Oct 312013
 
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan pemerintah sedang menunggu kepastian hibah kapal selam dari Rusia. “Saat ini kami menunggu surat resmi dari Rusia,”ย ujar Purnomo kepada wartawan di Landasan Udara Ranai, Natuna, Rabu, 30/10/2013.

Surat itu, dia melanjutkan, berisi kepastian berapa kapal selam yang akan dihibahkan Rusia. Termasuk bagaimana keadaan fisik kapal selam itu dan seberapa banyak perbaikan yang diperlukan. Sebab dalam hibah alat utama sistem persenjataan, negara pemberi pasti menyaratkan seberapa besar perbaikannya. “Tapi katanya masih bagus kondisinya,” kata dia.

Soal berapa pagu anggaran untuk biaya ‘up-grade’ kapal selam ini, Purnomo belum mau menjawab, sebab saat ini yang ditunggu oleh pemerintah adalah kepastian jadi atau tidaknya hibah kapal selam dari Rusia.

Menurut informasi awal yang Purnomo peroleh dari Duta Besar Rusia di Indonesia, negara Beruang Merah itu akan menghibahkan 10 kapal selam jenis Killo Class, namun hal itu bisa saja berubah. “Sebab negara tetangga, Myanmar juga mendapat satu (kapal selam) hibah dari Rusia.”

Purnomo sendiri menyatakan bahwa TNI memerlukan hibah kapal selam dari Rusia itu. Sebab, kapal selam merupakan alutsista strategis untuk menjaga arus laut kepulauan Indonesia. Saat ini Indonesia baru punya dua unit kapal selam, KRI Cakra dan KRI Nanggala. Pemerintah telah memesan tiga unit kapal selam Changbogo dari Korea Selatan. “Kami butuhnya lebih dari lima itu,” kata Purnomo.

Terlebih, dia melanjutkan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetyo menyatakan bahwa dia membutuhkan kapal selam yang mampu meluncurkan rudal dari bawah permukaan air ke udara. Kemampuan itu merupakan salah satu kelebihan kapal selam Killo Class milik Rusia.

Kapal Selam Kilo Class Proyek 877 EKM, Angkatan Laut Iran

Kapal Selam Kilo Class Proyek 877 EKM, Angkatan Laut Iran

Sebelumnya, Sumber Tempo di Kementerian Pertahanan menyebutkan bahwa pemerintah Rusia tak serius menghibahkan kapal selam. Buktinya, perwakilan Indonesia yang dipimpin KSAL Laksamana Marsetyo tak mendapat jawaban yang pasti soal hibah ini saat bertandang ke Rusia.

Menurut Sumber Tempo, pemerintah Rusia mengaku tak punya rencana untuk memberikan hibah kapal selam ke Indonesia. Bahkan Sumber Tempo menyebut KSAL Indonesia tak bisa bertemu dengan KSAL Rusia.

Menanggapi hal ini, Menteri Purnomo tak mau berkomentar berlebihan. Dia mengaku tak tahu persis apa yang terjadi di sana. Menurut dia, setiap pejabat pasti punya kesibukan masing-masing. Bisa saja KSAL Rusia sedang sibuk hingga tak bisa temui perwakilan Indonesia.

Bahkan Purnomo menyebut perwakilan Indonesia sudah bertemu dengan pejabat penting Rusia. Termasuk pihak yang mengurus segala urusan jual-beli senjata Rusia, Rosoboron. “Pokoknya tunggu dulu surat resmi dari Rusia”. (Tempo.co).

  183 Responses to “Hibah Kapal Selam Rusia, Menunggu Kepastian”

  1. lama2 gua apatis denger berita KS ๐Ÿ˜€ nunggu kabar konfirmasi saja deh..

  2. Indonesia mencoba bermain cantik dengan konspirasi ini, mengikuti pesan para suhu di warjag “mari kita kurangi komentar yg bersifat mengungkap keberadaan KS kita,biarlah hal itu menjadi misteri yg memberikan deterent tersendiri bagi kawasan.

  3. Kapal selam layaknya pesawat tempur. Anda tidak diberi kesempatan untuk berbuat salah. Teledor sedikit, maksimal resikonya.

    Karena resiko yg tinggi, keberadaannya dibagi bagi: pesawat latih (setelah lolos simulator), combat ready dan fase routine maintenance. Kalau ada yg masuk maintenance…harus ada yg combat ready. Kan gak mungkin bilang ke musuh: “Maaf..kami belum siap perang karena alutsistanya sedang dalam maintenance”.

    Heli Mi 35 pun seperti itu. Berlaku untuk semua barang yg terbang atau yg di dalam laut.

    Malaysia sebagai pengguna baru kapal selam, baru sadar 2 KS ternyata tidak cukup…makanya Wamenhannya…menjerit jerit ke pemerintah. Lihat saja…walau KS scorpene mereka baru…tetap saja..ada yg harus masuk maintenance. Sebelum menerima scorpene….Perancis…meminjamkan KS ke Malaysia. Dan kini Malaysia sadar…harus ada ks latih dan ks tempur…untuk menyiapkan awak dan operatornya.

    • wah….:-) bung diego dah ngasih hasil terawangannya nih……maksih bung

    • Teorinya 3 operasi, 3 latihan, 3 pemeliharaan. Jumlahnya kelipatan 3. Kalo mau efektif, minimum 9.

    • Pasti loe Scorpene tetangga cuman 2?

    • setuju mas bro… tidak akan semudah itu informasi vital di ketahui oleh publik.. ini untuk jangka panjang. jika 1 kesepakatan rahasia di ketahui oleh umum,,maka tidak akan ada lagi kesepakatan ke 2,3 dst.. ingat, rusia dan amerika itu masih dalam keadaan perang dingin..jadi masing” pihak akan memilih siapa yg dianggap layak buat diadakan kesepakatan rahasia dan celakanya Indonesia yang berada di posisi persimpangan jalur perdagangan dunia terpaksa ikut memikirkan gmn caranya kesepakatan rahasia itu tidak bocor.. #maaf kl salah komentar..

    • harga beli scorpene yg mahal dan biaya perawatannya yg lebih mahal lagi jadi bahan tertawaan ketika ancaman nyata di depan mata ternyata adalah Sulu dengan sampan kayunya, they didn’t see it coming at all. apalagi ketika PLAN melakukan upacara kedaulatan di lepas pantai Serawak, tak ada diantara alat2 perang mahal TDM yang berani nongol mendekat. lalu buat apa buang duit sia2 untuk sesuatu yang tidak berani mereka manfaatkan?
      belanja militer Malaysia, hampir selalu proyek mercusuar ala Soekarno, bedanya Soekarno berniat menggunakannya sementara Malaysia hanya dijadikan static display. belanja militer Malaysia, biar papa asal bergaya

      • sambil malon percepat R&D alutsista dalam negeri… yg paling sukses, malon install canon smoothbore 125 mm di proton waja taxi…

      • Kl liat obrolan mereka,Scorpene yg beroprasi sekarang cuman 1 ….yg satunya lagi maintenance, makanya menteri pertahanan mrk pengen nambah lagi .

        • kecil kemungkinan nambah KS gan. sekarang saja ekonomi negara mereka sedang berobat jalan selama minimal 3-5 tahun ke depan gara2 defisit dan hutang, dan yang kena sunat adalah anggaran pertahanan yg presentasenya akan terus diperkecil
          Malaysia tidak akan pernah menjadi ancaman berarti bagi kekuatan militer Indonesia. Australia (+Singapura) dan China yang harus dipertimbangkan, juga India jika kita zoom out

          • Iya , mrk lagi “tertekan” dgn perkembangan alutista kita.
            Yup, budget mrk gak memungkinkan utk bersaing dgn kita saat ini.
            Mungkin 1 ataw 2 dekade ini mrk akan JINAK SEJINAK-JINAKNYA dgn kita.
            Tp ingat … walaupun negara kecil justru mrk lah yg paling OPORTUNIS dr sekian banyak ancaman bagi negara kita.

            Dan Malaysia adalah satu2nya negara yg didalam catatan sejarah yg mengambil kedaulatan kita (sipadan-ligitan).

            Simple …mnurut ane sih kita sbaiknya jgn pernah menganggap remeh musuh bro and never trust your enemy.

            Apapun musuhnya tetap waspada …waspadalah heheeee

          • Dengan mereka kita harus seperti pengantin Jawa-Sunda, senyum dan sembah di muka tapi keris siap di belakang ๐Ÿ™‚

          • Do not press a desperate foe too hard, leave an outlet free -Sun Tzu 500 BC

          • Memang betul bro malay are not on the list, kalaupun ada itu cuma untuk seru seruan aja. ozy pertama trus cina (dgn kebijakan lcs) kedua, India? hmmm perlu ada penerawangan lebih kl utk negara yg satu ini .

          • China di utara Natuna dgn LCSnya sementara India di utara Aceh dengan Andaman-nya. persaingan mereka akan terjadi di halaman rumah kita. India ada kepentingan ekonomi di LCS sementara China juga berkepentingan di Samudera Hindia.
            kiasannya; jika ada 2 geng besar bersiap tawuran di depan rumah, sebaiknya pagar dan pintu rumah kita kuat dan kokoh

  4. Tampaknya ada upaya ‘penggiringan’ melalui media asing agar pemeritah hanya membeli KS kelas Kilo (+ Cbg) dgn mengedepankan superioritas kelas Kilo. Tapi bagaimana kemampuan kelas Kilo menyerang target di darat? Semoga nantinya bukan hanya kelas kelas Kilo yg dimiliki TNI AL tapi juga kelas Amur yg memiliki 10 peluncur rudal vertikal utk menghancurkan target di darat. Dgn kemampuan serang darat, KS kelas Amur jelas lebih memiliki daya gentar terutama thd negara2 tetangga yg bandel. Tinggalkan pertahanan pasif, gunakan pertahanan aktif. Hancurkan musuh di kandangnya.

    • Amur adalah penerus Kilo,
      makannya Kilo Rusia yang mau Pensiun dihibahkan ke Kita, sama khan dengan F-16 ???!!!

      Kalau kita pengen “ngebut” dalam pemenuhan MEF, mending kita sambutlah si KILO
      namun kalau tidak pengen ngebut mending dilanjutkan terus ke kelas Changbogo+VLS+AIP

      Saya juga heran, kenapa khok KILO terlalu didramatisir sebagai ks hebat ?
      padahal Amur Class (penerus kilo) sekelas dengan Improved Changbogo kita, sama-sama kurang dari 2.000 ton.

      jaman sekarang motonya “SMALL BUT DEATHLY”

    • iya benar juga…sama saja dgn hibah f16

    • Udah dibilangin modus pada nggak percaya..

      Wong Kilo aja cuman punya 10 bji kok mau dihibahin semua. Klo ada berita itu 10 mau di-decommision semua dan udah mulai dibikin kontrak buat penggantinya baru valid itu yg namanya hibah. Monggo diramu clue-nya..

  5. Ya…biar ngga dapat kelas Kilo, kelas Gram juga ngga papa….untung-untung kalo bisa dapetin yang kelas Ton…

  6. rokokan dulu sambil minum kopi ah…… entar minggu depan siapa tau udah dapat khabar sm mbah pur (tiap bulan pasti ada update khan)……….
    Sebelum bpk presiden SBY diganti paling udah nongol…. siapa tau.
    Klo dinongolin skrg , tetangga sebelah udah teriak2………
    lain dgn vietnam yg kontra dgn China (veitnam lg pengin nunjukin bahwa dia juga siap mempertahankan wilayahnya, pys war broooo…) he he he..
    klo korp hiu kencana sudah memberi sinyal…. ya kita tunggu aja. (maklum ks punuk putih ini sudah menguras energi kita 1 tahun belakangan he he he…)
    Mending ganti topik perkembangan radar di indonesia, itu pak pur sudah siap ngadain 3-4 lagi radar th 2014.

  7. coba sekali2 deh.. nyelem deket cocos, sabotase atau kalo perlu bombardir fasilitas penyadap di sono..
    tapi harus senyap

  8. SUDAH JELAS DIATAS MENHAN BILANG SABAAAR, TUNGGU SURAT RESMI DARI RUSIA, MALAH PADA TEORI GAK KARUAN, TERIMA AJA YANG PASTI : 3 CBG 1500 + MBAH CAKRA & NANGGALA…

  9. This news is the biggest joke and hoax from Indonesia …

  10. wah kapan nih galangan kapal selam selesai.., ntar kalo rusak repotkan kalo mesti berkunjung ke luar negri mulu.. he..3x

  11. bro kita disini ngopi dulu,,,hehey,,,
    negara tetangga masih syok tuh ga penah lagi maen kelaut kita,yang ane tunggu sih gmna kelanjutan trimaran…?kalau soal lontong…?lontong udah siap saji,cuma tamu blm datang,,hehe

    • Setuju bro Yudha, sejak Trimaran pertama terbakar, sampai sekarang sepertinya sepi sekali dari pemberitaan pembuatannya. Benar2 stealth ya rupanya….

