Jan 092018
 

Jet Tempur F-15SA Arab Saudi

JakartaGreater.com – Pemberontak Houthi di Yaman pada hari Senin yang mengatakan bahwa unit pertahanan udara telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur musuh milik Arab Saudi di ibukota Sanaa, seperti dilansir dari kantor berita Saba. (8/1/2017)

Laporan dari kantor berita Saba tersebut mengatakan bahwa pertahanan udara Yaman telah melepaskan rudal permukaan-ke-udara pada jet tempur F-15 pasukan koalisi pimpinan Saudi namun tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada hari Minggu, pemberontak Houthi mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat tempur Angkatan Udara Kerajaan Saudi, namun koalisi pimpinan-Arab Saudi membantahnya dalam sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa pembom tempur GR4 Tornado jatuh adalah dikarenakan kesalahan teknis.

Pada bulan November tahun lalu, Houthi menargetkan ibukota Saudi, Riyadh, dengan sebuah rudal balistik yang mampu dicegat oleh sistem pertahanan udara Arab Saudi. Itu adalah serangan terdalam terhadap kerajaan sejak terjadinya perang antara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi dan Houthi yang dimulai pada bulan Maret 2015.

Bagikan Artikel :

  169 Responses to “Houthi Klaim Tembak Jatuh F-15 Arab Saudi”

  1. pertamak ..

    • ah aku terjatuh ..selamat bung 7

      • Ini harus dikomfirmasi agato sebelum fnc mmberi opini hoax

        Hahhaahaaaa

      • Menurut sumber setempat, itu terkena “one kill shoot dng popor yg panas”…….xixixi

        Bung Agato…..ente tau one kill shoot gak.?….xixixixi

        • Luar biasa kalo beneran bisa gitu.

          Btw sumbernya mana tuh Bung. No link sama dengan hoax. Hhhhhhhhhh

        • Ruskye ragu kalau aluminium itu ringan anti lengket jika panas dari jenis yg brbeda juga, anumu itu ajja ruskye kalau yg masuk lg panas?lengket juga itu barang, bahkan bisa lecet barangmu ituu jika dipaksa masuk, itu pun trgantung ramuan agato, klau tidak makin lebar sesudah dioles

          Hahhahaaaa

        • Ane kira, seorang Bung Yuli dan Bung Ruskye bisa menganalisis suatu video dan tidak terjebak sama judul artikel.

          1.) Di video flir yg ditampilkan, setelah 2 kali melempar flare pesawat yg diduga F-15 seperti terkena rudal. Rudal AAW yg dipake Houthi adalah Guideline dan Dvina. Keduanya adalah jenis hanud dg rudal yg dipandu radar dan akan meledak ketika mendekati target. Jelas difoto setelah ledakan dari rudal AAW tsb, pesawat tidak mengalami gangguan jalur penerbangannya. Bila terbukti jatuh maka harus ada bukti foto reruntuhan pesawat seperti Su-24 yg ditembak jatuh F-16 Turki. No photo= hoax. Yah, sama kejadiannya dg 2015 saat Houthi mengaku menembak jatuh F-15 hanya dari foto pylon, drop tank dan sidewinder.

          2.) Dalam artikelnya sendiri dituliskan bahwa mereka ragu bahwa F-15 benar2 jatuh tertembak karena tak ada bukti autentik yg ada.

          • F-15 ITU JATUH SEPERTI HORNET YG TERKENA RUDAL DI FILM BEHIND ENEMY LINES.

            BUKAN DUGAAN LAGI, ITU JELAS PESAWAT JENIS F-15, MILIK SIAPA LAGI KALO BUKAN ROYAL SAUDI AIR FORCE. OPERATOR F-15 HANYA BEBERAPA NEGARA. MUDAH DI ANALISA.

          • Jangan samain kenyataan sama film. Bagaimana bisa meyakini kalo F-15 Saudi tertembak jatuh. Coba Bung Ganar kasih analisisnya dari video flir yg ditampilkan oleh pihak pemberontak Yaman tsb.

          • Analisanya, F-15 meningkatkan kecepatan, dan itu terlihat dari kamera Thermal Imaging yang menunjukan aktivitas pada bagian ekor pesawat F-15 tersebut atau mungkin itu adalah akselerasi after burner… kemudian menembakan 2 kali flare dan beberapa saat kemudian ada indikasi rudal yang menghantam bagian pesawat, kalau dari image jelas kalau mesin pesawat dan body pesawat tidak terkena, tetapi dari blasting yang terjadi kemungkinan bagian sayap ekor terkena… itulah mengapa terlihat kalau Jet tersebut tetap terbang dalam kecepatan tinggi dan terlihat stabil… jelas dalam situasi tersebut pesawat tidak akan jatuh tetapi jika sayap ekor terhantam mungkin pesawat akan mengalami kegagalan dalam melakukan gerakan berbelok atau sulit dikendalikan…

