Dec 142014
 
 Sofyan Djalil. TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo


Sofyan Djalil. TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo

Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan pemerintah akan mengambil kebijakan baru untuk harga bahan bakar minyak sebelum akhir tahun. Hal ini dilakukan sebagai respons setelah harga minyak dunia turun.

Sofyan mengatakan pemerintah masih mengkaji langkah yang akan diambil, termasuk merevisi harga BBM. “Revisi harga termasuk salah satu opsi yang dipikirkan. (Penurunan) akan diperhitungkan sesuai dengan turunnya harga minyak dunia,” kata Sofyan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat malam, 12 Desember 2014.

Menurut Sofyan, pemerintah tengah mengkaji tiga opsi. Salah satunya penurunan harga BBM. Namun Sofyan mengatakan opsi akan dipertimbangkan kembali mengingat harga rata-rata minyak dunia saat ini masih jauh lebih tinggi dibandingkan acuan lama pada 2004.

Sofyan mengatakan kebijakan yang akan diambil bersifat permanen. Namun Sofyan menolak merinci tiga opsi yang tengah dikaji pemerintah. “Sebelum akhir tahun akan diumumkan kebijakan permanen, yang paling baik akan kita ambil,” katanya.

Saat ini harga rata-rata minyak dunia berada pada level US$ 60 per barel. Harga minyak jenis Brent turun 45 persen menjadi US$ 62 per barel dibandingkan Juni. Sedangkan minyak Light Sweet kini dipasarkan pada level harga US$ 58,74 per barel. (Tempo.co).


image

Presiden Joko Widodo (Antara / Andika Wahyu).

Presiden Joko Widodo, alias Jokowi menyatakan bahwa Pemerintah akan mengoreksi harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, menyusul penurunan harga minyak dunia. Pemerintah, kini sedang menghitung ulang besaran harga bensin, menyesuaikan harga minyak dunia.

“Tentang bagaimana sikap harga BBM, dengan turunnya harga minyak dunia, sekarang sedang kita hitung opsi-opsi yang akan dilakukan,” kata Presiden kepada wartawan di Jakarta, malam tadi. Menurut Presiden, Menteri Perekonomian sedang merumuskan kebijakan atas penurunan harga minyak dunia.

Kepala Negara berjanji akan mengumumkannya sebelum tahun ini berakhir. Tetapi, dia tak menyebutkan bahwa harga BBM bersubsidi akan diturunkan. Presiden hanya mengatakan bahwa Pemerintah memiliki tiga pilihan, meski tak disebutkan secara detail. “Enggak diumumkan sekarang. Sebelum akhir tahun kita akan umumkan,” katanya.

“Akan diperhitungkan, dengan turunnya minyak dunia akan dirasakan rakyat. Revisi harga, termasuk opsi yang dipikirkan,” Presiden menambahkan.

Harga minyak dunia kembali anjlok ke posisi terendah selama lima tahun terakhir. Prediksi melimpahnya minyak akan bertahan hingga paruh pertama tahun depan, diduga jadi penyebabnya. Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah untuk pengiriman Januari turun US$2,79, atau 4,2 persen, di level US$63,05 per barel.

Minyak mentah Brent, pengiriman Januari di ICE Exchange Futures London, turun US$2,88, atau 4,2 persen, di angka US$66,19 per barel. Patokan Eropa ini merupakan penutupan terendah sejak 29 September 2009. Sebagian analis masih bearish pada harga minyak. Adalah laporan terbaru tentang pengeboran Amerika Serikat dan ekonomi Jepang yang memukul sentimen pada perdagangan hari Senin, kata Tim Evans, seorang analis energi berjangka.

“Sebuah revisi produk domestik bruto (PDB) Jepang dan kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan di Tiongkok dan Zona Euro juga menekan sentimen pasar,” Evans menambahkan dalam sebuah catatan Senin, atau Selasa 9 Desember 2014 waktu Indonesia, dikutip dari laman MarketWatch. (Viva.co.id).

Bagikan Artikel :

  114 Responses to “Hore…,Harga BBM Turun di bulan Desember”

  1. Memang sudah seharus nya turun karna harga minyak dunia sedang anjlok.

    Semoga penurunan ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat semua kalangan bukan dinikmati oleh kalangan menengah keatas .

    Sudah seharusnya masyarakat kita menghilangkan ketergantungan terhadap bbm.
    budayakan bersepeda seperti masyarakat di eropa.

