Dec 082014
 
image

Horten IX V1 sedang dibawa oleh truk penarik

Horten IX V1 sedang dibawa oleh truk penarik

Horten IX menjelang take-off dalam ujicoba yang dilakukan

Horten IX menjelang take-off dalam ujicoba yang dilakukan

Horten IX hasil rampasan dari Jerman dikeluarkan dari kereta yang membawanya

Gambar cut-out dari Horten IX

Gambar cut-out dari Horten IX

Lukisan 3 dimensi dari Horten buatan Géry Gueville

Lukisan 3 dimensi dari Horten buatan Géry Gueville

Beginilah mungkin kalau Horten IX mengudara. Begitu anggun dan elegan!

Beginilah mungkin kalau Horten IX mengudara. Begitu anggun dan elegan!

Diagram Go 229 (Horten IX) buatan Gothaer Wagonfabrik

Diagram Go 229 (Horten IX) buatan Gothaer Wagonfabrik

Satu-satunya pesawat Horten Ho 229 V3 yang masih ada dan tersimpan di Smithsonian Institution's Garber Restoration Facility

Satu-satunya pesawat Horten Ho 229 V3 yang masih ada dan tersimpan di Smithsonian Institution’s Garber Restoration Facility

Para sejarawan masih saling berbeda pendapat tentsng bagaimana sebutan paling afdol dari pesawat ini. Ada yang menamainya Horten IX, Horten Ho IX, Gotha Go 229, Horten Ho-229. Kalau bagi saya pribadi, pemanggilan Horten IX atau Ho IX lebih condong untuk tipe pengembangannya (glider-glider buatan Horten sebelumnya dinamai Horten I, II, III… dan seterusnya). Versi produksi resminya sendiri (yang dibuat oleh pabrik pesawat Gotha) dinamai Go 229, dan bukannya Ho 229.

Dua bersaudara Walter dan Reimar Horten adalah para pionir dalam pembuatan pesawat bersayap tanpa ekor, dan telah membangun secara berturut-turut pesawat-pesawat ‘layar’ tanpa mesin berbentuk indah dengan performa menakjubkan pada tahun 1936 s/d 1940, yang diikuti oleh sebuah contoh dengan dilengkapi dua mesin pendorong. Pengalaman mereka dalam membuat pesawat bersayap besar yang dapat terbang adalah sesuatu yang ajaib pada masa itu, dan merupakan satu-satunya di dunia. Pada tahun 1943 Walter Horten menyatakan ketertarikannya untuk membangun sebuah pesawat berkecepatan tinggi yang dibuat dari… kayu! Laporan dari perkembangan DFS 194 (kemudian dinamai Messerschmitt Me 163) yang dikepalai Profesor Lippisch makin meyakinkan Walter bahwa bahkan pesawat dari kayu dapat membawa mesin jet atau roket dan kemudian terbang. Pada tahun 1943 dia mengajukan gagasannya kepada Panglima Luftwaffe Reichsmarschall Hermann Göring, dan tanpa banyak cingcong proyek tersebut disetujui.

Prototipe pertama Horten IX V1 dibangun dengan berdasar pada rancangan layaknya glider. Pengerjaannya hanya makan waktu enam bulan, dan mendapat giliran uji terbang untuk pertama kalinya pada bulan Februari 1944 di Göppingen.

Bersamaan dengan uji terbang dari V1, sebuah prototipe kedua langsung dikembangkan pula. V2 ditenagai oleh dua buah turbojet. Rancangannya merupakan campuran dari berbagai tipe pesawat terdahulu, dan telah mendapat perbaikan disana-sini. Mesin yang digunakan adalah BMW 003 dan bukannya Jumo 004 seperti yang direncanakan semula. Roda depannya yang berukuran besar merupakan contekan dari roda ekor pesawat Heinkel He 177, sedangkan peralatan pendarat utamanya “dipinjam” dari Messerschmitt Bf 109 G.