            Dari Video
            00:32 F-15 ber-akselerasi
            00:37 menembakan 2x Flare
            00:39 Obyek yang diperkirakan rudal darat-udara menghantam pesawat
            00:46 Video berakir dalam posisi pespur tetap melaju

            Bisa jadi pespur mampu bertahan dan mendarat darurat… atau mungkin pesawat tetap melaju sampai memasuki wilayah udara Arab Saudi baru pilot melakukan eject… atau bisa juga setelah lewat 7 detik pesawat akirnya jatuh di luar range video thermal imaging tersebut… tetapi dari thermal imaging menunjukan ada bagian yang terhantam…

            Yang menjadi pertanyaan mengapa F-15 tersebut tidak berusaha melakukan gerakan menghindar seperti melakukan manuver maupun membelok menghindari rudal, mengapa justru berakselerasi dengan terbang cenderung lurus??? dan dari analisa kemungkinan Yaman hanya memiliki rudal eks Soviet dan ternyata itu tetap menjadi momok menakutkan bagi pespur modern..

          • F-15 pernah kehilangan Setengah dari sayap utamanya pada F-15 Israel saat latihan tempur. Kenyataannya pesawat itu masih bisa terbang mendarat darurat. Kembali ke topik, Ane lebih memilih untuk menganalisis bahwa F-15 Saudi tidak apa-apa walopun terkena blash pada ekornya. Jika ada kehancuran apalagi jatuh pasti akan tercatat dan terdokumentasi. Tak ada alasan bagi Saudi maupun Boeing untuk menutupi jatuhnya pesawat mereka ( kalo beneran jatuh) karena hal itu akan menjadi ancaman untuk seluruh armada F-15 saat menghadapi musuh yg memiliki senjata sejenis. Otomatis akan ada berita yang perlu disampaikan ke semua pihak.

          • Klo pengumuman resmi untuk semua pihak, menurut saya sepertinya tidak bung Agato, ada banyak alasan untuk itu. Tetapi bila data tersebut disampaikan secara internal ke seluruh pelanggan Internasional sepertinya lebih masuk akal.

          • Maksudnya itu Bung Lingkar, masak iya disampaikan ke Rusia dan China juga. Hhhhhhhhhh

          • sebenarnya sederhana bung Agato… no video adalah hoax, nah itulah videonya dan tertanggal 01/07/2018…
            masalah apakah jatuh dsb hanya mereka dan Tuhan yg tahu, tetapi videonya sudah bisa dilihat sebagai bukti dan bukan hoax…

  2. untung tuu pesawat jatohnya kebawah….jadi ketauan…!!!
    xixixi πŸ˜†

  3. Indonesia harus bungkus nih pesawat.. Kalau ada tawaran dari US jngan F-16. Pokoknya harus ngeyel.. indonesia tidak butuh pesawat multirole, yg dibutuhkan pesawat yg tahan lama saat berantem diatas. Kalau mereka tidak mau memberikan F-15 pilih F-35 sekalian.. kalau mereka masih ngeyel ngk mau juga.. kita tawarkan perpanjangan freeport sampai 2080.. hhhha.. ngiler ngk mereka..?? sampai 2100 kalau bersedia memberikan F-22 dengan opsi membeli pesawat generasi enam.. ajooorr.. ajooorr..

    • Dua-duanya.

      F16 Viper untuk workhorse 50 unit / 3 – 4 ska.

      Prediksi saya F15SE bakal menang tender untuk air superiority 24 – 28 unit / 2 ska, menyingkirkan EF Typhoon dan Su-35.

      Viper dulu diakuisisi, baru giliran F15SE diakuisisi 3 – 5 tahun kemudian.

      Kabuuur nanti fanboys Rusia ngamuk …. xixixi

      • F-16V beli baru dapat 6 biji akirnya milih dapat hibah dengan biaya upgrade F-16 Block 25 dapet 24pcs… kalau beli Viper 3ska duit darimana??? apalagi beli F-15 yang muahal…. Australia saja tidak memiliki armada ini…

        • kita sebenarnya kaya bung.. cadangan devisa saja tembus $130 miliar dollar. Atau devisa dari para TKI yg sebesar $10 miliar dollar pertahun kita gunakan untuk membeli pesawat ini lengkap dengan persenjataannya.. hhhha

          • Ngga usah mengaku2 kaya kalau buktinya kita memang tidak sekaya itu…

          • lhoo.. ini data dari kementerian bukan saya ngaku2 bung. Devisa salah satu gunanya adalah membiayai kegiatan ekspor-impor.. ya udah kita sisihkan $10 miliar dollar untuk keamanan negara masak ngk dikasih.. hhha

          • Ya jika di banding yg lain masih ada yg lebih parah… Tapi sayangnya tidak menjamin sih bung @Bagaz…. Ada negara lain dng kondisi perekonomian lebih kecil dibanding kita seperti myanmar, malah lebih berani soal belanja alutsista lho… Sedangkan kita untuk beli 11 pespur sukro mikirnya bisa panjang sekali Lucu kan Xixixi…

          • Wah, komen ane ga muncul nyangkut di giginya qarin xixixi…

          • memangnya negara cuma ngurusi pespur doang… anggaran juga digunakan untuk banyak hal lain, termasuk untuk biaya ini itu… saya malas merinci masalah anggaran dan keuangan negara, karena secara sederhana saja sudah terlihat kalau kita secara ekonomi masih keteteran…

          • Yuli lupa ya kalau anggaran untuk MEF tahap 2015 – 2019 itu 532,3 triliun ?