      So…ada yang tau mengenai keberadaannya?

  12. aaah mantaap.. kopi sore bro..! he..3x

  13. ane mah duduk di teras depan rumah ,, sambil nungguin tukang lontong lewat di gang ane ,,
    sambil minum bajigur bro ,.
    maknyus,, pas lagi dingin – dingin gini …. 8)

  14. Ribut semua masalah Lontong. 10 Lontong Kilo pun belum cukup kalau mau menantang China di LCS. Semua pada mimpi ya ? sukanya khayal-khayal melulu. Coba kalian pikir semua bila semua armada perang indonesia dikirim mau melawan China / Australia ? maka akan rontok semua armada indonesia. Trus kalau sudah Rontok semua apa mau bikin lagi ? . Jadi kesimpulannya jadi negara damai saja dech. Kebutuhan Pokok pada naik nich, daripada dibuat beli senjata dan alat perang mending buat kesejahteraan Guru saja. kami ingin sejahtera.

    • Koq cuma kesejahteraan guru ??? Guru yg bersertifikat udah dpt gaji tunjangan tinggi, jd kesejahteraan semua RAKYAT. Umr di sebagian daerah di jawa timur masih dibawah 1 juta/bulan.
      Negara itu memang harus memikirkan semua amanat UUD 45, ya ekonominya, kesejahteraan RAKYAT, hankamnya, demokrasinya, hukumnya dst.
      Klo cuma ekonominya yg kuat aja tp hankamnya lemah , mk akan dilecehkan oleh bangsa lain, mk seiring kekuatan ekonomi indonesia menguat mk TNI diperkuat dgn MEF. Bukan tiba tiba kita terus melawan china/amerika dst. Setidaknya postur tni setara di kawasan asteng.
      Semua sudah ada posnya. Dk tiap daerah ada pimpinan daerah ada bupati/walikota, ada gubernur. Awasi apbd baik dau atau dak. Byk kepala daerah dan anggota dewan yg korup yg jadi tersangka atau sudah terpidana.
      Kita juga harus proaktif dlm pembangunan semuanya.

      • Trus kalau Lontong Kilo di datangin mau ngapain coba ? Biaya operasional Kapal selam mahal Pak. Mending damai saja. Setuju kalau Buruh juga sejahtera. Semua rakyat harus sejahtera. Ingat pepatah lama, Mata pena lebih tajam dari pedang.

        • ๐Ÿ™‚ sama seperti alasan mengapa pengendara motor pake helm, atau sedia payung sebelum hujan.

          emang perdamaian itu murah dan bisa tanpa upaya? kedamaian itu perlu ketertiban, ketertiban itu perlu hukum, dan hukum itu sifatnya memaksa.
          bagaimana cara memaksakan hukum bagi pelanggar tanpa punya kekuatan? penegak hukum (Polisi, tentara dll) harus memelas dan mengiba-iba sampai lawan mati karena kasian?? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

          urusannya domestik atau internasional itu hanya masalah skala

        • Aggaran pendidikan th 2014 sekitar 368 trilyun atau sekitar 20% dari apbn 2014.
          Dgn anggaran sebesar itu kami harap dunia pendidikan bisa mencetak anak didik yg pintar, jujur, sholeh.
          Dan harusnya sekolah tdk dibebani dgn proyek2 fisik yg membuat guru2 dan komite berlomba2 mengejar proyek pengadaan fisik atau proyek pengadaan non fisik. Dan jgn hanya mengejar sertifikasi aja, sehingga anak didik terabaikan.
          Tapi masih byk pendidik yg baik dan jujur. Tapi byk juga untuk sekolah favorit harus mengeluarkan biaya.
          Pendidikan indonesia harus maju diatas negara tetangga.
          http://www.pikiran-rakyat.com/node/256304

    • Sejahtera ukurannya apa? Si Akil juga ingin sejahtera hingga korupsi 100M. Banyak guru (bukan oknum lagi) tercela dan memalukan, proses sertifikasi saling contek habis2an…

      Anggaran pendidikan 20% APBN milestonenya apa? Apakah hanya cek kosong dari negara kepada insan pendidikan?

      Gaji guru SD Rp 8 juta sudah memadai. Kalau ingin Mercy jadi pengusaha, jangan jadi guru terus akal2an memaksakan les ini itu kepada siswa…

      • Saya setuju saja pendapat anda. Tapi indonesia lebih harus mengedepankan skala Prioritas yang lebih penting. Mending uang puluhan Ratusan juta dolar gitu buat bantu guru biar sejahtera, Bantu Buruh biar juga sejahtera, membelikan kapal nelayan yang tidak mampu, subsidi masyarakat miskin. Itu jauh lebih bermanfaat. Jangan pake perang-perang segala kasian Rakyat kebutuhan Pokok pada mahal, kami tidak bisa sejahtera sebagai guru.

        • si mbah ini ngomongin golongan (buruh, guru) sementara pertahanan negara adalah menjaga kedaulatan negara, yang mana semua golongan yang ada didalamnya.

          jika itu saja terlalu susah untuk dimengerti saya kasi ilustrasi gampang. Berbagai golongan (termasuk buruh, guru.. ๐Ÿ™‚ ) diibaratkan adalah penumpang di suatu perahu. dan perahunya itu adalah negara. ketika badai mengancam menenggelamkan perahu sebaiknya urusan keamanan perahu dulu dipentingkan daripada ngurusin guru yang mabuk laut
          bukan kesehatan si guru mabuk laut tidak penting, tapi kepentingan yg lebih mendesak harus didahulukah. Itu baru namanya skala prioritas mbah ๐Ÿ˜€
          Jika dgn logika absurd dan terbalik kenyamanan si guru didahulukan dengan mengabaikan keamanan kapal.. maka bukan saja si guru tadi terancam ko’it, namun juga semua penumpang lainnya bisa wassalam

        • Emang klo ikan kita dicuri puluhan T apa gak penting?

          Maling ikan ditangkap malah datang centengnya dengan todongan senjata berat, apa ini gak masalah?

          Cina mengklaim LCS dengan garis putus2 hingga ribuan km dari pantainya sendiri dan memotong masuk ZEE Natuna (standar internasional = 200 mil) apa ini bukan potensi konflik?.

          Penerbangan2 gelap yang dilakukan karena tahu bahwa coverage radar kita bolong2, biar aja?

          Kalau kita ingin damai, apakah otomatis semua negara lain ingin damai juga? Kalau semua manusia baik, gak akan ada profesi bernama “polisi”…

          • Gak percaya kalo bowo ini guru, masa murid-muridnya yang lulus pada pinter semua dan tahu prinsip hankam, eh gurunya segoblox ini he..he…sori itu tulisan kelepasan tapi gak punya tipe-x buat ngapus, lanjut, kalo emang guru pasti tau hankamrata…

          • coba kamu bayangkan bila terjadi perang beneran ama china ? apa perekonomian ngak macet, segala macam kebutuhan aja masih di import dari china. jangan pake emosi2 segala. Pikir dengan akal sehat, damai lebih indah, diplomasi dan kompromi dikedepankan, para negara besar pasti segan dan hormat, Jangan pake unjuk kekuatan-kekuatan segala, percuma ngak akan bisa menang. Kecuali bisa bikin pesawat tempur dan kapal perang sendiri. Lagian kasian rakyat kalau ada perang, pening aku liat sembako dan kebutuhan pokok lain pada naek.

          • Mbah mbah klo jenengan memang berprofesi sebagai guru harusnya lebih paham dari kami. Jenengan mengajar di sekolah mana ya mbah bowo?

            “Dulu semboyan Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan dan Kini Indonesia cinta damai, tetapi NKRI harga mati ” dl rentang waktu 68 th ini TNI telah berjuang bersama rakyat sesuai amanat konstitusi. TNI juga telah melindungi segenap bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia.Negara telah memberi tugas kepada TNI untuk mempertahankan melindungi kedaulatan negara. UU Pertahanan Negara menyatakan tujuan utama melindungi WNI, keutuhan wilayah segenap bangsa dari segala ancaman.
            Maka dari itu negara berkewajiban untuk memodrenisasi alutsista yg sudah ketinggalan jaman agar TNI bisa melaksanakan kewajibannya sesuai undang undang yaiti melindungi segenap wni, keutuhan wilayah nkri dst.

          • mbah, STOP ngetik, START mikir!

            Semua orang tahu damai itu indah.

            Cina juga tahu rakyatnya yang 1M+ manusia butuh banyak sumberdaya energi + sumber protein hewani hingga menjarah jauh ke selatan, perairan Natuna (kelangkaan pasokan energi akan membuat ekonomi mereka megap2, harga2 naik, rakyat resah dan mulai rusuh -ingat proses jatuhnya Orba). Bayangkan jika 1M+ manusia resah, pemimpin mereka berpikir lebih murah ongkosnya bertarung dengan Filipina daripada menanggung biaya ekonomi dan sosial akibat jika terjadi krisis/kelangkaan energi.

            Jadi 1,000x Aquino ingin damai, belum tentu tidak akan diusik kecuali jika bertekuk lutut dan membiarkan Cina berlaku semaunya…

            STOP ngetik, belum tentu anda guru, mungkin hanya ingin sekedar ngomporin…

          • adek harus paham kebutuhan pokok pada naek. lagian china ngak akan mengusik kita. hidup cuma sekali di dunia ini dek, mbah yang sudah tua ini saja masih ingin bahagia dan menikmati hidup senang. kalau ada perang pasti rakyak pada susah menanggung penderitaan. jadi intinya jangan usik china di LCS, jadi negara damai saja. selalu mengedepankan kompromi dan diplomasi, tapi bukan juga bertekuk lutut. Caranya ya harus menjalin hubungan baik dengan china.

          • mbah ini apa tipe guru yang nyerocos di depan kelas tanpa wawasan?

            Saya kutipkan di bawah tentang Swiss yang terkenal sebagai negara netral, tapi netralnya bukan netral culun melainkan ARMED NEUTRAILTY

            Switzerland and neutrality are synonymous but that does not mean the Swiss have no military might. The Swiss Army trains for self-defence and internal security.
            In principle, the Swiss cannot enter military alliances unless they are attacked. They must not take sides in international conflicts and cannot give right of transit to foreign forces.

            For Switzerland, neutrality implies armed neutrality, which explains why the country has always strived to maintain its defence at a respectable level, and why military service remains compulsory for male citizens under the constitution.

            With the ending of the Cold War, neutrality is no longer the imperative it was for small nations. The interdependence of the modern world makes a pure and orthodox neutrality increasingly difficult.

          • Garisbawahi juga:

            ALWAYS STRIVE TO MAINTAIN ITS DEFENCE AT RESPECTABLE LEVEL !

        • saya jadi kasian banget sama murid2 anda, gmna bisa cerdas klo gurunya ga punya wawasan dan berpikiran sempit kayak gini…
          hadeeeewwww…..

          • Kayaknya Mbah Bowo belum pernah ngrasaen Atapnya dilempar batu atau buah mangganya dicuri orang ya. Mbah diganggu orang kayak gitu bukan berarti pengen ngajak kelahi mBah. Enggak kok, cuman pengen uji nyali lemparin atap rumahnya si Mbah sama pengen memenuhi gizi yang kurang. Yakin koq Mbah walo kita suka damai dengan suka ngasih buah ke tetangga pasti masih ada juga yang suka nyuri. Saya punya pengalaman gitu kok Mbah, buah rambutan saya juga suka dicuri walopun kalo panen pasti dibagi-bagiin ke tetangga. Mungkin ada yang enggak kebagian tapi ya mau gimana lagi orang saya nggak punya kebun buah rambutan,cuma punya satu pohon. Jadi pilihannya perketat keamanan rumahnya atau pohonnya yang ditebang sekalian. Gitu Mbah Bowo, Keamanan Nasional itu juga seperti itu. Cina dan Australia emang ga pengen perang langsung sama Indonesia. Mereka cuma pengen uji kemampuan atau pengen menambah sumber daya alam bagi kebutuhan mereka di laut selatan (Samudra Hindia) atau laut cina selatan yang kaya ikan dan tambang minyak. Jadi ya kita harus menguatkan pertahanan atau menghabiskan sekalian tapi kan sayang kalo dihabiskan boros gitu. jadi yang lebih baik ya diperkuat aja pertahanannya. Gitu lho Mbah. Atau kalo belum paham nanti atap Mbah biar dilempar batu beneran biar lebih terasa gitu ???