Penerbangan pertama dilakukan di Oranienburg tanggal 2 Februari 1945. Pilot pengujinya adalah Erwin Ziller. Pesawat tersebut memperlihatkan hasil yang bagus, terutama dalam hal kualitas setirnya dengan hanya secuil instabilitas di bagian samping (yang sekarang merupakan kekurangan utama bagi pesawat-pesawat tak berekor modern). Penerbangan kedua sama suksesnya, meskipun roda pesawatnya rusak akibat parasut rem yang terkembang saat mendarat. Dua minggu kemudian, dalam penerbangan ketiga terjadilah bencana yang tidak diduga-duga. Ziller seperti biasanya tinggal landas dengan pesawatnya untuk melakukan uji coba lanjutan. Ketika ketinggian mencapai 800 m, salah satu mesinnya tiba-tiba ko’it. Sang pilot yang berpengalaman tidak langsung menjerit-jerit layaknya nenek-nenek mandi ketahuan diintip. Dia segera mendorong pesawatnya untuk meluncur ke bawah di ketinggian rendah untuk menolong menghidupkan kembali mesin yang ngadat. Secara mendadak di ketinggian 400 meter roda pesawatnya ngelepot (WTF?) kembali ke dalam. Akibatnya pesawat kehilangan kecepatannya dan tak bisa dikontrol. Erwin Ziller terbunuh ketika pesawat prototipenya menukik menabrak tanah dan hancur lebur.

Meskipun terjadi kemunduran akibat peristiwa kecelakaan ini, proyek tersebut tetap berlanjut dengan segala energi yang tersisa. Komponen prototipe yang masih ada segera dipindahkan ke Gothaer Wagonfabrik (Gotha) yang berada di Friedrichsrode. Pada bulan Maret 1945 proyek difokuskan kepada prototipe ketiga, yang diberi nama Go 229 V3. V3 berukuran lebih besar dibandingkan dengan kedua pendahulunya, dan bentuknya telah lebih disempurnakan lagi di beberapa tempat, yang dimaksudkan untuk menjadi contoh bagi seri pra-produksi pesawat tempur Go 229 A-0 yang telah dipesan oleh Luftwaffe sebanyak 20 buah. V3 ditenagai oleh mesin Jumo 004C, dan dapat membawa dua buah kanon MK108 30mm di pangkal sayapnya.

Tapi semuanya telah terlambat bagi Luftwaffe. Pasukan Amerika menduduki pabrik Gotha pada tanggal 14 April 1945 dan menemukan rezeki nomplok: sebuah prototipe V3 yang 90% selesai dikerjakan dan belum lagi diterbangkan. Empat lagi pesawat lainnya yaitu Go 229 V4, V5, V6 dan V7 hadir juga, dengan beberapa tahap penyelesaian. V4 dan V5 adalah prototipe dengan dua tempat duduk dan direncanakan sebagai versi pesawat tempur malam.

Tentu saja orang-orang Amerika tidak menyia-nyiakan penemuan ini, dan segera menggondol V3 balik ke negaranya. Para ilmuwan disana hanya bisa terbengong-bengong menyaksikan sudah begitu jauhnya kemajuan yang telah dicapai oleh seterunya dari Jerman. Dahsyatnya lagi, V3 masih dapat disaksikan sampai saat ini, tepatnya di NASM’s Paul E. Garber Restoration, Preservation & Storage Facility yang berlokasi di Silver Hill, Maryland.
Terakhir hoprten x inilah menjadi cikal bakal prototipe pesawat tempur siluman dunia baik amerika, rusia, terutama rancang bangun aerodinamika nya yang sangat luar biasa.

Spesifikasi Horten Ho 229A (V3) :
* Kru: 1 orang
* Panjang: 7,47 m (24 ft 6 in)
* Rentang Sayap: 16,76 m (55 ft)
* Tinggi: 2,81 m (9 ft 2 in)
* Bagian sayap: 50,20 m² (540.35 ft²)
* Berat kosong: 4.600 kg (10.141 lb)
* Berat terisi: 6.912 kg (15.238 lb)
* Berat maksimum tinggal landas: 8.100 kg (17.857 lb)
* Mesin: 2 buah Junkers Jumo 004B turbojet, 8,7 kN (1.956 lbf) masing-masingnya

Kemampuan :
* Kecepatan maksimum: Mach 0,92 = 977 km/jam (607 mph) di 12.000 m (39.370 ft)
* Radius tempur: 1.000 km (620 mil)
* Jarak angkut: 1.900 km (1.180 mil)
* Batas tertinggi terbang: 16.000 m (52.000 ft)
* Kecepatan tanjak: 22 m/detik (4.330 ft/menit)
* Berat sayap: 137,7 kg/m² (28.2 lb/ft²)
* Berat dorongan: 0,26

Persenjataan :
* Senjata: kanon 2 x 30 mm MK 108
* Roket: Roket R4M
* Bom: bom berbobot 2 x 500 kg (1.100 lb)

Oleh: Telik Sandi

Bagikan :

  43 Responses to “Horten IX, Pesawat Siluman Pertama”

  1.  