            532,3 triliun itu setara dengan usd 40 milyar dan itu hanya untuk 5 tahun ini saja 2015 – 2019.

            Sedang MEF itu 15 tahun dari 2010 – 2024.

          • Lol, Bung Yuli. Beli pespur bukan kayak beli barang di OL shop beli bayar tunai cod gitu. Itu dibayar bertahap bahkan pada pembelian dalam jumlah besar sekalipun tergantung berapa tahun kontraknya. Bisa 5-10 tahun.

            2.) Apa indikator sehatnya sebuah anggaran negara menurut bung Yuli?? Gak punya utang?? Anggaran pendapatan lebih besar dari anggaran belanja negara?? LoL.

            FYI, tak ada negara didunia ini yg gak utang yg otomatis anggaran pendapatan mereka lebih rendah dari anggaran belanja bahkan termasuk negara2 kaya Arab dan Brunei sekalipun. Jepang dan USA memiliki rasio utang 100% dari PDB dan lebih besar baik secara rasio maupun besarnya utang dari Rusia sekalipun. Apa Bung Yuli berani bilang bahwa Rusia lebih sehat anggarannya dari Jepang dan USA??? Hhhhhhhhhh.

          • Salah mungkin ente…atau saking semangatnya ngitung……xixixi

            MEF 2 itu dananya cuma USD 7,7 miliar atau sekitar Rp. 102 teiliun.
            Bukan USD 40 Miliar atau RP 532,3 triliun.
            Kalo sebesar itu mengalahkan Anggaran belanja Saudi Arabia….xixixi

            https://jakartagreater.com/mengintip-anggaran-minimum-essential-force-tahap-2/

            Kalo Rp. 532,3 Triliun dlm 5 tahun berarti pertahunnya sekitar Rp. 100 Triliun donk.? Hampir sama dng anggaran DepHan….xixixi
            Bangkrut negara.
            Ingat MEF itu dibiayai dng hutang. Jng terlalu semangat ngitung. Indonesia bukan mau perang besok. Koreksi lg hitungannya….xixixi

          • Lol… Indonesia membeli Su family saja dari 2003 sd 2011 dengan total 16 pespur kalau ga salah… F-16 hibah 24 pcs itu setara Viper 6pcs… kalau mau beli Viper 50 pcs butuh berapa tahun untuk menyesuaikanya dengan anggaran??? saya tidak mau terjebak dlm hitungan matematika karena terlalu eksak, sedangkan situasi ekonomi politik tidak eksak…
            Anggaran sehat ya anggaran yang mampu mengalokasikan besaran anggaran disesuaikan pendapatan pemasukan negara dan kemampuan membayar hutang disertai kondisi cadangan devisa.. besaranya saya tidak berkompeten menghitung, tetapi dari rencana menghilangkan subsidi sudah cukup membuktikan kalau negara Indonesia belumlah masuk kategori negara yg betlimpah…
            bahkan kebijakan pengadaan alutista berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan..

          • Lho si Ruskye ini bagaimana ?

            yang bilang 532,3 triliun itu kemenhan sendiri.

            https://www.google.co.id/amp/www.metrotvnews.com/amp/ObzJW0db-kemenhan-minta-anggaran-untuk-mef-rp532-2-triliun

            Si mbah Ruskye ini sudah kena alzheimer akut (kepikunan berat)

          • Yg jd masalah justru penyerapan anggaran dari kemenhannya.. Bikin gregetan.. Xixixixixixixi

          • Loe tanya pula ruskye bagaimana, mmng begitu ruskye, panas panas pun gak apa masuknya, walau licet yg penting asik kallee

            Hahhaahaaaa

        • Ya duitnya dari situ dong…

          Xixixixi

          Masih ada yang nanya duit dari mana ?

          Duitnya tuh dari minjem, dan minjemnya nggak tanggung-tanggung banyaknya ya sekitar usd 81 milyar lah untuk alutsista dikeluarkan dikit-dikit untuk belanja alutsista 15 tahun (2010 – 2024) dan dilunasi kembali secara mencicil selama 25 tahun (2010 – 2035).

          usd 81 milyar cukup nggak untuk pengadaan
          14 skuadron tempur ?
          6 skuadron angkut ?
          4 skuadron heli (AU) ?
          8 skuadron heli (AD) ?
          Ribuan lapis baja ?
          Ratusan kapal ?

