  37. kanopi f35 kok nggak keemasan ya ? apa ndak dikasih serat emas seperti yang di f22

  38. masih bagusan Harier / Sea Harier Inggris kemana-mana…..

  39. apapun pilihan tni-au itu yang terbaik buat bangsa

  40. Dg banyaknya permasalahan yg msh melilit pd pespur ini, para calon user, perakit bahkan kepala gerombolan siberat bisa dipastikan lg super galau krn ini menyangkut kredibilitasnya sbg geng terbesar didunia, hehehe, warjaker.. Jgn diketawain tuh mrk yg lg pada manyun, kasihan kan, mrk lg bingung lg cari sesuatu buat tutup muka, 🙂

  41. Yuhuuu… nambah biaya lagi dong

  42. hebatan bikinan china dong j 20/j 30 padahal copyan f35
    mantap. menurut komandan gmn

  43. ini ceritanya si f35 mesinnya bukan cuma bermasalah tapi ada kejadian dimana si mesin jebol sampai merusak badan pesawat… ane heran kok bisa segitu masif ya kerusakannya sampe body pesawt jebol

  44. Apa beritanya yg rencananya fit awaken ke Indonesia. Colek bung nara

  45. lumayan buat menunda waktu sampai kfx/ifx kelar.he….he..

  46. Semoga KFX/IFX dikeluarkan Nama yang HOKI sesuai numerologi, coba liat rusia dan cina, Sukses dan mantap alat perangnya karena diberi nama yang HOKI.

 Leave a Reply