Oct 312013
 
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan pemerintah sedang menunggu kepastian hibah kapal selam dari Rusia. “Saat ini kami menunggu surat resmi dari Rusia,” ujar Purnomo kepada wartawan di Landasan Udara Ranai, Natuna, Rabu, 30/10/2013.

Surat itu, dia melanjutkan, berisi kepastian berapa kapal selam yang akan dihibahkan Rusia. Termasuk bagaimana keadaan fisik kapal selam itu dan seberapa banyak perbaikan yang diperlukan. Sebab dalam hibah alat utama sistem persenjataan, negara pemberi pasti menyaratkan seberapa besar perbaikannya. “Tapi katanya masih bagus kondisinya,” kata dia.

Soal berapa pagu anggaran untuk biaya ‘up-grade’ kapal selam ini, Purnomo belum mau menjawab, sebab saat ini yang ditunggu oleh pemerintah adalah kepastian jadi atau tidaknya hibah kapal selam dari Rusia.

Menurut informasi awal yang Purnomo peroleh dari Duta Besar Rusia di Indonesia, negara Beruang Merah itu akan menghibahkan 10 kapal selam jenis Killo Class, namun hal itu bisa saja berubah. “Sebab negara tetangga, Myanmar juga mendapat satu (kapal selam) hibah dari Rusia.”

Purnomo sendiri menyatakan bahwa TNI memerlukan hibah kapal selam dari Rusia itu. Sebab, kapal selam merupakan alutsista strategis untuk menjaga arus laut kepulauan Indonesia. Saat ini Indonesia baru punya dua unit kapal selam, KRI Cakra dan KRI Nanggala. Pemerintah telah memesan tiga unit kapal selam Changbogo dari Korea Selatan. “Kami butuhnya lebih dari lima itu,” kata Purnomo.

Terlebih, dia melanjutkan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetyo menyatakan bahwa dia membutuhkan kapal selam yang mampu meluncurkan rudal dari bawah permukaan air ke udara. Kemampuan itu merupakan salah satu kelebihan kapal selam Killo Class milik Rusia.

Kapal Selam Kilo Class Proyek 877 EKM, Angkatan Laut Iran

Kapal Selam Kilo Class Proyek 877 EKM, Angkatan Laut Iran

Sebelumnya, Sumber Tempo di Kementerian Pertahanan menyebutkan bahwa pemerintah Rusia tak serius menghibahkan kapal selam. Buktinya, perwakilan Indonesia yang dipimpin KSAL Laksamana Marsetyo tak mendapat jawaban yang pasti soal hibah ini saat bertandang ke Rusia.

Menurut Sumber Tempo, pemerintah Rusia mengaku tak punya rencana untuk memberikan hibah kapal selam ke Indonesia. Bahkan Sumber Tempo menyebut KSAL Indonesia tak bisa bertemu dengan KSAL Rusia.

Menanggapi hal ini, Menteri Purnomo tak mau berkomentar berlebihan. Dia mengaku tak tahu persis apa yang terjadi di sana. Menurut dia, setiap pejabat pasti punya kesibukan masing-masing. Bisa saja KSAL Rusia sedang sibuk hingga tak bisa temui perwakilan Indonesia.

Bahkan Purnomo menyebut perwakilan Indonesia sudah bertemu dengan pejabat penting Rusia. Termasuk pihak yang mengurus segala urusan jual-beli senjata Rusia, Rosoboron. “Pokoknya tunggu dulu surat resmi dari Rusia”. (Tempo.co).

  181 Responses to “Hibah Kapal Selam Rusia, Menunggu Kepastian”

  1.  

    Are you still dreaming re. 10 units of Kilos? I wonder that the majority of you still believe the statement of your defence minister who is well known in this ASEAN region for his “big mouth” ….

  2.  