          FYI pengadaan tahun 2016 untuk kapal milik matra laut saja ada 130 unit.

          Kabuuurrr

          • Klo untuk TNI-AL sudah di alam nyata, sementara untuk TNI-AU sepertinya masih di alam ghaib πŸ˜†

        • Kalau memang RI mau beli 50 unit Viper situ mau protes teriak-teriak nggak ada duit dan duit dari mana gitu ?

          Kalau memang mau beli skadron gemuk gripen situ mau teriak nggak ada duit gitu ?

          Kalau mau beli 2 ska air superiority setaraf f15se situ mau teriak nggak ada duit gitu ?

          • Ya silahkan saja kalau mau beli… tapi tetap pertanyaanya akan sama…

            mau beli F-16V/F-15/Gripen/Rafale/Thypoon/T-50i ga ada masalah, yang penting ke beli… Indonesia saat mengalami masa sulit dengan USA juga pernah ingin membeli Gripen…
            Sederhananya Indonesia kecil kemungkinan terlibat perang jadi mau beli pesawat apa saja tidak masalah… yang penting ke beli

          • Apa alasannya Bung Yuli bilang kalo Indonesia kecil terlibat dalam sebuah perang??.

          • Bung Yuli
            Ente gak usah debat dng bung TN, Phd.
            Krn dia baru berani koar2 setelah ada bocoran dr komen lapak sebelah.

            Coba ente baca komen dia dilapak sebelah sebelum dpt bocoran dr bung “Ayam Jago” terlihat ngibul analisanya.
            Tp begitu bung “Ayam Jago” berkomentar barulah dia seolah menjelaskan berdasarkan apa yg dibocorkan bung Ayam Jago….xixixi

            Itu jg yg terjadi pd jaman para jamaah Goibiyah (begitu sebutannya) sering beri bocoran dimari. Coba aja ente baca “Ayo berhitung” jilid2 awal…..kalo ente baca dan bandingjan dng komen dia skrng pasti ente simpulkan dia org yg plin plan alias jamaah bunglon…xixixi

            Tp saya tetap menikmati artikel dan hitungan hasil karyanya. Bisa buat menghayal….xixixi
            Salam damai, jaga persatuan jelang pilkada serentak.

          • Lho penjelasan saya itu saling melengkapi dengan penjelasan bung Ayam.

            Coba lihat jawaban saya ke Ruskye di lapak sebelah.

            πŸ˜›

          • @bung Agato… sejak kapan Indonesia pernah terlibat perang dengan negara lain??? negara mana yg berpotensi perang dgn Indonesia???
            @bang Ruskye, saya gak tahu tetapi dari gaya bahasanya DR itu seperti Ayam Jago… kalau tidak didebat nanti kekeliruan ini semakin tidak menentu, dan berita salah yg diulang dan dilakukan secara masif akan seolah menjadi kebenaran

          • Lagipula dari sejak bulan Maret 2017 saya udah komentar di JKGR kalau F15SE dan EF typhoon itu lebih baik daripada Su-35 dari segi radar AESA dan max ceilingnya.

            Komentar bung Ayam tentang EF typhoon dan F15SE khan baru bulan Januari 2018 ini.

            Xixixixi

          • Loh, perang kemerdekaan dan perang perebutan Papua itu apa?? 2x loh kita ngadepin Belanda. Oh ya yg lawan Malaysia, FPDA dan Inggris itu hanya sebatas konfrontasi ya. Luar biasa, konfrontasi aja disiapin bom nuklir apalagi perang, bisa rata Indonesia Ama nuklir. Hhhhhhhhhh

          • Perang kemerdekaan melawan mana??? insiden dengan Malaysia itu karena apa??? memangnya sekarang Belanda mau kembali menjajah Indonesia??? Malaysia mendapat ancaman karena dimerdekakan oleh Inggris dan kala itu Indonesia dibawah presiden pak Sukarno tidak terima kalau Malaysia merdeka, karena merasa seharusnya Malaysia merupakan bagian dari Indonesia sehingga terjadilah konflik dengan Malaysia yang didukung penuh Inggris dan USA, kala itu TNI berhadapan dengan tentara Gurka yang terkenal dan juga pasukan kusus USA di borneo…
            Setelah konflik timor timur tidak ada lagi perang besar yang melibatkan kekuatan besar, mungkin konflik aceh adaah yang terbesar, tetapi setelahnya justru Polisi dan Densus 88 yang lebih bekerja keras memerangi teroris…

          • ini kok ngelantur ngomongin perang, yg jelas sampai tahun 2020 Indonesia tidak akan perang (peperangan bersenjata) melawan negara manapun. Ada yg berani membantah.? Nyiapin perang itu gak sesingkat buat nasi goreng brooo…

            Inggris nyiapin bom Nuklir.? Emang punya nyali utk menggunakannya ke Indonesia.? Itu cuma bacotnya Inggris aja. Jng diseriusin. Emangnya segampang itu ngelempar nuklir.? Bedakan konteknya dng PD II dmn bom atom digunakan utk menghentikan kekejaman jepang.
            Emangnya tentara Indonesia sekejam tentara jepang pd saat konvrontasi itu.?

