Sep 102019
 

doc. HMAS Maryborough-95. (@ Australian Embassy Jakarta)

Kupang, Jakartagreater.com   –   Komandan KRI Layang- 635 Mayor Laut (P) Lustia Budi S.E. M.Tr. Hanla sebagai Dansatgas Latma Cassowary Exercise 2019, dan Komandan KRI Tongkol-813 Mayor Laut (P) Avif Hidayaturohman S.T. menyambut kedatangan Komandan Kapal Angkatan Laut Australia HMAS Maryborough-95 Commander Christopher Unwin pada Senin 9-9-2019 di Mako Lantamal VII Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kedatangan Komandan  (Royal Australian Navy-RAN) disambut tari Todan Lahing sebagai tarian selamat datang yang dibawakan pelajar SMP Hang Tuah Kupang. Ikut hadir dalam penyambutan yakni Athan Australia untuk Indonesia Captain (N) Matthew Brown, Asops Lantamal VII Kolonel Laut (P) Heru Wahyono, Dansatrol Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko dan Letkol Laut (P) Edy Setyawan dari Disopslatal Mabesal.

Dalam latihan bersama Cassowex 2019, TNI Angkatan Laut melibatkan KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813 serta satu Tim Gugus Gladi Yudha (GGY) Kolat Koarmada II, sedangkan dari Angkatan Laut Australia melibatkan Kapal HMAS Maryborough-95 dan satu Tim Sea Training Unit – Defence Co-Operation Program (STU-DCP).

Sementara itu Dansatgas mengatakan, kedatangan HMAS Maryborough-95 di Kupang dalam rangka mengikuti latihan bersama dengan kapal TNI AL, dimana sebelumnya telah disepakati dan akan dilaksanakan dalam beberapa fase latihan meliputi, Harbour Phase, Sea Phase dan Post Exercise Phase.  Artinya bagaimana TNI AL dan RAN dapat bekerja sama agar ada kesamaan dalam berkomunikasi, melakukan pemeriksaan, dan penindakan di laut.

Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan bahwa dalam latihan dititik beratkan untuk melatih kesiapan tim anjungan dalam bernavigasi, kesepahaman Tim VBSS untuk melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan kapal serta melatih Tim PEK untuk menanggulangi keadaan darurat di kapal.

“ Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kerja sama militer di bidang latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Australia, dan untuk mengasah kemampuan serta menambah pengalaman berlatih dengan Australia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut “, pungkas Dansatgas disela kegiatan. (Dinas Penerangan Koarmada II).