    • mbah bowo…….
      Segala sesuatunya itu ada pada tepatnya,kalau mau makan pakai sendok dan piring kalau mau minum pakai gelaas,,
      seperti pertahanan,,kalau negara kita lemah dalam pertahanan apa kita akan damai,,?? Contoh hilangnya ligitan dan sipadan karena hankam kita lemah,,,
      kenapa kita harus menantang china?? Kt jg tiada masalah dgnya,,musuuh kedepan kita hanya singapur,dan ausie,,jangan terlalu mengada” atau memancing di air yg keruh…

      Guru??…
      Emang kalau ada perang apa guru yg harus maju berperang.
      KALAU GURU SEJAHTERA APA AHLAK MURID DAN GURUNYA JUGA SEJAHTERA??
      Percuma kalau di kasih kesejahteraan kalau tidak bisa ngedidik dg bijaksana dan memberikan contoh yg baik…

      Setiap department dapat jatah masing”..
      Kalaupun anda kurang sejahtera menjadi guru kenapa tidak beralih jadi pengusaha,?

      Kalau niat anda mmencari kesejahteraan bukan memberikan ilmmu pengetahuan lebih baik anda “mbahwo” pindah jadi pengusaha saja,,, daripada banyak mengeluh menjadi guru yg ujung”nya menodommi anggaran dr sekolahan…

      • saya sangat setuju pendapat anda, tapi kasian pak masih banyak rakyat yang tidak mampu. Mubadzir uang ratusan juta dolar dipakai buat beli alat perang yang harganya super mahal. Mending buat rakyat aja uang segitu, dijamin ngak akan ada busung lapar, dijamin ngak ada yang pengangguran, dijamin rakyat akan makmur semua. kasian pak rakyat banyak yang susah hidupnya. Mikirin Lontong boleh saja, tapi masih jauh, rakyat sejahtera dulu itu lebih penting.

        • Maaf Mbah bowo, Mbah bowo sebagai guru atau profesi sebagai pendidik. Sebagai guru apa ? Dan sekolah dimana? Sudah golongan pangkat brp? Klo Mbah bowo jujur , bisa menyampaikan aspirasi lewat warjag ini.
          Warjag ini insyallah byk dibaca byk kalangan , baik dari bpk2 dewan terhormat, bpk2 dari TNI dan pemerintah.

        • menurut saya orang yg pakai nama mbah
          bowo ini agak2 kalau kita gak beli alat perang terus kita di serang di jajah lagi sama negara luar, bagaimana kalau kita di jajah kita gak bisa mensejahterakan rakyat.
          ingat mbah kalau kita udah puasa gak beli alat perang berapa tahun, sedangkan untuk pendidikan dana 20% dari apbn masih kurang?

          • bukan masalah kurang apa tidak, tapi kebutuhan pokok pada naek, biaya hidup naek, pajak motor naek. bayangin mbah setua ini saja masih ngajar, masih harus belajar, coba kalau mbah sudah sejahtera mbah pasti dari kemarin-kemarin sudah ngajuin pensiun dini.

        • maaf mbah bowo,,semua sm pentingnya dan ada porsinya masing2.alutsista juga untuk menjaga kita semua termasuk guru dan anak2 didik didalamnya,,kalau soal korupsi,semua sudah merambat kesegala lini.termasuk didinas pendidikan.dana bos adlh yg paling rentan,dan saya jg menyayangkan pengajar2 zaman sekarang tdk seperti pengajar zaman dulu yg lbh mementingkan kedisipilinan+ kualitas mengajarnya,walaupun tidk semuanya,

    • guru apa nih? analisanya aneh ๐Ÿ˜€
      jika mentalisme yg benar adalah kalah sebelum bertanding..menyerah daripada mencoba berusaha karena beratnya tantangan maka China tidak akan maju dan kuat seperti sekarang, Indonesia tidak akan bisa memerdekakan diri, atau manusia masih akan hidup di gua2.
      si vis pacem para bellum mbah

      • iya adek, saya setuju pendapat adek. Tapi adek yang harus adek pahami china itu bisa produksi sendiri semua mesin perangnya, jadi kesimpulannya mereka tidak bisa dikalahkan karena jika perang terjadi dan ada mesin perang mereka ada yang ditembak hancur maka mereka dalam hitungan bulan bisa mengganti dengan unit baru + usernya. sedangkan kita mesin perang seperti pesawat tempur, kapal freegate dan kapal selam saja masih beli, kalau perang terjadi dan ada mesin perang yang hancur pasti tidak tergantikan lagi. Jadi mending jadi negara damai saja, enak aman dan rakyat sejahtera. kebutuhan Pokok pada naek, sembako naek, BBM naek, harga motor naek, harga mobil naek, harga rumah naek. Mending damai dan bahagia.

        • saya setuju dengan bapak damai itu indah pak..
          tapi kalau mau damai bapak harus disegani dulu..
          ambil contoh waktu kita semua masih kecillah..
          waktu kecil anak-anak yg paling kurus kan yg selalu dizalimi,coba kalau anak yg paling gede apa prnh ada yg lawan.?

          untuk mensejahterakan guru bukan berarti tidak membeli alutsista pak tapi hilangkan korupsi di indonesia pak itu yg utama

          • maka dari itu adek, Kemampuan diplomasi harus digunakan, jangan lawan china di LCS, mending damai aja dengan mereka. Ngeri kalau mbah bayangkan bila kita lawan mereka, pasti kita dilipet-lipet.

        • damai dan bahagia jelas baik mbah, hanya saja jika si mbah ini menyimpan harta tergeletak di pinggir jalan dengan menyimpannya di rumah yang berpagar dan pintu terkunci tentu lebih aman nyimpen di rumah itu.
          coba perhatikan sejarah dunia, atau yang deket saja nasib Pilipina yang di-bully karena mereka lemah, dan batalnya serangan USA ke Syria. Kita harus kuat bukan untuk berperang dengan Cina, yg jika perang terjadi kita jelas underdog dlm peperangan modern. Namun jika kita kuat maka niat jahat pihak luar akan tertahan walau ada niat, itu maksudnya ‘jika ingin damai maka bersiapah untuk berperang’.
          saya bukan hippie. saya percaya bahwa kedamaian dan kesejahteraan memerlukan usaha, daya dan upaya. entah kebahagiaan jenis apa yang tidak memiliki rasa aman didalamnya ๐Ÿ™‚

          • maka dari itu jangan menantang china di LCS, meski semua negara anggota asean bersatu pasti ngak bakal menang lawan China. Daripada buat beli Alutsista mending uangnya buat subsidi BBM biar murah, sembako biar murah, Pajak Motor biar murah, dan kesejahteraan guru bisa terjamin agar kami mengajar bisa tenang, anak-anak kami bisa kuliah di perguruan tinggi. Gitu baru ideal. Kalau pake perang-perang udah ngak jaman.

          • syukur sih syukur dek, tapi kebutuhan mbah banyak dan uang segitu masih kurang. kreditan motor, bayar listrik, bayar air, bayar anak kuliah yg masih 2 orang, bayar ini itu, belum lagi buat kebutuhan mendadak lainnya. susah bener saya ini padahal sudah mau pensiun.

          • Lah emang yang nantang china siapa ya mbah???

        • aduh mbah2 masalah damai saya sangat setuju mbah bahkan dalam pembukaan uud 45 juga sudah dicantumkan. saya asli orang indonesia dan orang indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan.

          aku juga dulu berpikir seperti sampeyan ogh mbah ngapain kita beli alat tempur mahal2, mending uangnya digunain swasembada aja biar rakyat kita lebih makmur..
          ingat tahun 60-an dimana indonesia punya angkatan militer terkuat dibelahan bumi selatan anda guru anda pasti tau sejarah dong.. setelah masa orde baru kita tidak pernah upgrade senjata sampai alutsista kita rontok satu2 sedangkan negara tetangga semakin hari semakin mengunguli kita, kita tetap fine2 saja
          karena pada saat itu kesejahteraan rakyat lebih utama, dari yang terkuat di ASEAN jadi yang terlemah di ASEAN dalam bidang alutsista kita tetep fine, kita tetap khudnudzon tidak ada ancaman untuk negara kita coz mereka negara disekeliling kita adalah saudara yang juga cinta damai itu mainset kita sebelumnya mbah..
          namun tetap aja akhirnya betapa arogansi australia saat pembebasan timor leste mengancam akan ngebom jakarta segala karena mereka tau kita lemah, lihat sipidan dan ligitan lihat provokasi diperbatasan lihat kasus penembakan nelayan kita oleh polisi malaysia.. beda dengan sikap india saat nelayannya ditembak oleh marinir itali
          mereka berani menggertak balik karena mereka punya power…
          militer bukan cuma alat perang mbah tapi juga sebagai alat tawar dan negosiasi..
          cina cina belajar membuat alat perang juga belajar dari rusia, hasil kloning USA maupun pencurian data2 secara sembunyi2 mereka bisa karena mereka belajar dan indonesia juga sedang membangkitkan BUMN nya agar bisa mandiri coz china aja masih beli sukhoi ma kapal selam nuklir rusia ogh mbah..
          walau buat sendiri cina juga masih butuh biaya banyak juga mbah dicina sendiri juga masih banyak desa2 terpencil dan miskin..
          intinya balance aja mengurus negara..
          saya sendiri juga penghasilan masih sedikit cari2 modal usaha ( sebagai rakyat aku yo.. mumet bahan pokok naik)
          tapi aku tetap setuju dengan modernisasi alutsista..
          memahami geopolitik dan hubungan antar negara itu tidak bisa dilihat dari casingnya jika semua negara menghargai kedaulatan dan mencintai kedamaian dengan benar2 maka saya sendiri akan bilang TIDAK USAH BELI SENJATA
          tapi bnyak keserakahan dan kemunafikan disekitar kita..

          jujur saya masih punya banyak pendapat yang bisa saya sampaikan bahkan membuat blog ini penuh tulisan saya..

          coba lah mbah berpikir diluar kotak baca berita2 internasional, hilangkan sifat soktau sok bener apatis dan sebagainya lihat lebih jauh dan lebih terbuka kerena dulu saya juga berpikir belanja senjata cuma buang2 duit aja.. thanks

          moga Indonesia damai selalu MERDEKA

          oke mbah (mungkin lebih tepatnya “cu” dulu dech just kidding) hehehe…

          • saya sangat setuju komentar jenengan, hidup sekarang memang serba sulit dan susah, gara-gara BBM naek, harga kebutuhan pokok naek, Ongkos Ojek naek, semua pada naek. Mbah setua ini masih belum bisa menikmati bahagia. untuk generasi muda mending cari kerja yang mapan dan hidup bahagia. jangan mikir luar negeri, pikirin dulu perut kita dan kesejahteraan kita dulu. Susah cari uang sekarang, kalau perang trus mau makan apa kita-kita, mending kalau ada perang ngajukan perdamaian dulu saja biar aman.

          • Kalau saya cermati diskusi antara mbah Bowo dan rekan-rekan warjag yang lain tentang tuntutan kesejahteraan guru dan buruh. Saya melihat lebih kepada masalah pola pikir mbah bowo yang maaf bermental PENGEMIS dan PECUNDANG. Selalu menuntut keinginannya diutamakan tanpa peduli nasib yang lain. Menuntut kesejahteraan dengan harga murah, pangan murah sandang murah. Kalau pangan murah contoh beras, terus petani harus jual murah (rugi) demi kepentingannya.
            Sementara tuntutan kesejahteraan tsb kadangkala kabur antara kebutuhan dan keinginan. Seperti tuntutan buruh yang dianggap sebagian kalangan tak masuk akal karena lebih menonjolkan keinginan. Keinginan tak pernah mengenal kata cukup. Sama juga tuntutan kesejahteraan juga ta mengenal kata cukup sepanjang anda tidak membuat batasan CUKUP itu. Kalau anda ingin sejahtera ya jangan menggantungkan nasib pada orang lain atau negara (PNS, guru atau buruh). Jangan menengadahkan tangan untuk penghasilan anda. Jadilah tangan yang memberi, jadilah wiraswasta atau pengusaha. Dan anda bisa mengenali batasan CUKUP atau SEJAHTERA.

