Des 182016
 

Pesawat Hercules TNI AU yang jatuh di Gunung Lisua, Kabupaten Jaya Wijaya, dalam penerbangan dari Timika ke Wamena, Minggu, ternyata baru dioperasikan selama 10 bulan. Pesawat yang merupakan bekas pakai dari AU Australia baru diterima Angkatan Udara Indonesia pada 8 Februari 2016 lalu.

Indonesia sudah menerima empat pesawat Hercules C-130HS hibah dari Australia, keempatnya memiliki nomor register A-1331, A-1332, A-1333, dan A-1334, dan Hercules yang jatuh di Wamena bernomor register A-1334.

Meski pesawat angkut hibah, Hercules H-130HS sudah mendapatkan upgrade dan peningkatan kemampuan di Australia sebelum diterima Angkatan Udara Indonesia.

Selain empat Hercules hibah yang merupakan batch pertama, Indonesia juga memesan lagi lima Hercules C-130 batch kedua, dimana satu unit diantaranya dengan nomor A-1335 sudah diterima Angkatan Udara Indonesia.
.

 Posted by on Desember 18, 2016

  38 Responses to “Hercules Indonesia Hibah Dari Australia Jatuh di Wamena”

  1.  

    Makan tuh pesawat hibah

    •  

      Turut berduka untuk keluarga para kru yg jd korban…

      Analisa awal musibah ini karena cuaca, bukan karena pesawatnya. Memang maunya kita beli baru, tp uang siapa? 1 unit Hercules baru bisa berharga 150-300 jt$, hampir 4T.
      Hibah cukup dengan 100jt bisa dapat 4 unit!!
      Pesawat Hercules. kita yg jauh lebih tua juga biasa terbang tiap hari.

      •  

        Uang bisa dicari bung jon rambak klo nyawa gk bisa dicari untuk negara harusnya alat yg canggih dan baru suatu keharusan, tanpa berperang pun australia udh bisa melumpuhkan prajurit2 indonesia karena para pemimpin lembek n para petinggi tni yg loyo wktu itu cuma mikirin uang mau militer, sipil uang komisi is the best pokoke nyawa nomer 100

    •  

      Satu kata,..
      Takdir !

  2.  

    rongsokan ausie di tampung…

  3.  

    kadang2 aneh juga sama pemerintah indonesia ini..
    orang bisa bikin pesawat sendiri kenapa harus mau trima hibah dari ausit..

    lagi2 TNI kita kan yg jadi korban..
    udah gak usah hibah2an telek2an bikin aja sendiri lebih baguss..

    ya allah lindungilah tanah air tercintaku ini dari para kuruptor…

    bener kata pak harto (enak jamanku tooh)
    yaa emang bener pak ..”enak jaman pak harto
    jaman pak harto ..”pak hartonya satu doank..
    lhaa sekarang semua mau jadi pak harto..?

    •  

      Jangan begitu.. gak bersyukur amat. Jangankan yang tua. Yg muda aja tempo hari jatuh toh? (Golden eagle + tocano). Yg hrs diperbaiki lagi sistem pelatihan pilot dan perawatan pesawatnya supaya lebih baik lagi. Gak perlu arogan utk mengakui sdm kita msh hrs trs dilatih dgn lbh baik.. makin terlihat kecelakaan pesawat lebih pada faktor human error…!!

  4.  

    Kerugian karena kehilangan seluruh personil Hercules yg malang jelas tidak ternilai, sangat tidak sebanding dengan nilai pesawat dari hibah Aussi.

    Semoga pimpinan TNI bijak menanggapi peristiwa ini, segera grounded seluruh pesawat Hercules asal hibah Aussi. Dan kedepan jangan lagi terima hibah pesawat dari negara manapun. Dan segera lakukan investigasi.

    Salam

  5.  

    Katanya tidak mau lagi beli pesawat hibah

  6.  

  7.  