    • minyak turun tp harga sembako gak bakal turun kynya terlanjur keenakan untungnya kl menurut gw sih.

      • Ngemeng-ngemeng selama kurang lebih sebulang berapa untungnya jual premium ada yang ngitung nggak ya….

        • perhitungannya bgn, biasanya kl uda desas desus bbm naek penjual sembako uda naek duluan kl umpama bbm turun ibarat kata keuntungan yg sebelum bbm naek dgn yg sudah turun itu kan sm aja bertambah, kl uda bgt pedagang untung dobel mn mau diturunin lg, kira2 bgt lah logikanya, kl agak bingung ya mmg susah gw ngetiknya jg cm pake itungan pasar doang sih hahahaha….

      • yang namanya harga bisa naik bisa turun… di pasar ada persaingan..
        klo semua toko ga mau turunin harga.. ya buat aj TOKO sendiri terus kasi harga murah.. kalo laku pembeli ntar TOKO lain bakal ikut..

        harga pasar pasti bakal seimbang menyesuaikan prinsip ekonomi supply demand… harga mahal,, gak ada yg beli,, ya harganya bakal turun… kelebihan pasokan,, ga ada yg beli,, harganya turun juga..

    • ya tentu saja itu kalo ada niatan pemerintah mengendalikan harga pasar komoditas di hulunya

    • Asal muasal barang kebutuhan pokok baik itu barang situsi atau pengganti pasti lewat HULU dan HILIR .. yg namanya kebutuhan pokok tidak bisa memilih harga mahal atau murah , berapapun harganya pasti dibeli karena kebutuhan pokok ..
      suply n demand itu permintaan dan penawaran . Kalo permintaan banyak dan jumlah barang sedikit secara otomatis naik , yg namanya sembako dan BBM itu permintaan yg terus naik seimbang dengan populasi penduduk dan penawaran atau ketersediaan barang tersebut dijamin dan disubsidi pemerintah , makanya harga telur , beras sembako dan bbm lebih murah dijawa daripada di pulau lain karena penawaran atau ketersediaan barangnya cukup .. ga mungkin sembako dan BBM ga ada yg beli . Menjual murah sembako dan BBM secara pribadi tidak mungkin dan mau kulakan dimana …. Menurunkan harga BBM akan membuat evaluasi besar besaran program yg akan dibiayai pemerintah .. udahlah ga usah pencitraan lagi .. rakyat udah terima harga BBM naik dan semua harga barang naik ..

      • BBM adalah sumber utama dalam produksi yg mempengaruhi banyaknya tingkat produksi bahan pokok atau barang .. baik biaya operasional , penyaluran dan ekspektasi pasar .. apabila BBM naik semua harga barang akan naik karena sumber utama produksi naik .. Kalo BBM turun harga pasar pasti tetap naik karena sudah disesuaikan dengan kenaikan pendapatan pegawai dan harga barang lainnya yg berkaitan ..
        Kecuali BBM akan diturunkan dibawah harga dasar dulu dibawah Rp6.500 .. Lha itu sebagian barang akan turun tapi sebagian lainnya tetap naik karena tingkat pembelian penduduk naik dengan berkurangnya biaya operasional BBM tiap hari dan pendapatan penduduk atau gaji yg dinaikkan .. KALO CUMAN TURUN Rp1.000 SAMA SAJA itu cara memberikan gambaran tentang BAIK BUDINYA pemerintah skrg yg pro rakyat .. padahal secara ekonomi sama aja

      • Semua berita tentang kemungkinan BBM turun dan berita HEBAT pak presiden jokowi borong 3 kapal selam dari korea selama kunjungan di KOREA SELATAN .. Itu di ulang ulang oleh METRO TV .. Kasihan pak jokowi anak buahnya pada ga beres semua ..

        • 1. BBM Turun Harga : Kok waktu dinaikkan ga difikirkan dulu dampak sistemik yang ditimbulkan. Masalahnya sekarang Harga komoditi sudah merangsek naik. Dan ketika BBM harganya diturunkan, apakah Harga komoditi yang sudah naik tersebut akan dengan mudah turun kembali.
          2. Ini saya masih rancu. setahu saya pembelian 3 buah KS Changbogo Class itu dilakukan sewaktu Bapak SBY masih menjadi Presiden kita. Pertanyaan saya, apakah Bapak Jokowi ini beli KS lagi? Ataukah hanya upaya dari Media untuk Penggiringan OPINI bahwa 3 buah KS Changbogo dari Korsel tersebut seolah-olah adalah Keputusan dari Jokowi? Siapa tahu ada yang bung-bung yang bisa meluruskan. Terima kasih.