          • Iya Pak, tapi kasian Rakyat, Rakyat ingin sejahtera dan Makmur dulu. Bukan ingin gagah-gagahan. Saya sudah tua dan masih susah, apa ini adil ? harusnya negara menjamin Rakyatnya agar Sejahtera, Contoh negara-negara maju, Tunjangan Guru melimpah, dan mereka bisa mencetak para penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas, karena mereka ngak harus mikir sembako naek, ini naek, itu naek, apa saja naek, sekian, terima kasih, salam perjuangan!

          • Maaf Mbah, bukan bermaksud menggurui mbah yang sudah tua tapi masih aja ngajar (mbah dapat tunjangan sertifikasi ndak mbah?, kalau dapat berarti hidup mbah tergolong sejahtera). Kalau lihat koment mbah sebelumnya mbah selau mbah bilang jangan ngajak perang China, jangan melawan mereka. Lha kita kan nggak pernah dan kelihatannya nggak akan pernah ngajak perang mereka.

            10 kilo lontong itu bukan untuk ngajakin perang mereka tapi buat menjaga perairan kita, kan judulnya minimum essential force (dan menurut saya masih belum cukup). Uang ratusan juta dollar yang kita keluarkan nggak akan sia2 mbah. Dengan uang itu saya jamin kita nggak akan kehilangan milyaran dollar akibat hilangnya ambalat. Tanpa investasi senjata, milyaran dollar hasil tambang kita akan terus dikeruk keluar dari negeri ini. Coba aja tanpa modal kekuatan senjata apa berani pemerintah renegoisasi kontrak freeport, sementara militer AS sudah mengepung di sekeliling kita.

            Sekali lagi maaf ya mbah, ini cuma opini saya saja..

          • Sebenarnya jenengan lagi curhat atau gimana sih.. mbah, hidup memang sulit ya saya akui namun di mataku jenengan beruntung jadi PNS. la wong saya sendiri juga mumet banyak kondangan penghasilan masih minim sedang daftar jadi pegawai yang lebih baik & gede hehehe.. belum ada titik terang mbah..setiap orang pasti memprioritaskan hidup bahagia mbah
            saya sebagai generasi muda juga mikirin agar hidup saya lebih baik dan mapan mbah.. bukannya saya mikirin luar negeri ini hanya sebagai opini dan argumentasi githu mbah sebagai rakyat saya mendukung agar bangsa ini bisa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah jangan mau dibully terus mbah..
            “mbah setua ini belum bisa menikmati bahagia” lucu- lucu sekali mbah kwakwakwa harusnya orang tua itu lebih banyak bersyukur kalau masalah cukup, nafsu manusia itu tidak ada cukupnya mbah…
            yang namanya manusia itu tidak pernah puasnya dengan harta termasuk saya hehehe..
            โ€œWahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, โ€œSeandainya manusia diberi lembah penuh dengan emas, maka ia masih menginginkan lembah yang kedua semisal itu. Jika diberi lembah kedua, ia pun masih menginginkan lembah ketiga. Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah. Allah tentu menerima taubat bagi siapa saja yang bertaubat.โ€ (HR. Bukhari no. 6438)
            kalau ingin bahagia itu mudah resepnya bersyukur mbah kerena tidak ada barometer untuk kata sejahtera buktinya banyak pejabat yang masih korup walau gaji mereka udah gede.. adik dari kakek saya seorang veteran zaman belanda mungkin usianya jauh2 lebih tua dari jenengan kesana kemari naik sepeda ontel dirumah hanya sekedar ternak ayam kampung.. coz dia merasa bahagia dengan keadaannya mbah menikmati masa tuanya.. bahkan dia berkomentar tentang ambalat “saya sudah tenang menikmati hari tua didesa kayak begini namun jika negara masih membutuhkan tenaga yang tua renta saya masih siap mengangkat senjata”

            intinya KITA teman2 di WARJAG nggak TIDAK INGIN PERANG… namun saat NKRI teroyak KITA SIAP MEMBELA..
            kalau perang jujur saya jauh lebih susah cita2 saya untuk dapat income sesuai keinginan, menjadi pegawai tetap yang enak, punya rumah sendiri walau harus kredit memudar sudah (Saya tidak MAU NEGARA SAYA BERPERANG), namun bukan berarti saya akan pergi meninggalkan negara ini dan mencari suaka keluar negeri darah saya masih MERAH mbah..

            analoginya gini walau income hanya disekita 1 jt-aan saya terima dari pada harus menjual harga diri menjadi pengemis tau to mbah pengemis di ibukota bisa dapat 3 jutaan… jadi dimata saya pribadi kehormatan dan harga diri bangsa lebih berharga
            dari pada saya digaji 1 milyar perbulan jadi antek kolonial tapi melihat negara saya dijajah, mending saya mandi darah mbah..(saya nggak akan egois mikirin kebahagian diri saya sendiri)

            jadi saat kita ngomongin HANKAM dan Kedaulatan RI jangan mementingkan diri sendiri apalgi ngomongin karena gaji sedikit (perbanyak bersyukur kyak simbah saya menikmati masa tua)

            Bener mbah saya setuju kalau kita harus mengedepankan diplomasi tapi kalau buntu gimana jal??

            Bener mbah HIDUP CUMA SEKALI masak hidup sekali kita harus jadi PECUNDANG SEJATI DI KEHIDUPAN KITA INI..
            jadi saya mohon berhenti bilang “mending kalau ada perang ngajukan perdamaian dulu saja biar aman”

            Salam damai buat INDONESIA peace..

          • Iya pak, tapi pada kenyataannya Rakyat masih banyak susah, nelayan susah, petani susah, buruh susah, dan terutama saya masih susah dengan segala macam kebutuhan. Rakyat makmur adil dan sejahtera itu adalah amanat undang-undang, wajib dijalankan.

    • HAHAHAA… MANTAP JUGA MBAH BOWO INI… RATING COMMENTNYA NYA JADI TINGGI….
      Settingan siapakah gerangan, HEHEHEE>…..???

      • Mbah bowo itu anggota HAM pesanan asing yang kaga setuju dengan kemajuan alutsista kita.
        Dengan kepandaian memutar balikkan kalimat yang udah basi dan kelihatan liciknya.
        Dengan harapan banyak orang yang akan membaca dan mendukungnya.
        Tapi sayangnya rakyat Indonesia tetep memimpikan negara yang kuat dan disegani yang nantinya menjadi negara yang makmur karena para investor dalam negri yang tadinya investor di negara2 maju tidak takut2 lagi untuk invest di negaranya sendiri. Karena memiliki negara yang kuat, aman dan bebas korupsi.

  15. Bung DIEGO @ Tolong dong di post gimana kelanjutan TRIMARAN kita saya sangat penasaran
    bahkan saya sangat meyakini KRI KLEWANG tidak terbakar tapi ngumpet ke dunia nya para siluman

    maaf hanya mendapat pribadi dari saya seorang yang sangat sangat awam di bidang militer.

  16. Konon trimaran ke dua dan ke tiga di rakit di B**** bukan di jatim lg, juga yg pertama yg trbakar itu hanya prototipe, hal ini blum terverifikasi kebenarannya. Untuk trimaran buatan lundin ini memang ceritanya agak gaib(sama kyk lontong), karena baru dua negara yg mampu bikin yakni INA dan usa.

  17. BUNG SKYWALKER trimakasih atas pencerahan nya,
    oya bung kalau trimaran sekarang di buat B**** apakah masih LUNDIN sebagai pembuat nya ?
    apakah ada bocoran mengenai kapan trimaran kedua akan di buat dan selesai nya

    atas pencerahan nya saya mengucapkan terimakasih banyak……

    • Hak cipta masih atas nama Lundin,mungkin dikerjakan atas supervisi mereka. utk yg lain belum ada rilis resminya dan saya yakin belum akan ada dalam waktu dekat.

  18. “mbah bowo”
    kalau ada manusia di bumi ini seperti mbah BOwo genep SEJINAH,,,
    “WA ALLAHU A’LAMMU”

    INTINYA THO MBAH WO…INDONESIA KALAOPUN MENGEDAPANKAN PEBELIAN ALUTSISTA DLM NEGRI MLALUI TEOTE DAN PEMMBELIAN DLM NEGRI DAN PENAMBAHAN ANGGARAN ITU JUGA BUAT RAKYAT SEMUA,,
    KALAOPUN KURANGNYA PEKERJAAN. Sekarang jg pindad erekrut pekrja 2000 orang .itu sbagai perekrutan untuk rakyat,,dan skrg para peneliti juga di wajibkan bersal dr indonesia,,pak dahlan berkata kalao penelitian ilmuanya org asing stlh berhasil mereka pergi begitu saja dan mmembawa hasil peneliatian..nya

    ” NAH SEKARANG PERTANYA AN SAYA SAMA MBAH WOO APAKAH GURU SEPERTI ANDA SUDAH SIAP MENCIPTAKAN ANAK DIDIK YG BERKUALITAS,SETARA DENGAN GURU” YG LAIN..LAPANGAN KERJA SUDAH ADA,TINGGAL ANAK DIDIK NYA DAN GURUNYA .SIAP APA TIDAK ENCIPTAKAN SDM YG BERKUALITAS, BUKAN BERKUANTITAS..

    Gak usah pakai nama buruh sgala.. Ktia juga semmua buruh…apalagi pengajar seperti anda “mbahwo”..kita buruh untuk NKRI. Memajukan nkri,,cuma dg bidang masing” dan temmpat masing”..

    ..oleh ngene asal ojo ngono istilah kejawenya..

  19. tambahan sedikit…..

    MBAHWO..KALAU BOLEH TAHU ANDA DI BAGIAN GURU MANA.DAERAH MANA,DAN BERIKAN PENJELASAN KEPADA SAYA.
    Biar saya rekoMendasikan anda menjadi KEPALA STAF ANGKATAN GURU (KSAG) DI NEGERI NGIMPI,,

    JUJUR SAYA JUGA NGERI LIHAT SKOLAHAN YG UDAH PADA MAU AMBRUK,,TAPI NGERI LAGI LIHAT TINGKAH GURU YG MEMENTINGKAN KESENJANGAN HIDUPNYA.KALAO SEKOLAH SDH AMBRUK ND HANCUR GURU MAU MENGAJAR DIMMANA???

    D@n MBAHWO KALAO MMERASA KURANG NYAMAN JADI KURU DGN TUNJANGAN YG KURANG BAGUS,BAHWO BISA KIRI PESAN LANGSUNG KE INSTANSI TERKAIT..DI WARJAG INI INSTANSI TENTANG KEILITERAN BUKAN INSTANSI PERGURUAN..
    Jadi lebih tepatnya sampean salah alammat. Alias alammat palsu… Kata ayu ting ting..

    Wassalam

    • Kasian Pak rakyat kecil, mending jangan buat beli alutsista, tunjangan guru saja di banyakin, tunjangan kesehatan masyarat miskin harus dijamin, kasian pak nelayan banyak yang mengeluh harga solar mahal. Kasian pak Banyak buruh yang upahnya rendah. Kami Rakyat ingin sejahtera, bukan ingin gagah-gagahan. Kasian pak rakyat kecil. Makmur dulu rakyat itu yang penting !

      • Turuo mbah.. Ra sah mikir jero, mengko kumat stroke-mu…

      • gini aja mbahwo.. .
        Mbahwo silahkan ke gunung kawi cari pesugihan disana saja..kalau ngeluh pengen kayaa..

        Atau ke gunung galunggung garut,cr saya disana,biar saya kubur hidup” pakai excavator gimana,,??
        Enak thoo..

        Bukan saya tak menghormati sammpeyan mbah,,
        pikiranmu kalau di jaamane asuharto mmgkin mmasih bisa dipakai,p di jaman demokrasi sprt skrg,siap”lah anda di lenyapkan hahahaha ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜›

        • tanpa guru kamu tidak mungkin bisa lulus dapat ijasah dan cari kerja, ingat itu baek-baek dek !!! pesen mbah. kerja yang bener, nabung, nikah, hidup bahagia, ngak usah tengok kanan dan kiri, urus diri sendiri itu yang baek. jangan nurutin perang-perang dan gagah-gagahan. Kasian rakyat kecil uangnya buat beli senjata.