    PagI

  2.  

    uno

    •  

      number uno- nazi (buat apa ye siluman jaman tuh kan radar gak canggih)

      •  

        Mungkin konstruksi sayap terbang begitu (saat itu), bukan diniatkan untuk melawan radar. Mungkin lebih kepada efisiensi aerodinamis, muatan yang lebih banyak dan gaya angkat yang lebih besar. Dengan tiadanya sirip tegak, pesawat begini pasti sulit pengendaliannya. Memang lebih pas jadi bomber strategis daripada fighter. Walaupun dikemudian hari, konstruksi seperti inilah yang memang cocok untuk menerobos radar VHF yang biasanya dipakai untuk early warning. Dan memang tepatlah jadi bomber strategis. Yang dilawan memang radar hanud. Konstruksi kayak Raptor, katanya, diniatkan untuk optimal melawan radar X-Band yang biasa dipakai untuk fighter. Jadi fighter vs fighter.

  3.  

    Tigo.
    Semoga ke depan Indonesia menjadi lebih baik.
    dan tambah Sstttttrooongg..
    “NKRI Harga Mati”

  4.  

    Jerman pusat ny technologi….mantap dah, bisakah pak habibie minta sisa design yg trcecer lumyan untuk analisa ahli2 kita disini…salam.

  5.  

    3….

  6.  

    1. pertamanx
    2. jaman segitu jerman udah maju
    3. semoga Indonesia bisa jaya

  7.  

    Tak disangka teknologi jerman hebat

  8.  

    chiu pun mo masalah la

  9.  

    He he he…

  10.  

    klo mmg jerman memiliki kemampuan itu,koq skrg nggak keliatan ya produk pesawat tempur mutakhir jerman

    •  

      Digunduli dgn kesepakatan postdam,ilmuwan yahudi yg tergabung dlm manhattan project dan moergenthau plan bahwa jerman akan dilucuti semua kemampuan militernya dan dibatasi perkembangan teknologinya…termasuk tdk boleh membuat pesawat tempur karena sekutu ngeri melihat kemampuan mereka..bahkan KS pun mereka boleh punya namun tdk melebihi kemampuan KS negara sekutu…termasuk KS ekspor…itulah kenapa KS 209 kita lebih besar dan lebih canggih dr KS 206 mereka…

      Semua konspirasi AS dan yahudi untuk mengkerdilkan jerman yg sejak era bismarck dekat dgn afrika dan asia yg islam melalui turki..

      •  

        Ijin like, bung wehr

      •  

        Ijin Like Juga bung Wehr .

        sekalian menjawab siapa ilmuwan paling hebat saat itu dan siapa yang mencontek ( baik blok US maupun USSR kala itu )

        untuk urusan penggundulan , AS dan sekutu jagonya …..

        Jerman tidak sendirian dalam urusan pengkerdilan , ada Indonesia kala itu ( bahkan sampai saat ini ) …

        baik TNI nya , anggarannya ( dijegal lewat DPR atau Gate… baik Sukhoi gate misal , maupun kekuatan militernya …. atau modus FIR-nya batam lewat ICAO ….

        CMIIW
        BFB

        •  

          Kalo jerman merasa digundulin kenapa Jerman tenang2 bersama USA membangun Leopard2 yang rancang-bangun & tekonologinya 11-12 sama Abrams.
          Kenapa Jerman yang ikut Airbus jg mempunyai C17, AWACS, Predator UCAV & rudal Patriot yang notabene bikinan US
          Kenapa Jerman cuek2 saja pangkalan militer USA di Ramstein masih operasional

          Kenapa Jerman lebih intens dengan USA drpd Rusia yang lebih kau banggakan

          •  

            Sudah pernah baca tentang kerjasama perancangan MBT 70 Jerman-AS yg melahirkan leopard dan Abrams gak bung manuk? Nanti ketahuan siapa memeras siapa…Kalau belum jangan ngomong Ente….