    • gak usah turun, tapi dinaikkan oktannya seperti acuan internasional skrng.

  2. BBM naik dan harga barang sudah pada naik semua, kalau BBM diturunkan apa barang yg kemaren naik bisa turun juga?? makanya kalau mau menaikkan BBM (kebutuhan sangat pokok) harus bener2 dikaji dulu… ujung2 nya rakyat kecil juga yang menderita

  3. Nyimak aja

  4. Mbah bowo tu harga minyak mau diturunin…..pemerintah peduli kok

    • BAGUS BAGUS, BAGUS

      AGAR RAKYAT SEJAHTERA DAN TIDAK MAKAN UMI DAN SAYUR KECAP LAGI,

      MBAH MINTA HARGA BBM RP. 5.500

      TURUNKAN HARGA BBM
      TURUNKAN TARIF DASAR LISTRIK

      DAN KALAU DI KABULKAN MAKA
      PRESIDEN JOKOWI IS THE BEST
      KERJA KERJA KERJA YES YES YES

      • mbah bowo gentle kalo gitu, baik bilang baik buruk bilang buruk.
        jangan kebijakan yg gak masuk akal tetap di bela mati2an 😀

      • Mbah pemerintah kan skrng mengikuti harga pasar dunia. Jadi fluktuatif bisa turun bisa naik. Jadi jangan kaget bila srwaktu2 nanti harga minyak bisa naik lg.

        Kenaikan harga bahan pokok otomatis haru bisa mengikuti .

        Mangkanya dulu mbah bowo bilang ketahanan sandang dan pangan harus kuat. Agar harga bahan pokok bisa stabil. Ga didkit di impor dr thailand. Bener kata mbah dulu KETAHANAN PANGAN.
        1 lg 2015 siap2 lah masyarakat indonesia bersaing dengan negara2 asean lain karna negara lain bebas bekerja di indonesia.

      • dear @ibunya bowo. mohon maaf bung apakah bung hanya bisa menggunakan kata-kata seperti diatas? Sayang sekali hidup anda. mari berdiskusi yang lebih santun.
        Ajining diri gumantung ing lathi “harga diri anda dinilai dari ucapan anda”

      • Hidup Mbah Bowo,,,

  5. Tp klo di pikir2 harga bbm mahal,atw tdk di subsidi da baiknya jg.krna sy paling pakai motor 1 minggu paling 5 litr.sedngkn setiap kali isi premium di Pombensin sering lihat mobil mewah sprti yaris,jaz,inova bahkn camry,acord jg isi bensin.berarti subsidi untk Bbm banyak di nikmati oleh pemilik mobil2 tersbt.walaupn memang dengn kenaikn bbm berdampak pd naiknya harga kebutuhn pokok.

  6. TERLAMBAT.! Pikir dulu sebelum bertindak.Harga bahan pokok sdh melonjak.Rakyat sdh duluan sekarat.Kalaupun subsisidi dicabut,dgn harga minyak dunia sekarang tdk lebih tinggi dri harga jual bensin86 apalagi 82.HEH..

  7. Udah terlanjur kulakan barang banyak dngan Harga yng Sekarang Eee Harga BBM mau dksih Turun..Modaaarrrr iso bangrut iki…Cantik model permainan Anda , Piye Jalll
    nak mundak yo mundak ojo mbulet ae,jelas ” kmarin Harga minyak Dunia turun naikkan bbm sak penae dewe Apa kmarin G di Hitung Dulu

  8. ad ga perkembangan sumber energi terbarukan? sperti etanol dari bahan singkong sbgai pngganti bensin. mohon pencerahan warjagers?

  9. HIDUP PAK PRESIDEN JOKOWI

    MBAH BANGGA DENGAN PRESIDEN JOKOWI
    PRESIDEN YANG HEBAT DAN TERBUKTI MEMBELA RAKYAT KECIL.