    Turut berduka cita..semoga amal dan ibadah para prajurit tersebut bisa langsung diterima oleh yg maha kuasa. Amiin.

  8.  

    Katanya uda di upgrade dan overhaul…..duh jd inget Tdy

  9.  

    Warisan rezim nangkrak kah kah kah

  10.  

    ternyata ini penerbangan latihan bagi co-pilot untuk jadi pilot, hadehhh latihan kok dibawa ke medan sulit seperti itu, yang ibaratnya kuburan buat pesawat ?

    pesawat2 perintis kecil yang pilotnya hafal medan aja masih sering celaka, lha ini bawa c-130 !

  11.  

    next siap siap hercules hibah berikutnya jatuh..tingal nungu giliran …tanyakan kepada pengambil keputusan menerima [esawat bekas …tapi bayar…sudah ku duga,,sejak kejadian hercules di medan jatuh….sepertinya nungu giliran berikutnya…next…tingal nungu

  12.  

    saya mohon kepada pemetintah untuk segera mengusut rezim yg suka beli barang rongsok karena sudah sering menghilangkan nyawa!!!!!

  13.  

    Stop berharap su35..
    Stop berharap destroyer..
    Stop berharap rudal menengah dan jauh..
    Stop berharap sam..
    Stop berharap pesawat angkut gaban..
    Stop berharap beli yg sdh di polling..
    Stop berharap heli apache.. Biarpun pesen helmnya ratusan..

    Ambil cangkul segera bikin bunker sendiri sendiri..

  14.  

    Ausi pasti tepuk tangan mendengar ini..
    Lalu muncullah d media dengan air mata buayax..
    Bila perrlu stop kerja sama pertahanan dgn ausi..
    Ujung2x psti pemberontakan kayak timor timur..

  15.  

    Kenapa harus Beli hibah? Mnding TOT aja Sama China,tapi perjanjiannya jgn malah merugikan Indonesia.. Pesawat China jga lumayan ya kira2 Klo dibandingin 8/12 dari Hercules.. xixixi.. Lumayan Klo bsa dapet TOT radar jga..

  16.  

    Sami mawon yg beli baru yg beli bekas dan hibah tahun ini sama2 berjatuhan. Semuanya dapat giliran masing2.

  17.  

    btw naik gojek ke papua jontor bung..

  18.  

    ganti aja tuh pesawat tua. cn295 layak menggantinya…

  19.  

    andai sja keluarga yg nyepi di puncak2 gunung mau di relokasi ke pesisir biar gabung wrga yg lain kan ngurusnya gmpang dan ases eknomi lbh mudah. kasian pak guru dokter sama yg nganter sembako dll.. puncak gunung jangan dijamah manusia biar dijadikan suaka alam bgi hwan langka sja

  20.  

    sudah ku duga…kelakuan aussyyy

  21.  

    Tes

  22.  

    Saya pikir boleh lah beli alutsista bekas, tapi jangan pesawat, soalnya rentan jatuh, y kalau hibah nya kayak s-300, pertahan udara, MBT, dll boleh lah kita ambil, asalkan jangan hibah pesawat yang diambil,apapun jenisnya, say no yo hibah pesawat.

  23.  

    Mengapa terulang terus terhadap pesawat TNI AU, mungkin ada perlengkapan yang dikurangi krn adanya dana yang dighoibkan oknum, seperti yg terjadi di pengadaan F16. Oknum2 seperti itu pantas dihukum seumur hidup dan dimiskinkan, supaya kejadian pesawat jatuh karena penyelewengan tidak terulang kembali. Semoja arwah para pejuang TNI diterima disisiNya. Amin.

  24.  

    Pesawat yg di beli dengan skema hibah jaman bapak prihatin, sungguh memprihatinkan

  25.  

    Nggak usah dengan cara perang untuk menghabisi pasukan Indonesia..
    Cukup dengan menawarkan pesawat hibah, maka pasukan terbaik Indonesia akan jatuh berguguran dengan sendirinya..