            Sudah….gak usah ngelantur, mending kita bahas frigate 4000 – 6500 ton kata gosip tetangga sebelah….xixixix

          • @ Bung Yuli: kan ente tanya kapan Indonesia pernah perang ya Ane jawab waktu perang kemerdekaan dan perebutan Papua. Lah yg Dwi Kora kan Ane gak nyebut perang. Cuma konfrontasi aja. Bom nuklir ada karena ada kemungkinan Indonesia didukung Uni Soviet. Maklum, abis insiden nuklir Kuba dan Indonesia abis ngeluncurin Kartika yg dinilai sbg percobaan peluncuran rudal. Jadi ya gak salah buat nempatin nuklir di Spore.
            Oh ya, mana pernah pasukan elit USA ditempatkan di Borneo, yg dihadapi pasukan kita itu SAS, SASR dan Gurkha. Bukan SEAL Navy atau 101st Airborne.

            @Bung Ruskye: Perang memang tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tapi siapa yg berani memprediksi kalo Indonesia takkan terlibat atau terjadi perang tidak terjadi di Indonesia selamanya?? Bahkan di pusat strategi Mabes TNI takkan ada yg berani berpikir begitu. Btw, Ane jadi ingat pernah ada yg ngomong kalo dijatuhkannya bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki adalah pelanggaran perang dan HAM oleh USA. Bukan untuk mengakhiri perang dan kekejaman Jepang seperti yg diomongin Bung Ruskye. Betul gak Bung Yuli. Hhhhhhhhhh

          • “Sederhananya Indonesia kecil kemungkinan terlibat perang jadi mau beli pesawat apa saja tidak masalah… yang penting ke beli”

            nih asalnya dari ini… itu yang saya ketik…

          • Bung @Ruskye tanpa Nuklir pun jepang sepertinya akan menyerah karena sudah kewalahan melawan sekutu…
            Banyak yg mengira Dibalik serangan nuklir asu yang dinilai tidak terlalu diperlukan tersebut terkandung makna mempertegas kemampuan teknologi asu dan show of force untuk menyampaikan pesan bagi negara-negara lain terutama Uni soviet akan kemampuan mililter asu…. Lalu Uni Soviet menganggap bahwa senjata nuklir asu merupakan sebuah ancaman keamanan bagi negaranya, Jadi mereka mengembangkan senjata nuklir untuk mengimbangi… Dan hasilnya dimulailah perlombaan senjata nuklir yang mengakibatkan Perang panas dingin xixixi…

          • Gpp sedikit yg penting beli, kayak ucapannya Pak RR ya. Hhhhhhhhhh

        • F-35 adalah produk gagal banyak kekurangannya dan kurang lincah, masih bagus F-16 Viper, Typhoon, Rafale yang sudah teruji. Untuk biaya perawatan mahal.

          • kalau produk gagal Amerika ngk akan pesan sampai 2000 unit, Israel 100 unit, Australia 40 unit, Korea selatan, Inggris, Norwegia, Turki, Italia, jepang dan jerman sedang minat. hihihi..

          • Saya berharap USA dan semua anggota koalisinya termasuk anggota NATO menggunakan F-35 sebagai pespur utama… karena pespur ini bakalan menjadi boomerang bagi mereka…
            Bahkan sampai sekarang, sampai ke Blok 3F pespur ini belum masuk dalam mode siap tempur… dan generasi yang sudah dibuat masih dalam taraf blok 2B dan untuk di upgrade menjadi blok 3F terlalu mahal…

          • F-4 Phantom pernah dianggap sebagai pesawat gagal karena kalah di perang Vietnam. Alasan utamanya karena manuver kurang lincah dan gak bisa dogfight, tapi apa iya F-4 phantom lantas selalu disebut sebagai pesawat gagal??? Bung Yuli pasti tau nasibnya kemudian seperti apa bukan?? Hhhhhhhhhh.
            Ane meyakini bahwa F-35 akan seperti F-4 nasibnya.

            Hhhhhhhhhh

          • saya tidak pernah membaca kalau F4 panthom dianggap produk gagal… satu2nya kesalahan fatal F4 adalah terlalu pede dengan rudal yg saat itu mulai naik daun dan tidak mengaplikasikan cannon… setelah mengalami beberapa kondisi baru kemudian cannon diaplikasikan, tidak pernah ada info kalau jet ini lamban/tidak bermanuver dll…

          • Nah, Bung Yuli tau gimana orang2 menganggap kegagalan pada F-4. Kenyataannya F-4 tetap sukses dan menjadi salah satu pesawat dg penjualan terbanyak kan??