      • teruntuk mbah bowo yang terhormat dan peduli rakyat

        saya rasa anda slah satu orang yang paling peduli rakyat ,bener enak dimasukin pendidikan uang alutsistanya , ntar kalo diserang negara lain laporin ajake guru BP , yah biar gak naik kelas tuh negara lain ,ato kalo ada negara lain yang masuk negara kita dan mencuri sumber daya kita bisa laporkan kepsek biar kena skors , kan enak tuh aman . semoga mbah bowo cepet dpr rejeki , dpt kewarganegaraan baru , dan satu yang perlu diingat mbah bowo termasuk hebat bisa buat panas suhu2 di warjag.

        akhir kata salam dari Republik Indonesia untuk republik topic tempat mbah bowo mengajar

      • lah emangnya indonesia merdeka apa g pake senjata mbahhhhhh?????kita dijajah itu karna senjata kita cuma golok, keris, bambu runcing, parang, tombak, panah, sumpit, dll. coba dulu kerajaan kita dah pake alutsista yg modern pada zaman itu….g mgkin kita dijajah…….
        nah sekarang mbah nyuruh g usah beli alutsista….emangnya mbah dah siap dijajah lagi?????klo ane ogah mbah…..biarin mkn cm 2-3 kali sehari…g jajan jg gpp, motor msh bisa kredit…..yg penting negara aman…..HIDUP TNI….!!!! HIDUP NKRI….!!!!…..HIDUP RAKYAT……..

        • iya dek, tapi kasian Rakyat, Kasian Guru, kasian Buruh, Kasian petani, Kasian Nelayan. Uangnya mending buat kesejahteraan mereka saja. Lagian ngapain beli alat perang mahal-mahal

      • berhenti aj jd guru mbah……jd pengemis aj…..bnyk pengemis yg bisa nguliahin anaknya di kedokteran loh mbah, di deket rmh ane aj ada pengemis yg tiap lebaran malah bisa beli kalung, cincin n anting emas loh mbah….malah ada yg punya rumah dah permanen gede lagi…..

      • Mbah, maaf ya mbah.. kalau alutsista ga di benahi… nanti mbah dan anak cucu mbah makin sengsara. Kalau Pertahanan kita lemah NKRI terancam di bully dan dipreteli sama Australia dan USA dan negara asing lain nya, kalau itu terjadi, kemungkinan terburuknya disintegrasi NKRI dan Indonesia itu hanya tinggal pulau Jawa yang tersisa nantinya. Itu belum perang saudara nya mbah. Tolong belajar dari kasus Timor Leste mbah!! Saya orang Sumatera Utara mbah, kakek saya jawa, nenek saya minang (dari pihak bapak) sementara ibu melayu deli. Dari campuran 3 suku ini mbah dapat menilai bahwa NKRI telah mengalir melalui urat nadi saya, jadi NKRI lemah itu adalah mimpi buruk bagi saya secara pribadi. Berhubung mbah sudah tua dan tidak punya komitmen lagi untuk mengabdi secara tulus kepada bangsa, bagaimana kalau mbah minta pensiun lalu banyak2 beribadah dan berpuasa dari kesenangan dunia untuk mempersiapkan hidup di alam kubur?? Biarlah yang muda2 yang meneruskan perjuangan menuju NKRI kuat, makmur dan sejahtera.

    • Troller diladenin panjang x lebar.. Ini udah bukan main oot-nya…. Topic mana topic, pergi keluyuran terus lupa pulang…

  20. Sebenarnya jenengan lagi curhat atau gimana sih.. mbah, hidup memang sulit ya saya akui namun di mataku jenengan beruntung jadi PNS. la wong saya sendiri juga mumet banyak kondangan penghasilan masih minim sedang daftar jadi pegawai yang lebih baik & gede hehehe.. belum ada titik terang mbah..setiap orang pasti memprioritaskan hidup bahagia mbah
    saya sebagai generasi muda juga mikirin agar hidup saya lebih baik dan mapan mbah.. bukannya saya mikirin luar negeri ini hanya sebagai opini dan argumentasi githu mbah sebagai rakyat saya mendukung agar bangsa ini bisa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah jangan mau dibully terus mbah..
    “mbah setua ini belum bisa menikmati bahagia” lucu- lucu sekali mbah kwakwakwa harusnya orang tua itu lebih banyak bersyukur kalau masalah cukup, nafsu manusia itu tidak ada cukupnya mbah…
    yang namanya manusia itu tidak pernah puasnya dengan harta termasuk saya hehehe..
    โ€œWahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, โ€œSeandainya manusia diberi lembah penuh dengan emas, maka ia masih menginginkan lembah yang kedua semisal itu. Jika diberi lembah kedua, ia pun masih menginginkan lembah ketiga. Perut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanah. Allah tentu menerima taubat bagi siapa saja yang bertaubat.โ€ (HR. Bukhari no. 6438)
    kalau ingin bahagia itu mudah resepnya bersyukur mbah kerena tidak ada barometer untuk kata sejahtera buktinya banyak pejabat yang masih korup walau gaji mereka udah gede.. adik dari kakek saya seorang veteran zaman belanda mungkin usianya jauh2 lebih tua dari jenengan kesana kemari naik sepeda ontel dirumah hanya sekedar ternak ayam kampung.. coz dia merasa bahagia dengan keadaannya mbah menikmati masa tuanya.. bahkan dia berkomentar tentang ambalat “saya sudah tenang menikmati hari tua didesa kayak begini namun jika negara masih membutuhkan tenaga yang tua renta saya masih siap mengangkat senjata”

    intinya KITA teman2 di WARJAG nggak TIDAK INGIN PERANG… namun saat NKRI teroyak KITA SIAP MEMBELA..
    kalau perang jujur saya jauh lebih susah cita2 saya untuk dapat income sesuai keinginan, menjadi pegawai tetap yang enak, punya rumah sendiri walau harus kredit memudar sudah (Saya tidak MAU NEGARA SAYA BERPERANG), namun bukan berarti saya akan pergi meninggalkan negara ini dan mencari suaka keluar negeri darah saya masih MERAH mbah..

    analoginya gini walau income hanya disekita 1 jt-aan saya terima dari pada harus menjual harga diri menjadi pengemis tau to mbah pengemis di ibukota bisa dapat 3 jutaan… jadi dimata saya pribadi kehormatan dan harga diri bangsa lebih berharga
    dari pada saya digaji 1 milyar perbulan jadi antek kolonial tapi melihat negara saya dijajah, mending saya mandi darah mbah..(saya nggak akan egois mikirin kebahagian diri saya sendiri)

    jadi saat kita ngomongin HANKAM dan Kedaulatan RI jangan mementingkan diri sendiri apalgi ngomongin karena gaji sedikit (perbanyak bersyukur kyak simbah saya menikmati masa tua)

    Bener mbah saya setuju kalau kita harus mengedepankan diplomasi tapi kalau buntu gimana jal??

    Bener mbah HIDUP CUMA SEKALI masak hidup sekali kita harus jadi PECUNDANG SEJATI DI KEHIDUPAN KITA INI..
    jadi saya mohon berhenti bilang “mending kalau ada perang ngajukan perdamaian dulu saja biar aman”

    Salam damai buat INDONESIA peace..

  21. Mbah bowo ni g usah di tggpi comen’y, jls sdh beda subtabsi ?g di bcrakn’y. Ini mslh prthnn bkn mslh ksjhtraan atau pnddkn. Sxan z cmpr adukn smua dg sgla bidang klo prlu gda pemilu sxan biar duit’y buat rkyt, smua dah ada porsi’y msg2. UU ?g brbicara & mngamanatkan bhwa smua kbjkn pmrnth di atur ssuai fungsi & kbthn msg2 pos’y, & di negara manapun jg sama. Jd jgn brpkrn smpit & mnggiring opini s’olah dg mmprkuat prthnn negara adlh bukti bhwa pmrnth tdk mmprhtkn ksjhtrn rkyt. Semua negara ingn damai, tp apa semua negara jg ga pnya militer & anggrn pthnn ?g bsr..? Jd mari kita bcra ssuai porsi bhwa prthnn jg adlh tgs negara dlm mlindungi sgenap rkyt dg sgala SDA’y.. gda ?g slh dg apa ?g anda (mbah bowo) bcrkn tntg ksjhtrn, tp bkn di sini tmpt’y

  22. Definisi ‘bebal’
    adjective
    1. sukar mengerti; tidak cepat menanggapi sesuatu (tidak tajam pikiran); bodoh;
    keยทbeยทbalยทan n kebodohan

    Definisi ‘dungu’
    adjective
    1. sangat tumpul otaknya; tidak cerdas; bebal; bodoh;
    keยทduยทnguยทan n kebodohan; kebebalan

    Source: KBBI

    • Definisi ‘Tua kejemur’
      Peribahasa, Apothegm, Pepatah, Sindiran

      1. efek penuaan yang dipaksakan hingga tidak memiliki keuntungan dari kematangan alamiah.
      tidak tahu diri (bersikap tidak pantas dengan status usia), palsu, bersikap kurang ajar, keras kepala dan tidak bijak

      Sumber: bisa2nya gua aja

  23. bener mas @ aries_cuzr
    thanks mas
    urusan Mbah BOWO DITUTUP SAMPAI SINI SAJA TEMAN2..
    dan mbah bowo silahkan pergi dr blog ini aja.. sampeyan karena warjag nggak cocok buat sampeyan..

  24. semua gara gara SI MBAH

    mugo mugo kumat stroke mbah……….

    • jangan gitu dek ngak BAEK !, kamu sebagai anak muda harus hormat dengan orang yang lebih tua, apalagi saya sudah ber umur.

      • kalau mau di hormati ya harus bisa menghormati org lain mbahwo…bukan cuma pengen di hormati pendapat anda,tapi anda juga harus menghormati pendapat org lain…itu imbal baliknya,,

        belum tentu anda koar” seperti ini untuk kepentingan umumm,lain pribadi dr diri anda sendiri yg ingin tenar..asuk cctv iya tho

        • JUSTRU KARNA CUMA DENGER CERITANYA, KITA BISA NGEBAYANGIN BETAPA GA ENAKNYA MASA PERANG……NAH PEMBELIAN ALUTSISTA SEKARANG ITU SUPAYA KITA GA PERLU IKUTAN PERANG ATAU SUPAYA NEGARA KITA GA DILECEHKAN KAYA KEJADIAN LEPASNYA KALIMANTAN UTARA N TIMTIM…….ALUTSISTA ITU DIBELI BIAR RAKYAT G IKUT ANGKAT SENJATA……..LAGIAN ALUTSISTA SEKARANG DIBELI MESTI ADA TOT NYA, JADI BUMN STRATEGIS BISA BUAT SENDIRI DI DALAM NEGERI…..KLO DAH BISA BUAT SENDIRI ITU ARTINYA BANYAK BUTUH TENAGA KERJA, ARTINYA PENGANGGURAN BERKURANG……JANGAN HANYA KARNA SEKARANG LAPAR…..MAKANAN YG TINGGAL SEDIKIT DIHABISKAN SEMUANYA, G MIKIR ANAK BINI DAN HARI ESOK MAU MAKAN APA MBAHHHHHHHH

        • Mbah, dulu kami (generasi muda) selalu diajar spya bisa meneruskan perjuangan ntuk JAGA KEMERDEKAAN, btul kan?! Royal beli senjata, ranpur, radar, kapal permukaan, gaji tentara naik, bangun pangkalan, sebar armada, dan banyak lagi. Inilah hasilnya, ini manifestasi kami melakukan segala daya upaya untuk jaga kedaulatan NKRI. Kami ingat dulu pelajaran PMP dan P4, di cover buku tercetak besar slogan “NKRI HARGA MATI”.
          Kami tidak pernah diajar untuk JAGA KESEJAHTERAAN, krn tidak ada yang namanya kesejahteraan saat perang terjadi. Kami tidak mau untuk perang, tapi belajar dari sejarah dan belajar dari kejadian di negara lain, tanpa senjata kami akan ditindas. Kami siap angkat senjata demi JAGA KEMERDEKAAN, demi NKRI.

          Mbah, kami tau, kami sekarang pintar karena peranan guru. Akan jadi sesuatu yang absurd kalau nantinya tindakan kami justru dikatakan salah visi/pandangan. Mbah, kalau begitu APA KAMI SALAH MEMILIH GURU?