    MAJU TERUS PAK PRESIDEN, KAMI SELURUH RAKYAT MENDUKUNG SEMUA KEBIJAKANMU

    TAPI JANGAN LUPA YA PAK PRESIDEN, PREMIUM RP. 5.500

    • dollar naik lg mbah,, jumat kmaren sdh mencapai 12.400 an,, awal 2014 masih di kisaran 9.500 an.. kalo dollar 8.000 an mungkin masih bisa tu premium 5.500,,

      • mbah ngak ngurus dolar dolaran, mbah ngurus bbm harus turun. Pak mentri kan janji BBm turun.

        HIDUP PAK MENTRI

        YES YES YES………………….

        MERKDEKA.

      • Kalau dollar naik, bagaimana kalau semua transaksi perdagangan menggunakan Dinar (emas) atau Dirham (perak).
        Selama negara kita sepakat dengan negara lainnya sepertinya baik-baik saja. Karena nilai Dinar dan dirham tidak akan berubah, meski di potong-potong kecil-kecil tetap nilainya emas dan perak. Coba kalau kita punya uang dollar disobek-sobek. dibagi-bagi ya nggak akan laku.
        Berani….?

  10. Sebenarnya ada apa tidak ada sih ahli-ahli perminyakan atau ekonomi yang handal dan pro rakyat sebagai pembisik presiden Jokowi di lingkungan Kabinet Kerja? Bahwa untuk memforecasting / merencanakan suatu kebijaksanaan harus dipikirkan secara matang-matang untuk penetapan harga ataupun efek dari kenaikan BBM . Kalau sudah begini banyak rakyat yang menjerit dengan sudah terlanjur naiknya harga-harga kebutuhan pokok. Apa ada jaminan lagi kalau harga BBM turun harga kebutuhan juga ikut turun. Seolah-olah tidak ada pemikiran jangka panjang, hanya pemikiran spontan dan terlalu terburu-buru.

    • rakyat sudah jadi korban program coba – coba, sebaiknya bbm tidak usah diturunkan harganya karena sudah terlanjur di rasakan dampaknya oleh masyarakat dan sebentar lagi akan terbiasa bukankah yang di inginkan pemerintah pengalihan dana subsidi ke bentuk yang lebih produktif dan semakin rendah harga minyak dunia tentu semakin besar pula keuntungan yang di peroleh ,,tidak menutup kemungkinan harga minyak dunia akan naik lagi suatu saat jadi pemerintah tidak perlu lagi menghadapi pendemo rusuh yang menentang kenaikan harga bbm lagipula penurunan harga minyak dunia tidak terlepas dari alasan politis us and nato atas embargo terhadap rusia,,,cmiw

      • …lagipula penurunan harga minyak dunia tidak terlepas dari alasan politis us and nato atas embargo terhadap rusia…

        tepat, rusia sedang dikerjain amrik agar bangkrut / gak bisa jual migas karena biaya produksi mereka relatif tinggi.
        pertanyaannya kenapa perusahaan2 minyak amrik mau banting harga, rugi dong, mereka kan kapitalis ?

        ini mungkin mulai masuk wilayah ‘hitam’ yang lebih sering disinggung
        dalam fiksi, seperti illuminati, artinya ada nilai2/idealisme yang lebih ‘luhur’ dari sekedar bisnis / profit oriented.

        …The Illluminati believe strongly in balancing opposing forces, in the pull between opposites…

        yang kita lihat sekarang mungkin proses balancing, rusia (putin) yang kemarin membuat kekisruhan / mengganggu keseimbangan di ukraina sedang ‘didisiplinkan’…

        http://educate-yourself.org/mc/mcsvaliinterviewpt5.shtml

        kita ?
        mungkin hanya pion2 yang berguguran dalam permainan catur rumit mereka…they see history as a complex chess game…

        • perusahaan2 minyak amrik belum sampai rugi, karena biaya produksi mereka (shale oil) jauh lebih rendah, mereka hanya ‘sukarela’ memangkas profit yang harusnya bisa sangat tinggi
          jika menjual dengan harga minyak ‘konvensional’ produk opec atau rusia…

  11. Pemerintah tidak smart, terlalu ceroboh menaikan harga bbm tanpa memperhitungkan study kelayakan, bayankan harga sembako sudah melambung tinggi harga bbm turun, apakah dengan turunnya harga bbm mengikuti dengan turunnya harga sembako. Pemerintah tdk smart