          • Mig-17 dan Mig 21 dibuat berdasarkan konsep pertempuran dogfight ala PD-1 dan PD-2.
            F-4 dibuat untuk menggambarkan pertempuran udara masa depan, yaitu dg menggunakan rudal agar menghindari dogfight sekaligus mempersingkat jalannya pertempuran. Kenyataannya F-4 dan konsep pertempuran udara dg rudal menjadi salah satu pijakan hingga saat ini.

            F-35 juga dibuat untuk konsep pertempuran masa depan dimana pertempuran multi platform yg membutuhkan Situational Awareness yg tinggi,real time dan detail jelas diperlukan dimasa mendatang, disisi lain F-35 juga dipersiapkan untuk menggerakkan pespur drone dan rudal berkelompok untuk menyerang sasaran dg target diperkuat. Bung Yuli pasti paham akan hal ini.

          • F4 bukan pesawat gagal… siapa yang bilang gagal bung Agato???????
            Saya tegaskan kesalahan pada F4 itu kesalahan kecil tetapi krusial dan sangat mudah menanganinya, ga ada cannon untuk melakukan tembakan ketika rudal yang dibawa habis, dan solusinya tinggal dipasang saja, meskipun mungkin mesti melubangi dan segala macam tetapi solusinya sederhana dan terlihat…
            F-35 itu cenderungnya bukan pespur, tetapi seperti pesawat komando, karena untuk superioritas udara jelas mengakui kalau dog fight melawan F-16 kalah dalam kemampuan manuver, kemenangan hanya mengandalkan Stealth nya saja… kemampuan membawa rudal pun masih terlalu minim untuk misi yang mandiri dan berbahaya… disinyalir memanfaatkan pespur lain sebagai gudang senjata sehingga kemungkinan harus dipasangkan ketika digunakan dalam misi…
            Blok terbaru masih ditunggu, dan blok itulah F-35 dinyatakan siap dalam pertempuran, lalu sebenarnya blok sebelumnya atau blok 2B itu seperti apa???

          • F-35 bukanlah pesawat yg gagal atau salah konsep, tapi belum membuktikan kemampuan sesungguhnya. Bung Ruskye aja bilang: alutsista yg belum teruji dalam Medan yg nyata sesungguhnya
            merupakan senjata yg berbahaya karena detail karakteristiknya belum diketahui secara pasti oleh lawan.

            https://googleweblight.com/?lite_url=https://warisboring.com/is-the-f-35-joint-strike-fighter-the-new-f-4/&ei=om_ZjZGi&lc=id-ID&s=1&m=900&host=www.google.co.id&ts=1515573694&sig=AOyes_Qcw2gIowTd3UFYJPPlp9Y-Tm-ZKw

          • Saya tidak setuju kalau disebut pesawat gagal… tetapi F-35 adalah lebih cocok menjadi pesawat komando karena kemampuan pengolahan data dan kemampuan link yang luar biasa daripada menjadikanya sebagai platform tempur…
            Lebih masuk akal tetap mengoperasikan pespur seperti F-15/F-16 dan F-18 sebagai pespur penyerang daripada menggunakan F-35 sebagai pespur penyerang… tetapi jelas fungsi itu akan bertabrakan dengan fungsi dari AWACS…
            Dalam simulasi red flag jelas menunjukan kalau F-35 bukanlah platform yang cocok berdiri sendiri, tetapi lebih cocok berada dalam sebuah misi gabungan…

          • Setelah F-35, apakah proyek kapal selam nuklir AS akan mengalami nasib yang sama?

            http://nationalinterest.org/blog/the-buzz/will-the-navys-new-missile-submarine-become-the-next-f-35-24002

          • @Bung Yuli: AWACS akan dijadikan sebagai pesawat komando Armada sedangkan F-35 untuk misi taktikal. F-teen series akan dijadikan sebagai drone kedepannya.
            @Bung Lingkar: Columbia takkan menjadi halangan karena anggaran militer akan dinaikkan kembali dg pengetatan pada pendanaan proyek yg dirasa kurang berguna. Kalo untuk pengganti platform jelas akan didukung terus. Selalu yg terbaik dan terdepan serta dapat menghadapi berbagai ancaman bahkan untuk beberapa puluh tahun kedepan, itulah konsep alutsista yg ingin dicapai oleh USA. Jika Rusia ingin membuat manusia super maka USA lebih suka membuat exokeleton super yg mendukung pergerakan personil.

          • Nah masalahnya… target F-35 menggantikan semua F series… sekarang bukanya terjadi kesenjangan dimana F-35 yang dianak emaskan sehingga banyak pespur yang mengalami perawatan yang kurang…
            Mungkin USA masih memiliki opsi tetap menggunakan F series tetapi seperti Aussie, apa ga kedodoran berat

          • Mungkin maksud GAO adalah “lho, kemarin mintanya $1000 koq sekarang malah jadi $1500 sih?”