  25. Mbah bowo kembalilah kealammu ….. biarkan manusia warjag hidup damai, kita sudah beda dunia mbah hahahaaa

  26. silent reader ikut nimbrung

    gelar tikar dulu , jarang-jarang liat suhu2 warjag mpe ngomng tegas (kasar) hhe

    untuk mbah bowo selamat datang di Negara Kesatuan republik Indonesia

    salam saya putra bangsa indonesia untuk rakyat Republik Perdamaian Topic dimana mbah mengajar

  27. Beda dek, kalau dulu alutsista memang penting, 12 KS digelar, favorit saya adalah KS Nagabana, mbah sempat liat langsung, kapal penjelajah terbesar di datangkan, pesawat pembom jarak jauh di hadirkan, tujuannya ya pasti merebut Irian barat 60 dan Serawak sabah 63, tapi ingat itu dulu, masa dimana hal-hal seperti itu memang dibutuhkan. Tapi sekarang Beda, Sekarang hidup susah, makan susah, beli apa-apa mahal. Alutsista jaman Pak Harto ngak hebat-hebat amat tapi semua negara asean segan. China segan, australia bahkan USA dan USSR pun menaruh hormat. Belajar dari sejarah, yang penting rakyat makan kenyang, hidup bahagia, itu yang lebih penting dan utama.

    • Mbah Bowo pendapat anda soal rakyat perlu di sejahterahkan 100% setuju, tapi apa iya anda akan diem aja ( asumsinya anda sudah hidup enak seperti impian anda ) kalo rumah anda tiap harinya kemalingan, atau tiba tiba halaman belakang rumah anda dipatok sama tetangga. pasti anda akan berusaha melindungi kekayaan milik anda. jadi intinya pembelian senjata modern nan super canggih bukan untuk nantang siapa siapa tetapi hanya sebagai alat untuk menjaga kepentingan dan kedaulatan Negara.

      Soal sekarang hidup masih susah, saya percaya kehidupan saat ini sudah lebih baik ketimbang 30 thn yang lalu.

    • sama saja mbah bowo… benar dulu indonesia “memperebutkan” irian barat dan sabah serawak, tapi sekarang indonesia mempertahankan kedaulatan NKRI… nah untuk menjaga kedaulatan NKRI gimana? apakah dengan memakai alutsista yang dibeli oleh presiden dahulu mampu untuk menjaga kedaulatan NKRI?

      “Tapi sekarang Beda, Sekarang hidup susah, makan susah, beli apa-apa mahal.”? memang dulu sangat mudah dan kalau beli apa2 murah ya? wah berarti hidup di zaman penjajahan sangat enak donk… makan murah, harga2 murah… jadi dulu kita mengusir penjajah dari NKRI untuk apa ya kalau kata mbah bowo hidup dulu sangat mudah dan mau beli apa2 tidak mahal? kalau begitu lebih baik kita hidup di zaman penjajahan saja,,, benar tidak mbah bowo??? berarti mata pelajaran sejarah yang menyatakan kerja rodi pada zaman penjajahan jepang dan lain2 berati bohong donk???

      untuk negara asean segan dengan alutsista pak harto, saya boleh tahu mbah bowo tahu darimana?

      mau rakyat kenyang dan hidup bahagia… ya kerja/bikin usaha mbah bowo…

  28. mbah wo kembalilah ke alammu

  29. mbah bowo sampeyan kalo berpendapat seperti itu jagan memaksakan kehendak kalo sampeyan bercita -cita seperti akil mukhtar yg mengejar kekayaan dan mengorbankan kedaulatan NKRI yah monggo jangan memaksakan kehendak ini bukan jaman kompeni lagi kembalilah ke alam mu jangan ganggu kami atau jangan2 sampeyan warga negara malon yg ingin mengail diair keruh di forum ini pergilah jangan ganggu kami apa perlu dipanggilin pawang untuk ngusir sampeyan hus.. hus.. hus..

  30. Smoga embah diterima disisinya…. amin…..

  31. @ Mbah Bowo, kalaulah menjaga perdamaian itu sesederhana yg anda katakan (berunding), tentu Belanda tidak akan menjajah Indonesia selama 350 tahun. Begitu pula dengan Jepang, Portugis, Spanyol dan Inggris. Bangsa2 itu bisa menjajah kita karena kita lemah dan tidak mampu mengusir mereka. Jangan ditanya bagaimana kondisi perekonomian kita saat itu karena semua hasil bumi kita dirampas oleh penjajah. Mbah mau kejadian itu terulang kembali?

    Silahkan mbah baca-baca lagi buku pelajaran sejarah Indonesia atau PSPB waktu jaman saya sekolah dulu. Coba mbah pikirkan kenapa kita bisa dijajah negara-negara lain. Berapa banyak pahlawan dan pejuang kita yg ditangkap saat sedang merundingkan perdamaian?.

    Ingat! semua negara penjajah itu licik mbah, gak ada yang jujur! Kalo pinjam kata2 Naga Bonar : ” kita terus berunding tapi kenapa posisi Belanda makin maju? ”

    Saya sangat bangga dengan guru2 yg rela bertugas di pelosok/pedalaman/kolong jembatan dengan gaji yg minim bahkan suka rela atau dibayar dengan sayuran ala kadarnya. Sebaliknya saya sangat muak dengan guru2 yg materealistis (jual buku, jual kursi, jual nilai dll) yg sedikit2 demo mogok mengajar minta kenaikan kesejahteraan atau pelesiran dgn dalih study tour wajib.

    Mbah musti bersyukur karena mendapat gaji…lha guru2 yg mengajar di kolong jembatan itu siapa yg gaji coba? tapi mereka rajin mengajar dan nggak komplain

    “ORANG YANG SELALU MENDAHULUKAN KEPENTINGAN PERUTNYA MAKA APA YANG KELUAR DARI PADANYA SAMA DENGAN APA YANG KELUAR DARI PERUTNYA” ( Ali Bin Abu Tholib ).

  32. udah ga usah di ladenin tu orang ga waras, gendeng, edan, gila, snewen, saraf nya udah banyak yang putus,

    gaji pas pasan nongkrong di warjag MENU paket internet syukur syukur telkomsel flash 25000 u/ 1 bulan lo speedy
    brapa tu uang jajan cucu nya yang di kebiri ama si mbahwo
    YA ALLAH JAUH KAN LAH WARJAG INI DARI PENGARUH SETAN YANG TERKUTUK, SERTA
    KEMBALIKAN LAH DIA KE ALAM NYA
    AMIIN YA ROBBAL AALAMIIN………….

    • KAMU SEBAGAI GENERASI MUDA HARUSNYA MALU BERKATA SEPERTI ITU SAMA ORANG YANG JAUH LEBIH TUA DARI KAMU. BERBEDA PENDAPAT ITU INDAH, MBAH CUMA NGINGETIN AJA BAHWA KEDAMAIAN ITU INDAH, PENTANTANG-PENTENTENG PAKE ALUTSITA BARU AKAN MEMBANGUNKAN MACAN TIDUR DARI UTARA. MENDING DAMAI, DAMAI DAN DAMAI. IKUTI SARAN SAYA, DAMAI ITU INDAH.

    • sudah pantaskah kamu seperti itu dengan orang yang lebih Tua ?

      • Udah Pak’e …. jangan internetan terus, tuh td anak murid nanyain kok bapak katanya dikelas suka ngomong sendiri …..”Jangan ambil kilo, jangan ambil kilo !”
        Oooo ternyata saya ngerti sekarang ckckckkckkk.
        Sudah toh pak’e … kl gak mau berenti internetan besok saya ke TELKOM biar dicabut aja sekalian internetnya !

  33. tujuan jangka panjang pembelian alutsista yg beragam ini (ada yg dr blok barat n blok timur) mensyaratkan TOT agar nantinya indonesia mampu membuat sendiri alutsista tersebut sehingga mampu terintegrasi seluruh matra…..tujuan jangka pendeknya adalah menutup GAP alutsista antara yg sudah tua sampai mendapat ganti yg baru yg dibuat sendiri oleh indonesia……..klo menurut ane mau bekas ataupun baru semuanya mewakili tujuan tersebut….klo misalnya sekarang yang diberitain hibah kapal selam kelas kilo tunggu kepastian dari rusia…y kita sabar aj, namanya jg hibah, mesti tunggu yg ngasih ke kita kapan maunya dan apa maunya, kan g ada yg bener2 gratis dalam konteks hubungan antar negara…….
    ada yg bilang terjadi salah komunikasi dengan pihak rusia, kok AL nya g tau mau ada hibah kapal selam ke indonesia…..jgn langsung di koar-koarin dong, belum tentu pernyataan tersebut lengkap, bisa jd hanya sekedar kontra intelijen,biar kawasan pasifik g pada mabok gara2 indo bakalan dapet hibah….karna walaupun hibah, kilo tetep kapal selam yg mematikan, upgrade sedikit dah bisa kembali kok performancenya….klo masalah singkatnya usia pakai karna barang bekas, y kembali lagi ke pernyataan saya mengenai tujuan jangka pendek td…..
    klo masalah anggaran yg bilang barang bekas itu boros dan ngabisin bahan bakar n biaya mentenen, ane bilang g jg……sepanjang hidup ane merantau sana sini, ane liat klo masalah perawatan n modifikasi, teknisi indonesia t jago banget improvisasi, ga ada rotan akar pun jadi……buktinya silahkan cari di google hehehehehe
    hanya saja dengan besarnya negara kita berarti kompleksitas permasalahan di negara ini hanya bisa diatasi dengan kerja keras dan kesabaran tanpa korupsi…….BUKAN DGN NGELUH DI FORUM KAYA MBAH BOWO….jd g usah terlalu semangat kepengen bukti nyata kita dah punya kilo plus kilo hibah biar lah kapal selam kita dengan kapal selam musuh aj yg saling kenal lewat adu torpedo……..baca aj yg tersirat dari informasi para sesepuh…….

    selain itu berdoalah dipanjangin umur biar nanti setelah kasel kilo mau pensiun n dijadiin kasel latih, kita bisa liat klo kilo kita itu jumlahnya sekian belas atau sekilan puluh….sesepuh yg dah punya anak jg arahin noh anaknya biar jd ENGINEER KELAS WAHID…..biar bisa mgharumkan bangsa ini sorry OOT, ane cuma ngerasa perlu saling mengingatkan aj…….mohon maaf ane msh newbie n banyakan silent reader, lbh sering baca komen sesepuh aj

  34. Mbah bowo yg trhrmt.. Bkn tnp alsn pmrnth kita mnggelontorkn aggrn untk blnja prthnn. Brp plh thn alutsista kita trtnggl dg negara ttga ? Kita tdk prnh mngupgrade alutsista kita. Toh yg pmrnth lkkn msh dlm thp wajar ko, kta akan ke tahap minimum bkn maximum.
    Jgn smp krna alutsista kita trtnggl dg negara ttga nnti mlh kita di lecehkn hrga dr & mrtbt kita sbgai bgsa yg brdaulat. Ingat kasus sipadan ligitan.. bagian dr tnh air kita yg trlps bgtu sj k negara lain tnp prjuangn bhkn kringat & stetes darah pun. Apa yg negara ttga kita lkkn dlm kasus sipadan ligitan adlh bukti bhwa bgtu lmh’y diplomasi kita tnp kekeuatan militer, kita tak brdaya trhdp arogansi ttga kita yg mmprovokasi dg kekuatan mltr krna mrka tau kekuatan mltr kita lemah.
    Smua negara rela mmblnjkn uang’y demi alutsista bkn krna mrka ingn perang, tp krna mrka sdr bhwa mltr adlh bgian dr diplomasi yg di namakn hard power untuk mnggertak. Militer ibrt pagar hlmn rmh kita ygg brfungsi mnjga rmh kita dr pncuri & perampok. Ingat kata2 bang napi : kejahatn dtg bkn krna ada niat, tp jg krna ada ksmptn ! Jd jgn smp lemah’y mltr kita di lihat oleh negara lain sbgai ksmptn untk menguasi’y..
    smua progrm pmrnth di sgala bdg wajib kita dukung krna smua demi kpntgn rakyat, jd jgn mngkotak kotakn s’olah yg lain tdk prlu. Rakyat sjhtra itu pnting & militer yg kuat (sbnding dg negara ttga) itu jg sm penting..
    & sy yakin appn profesi kita & dr suku mnpun kita, pd st nnti ada negara ttga yg dg arogan krna kekuatan mltr’y melecehkn kedaulatn bgsa ini.. kita akan bahu mmbahu mmbela hrga dr & mrtbt bgsa ini !!
    Kcuali mgkn akan ada s’org WNI yg lbh rela negri ini di jajah asalkn dia sjhtra yaitu mbah bowo..