    • Banyak rakyat yg menjerit, menderita karena efek bbm

    • Emang bener bener ceroboh tuh pemerintah,apa ga d pikirkan dulu tuh waktu naeknya wong harga sedang anjlok.belum lagi tentang kurikulum pendidikan yg serta merta di batalkan dan penenggelaman kapal pula buktinya tuh kapal cina yg di lepasin tinggal 8 doang gitu aja katanya kabur.itung tuh dampak setiap kebijakan,ceroboh #geleng-geleng kepala

  12. Kebijakan kebijakan yang tanpa pikir panjang,alias amburadul.dah tau kemaren harga minyak turun kok malah di naikin,sekrang harga kebutuhan pokok dah naek apa bisa turun lagi.ada lagi tuh masalah pendidikan yg kembali lagi mundur ke kurikulum 2006 kapan majunya.belum lagi penenggelaman kapal,tuh 22 kapal cina tinggal 8 yg katanya kabur apa di lepasin.benar2 kebijakan sembrono tanpa pikir panjang dampaknya.ya udahlah ‘bukan urusan saya’ #geleng-geleng kepala

  13. Gwa mah curiga si mbah orang dalem.
    kayak yang tau nih minyak mau turun.

  14. yg paling menurut sy adl subsidi tetap, misalnya tiap 1 liter disubsidi rp.2000,-. jadi mau kalo harga minyak dunia naik ikut naik, jika harga minyak dunia turun ikut turun,, pemerintah tdk perlu pusing mikirin jebolnya apbn,, n rakyat dpt kepastian dapet subsidi,,

  15. hukum pasar cm bereaksi jk ada kenaikan harga bbm/kekurangan pasokan,efek bbm turun kecil kemungkinan merubah harga2 yg sdh naik tp tetap ada

  16. jgn senang dulu sodara,ada 3 opsi,mungkin juga opsi yg d pilih opsi yg d pakai sperti d negara maju,harga sewaktu waktu bisa naik dan bisa turun mengikuti harga d pasar.
    Soal harga sembako tu emang dari jaman baheula kelakuan pedagang,bbm gk naik aj harga naik terus.gaji PNS naik ikut naik. Klo gk percaya cari gudang sembako bongkar numpuk tuh stok

    • BENER DEK LEO, MBAH SETUJU, YANG PENTING BBM TURUN AGAR RAKYAT BISA MAKAN 3 KALI SEHARI DENGAN LAUK LAYAK, BUKAN MAKAN KRUPUK MENTAH DAN PAKAI MINYAK JELANTAH SEPERTI SEKARANG.

  17. Bahaya pakai ethanol…bisa dicampur air+isi batre lalu DIMINUM. Akibatnya akan terjadi kelangkaan bahan bakar.

  18. Bahaya pakai ethanol…bisa
    dicampur air+isi batre lalu
    DIMINUM. Akibatnya akan
    terjadi kelangkaan bahan
    bakar.

  19. Tidak perlu ribut, bukankah SBY juga pernah melakukan hal yang sama? Menurut saya, tiru saja india, vietnam, usa yang menaik-turunkan harga bahan bakar sesuai harga pasar. Setahu saya di sana tidak ada gejolak karena kenaikan bahan bakar.

  20. HIDUP PAK JOKOWI.

  21. BBM subsidi ga usah diturunin, Tapi listrik utk golongan menengah kebawah yang harus diturunin. Listrik sekarang sangat membebankan rakyat kecil, gimana yang penghasilan kurang dari 1 juta kalau buat bayar listrik saja 200 ribuan/bulan. Kalau perlu kompensasi dana BBM sebagian buat bangun PLTN dan Geothermal panas bumi biar listrik murah dan terjangkau.

  22. Daripada curcol, yuk kita sama2 pikirkan solusinya. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak dan gas, bagaimana jika mulai mengembangkan mobil/ motor listrik? Listriknya diperoleh dari pembangkit listrik tenaga panas bumi. Potensi geothermal di Indonsia 28.1 GW setara dengan bbm 12 milyar barel. Cadangan bbm Indonesia hanya 6 milyar barel. Sumber: http://www.esdm.go.id/berita/45-panasbumi/3281-potensi-geothermal-dunia-setara-40000-gw.html?tmpl=component&print=1&page=

    • betul

    • Naah betul bung . Terkadang masyarakat indonesia itu klo menurut sy manja. Dikit2 naek mobil kedepan..

      Liat masyarakat eropa . Di paris . Amsterdam semua pekerja itu ada hari bersepeda. Dan terbiasa naik angkutan umum ato sepeda. Dikarnakan lingkungan dan jalur pengguna jalan alat transportasi nya nyaman dan enak.