            Itu beneran buat beli empek-empek semua apa sebagian masuk kantong pejabat lho bung Agato… πŸ˜† wkwkwkw.. yang GAO khawatirkan penyakit korupsi yg beredar disini menular hingga jauh ke AS

        • Bilang aja kalo Bung Yuli gak tau ttg gimana model anggaran yg sehat. Semua model dan penjabaran ekonomi termasuk ekonomi makro itu pake hitungan eksakta aka matematika apalagi pake rumus segala. Mana ada ekonomi dipelajari pake perkiraan aja, nanti diketawain anak mahasiswa Ilmu ekonomi sedunia.
          1.) Anggaran negara yang sehat adalah anggaran negara yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara, bukan berdasarkan pada seimbangnya pendapatan dan utang. Orang konglomerat hingga orang biasa bisa dianggap maju kalo mampu mengembangkan ekonomi mereka sendiri walopun ada utang. Pola pikir takut utang hanyalah orang yang sebetulnya pola pengaturan keuangannya sangat buruk karena suka utang. Yang penting utang bisa dilunasi.

          2.) Kondisi saat pembelian Sukhoi jaman Megawati-SBY jelas beda dg kondisi sekarang. Saat itu jelas negara sedang memulihkan kondisi ekonomi pasca krisis 98 disisi lain keamanan dibutuhkan setelah ada embargo dan aksi di atas Bawean. Kondisi sekarang ekonomi jelas kuat walopun pertumbuhan ekonomi belum seperti yg diharapkan karena kondisi dunia juga baru pemulihan sejak krisis 2008. Ekonomi kuat dan ada ancaman diLCS memungkinkan untuk Indonesia membeli alutsista. Nah, karena takut diembargo lagi dan khususnya mengurangi impor serta ketergantungan pada negara lain maka ToT Alutsista sejak SBY mulai digalakkan kembali.

          3.) Ci vis Pacem Parabellum, Bila kita ingin damai maka siaplah berperang. Itulah kenapa kita banyak beli alutsista lewat rencana MEF dan ToT. Tak ada yg abadi di dunia ini termasuk negara. Sebelum itu terjadi ya kita harus siap dg segala kondisi dan konsekuensi termasuk perang dg negara lain. Entah lewat MEF maupun ToT. Gitu Bung Yuli.

          • Tambahan: sebagian Subsidi dicabut oleh pemerintah saat ini karena dinilai tidak memberikan pertumbuhan ekonomi dan dampak yg lebih luas bagi masyarakat. Hanya 20-30% dari masyarakat miskin yg menerima dampak langsung subsidi tersebut termasuk BBM, sisanya kelas menengah dan kaya yg kena. Sebetulnya dg dicabutnya subsidi yg paling menjerit adalah kelas menengah yg mencapai hampir 45% total penduduk Indonesia. Contohnya dulu banyak yg punya motor beli premium. Pake tabung gas elpiji yg melon aka 3kg. Belum pake listrik yg 900 Watt. Ngredit HP dan motor bisa masak bayar listrik gak bisa. Nah itulah kenapa subsidi dicabut untuk dialihkan ke infrastruktur. Ibaratnya daripada ngasih uang jajan anak terus lebih baik uang jajan dipotong atau dihapus, jajan dibuatin dan alokasi uang jajannya dialihkan ke hal yg berguna seperti tabungan pendidikan anak atau sepeda atau buku atau laptop untuk mendukung belajar anak. Bukan buat game apalagi nonton anime loh yah. Hhhhhhhhhh

          • Anggaran militer akan dinaikan dengan syarat pertumbuhan ekonomi berada dikisaran 7%…
            1. Anggaran tidak bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, anggaran itu untuk digunakan sebagai rencana2 yang akan dilaksanakan oleh masing2 bagan (kementerian) sebagai acuan belanja dan sebagai acuan apa saja pekerjaan/project/ maupun rencana yang akan dilakukan dalam kuartal anggaran tersebut… Jangan mencomot dari kinerja presiden sekarang yang getol melakukan pembangunan infrastruktur dengan tujuan jangka panjang mencorong pertumbuhan ekonomi, memang presiden sekarang berpikir secara benar dan itu diakui oleh lembaga2 dunia sebagai tindakan dan kebijakan yang luar biasa tepat…
            2. Kondisi ekonomi sekarang sudah jauh lebih baik dari era pasca krisis moneter 98/99 tetapi tetap saja belum stabil dan belum bisa dibilang spektakuler, harus melihat secara keseluruhan seperti apa kondisi rakyat Indonesia di ujung berung dan di kota besar, kesenjangannya masih tinggi dan itu menunjukan kalau ekonomi kita belum stabil dan merata… dari tahun 2010 sd sekarang saya belum pernah menemukan artikel yang menyatakan kekuatan luar biasa keuangan negara kita, kita bukan negara miskin tetapi kita belumlah negara yang kaya…
            3. Saya percaya saat ini semua elemen pertahanan sadar betapa berantakanya kemampuan autista militer kita, baik di darat laut dan udara, dan sekarang adalah saat untuk berusaha mengejar ketertinggalan itu, dan karena begitu masifnya kebutuhan… jelas tidak efisien jika hanya difokuskan di salah satu matra angkatan saja, apalagi hanya salah satu jenis persenjataan saja…
            Ingat kebijakan pemerintah tentang pembelian alutista adalah disesuaikan kebutuhan, bukan disesuaikan keinginan…