  35. Oke, mbah ngalah dengan cucu-cucu mbah kalau memang berorientasi pada alutsista yang hebat. Pesen mbah cuma satu, jangan tanggung, jangan berkutat pada freegate, korvet, Kapal selam diesel (mau kilo ato changbogo sama saja kemampuannya), dibanyakin jumlahnya juga kecil artinya. Kalau mau hebat, coba tiru india. Harus punya kapal induk minimal 2 Unit, setiap unit harus mampu mengangkut 40 s/d 60 fighter. Itu baru hebat, dan bangga. Kapal induk penting artinya untuk kewibawaan, lagian PT PAL pasti bisa bikin kapal induk.

  36. Tiap bung diego memuncul lontong kilo, pasti suasana penuh dengan harapan & emosi jiwa…

  37. Menanggapi Kabar ,isu tentang tawaran 10 unit kapal selam kelas KILO dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik. Karenanya, tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut dan di Cermati serta di lihat dari berbagai sisi, sementara itu Komisi I DPR akan mendukung pengadaan kapal selam dari Rusia itu. Sebab, sebelumnya sudah pernah dilakukan penjajakan sesuai perjanjian dan pengiriman pertama tahun 2011 dan telah di tanda tangani oleh KeMenham serta telah di setujui untuk pengiriman tahap pertama sejumlah dua unit untuk di terima TNI AL.. sementara dalam proses pembelian kapal selam dari Rusia beberapa tahun kebelakang yang di dapat dengan persetujuan kredit export, Namun karena saat itu yang ditawarkan pihak Rusia adalah kapal selam dengan spesifikasi yang besar, sementara kebutuhan kapal selam RI saat ini untuk kelas dan ukuran yang sedang.namun dapat di andalkan dalam bertempur dengan kondisi alam dan geografis Indonesia.Di sisi lain TNI AL juga bergerak untuk menindaklanjuti rencana hibah 10 kapal selam dari Rusia. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, tim peninjau TNI AL berangkat ke Rusia, untuk melihat kapal selam hibah tersebut.kami berharap hibah itu terjadi dan terlaksana,karena dengan keberadan 10 kapal selam kilo akan menjadi tekanan tersendiri bagi Amerika Serikat yang berpangkalan di Australia. Kapal selam kilo memberi pesan kepada Amerika Serikat bahwa keamanan kawasan laut Indonesia, tidak diserahkan begitu saja kepada mereka.

    Pandangan Umum

    Secara umum Komisi I DPR akan mendukung setiap usaha dan upaya penjajakan kerja sama pengadaan kapal selam dari Rusia tersebut, dimana syarat yang kami minta juga dipenuhi oleh Rusia yaitu ada proses transfer teknologi pada Indonesia. dan 40% proses upgradenya harus dilakukan di Indonesia,sementara untuk proses TOT nya kami minta di pertimbangkan, kenapa demikian? karena sudah saat nya bangsa Indonesia maju ke depan dengan langkah kaki yang pasti dalam rangka kemandirian bangsa, hal ini sejalan dengan pemikiran KeMenham dan jajaran TNI ,

    Tawaran Hibah Kapal Selam dari Rusia sangat potensial ditindaklanjuti secara serius, hal ini karena kami berharap menjadi penganti lambatnya proses pembuatan KS dari Korea Selatan,namun hal ini kami kembalikan kepada Pemerintah sebagai pembuat keputusan. dalam hal ini Komisi I DPR hanya sebagai”Konsultan” maka kami berusaha memberikan yang terbaik buat bangsa ini.

    Seperti yang sudah diketahui ,Pemerintah RI mendapat tawaran untuk dapat membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014. hal ini menjadi dilema dan juga buah simalakama, akibat anggaran yang terbatas versi pemerintah ,maka jika pun nanti hibah 10 KS itu benar benar terjadi, maka kami sudah meminta kepada pemerintah untuk ” ALL OUT” mengambil 10 unit KS tersebut. untuk di lakukan pada MEF II tahun 2014. sekedar pengingat anggaran militer untuk pertahanan telah sangat jauh meningkat dari tahun ke tahun , pada tahun 2007 Rp. 29,5 triliun,Tahun 2008 Rp.36,3 triliun,Tahun 2009 Rp.38,6 triliun, Tahun 2010 Rp.40,7 triliun,Tahun 2011 Rp. 47,5 triliun, Tahun 2012 Rp. 64,4 triliun dan pada Tahun ini 2013 78,3 triliun, jika tidak berubah untuk tahun 2014 sekitar Rp. 83,5 Trilyun, dengan rincian 70% untuk belanja alusista dan 30% untuk kesejahteraan prajurit, Untuk 70% dari anggaran tahun 2014 yang sudah di setujui, pihak TNI telah mengajukan draff pembelian 1 Skuadron pesawat tempur baru,( untuk tipe dan jenis serta dari negara mana maaf tidak kami sebutkan), dan persenjataan nya

    Tentang KS Kilo

    Sekedar perbandingan hibah Ks Kilo dari Rusia dengan nama Project 877. Kapal selam kelas ini juga memiliki versi yang lebih baru yang dikenal dengan nama Improved Kilo dan di Rusia dikenal dengan Project 636 untuk ,Project 636 tentu saja menjadi varian tercanggih dari kelas kilo ini. Tercatat beberapa kali kapal selam kelas kilo ini menghilang saat terlibat kejar kejaran dengan AL Amerika Serikat , sehingga kelas kilo terbaru ini dijuluki โ€œblack holeโ€ oleh pihak barat. dan rencananya yang akan di berikan kepada TNI AL adalah 10 unit, berikut spesipikasi Project 636: data bersumber dari TNI AL adalah :

    1. Panjang : 70-74 meter.
    2. Beam 9.9 meter.
    3.Kecepatan maksimum 10-12 knot ketika mengapung ,17-25 knot ketika menyelam.
    4.Sistem propulsi : Diesel elektrik. Kedalaman maksimum : bisa lebih dari 300 meter
    5.Ketahanan 400 mil ketika menyelam dengan kecepatan 3 knot.6.000 mil ketika mengapung dengan kecepatan 7 knot (7.500 mil pada kelas Improved Kilo) 45 hari di laut.
    6.Persenjataan Pertahanan udara : 8 roket permukaan ke udara SA-N-8 Gremlin atau SA-N-10 Gimlet.
    Torpedo : 18 torpedo atau 24 ranjau, enam buah tabung torpedo 533mm.6 silo torpedo
    7.periskop 17.5m, sonar active/pasiv,
    8.Mesin, Elecric Diesel with full Electric propulsion dan mampu membawa 66 orang kebih

    Kelas kilo ini memakai bahan “Anechoic” yang dapat mereduksi bahkan menyerap sonar radar sehingga dapat dikatakan kelas kilo ini mempunyai kemampuan semi stealth ditambah senyap nya suara mesin makin sulit rasanya bisa di deteksi oleh KS lawan,untuk perangkat teknologi telah dilengkapi dengan Multi purpose Command and Combat System dan kapal selam ini dilengkapi dengan tabung tropedo yang mengarah ke depan, dan dua diantaranya dirancang untuk menembakan tropedo/rudal kendali akurasi tinggi,serta peluncur Strela-3 atau Igla (surface-to-air missiles) dan juga kelas kilo yang terbaru 636 adalah tipe kapal selam dipasangi dengan MGK-400EM sonar digital yang menyediakan modus pendengaran dan juga kemampuan untuk menerima transmisi telepon,telegraf..

    dan sampai detik ini kami masih menunggu Final keputusan hibah tersebut dari Pemerintah dan Rusia,semoga apapun yang dihasilkan mari kita dukung untuk kemajuan bangsa ini.

    .

    • squadron Sukhoi lagi ya gan ๐Ÿ™‚ , jika KS kilo jadi diambil semua dananya dialokasikan dari mana? apa ga akan menggeser rencana penambahan pesawat tempur?

    • Ok bung cinta tanah air…. Ulasan Bagus, yg penting mef 2 saran dari teman2 di warjag tolong bungkus ks improved kilo/lada, su35, dan s-300mpu2. Trio stroong. Tolong disampaikan ke bpk2 yg duduk di komisi pertahanan. Bahwa trio rusia itu benar2 mempunyai efek deterent dk kawasan ini.
      Penjelasan soal trio itu di artikel dan teman2 warjag sudah lebih dari cukup.
      Komposisi minimal :
      3-5 ks improved kilo/lada new.
      6 baterei s-300 mpu2
      9 baterei sistem buk.
      1-2 skadron su 35 BM .
      Target minimal untuk mef 2.
      Terima kasih Mr. Cinta tanah air. Soal perawatan dan suku cadang pihak rusia khan sudah menawari untuk didirikan di indonesia. Klo soal Anggaran kami percaya pasti ada.

  38. ha..ha..ha….@mbah bowo ini persis trojan. Begitu komen…maksruuuutt…jadi komen merembet. Alah paling-paling sampeyan warga warjag ini juga yang iseng sekali. Cuuukk…jancuk…ha..ha..ha…Kalo masalah KS memang cocok sekali Kilo kita telaah dan kembangkan dalam penciptaan KS kita kemudian salam bravo.

  39. kalau ternyata MBAHWO penghuni warjag ini juga
    apa maksud nya komen seperti itu terus terusan ???
    semoga aja lain BIAR KENA LAKNATULLAH
    MAMPUUUSSSSSSSSS………… SEKALIAN KOE

    • Ndak usah dianggap serius toh!?.wong mbah bowo cuma cari teman debat. Dari diksi dan pola pemikirannya saja kita tahu debat macam apa yang diinginkan mr.x ini. Kenapa saya berkeyakinan dia warga sini. Maksudnya paling tidak mengikuti berita dan mengomentarinya. Dan jelas ia bukan guru atau mbah-mbah.

    • ya bagusnya jgn gtu jg bro..ini forum bebas.dan bebas juga mereka bekomentar asal dlm batas yg “wajar”
      jadi kita berargument saja dengan kata yg enak dibaca,ane yakin kok pembaca disini tau mana koment yg baik dan maksd apa didalamnya,,hehehe

      • Ha begitu agan yudha. Gak perlu mampus-mampusan. Lha wong mbah bowo ini jelas-jelas tidak hirau dengan esensi temanya dus mau berbagi info. Mister x ini maunya ngomong ngalor ngidul. Saya percaya agan diego sebagai pengatur key akun emailnya pasti blok akses mr.x ini ke depannya.

  40. Mbah Bowo.. kalau terus terusan komentar seperti itu dgn kalimat yang repetisi akan dianggap spam dan nanti komentarnya akan ter-block…tidak bisa masuk lagi. Mohon diperhatikan. Salam

    • Peborosan sel otak bung menanggapinya ๐Ÿ˜‰ ga terlihat niat diskusi atau debat sama sekali

      • setuju saya, semalam sya baca2 komen dr mbah bowo itu kyaknya mau bikin emosi di forum, diberi pnjelasan yang jelas dan rasionalpun tetap aja keras kepala sepertinya,,,
        setuju sekali kalau di block saja dia, biar gak masuk ke forum sini lagi ….
        salam

    • yuup benul benul buat bung diego..
      Harus tegas sama member yg gk jelas ngalor ngiduL,dan cuma mau mancing di aer yg keruh,,

    • Maaf pak sebelumnya saya menyampaikan pendapat pribadi. Bahwa sebaiknya Rakyat harus sejahtera dulu, paling tidak bisa makmur. Zaman Pak Harto dulu enak pak, semuanya serba murah, hidup aman, ngak ada ribut-ribut. Meski militernya ngak kuat-kuat amat tapi ASEAN Segan Pak, USA dan USSR hormat pak, di forum PBB Pak Harto berwibawa Pak. Boleh kuat militer tapi prioritaskan dulu Rakyat dengan jaminan kesehatan, Jaminan Pendidikan, Jaminan Pekerjaan, Jaminan Upah yang Layak, Jaminan untuk Guru biar tenang mengajar. kalau semua sudah terpenuhi, baru fokus ke Alat perang tidak apa-apa,

      • Cukup Mbah Bowo melakukan repetisi komentar seperti ini.
        Peringatan Terakhir !

        Mbah Bowo, kalau Anda berniat berbagi informasi dan pengalaman yang kiranya bermanfaat untuk orang banyak, episode pengalaman hidup yang anda rasakan getir dan patut menjadi renungan dan pembelajaran, silakan tulis artikelnya, nanti akan saya tampilkan dalam artikel tersendiri.

        Jangan menjadi: If you are not the solution, you are part of the problem.
        Salam

        • Setuju Bung Diego, menurut saran saya, komentar yg sudah keluar dari topic artikel di dlm diskusi menurut thema artikel di warjag ini mohon dihapus.
          Atau bisa dibuatkan artikel tersendiri.