    Jom jangan gaduh …ade yang nak mesin jet jaguh ker ? kami ready-to-sell mesin jet jaguh, stakat ni cume askar kami yang nak jual mesin jer …

  3.  

    ya bagusnya jgn gtu jg bro..ini forum bebas.dan bebas juga mereka bekomentar asal dlm batas yg “wajar”
    jadi kita berargument saja dengan kata yg enak dibaca,ane yakin kok pembaca disini tau mana koment yg baik dan maksd apa didalamnya,,hehehe

    •  

      Ha begitu agan yudha. Gak perlu mampus-mampusan. Lha wong mbah bowo ini jelas-jelas tidak hirau dengan esensi temanya dus mau berbagi info. Mister x ini maunya ngomong ngalor ngidul. Saya percaya agan diego sebagai pengatur key akun emailnya pasti blok akses mr.x ini ke depannya.

  4.  

    Urusan KS memang “SILENT” biarlah alam dan waktu yang menjawabnya. Yang penting AMBALAT sudah tenang. Rusia sudah “MENAWARKAN” KS Kilo Klass nya. Mau diterima atau tidak, biarlah tetap mistery. Namanya juga kapal selam. Harus tetap misteri. Kalau perlu galangan khususnya ya harus dibawah air. Jadi kru hiu kencana ke kapal silemnya ya harus “NYILEM” kalo mau dinas ke kapalnya. Sabar, nanti kalo Indonesia sudah merasa “usang” tuh Kilo (Kalau Jadi Punya) tentu juga diekpos seperti Cakra dan Chang Bo Go.
    Kita nikmati saja berita “RUSIA MENAWARKAN KILO BEKAS” (Daripada tidak ditawari sama sekali). Sruput…….kopi jakhe se cangkir.

  5.  

    …………………………………..
    mohon maaf atas perkataan rasis saya terhadap mbah bowo di atas
    salam buat warga warjag ……

  6.  

    berita lama terkait misteri jumlah ks 10 unit

    http://z9.invisionfree.com/21c/index.php?showtopic=12232

    apakah bisa menjadi kenyataan ? contoh kasus 6 f-16 block 50 menjadi biaya upgrade 24 f-16 block 30, biarlah sang waktu yang menjawabnya.

  7.  

    @ mbah bowo, demokratis itu sewajarnya etis, jangan anarkis…

    Kalau ingin diskusi (bukan mengindoktrinasi), ada tanggapan terhadap point2 di atas?
    Atau ada data lain yang berlawanan ?

    •  

      Agak repot kalau beropini tanpa landasan data, tapi OK-lah, sekarang jalan dipenuhi motor, buruh pergi demo aja naik motor, berarti udah banyak rakyat yang mampu beli/nyicil motor, kemudahan hidup tidak dinikmati sebagian golongan saja?

      An enormous 96% of Indonesians use social media, more than any other country on earth
      Indonesia is facebook’s 4th largest market and Twitter counts Indonesia capital Jakarta as its No.1 city followed by nearby city Surabaya at No.6. Indonesians send out an average of 15 tweets a second making them the 4th largest Twitter country in the world.

      http://wallblog.co.uk/2013/05/09/indonesia-the-worlds-most-social-mobile-centric-country/

    •  

      buat saudara2ku kita semua setuju damai itu indah,mbah bowo juga harus bijak menyikapi fenomena sosial rakyat indonesia,bahwa faktanya banyak rakyat miskin terkadang karena kurang bijaknya memilih prioritas utama (Pangan,Sandang,Papan dll = hirarki Maslow tentang kebutuhan hidup) kemudian terkalahkan krn pendapatannya dipakai belanja kebutuhan skunder/tertier : KREDIT barang elektronik,HP(perlu pulsa),sepeda motor/mobil(perlu bensin),,Intinya: Rakyat memang harus sejahtera dan aman(damai) tapi kita juga harus “Kuat” menjaga rumah NKRI kita

  8.  

    Di penghujung Desember tahun 2011 lalu, TNI AL telah membeli 2 kapal selam kelas kilo yang tercanggih dari paman ruskie, (project 636), pembelian ini sangat rahasia ( Top Secret ) karena efek nya akan menimbulkan kepanikan negara negara tetangga dan menimbulkan perlombaan senjata di kawasan asia pasifik, pembelian KS Kilo ini mirip operasi alpha saat indonesia membeli A-4 skyahawk dari Israel dekade 80-an lalu.

  9.  

    Louboutin Sale http://www.f1news.com/RaceWeather.asp Louboutin Men

 Leave a Reply