      Pr besar bagi pemerintah hilangkan ketergantungan terhadap bbm cari alternatif lain. Sarana transportasi benahi. Agar pengguna jalan nyaman

  23. Ini yang namanya kabar gembira

  24. Pak Presiden, lihatlah rakyakmu saat ini!
    Mereka bersorak, berjingkrak2, dan menari2 bahagia mendengar akan adanya revisi harga bbm.
    Ya Allah, makmurkanlah dan berkatilah negeri ini! Amin!

  25. Kemaren bbm naik harga2 barang, transportasi otomatis naik.
    Bisa ngk pmrintah sekarang nurunin harga bbm di ikuti harga2 barang dan transportasi turun.

    Kalau bisa harga2 barang dan transportasi bisa turun ini baru ” SMART ” pemerintah skarang.

    Di tunggu kerja..kerja..kerja pemerintah.

  26. Pd ngumpul di warung sebelah bung. Bung yayan juga baru nyumbang artikel.

    tau kenapa ya ngk pd mau nyumbang tulisan di sini.

    Mungkin hanya admin dan mereka yg tau.

    knapa ya….
    semoga hanya firasat buruk dari saya selku tamu di warung ini.

  27. Mungkin sesepuh sesepuh mau membuat yg baru bung .. Tapi menurut saya kerapihan dan update artikel baik foto foto alutsista terbaru masih lebih bagus JKGR bung .. yg penting semua teman saling memberi informasi terbaru …
    Mungkin dari komentar dan ulasan pembahasan artikel saja .. tapi mungkin saja
    Hehehe .. salam JKGR

  28. Tidak ada masalah Bung Donnie. Mereka datang dan pergi, seperti halnya Anda. Saya pikir itu, wajar dan alamiah. Selamat bergabung kembali Bung,

    Kalau lihat avatar Bung Donnie, saya jadi teringat Bung Nowyoudont yang menghilang entah kemana ?

    Salam

  29. Kalo gw ilmuwan, gw akan meneliti CO2 sebagai bahan bakar….. Pake suatu alat yang bisa memisahkan C dan O. C Akan jadi bahan bakar sementara unsur O akan terlepas ke udara…..
    Tapi ini cuma angan2 sih, kalo yang ini mungkin lebih meyakinkan http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/10/inovasi-mengubah-karbon-dioksida-menjadi-bahan-bakar

  30. Tidak ada apa – apa bung Donnie, saya rasa setiap orang memiliki kesibukan masing masing. Seperti saya sekarang yang tidak bisa setiap waktu mampir disini. Bicara lapak di dunia maya, itu hanya masalah tombol dan klik mouse, tinggal ketik dan klik setiap orang bisa kesitus mana saja dan ini adalah hak privasi setiap individu untuk menuju kemana saja yang mereka mau. Jika kemarin – kemarin banyak yang berkomentar tentang JKGR mulai sepi atau sesepuh pindah warung ke PG dll dst. Well, ini dunia maya, people come and go, silahkan nongkrong ditempat favorit anda masing – masing. Bagi saya pribadi, saat ini ketika saya online saya lebih banyak menghabiskan waktu saya di JKGR. Dan satu hal yang pasti, “jika anda berusaha memuaskan semua orang, maka itu adalah resep utama untuk menuju kegagalan”. We cannot satesfy everybody, karenanya menurut pendapat saya pribadi saat ini JKGR sudah berada pada trek yang benar. :2thumbup

    Salam

  31. jgn cuman bbm saja yg di turunkan gas elpiji juga hrs turun krna harga gas dunia juga ikut turun…

  32. Sejak pemerintah memutuskan harga premium jadi Rp8500 per liter seharusnya sejak saat itu juga siapapun udah ga pantas klo masih bilang BBM subsidi.

  33. :thanks2

  34. :tkp tak perlu bbm

  35. Memang sudah seharusnya harga2 fluktuatif ikut Harga Pasar, ingat lah Harga dipatok itu cuma Negara Komunis..

    Utk harga Sembako pun seharusnya mengikuti perubahan harga BBM, percaya lah dalam Bisnis itu ada “The Invisible Hand”: Tangan yg gak terlihat mengatur pergerakan harga.

    Tangan itu maksudnya bukan Mafia, tp intinya adl Harga akan mengikuti dan terbentuk dgn sendirinya, Pasar Bisnis akan membentuk jalannya sendiri.