  41. Khusus, untuk @ Mbah Bowo.

    Alutsista Versus Ekonomi GeoPolitik dan Diplomasi Kawasan.

    Jika Alutsista Kita Lemah Maka yang sangat mungkin terjadi adalah.

    1. Ambalat akan lepas dari NKRI karena, pengaruh diplomatik kita melemah seiring dgn melemahnya pengaruh militer di kawasan, sehingga Malaysia akan mudah mengklaim sebagai negara kepulauan. dan hal ini, pernah terjadi pada sipadan ligitan, yg menang lewat diplomasi internasional, ingat malaysia banyak sekutunya sebagai exs. jajahan Inggris.!
    Maka berapa banyak potensi ekonomi yang hilang.

    2. Semua kontrak karya sumber daya alam yg terang-terangan merugikan Indonesia. akan sulit diperbarui, atau utk yg telah habis masa kontraknya akan sulit dipindah milikkan menjadi milik kita.

    3. Apabila Secara regional RI lemah secara militer, sedang Asean tidak mampu membendung china. Maka Jika Spratly dan paracel jatuh, Maka Natuna Pasti Kacau dan Akhirnya juga jatuh. maka berapa besar kerugian ekonomi yg dihadapi Indonesia.

    4. Jika MIliter lemah dan Indonesia kehilangan pengaruh regional, Maka Cepat atau lambat, Papua akan lepas dari NKRI, Sungguh kerugian yg sangat dahsyat, hal ini sangat mungkin terjadi, karena sudah pernah terjadi pada Tim-tim. Apapun alasannya dan apapun caranya.

    5. Sebagian (60%) dari Kalimantan menjadi rentan untuk lepas, karena negara tetanggga selalu pasti akan melecehkan dan memprovokasi, kita. akhirnya kita Emosi.lalu menyerang. Dengan alasan kita yg memulai. Mereka mengambil wilayah kita sebagai mana yg terjadi di timur tengah dgn Israelnya. karena jika militer kita lemah kita pastinya tdk akan mampu menahannya.

    Sampai disini saja, sudah berapa parah ekonomi kita, bahkan mungkin separuh dari rakya Indonesia sudah menjadi pengungsi dan hidup dengan sangat kelaparan. Belum lagi berapa banyak rakyat kita yg mati dalam berbagai peristiwa selama proses sampai pada tahap ini.

    6. Tahap ini adalah yg palng mengerikan dari, akibat lalainya kita dari memperkuat alut sista.
    Setelah Papua Lepas, Kalimantan dibawah kendali musuh, Apakah Cinta Kepada NKRI nanti, akan masih sekuat sekarang. rasanya tidak. maka yg akan terjadi adalah. sumatera, maluku, sulawesi, akan menuntut, atau berteriak untuk memisahkan diri. kalau ini yg terjadi. hanya tuhanlah yg tahu. Berapa banyak Rakyat jawa yg harus pulang ke Jawa, dan berapa banyak arakyat non jawa yg harus pulang ke daerah asalnya. Dan seandainya diikuti dengan kebencian,
    Maka Akan Terjadi pembunuhan massal yangsangat mengerikan, tidak kurang dari 10 juta nyawa akan mati sia-sia.

    Pertanyaannya, apakah, harga alut sista yg hanya 1,5% dari GDP terlalu mahal harganya untuk keutuhan NKRI dan keselamatan rakyatnya.

    Mbah bowo, pengalaman kadang membuat kita trauma dan emosinal, namun pikiran jernih tetap harus di kedepan kan, jgn sampai pikiran yg pendek kita meracuni, orang lain lalu secara bersama-sama bertidak dan berbuat yg membayakan masyarakat, orang banyak, bangsa dan negara. apalagi mbah seorang Guru, sangatlah hati-hati. Kalau anda mau damai harus siap untuk berperang. … .

  42. Si mbah ini punya niat buruk (malicious intent) dengan berlindung di balik sosok guru, yang umumnya selalu kita segani, dan pendapat2nya dihormati.

    Dia tidak awam dengan seluk beluk/sejarah TNI:
    12 KS digelar, favorit saya adalah KS Nagaban(d)a, mbah sempat liat langsung, kapal penjelajah terbesar di datangkan, pesawat pembom jarak jauh di hadirkan…

    Agenda khususnya adalah membangun wacana untuk mencegah kehadiran Kilo dengan membenturkan terhadap kepentingan golongan (guru/buruh), mengusung tema lawas gun vs/or butter.
    Ketika ada gejala gagal, plan B-nya adalah mengusulkan kapal induk, yang dia tahu persis bagi TNI adalah alutsista prioritas no. 999:

    Oke, mbah ngalah dengan cucu-cucu. Kalau mau hebat, coba tiru india. Harus punya kapal induk minimal 2 Unit, setiap unit harus mampu mengangkut 40 s/d 60 fighter.

  43. Feeling saya mbah bowo ini juga aktivis forum militer lain yang sengaja (mungkin iseng atau bisa juga tidak ingin membuat warjag ini menjadi forum yang menarik dibandingkan forum2 lain yang sejenis) membuat kisruh suasana dengan melempar isu2 yang oot yang justru membuat forum ini menjadi tidak menarik.

    Terus terang saya suka forum ini karena komentar-komentar ilmiah yang berbobot dari para sesepuh (bukan mbah2, apalagi mbah bowo) warjag dan juga yang paling penting adalah komentar-komentar yang dibawakan secara dewasa (terutama Bung Diego), meskipun akhir2 ini banyak juga yang kurang bisa bijak dalam menyikapi perbedaan pendapat.

    Maaf kalau saya salah memilih kata2, maafkan saya juga mbah bowo.

    • Saya setuju, banyak yang bisa kita pelajari dan menjadi tambahan pengetahuan dari berdiskusi, berdebat atau bahkan hanya jadi silent reader. sementara nick @mbah bowo hanya membeo tanpa mau menerima penjelasan dan tidak memberikan sanggahan rasional.
      Kita sebagai rakyat jelata bisa mengekspresikan diri dengan bebas bahkan kadang secara vulgar, sementara bung @Diego tidak memiliki kemewahan tersebut ๐Ÿ˜€

  44. walau tanpa AIP tapi Kilo class punya kemampuan serang darat, type Amur yang bisa dilengkapi AIP. kelihatannya di kawasan (lagi2) hanya sekutu US yang punya KS dengan kemampuan AIP (SG,AUS)

    kembali ke Kilo, saya kira kemampuan serang darat ini punya efek deter yg lebih daripada anti kapal. apalagi jika jumlahnya bisa 10. saat ini pengadaan alutsista kita masih jadi pengikut dan menyesuaikan dengan kawasan, berbanding terbalik dengan kenyataan bahwa negara ini adalah negara terbesar baik dari wilayah, jumlah penduduk maupun ekonomi. IMO sudah memungkinkan TNI mengambil langkah berani dan berorientasi menjadi militer dengan kemampuan preemtive dgn armada blue navy. negara2 lainpun harus bisa memandang hal tersebut sebagai hal yang wajar.

    apalagi Indonesia mulai agresive menanamkan investasi di negara2 jauh seperti negara2 di Africa dan bahkan juga negara2 di lingkungan hostile seperti Korut (dan Iran?), artinya tak lama lagi kemampuan military power projection akan menjadi kebutuhan TNI demi menjaga kepentingan ekonomi. hal ini tidak bisa dihindari dan juga merupakan faktor penggerak bagi negara2 seperti China, India dan Russia, serta tentu saja USA yg sudah puluhan tahun mempraktekannya. we are little giant afterall, supposedly regional power

  45. sampean guru dimana mbah??? guru itu gaji+tunjangannya lebih dari apa yang buruh dapat loh mbah, kalo sampean masih teriak kurang-kurang berarti masalah ada disampean mbah? pengeluaran sampean mungkin lebih dari 30% pendapatan ato sampean kurang rasa bersyukurnya mbah.
    mbah mungkin lebih tau dari kami-kami yang muda-muda kalo pengeluaran APBN itu udah ada post nya sendiri-sendiri, kalo dari segi pendidikan ada yang kurang (kesejahteraan guru) ya silahkan mbah mengadu sama pihak yang membawahi masalah pendidikan.

  46. sejak adanya isu hibah kilo atau bahkan lada class yang berkemampuan serang darat banyak pihak luar yang gelisah. jika diserang dengan rudal mereka tidak pernah khawatir dengan kemampuan sam mereka yang kualitasnya mantap. tetapi jika diserang dari jarak dekat otomatis respon mereka kerepotan dan panik. cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan agen2 (corong) mereka lewat berbagai media untuk menggagalkan kesepakatan tersebut. maka waspadalah wahai para pembuat kebijakan di negeri ini.

  47. Are you still dreaming re. 10 units of Kilos? I wonder that the majority of you still believe the statement of your defence minister who is well known in this ASEAN region for his “big mouth” ….

  48. Jom jangan gaduh …ade yang nak mesin jet jaguh ker ? kami ready-to-sell mesin jet jaguh, stakat ni cume askar kami yang nak jual mesin jer …

  49. Urusan KS memang “SILENT” biarlah alam dan waktu yang menjawabnya. Yang penting AMBALAT sudah tenang. Rusia sudah “MENAWARKAN” KS Kilo Klass nya. Mau diterima atau tidak, biarlah tetap mistery. Namanya juga kapal selam. Harus tetap misteri. Kalau perlu galangan khususnya ya harus dibawah air. Jadi kru hiu kencana ke kapal silemnya ya harus “NYILEM” kalo mau dinas ke kapalnya. Sabar, nanti kalo Indonesia sudah merasa “usang” tuh Kilo (Kalau Jadi Punya) tentu juga diekpos seperti Cakra dan Chang Bo Go.
    Kita nikmati saja berita “RUSIA MENAWARKAN KILO BEKAS” (Daripada tidak ditawari sama sekali). Sruput…….kopi jakhe se cangkir.

  50. …………………………………..
    mohon maaf atas perkataan rasis saya terhadap mbah bowo di atas
    salam buat warga warjag ……

  51. berita lama terkait misteri jumlah ks 10 unit

    http://z9.invisionfree.com/21c/index.php?showtopic=12232

    apakah bisa menjadi kenyataan ? contoh kasus 6 f-16 block 50 menjadi biaya upgrade 24 f-16 block 30, biarlah sang waktu yang menjawabnya.

  52. @ mbah bowo, demokratis itu sewajarnya etis, jangan anarkis…

    Kalau ingin diskusi (bukan mengindoktrinasi), ada tanggapan terhadap point2 di atas?
    Atau ada data lain yang berlawanan ?

    • Agak repot kalau beropini tanpa landasan data, tapi OK-lah, sekarang jalan dipenuhi motor, buruh pergi demo aja naik motor, berarti udah banyak rakyat yang mampu beli/nyicil motor, kemudahan hidup tidak dinikmati sebagian golongan saja?

      An enormous 96% of Indonesians use social media, more than any other country on earth
      Indonesia is facebookโ€™s 4th largest market and Twitter counts Indonesia capital Jakarta as its No.1 city followed by nearby city Surabaya at No.6. Indonesians send out an average of 15 tweets a second making them the 4th largest Twitter country in the world.

      http://wallblog.co.uk/2013/05/09/indonesia-the-worlds-most-social-mobile-centric-country/

    • buat saudara2ku kita semua setuju damai itu indah,mbah bowo juga harus bijak menyikapi fenomena sosial rakyat indonesia,bahwa faktanya banyak rakyat miskin terkadang karena kurang bijaknya memilih prioritas utama (Pangan,Sandang,Papan dll = hirarki Maslow tentang kebutuhan hidup) kemudian terkalahkan krn pendapatannya dipakai belanja kebutuhan skunder/tertier : KREDIT barang elektronik,HP(perlu pulsa),sepeda motor/mobil(perlu bensin),,Intinya: Rakyat memang harus sejahtera dan aman(damai) tapi kita juga harus “Kuat” menjaga rumah NKRI kita

  53. Di penghujung Desember tahun 2011 lalu, TNI AL telah membeli 2 kapal selam kelas kilo yang tercanggih dari paman ruskie, (project 636), pembelian ini sangat rahasia ( Top Secret ) karena efek nya akan menimbulkan kepanikan negara negara tetangga dan menimbulkan perlombaan senjata di kawasan asia pasifik, pembelian KS Kilo ini mirip operasi alpha saat indonesia membeli A-4 skyahawk dari Israel dekade 80-an lalu.

  54. Louboutin Sale http://www.f1news.com/RaceWeather.asp Louboutin Men

 Leave a Reply