      •  

        klo bgtu nasibnya sama dgn jepang yg tertawan hingga kini,setau saya dulu ada poros jerman-italia-jepang yg berperang melawan sekutu,bkn bgtu kawan?

        •  

          Betul bung frans…jeoang nasibnya setali tiga uang dgn jerman…italia lebih beruntung karena membuat perdamaian terpisah (bkn menyerah tanpa syarat) dibelakang mussolini yg dilakukan oleh raja italia victor imanuel dan kepala AB Italia marsekal badoglio…blunder dilakukan jerman dfn menduduki italia pasca perdamaian terpisah italia sehingga kini jerman adl.musuh seluruh rakyat italia dan balik menyerang jerman…inilah kenapa italia masih boleh berkreasi walau teknologinya terkenal rewel dan produk industrinya kurang berkualitas sedangkan jerman dan jepang tidak…

          •  

            Bagaimana dengan Meriam Oto Melara 76mm yang dipake oleh 100 negara
            Bagaimana dengan Ducati, Lambo & Ferrari yang jadi lambang prestise & dipake para artis Indonesia & dunia
            Bagaimana dengan Agusta Westland 129 Mangusta yang kini dipilih Turki & Tiongkok sebagai basis helikopter tempur mereka

            ngomong pake otak broo!!

          •  

            Bung pitik jaguh…ente sdh pernah blm punya fiat,vespa dan houseware buatan italia? Kalau blm jangan ngomong…

            Produk italia memang jago soal mode tp sdh pernah tanya blom durability dan operational cost? Kalau belum jangan komentar…

            Dibandingin jerman dan jepang jauh….

      •  

        Bukannya digunduli sayang. Bukan rahasia lagi jika yang paling menderita adalah yang kalah perang. Makanya jepang dan jerman dalam posisi militer cenderung pasifist dan itu sudah tertuang pada konstitusi mereka. Yang bikin mereka juga dengan alasan traumatik bhw mereka yang paling banyak menanggung kerugian akibat perang. Jepang karena trauma bom atom & jerman yang menaggung malu akibat holocaust blm lagi efek nyaris perang saudara di akhir 40an yang mengakibatkan Jerman pernah terbagi dua. Hanya baru2 kini Jepang & Jerman mengubah konstitusi ttng posisi militer yang lebih aktif. Jerman sdh memulai sejak bersatunya Jerman dan Jepang mulai aktif begitu meihat gelagat China

        •  

          Memang konstitusi berjalan seperti itu bro. Jerman berubah lebih akttif terutama sejak Jerman bersatu kemudian Jepang baru saja mengubah konstitusinya yang membuat peran militer mereka lebih aktif

          Yang membuat kpnstitusi tentang posisi militer mereka yang sebelumnya pasif adalah mereka sendiri secara sadar dan yang mengubahnya juga mereka sendiri dengan penuh kesadaran.

          Perubahan jaman &politik juga yang membuat mereka berubah

          Sekarang bagaimana dengan kita yang menganut zero enemy thousand friend

  11.  

    Alrtikel yg menarik, sampai”ada kata”yg membuat saya tertawa terbahak”, terimakasih bung buat artikel nya, semoga selalu di berikan kesehatan.

    Salam

  12.  

    selaras dengan Jepang, Jerman pun diam2 mengembangkan teknologi yang luar biasa, “beyond the inspiration”. contoh nyata adalah teknologi kereta cepat “TGV”, yang diaplikasikan di Perancis, Jepang, China dan negara2 lain, karena di Jerman sendiri teknologi ini dianggap terlalu beresiko, jadi di-export ke negara lain.

    lompatan di bidang teknologi Jerman sudah di atas negara2 tetangganya yang terbilang maju, bahkan Aemrika sendiri pun belum bisa menyamai. saat ini Jerman fokus kepada teknologi ramah lingkungan yg lebih efektif & efisien serta tidak merusak lingkungan.

    pada saat negara lain berpacu dalam teknologi yg menghancurkan, Jerman sudah berinovasi pada teknologi penyelamatan alam.

    •  

      Betul itu bung bapak besar…banyak teknologi tinggi jerman justru di pakai di luar negeri dlm bentuk ekspor…karena di jerman sendiri terlarang akibat pembatasan pasca kekalahan jerman saat PD2…tp balasannya adalah saat ini tdk ada senapan G36 yg beredar didunia sama alat bidiknya dgn G36 yg dipakai bundeswehr…punya mereka lebih canggih dan jerman menolak untuk mengekspornya…bahkan inggris yg tadinya mau impor G36 untuk senapan organik pasukannya jd ngambek gak jd beli karena jerman menolak memberikan yg speknya sama dgn bundeswehr…G36 yg dipakai bundeswehr tetap paling superior…

  13.  