    Tugas pemerintah adl Mengawasi Pergerakan Bisnis Alami itu sendiri, kalo BBM turun dan Sembako tidak turun berarti ada yg Salah, ada Mafia. Dan menurut saya dgn Pemerintah dipimpi Jokowi ini tidak akan tinggal diam.

    Pemerintah mmg hanya bertugas mengawasi Pasar Bisnis terbentuk dgn Normal, kalo tidak Normal ya waktunya turun tangan..

  36. well…trimakasih responnya sobat2, yup bung STMJ juga termasuk yg bangkotan nih hehe..
    bukan apa2.. ya setelah lama saling berinteraksi, pastinya banyak orang yg punya kenangan termasuk gue pribadi yg merasa memiliki banyak sahabat temen berdiskusi disini, Jakartagreater,

    betul tuh bung Diego…akun Nowyoudon dulu termasuk yg paling getol, aktif dan dewasa isi koment2nya.. asli gue merasa kehilangan !

    sukses terus JKGR.
    salam.

  37. :beer:

    • Bung PKB nanti kalo para warjager bnyk yg menggunakan
      kaskus emoticons apa malah nanti tdk semrawut?,( nanti mlh kelihatan acak2 an) apa lgi nanti bnyk males nulis coment (ikutan gabung cuma pake simbol gambar doang) gimano?….

      • Nanti tujuan diskusinya jadi hambar tak jelas.yg ada malah hanya perang simbol aja.( bila nanti bnyk anggota warjager pro&kontra) apa nanti bung Diego udah ada antisipasinya gitu?.( maklum tujuan semula baek,tpi sipa tahu malah jdi jelek kemudianya.) imho…salam.

  38. menurut saya nih kalau sekarang BBM diturunin harganya kurang tepat, lebih baik nanti taun 2019 sebelum pemilu :pertamax

    • Berati nanti bila minyak dunia harganya turun lgi trus harga minyak kita tetep( sama harga minyak dunia) tdk ada lagi dong ” kalimat subsidi bbm). Kalo malah lebih tinggi dari harga dunia.berarti “rakyat mensubsidi harga bbm kepada negara” mungkin kale’ piess bung salam.

  39. Takut jg rupanya
    3cangbogo ha ha ha …….
    beritanya ga jelas bli lg ato yg kemaren…….ha ha ha bisa aja
    terlalu banget………
    bung diego tlg dicarikan kebenaranya :cd: :cd:

  40. Untuk Bowo anakku yg tdk bermanfaat bagi org tuanya dan sampah masyarakat…. Ini oesan Simbok Le, Ingat penthung malaikat Wo… :hammer :hammer :hammer

  41. Kagak usah kritik kritik deh dengan komen ‘makanya dipikir dulu kalo mau bertindak’..memang apa yg telah kita lakukan untuk Indonesia? Yakin kalian sudah memberikan sumbangsih besar? Mulai sekarang biasakan berpikir apa yg bisa kalian lakukan buat negara, bukan berpikir negara mau bantu apa!! Jangan mental subsidi..Lemah

  42. ayo kita hilangkan subsidi bbm, biar infrastruktur lebih merata, dan rakyat timur makmur, dan juga, orang miskin di jawa dan sumatra di transmigrasikan aja ke kalimantan, papua dan disana di beri lahan untuk cocok tanam pasti makmur, saya merasa malu sebagai orang jawa, yang kebanyakan nuntut ke pemerintah dan menutup mata terhadap kehidupan rakyat timur indonesia, please open your eyes west indonesia for look your brother in the east indonesia, they are very cheap but they are not complain goverment, they are need your help, ok

  43. Udah terlanjur naik biarin aja…artinya sudah ga perlu ada subsidi bbm malah klo perlu untung.. duitnya bisa buat yg lain. Borong senjata yg banyak yg caanggih dari rusia. Kawasan asia ga dijamin ga ada perang ..

  44. Lantas…..Kalau BBM Turun…..harga sembako bisa turun…….?????

    Contoh harga daging sapi…..sekarang tetap di atas tahun taahun lalu…..gara gara sapi berjenggot.

    dulu harga sapi di hari normal rp 80.000. sekarang berapa…..???

    makanya habis ini para pemimpin bangsa ini harus turun ke pasar.

    terutama menteri yang terkait dengan ini.

