Des 222018
 

Tank tempur utama Leopard 2 A7+ buatan Jerman © Krauss-Maffei Wegmann (KMW)

JakartaGreater.com – Sebagai bagian dari upaya untuk memodernisasi Angkatan Darat dan mengganti peralatan yang dirancang oleh Soviet, Kementerian Pertahanan Hongaria telah meneken pembelian 44 unit tank Leopard 2 A7+ dan 24 unit howitzer mandiri PzH 2000 dari Krauss-Maffei Wegmann (KMW) Jerman.

Selain itu, menurut laman Defense News pada hari Kamis, Hongaria akan membeli 12 unit tank Leopard 2 A4 bekas untuk pelatihan pasukan, kata KMW dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan itu ditandatangani pada 19 Desember di Budapest. Sebelum penandatanganan, Menteri Pertahanan Hongaria Tibor Benko bertemu dengan CEO KMW Frank Haun, serta kementerian pertahanan.

SPH PzH2000 upgrade eks militer Jerman telah dikirimkan ke Lithuania © V. Zalatoriute

Benko mengatakan dia berharap bahwa kontrak itu akan semakin memperkuat kerjasama antara Angkatan Bersenjata Hungaria dan Jerman.

Perkembangan terakhir tersebut terjadi tak lama setelah Kementerian Pertahanan Hongaria menyerahkan pesanan untuk 16 unit helikopter multi-fungsi H225M kepada Airbus. Pesawat harus dilengkapi dengan sistem manajemen tempur HForce.

Pada 17 Desember, Hongaria dan Airbus Helicopters juga menandatangani nota perjanjian untuk meluncurkan kerjasama industri pada proyek penerbangan jangka panjang dengan fokus pada bagian manufaktur untuk sistem dinamis helikopter.

Kontrak terbaru adalah bagian dari program pengembangan militer Zrinyi 2026 selama 10 tahun yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan senjata serta peralatan pasukan bersenjata negara tersebut.