    Info dan ArtikeL yang bagus bung TeLik Sandi , hmmm jadi bomber ASU teknoLoginya dari sini yaaa , OLeh sebab itu bentuknya yang tidak asing bin FamiLiar dimata , yang membingungkan German kok tertinggaL jauh dengan Jepang , kaLau teknoLogi Panser , Tank , APC , Howitzer , Serta KapaL seLamnya OkeLah , Lhaaaa Dirgantaranya okeLah ?! Kesian Si Fokker 🙁

  14.  

    pusat teknologi mesin yg megang german
    pusat teknologi roboika dan hatdware yg megang jepang

    AS mnjadi pusat teknologi berkat mnang PD (bukan piala dunia ya)
    musuhnya AS hebat2 ya
    sayang digunduli

  15.  

    Jerman Nazi memang sebagi pioneer pencipta Bom Hidrogen, Bom Atom, Pesawat Siluman hingga Piring Terbang. Teknologi mereka sejak kalah PD II banyak diambil dan diaplikasikan sama Amerika dan Rusia

  16.  

    Org Jerman sehari hari makan apa kok bs unggul intelegensinya??

    Mungkin kita perlu menyantap menu makanan yg mrk mkn biar ketularan berintelegensi tinggi

    •  

      sehari-hari mereka makan PETE temanya jengkol dan lamtoro … bagus itu dapat meningkatkan kecerdasan …. ok

    •  

      @ bung petruk ,

      ini sekadar hal sepele ya …., kemaren kamis Ane ada Seminar TUV certificate yang bergerak dalam eco system digagas oleh EKONID di surabaya , ketika acara sudah selesai …, para tamu dipersilakan untuk menyantap hidangan yang disediakan ….

      menunya Rollade , Tepung terigu dicampur Kentang sama maiyonaise Plus Salad ,
      duduk semeja dengan Ane orang german tersebut ,makannya Lahap sekali untuk salad dan menu ginian , mereka cukup dikit
      beda sama rekan dari surabaya ( Ane ) rollade 3 lonjor , tepung kentang ( banyak banget ) , salad ? hanya pemanis aja ( hehehe) , udah gitu masih tanya lagi Ane ke kokinya , eh mbak …. g ada nasi gorengkah ??? tanyaku

      dan ane juga tanya kepada Rollin ( nama dia ) , with all menu while you put , are you sure there’s enough for you ??

      Rollin : yes Sir , May call …. ( sambil menjulurkan tangannya )
      BFB : just call me ( edited ) BFB doank aja ….

      Hmmmm Berasa Indonesia bangettzzz….

      Story mode On

      •  

        Hahaaa.., saya jarang ikut acara gituan..
        Tapi kalo pas diundangan apa aja yg standing party..saya ngambil nasi setengah centong tp lauknya yg sebanyak mungkin..gk tau bergizi atau ndak..
        Salad?? Ngelirik aja enggak banget..xixi

        Org kita kebanyakan, makan berpedoman enak dilidah atau enak dimata..
        Thanks sharing ceritanya bung BFB..

  17.  

    Tekhnologi militer dunia pada saat ini sebagian besar terilhami dari tekhnologi militer dari Jerman…..Saluuttt….

  18.  

    http://www.hipwee.com/sukses/kenapa-orang-jerman-kerjanya-dikit-liburnya-banyak-tapi-tetap-lebih-produktif/
    Sehari 7 jam kerja tapi bisa pulang awal jika sudah selesai, Cuti 30 hari (dianjurkan 20 hari) diluar 6 minggu libur nasional. Kenapa mereka bisa sangat maju ya?

  19.  

    Hebat jerman.
    Indonesia jg bs hebat kok, klu mau dan berani berinovasi.
    Mat berinovasi!

  20.  

    :0 (???)
    🙂 🙂 😀 :o) :] :3 :c) :> =]
    😀 8-D 8D x-D xD X-D XD =-D =D :-))
    :’-) :’) :* :^* ( ‘}{‘ )

 Leave a Reply