HHI Korea Selatan Setuju Ambil Alih DSME

JakartaGreater.com – Hyundai Heavy Industries (HHI) telah menandatangani perjanjian pendahuluan untuk mengambil alih galangan kapal saingan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), menurut pengumuman kedua perusahaan seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Kamis.

Setelah diselesaikannya akuisisi ini akan menggabungkan dua galangan kapal angkatan laut terbesar di negara itu dengan pendapatan gabungan terkait pertahanan diperkirakan hampir $ 2 miliar.

Transaksi ini dibingkai oleh Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada tanggal 31 Januari oleh pemegang saham mayoritas HHI dan DSME, Bank Pembangunan Korea (KDB) yang dikelola negara, yang memiliki 55,7% saham di perusahaan.

Kesepakatan tersebut diharap akan selesai dalam enam bulan ke depan dan bisa mencapai nilai lebih dari KRW2 triliun atau sekitar $ 1,8 miliar. Namun, ruang lingkup investasi HHI di DSME masih belum disepakati.

“Kami telah menandatangani perjanjian [dengan] Bank Pembangunan Korea”, kata HHI dalam pengajuan bursa saham. “Rincian penawaran hak tidak diatur dalam perjanjian [dan] akan ditentukan pada akhir kontrak sesuai dengan proses selanjutnya”. Perusahaan mengatakan alasan di balik akuisisi ini adalah untuk memperkuat daya saing bisnis pembuatan kapalnya.

Menurut ketentuan MoU, KDB akan mentransfer semua atau sebagian saham DSME-nya ke HHI dan memperoleh saham HHI senilai KRW 1,5 triliun. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, KDB mengatakan akan mempertimbangkan untuk memberikan tambahan KRW 1 triliun dalam bantuan keuangan untuk DSME. Setelah akuisisi itu, HHI mengatakan akan dibagi menjadi dua entitas, dengan salah satunya terdaftar di Bursa Korea.

Tinggalkan komentar