    • harga itu ditentukan pasokan dgn permintaan(rumus murninya)…kalo barang impor ..maka ada pengaruh kurs antar mata uang…masalahnya skr krn pasar dunia sdh terintegrasi biar produk dalam negeri(domestik) diadakan perbandingan juga dgn barang sejenis di LN….banyak faktor yg mempengaruhi harga..kalo Indonesia transportasi termasuk yg besar bisa 20 %…belum panjangnya rantai distribusi…dgn kondisi Rupiah terpuruk terhadap dollar Amrik…tapi harga BBM turun kan lumayan ada faktor yg bisa mendorong kearah penurunan harga walau mungkin g signifikan…syukuri aja bro…jangan suka ngeluh…skr kita aja di daerah penghasil daging sudah kurangi konsumsi daging tapi maksimalkan ikan dan ayam….

  45. Kalo si mbok bilang, turunin harga BBM nya, ya pasti diturunin deh…… hidup si mbok !

  46. AKIBAT TERBURU-BURU dan tidak mengikuti perkembangan internasional ya itu akibatnya. Katanyakan gak naikin harga BBM cuma menghilangkan subsidi.

    Harga barang sudah dinaikkan, angkot juga sdh matok tarif sendiri, bahkan tukang ojek juga

  47. :loveindonesia

  48. Khusus minyak bumi biar pakai harga keekonomian biar tidak ada gejolak akibat kenaikan harga bbm , situ mau naik kendarann pribadi yaa jng ngedumel bli bbm mahal , mau murah ya jalan kaki saja :travel :2thumbup

  49. Masyarakat Indonesia secara umum sdh terjebak dgn HARGA BBM, sdh keenakan dininabobokan oleh subsidi harga BBM, ketika pemerintah menaikan harga BBM, masyarakat protes, marah, mencaci-maki, demo, turun ke jalan, bakar ban bekas dst, seolah ngga mau tahu mengapa kebijakan yg tdk populer itu harus diambil pemerintah :

    1). dana yg tersedia utk pebangunan sdh tdk mencukupi, spt pelayanan masyarakat, tunjangan kesehatan, subsidi pendidikan dari SD s/d SMA, subsidi pupuk, benih utk petani, bantuan permodalan utk nelayan spt untuk pengadaan kapal2 yg modern, permesinan, mesin pedingin utk ikan, pebangunan waduk, pembangunan jalan, jembatan, sekolah dst.
    juga penguatan pertahanan negara sektor militer berupa memodernkan peralatan militer, kapal, panser, kapal selam, radar, pesawat tempur dst juga terganggu atau terlamat dimodernisasi krn keterbatasan dana

    2). di sisi lain SUBSIDI BBM dari thn ke thn terus membesar thn 2014 ini sekitar Rp.270,- Triliyun, thn 2015 besok dianggarkan menjadi Rp.320,- Triliyun, PEMBOROSAN, BUKAN SEKTOR PRODUKTIF, TDK TEPAT SASARAN, hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja

    Kita harus sadar tdk selamanya kita mempergunakan BBM, dari analisa para ahli cadangan minyak bumi Indonesia AKAN HABIS SEBELUM THN 2030, selanjutnya kita mau pake apa ?….APAKAH TERUS IMPOR BBM DARI LN NEGERI YG MENGAHBISKAN RATUSAN TRILIYUN ITU ?….TIDAK !

    1). sejak sekarang kita melatih diri ukt tdk dininabobokan oleh BBM, dgn beralih ke sumber energi yg lain spt gas, dimana Indonesia masih memiliki cadangan gas yg besar.
    2). dari hasil menaikan harga BBM, kita dorong pemerintah utk segera melakukan riset utk menemukan sumber energi terbaru, yg ramah lingkungan & bisa didaur ulang yg bersumber dari tumbuh2an, sebenarnya sdh dilakukan yg diperlukan adalah intensif lagi, ditingkatkan produksinya sampe pemasalan utk digunakan oleh masyarakat, sehingga Bumi ini bisa berkurang tingkat polusinya, lebih sehat utk kelangsungan generasi y.a.d.

  50. terima kasih bung bowo silet, seandainya banyak orang yg sepakat dgn kita mungkin tugas pemerintah lebih ringan & yg lebih penting Indonesia akan jauh lebih maju, adil pembangunan merata di seluruh nusantara…….salam kenal bung

 Leave a Reply