            Saya selalu diingatkan guru bahasa Inggris saya disekolah kalau jaman saya nanti (sekarang) subsidi akan dicabut, dan kami pasti akan mengalami situasi yang berat karenanya dan harus mempersiapkan diri… saya setuju sekali pencabutan subsidi, tetapi pencabutan subsidi jelas kemana peruntukanya yaitu pembangunan infrastruktur dan bukan alutista…
            demikian bung Agato, jujus saja saya bukan ahli ekonom jadi sya tidak akan berani menggunakan angka2…

          • Kalo yg bung Agato jabarkan point 1 bukan tentang anggaran sehat, tp itu proses. Anggaran sehat itu dimana pd akhirnya Anggaran Belanja hrsnya minimal sama dengan Anggaran Pendapatan bahkan yg sehat benar jika mengalami surplus Anggaran. Salah satu caranya spy sehat dng mendorong pertumbuhan ekonomi.

            Kalo yg point 2 dan 3, ane idem dng bung Agato….xixixixi

          • kejadian krismon 98/99 mungkin sangat berhubungan dengan rencana akusisi Su-27 kala itu… dan masa2 sulit itu didapat saat Indonesia mendapat sangsi embargo dari USA…

          • Bro yuli, doktrin sekutu itu siapapun yg tdk sekutu wajib dilemahkan biar tidak menganggu anggota sekutu baik dlm hal keamanan, pertahanan, ekonomi, ideologi, maupun kebijakan mereka.

            Hanya tehnis politik mereka bisa berbagai cara seperti ngasih bantuan, embargo, penekanan, ancaman dsb … gitu lah

            πŸ˜€

          • Doktrin Sekutu?? Gak setawon aja Bung Bamboo?? Hhhhhhhhhh

          • Mestinya “dipikirkan” cara agar subsidi bisa tepat sasaran dan bukan hanya 20-30% saja yang menerima… bukan malah “mencabut” subsidi.

            Bukankah rakyat Indonesia sudah “menggaji” mereka untuk memikirkan “kesejahteraan” seluruh rakyat Indonesia, bukan kesejahteraan “pejabat dan keluarganya” saja.

            Kenapa kesejahteraan ASN A lebih diutamakan daripada ASN B? (dalam hal ini guru/pengajar).

          • Ane juga bingung, anggaran untuk pendidikan aja 20% dari APBN, tapi bukannya udah ada sertifikasi ya.

      • Ko tumben ga da gripik xixixi…

        • biasanya memang ditawarkan C/D bekas…

        • Lho kata bung kukuruyuk gripen c/d calon kuat untuk skadron 1 kohanudnas.

          Jadi harap dibedakan antara :
          a. Ska pengganti F5 (11 unit Su35 yg tak kunjung selesai)
          b. Ska workhorse (50 unit viper)
          c. Ska interceptor kohanudnas (28 unit gripen c/d)
          d. Ska air superiority (28 unit f15se)

          • terserah sajalah…

          • Lagian Bung Ayam Jago kan memang Gripen maniak… sekaligus Russia Haters…

          • Si Ayam jago itu bukan gripen maniak…

            Dia lebih condong ke pembuatan data link kartika

          • trusss..imbal baliknya apa dong..

          • Seorang yang netral akan memberikan ulasan yang seimbang, sedangkan tulisan komentar beliau sangat anti alutista Russia… dan Gripen, selama pespur ini belum terlibat dalam operasi militer di manapun di dunia belum bisa disebut teruji… hampir semua pespur pernah terlibat perang modern, dan hanya Gripen yang tidak…

          • Ingat gripen itu sudah menjaga Swedia selama puluhan tahun.

            Artinya sudah terlibat dalam operasi militer untuk menjaga wilayah udara Swedia dari infiltrasi Rusia.

            Rencana pengadaan Gripen itu untuk digunakan sebagai interceptor (penyergap).

            Lalu kau pikir saat RI beli TA-50 di tahun 2011 apa saat itu di tahun 2011 apa TA-50 sudah terlibat operasi militer di mana pun ?

          • Swedia tidak terlibat dalam konflik apapun selama puluhan tahun, bahkan insiden F-16 Indonesia vs F-18 lebih seru daripada keterlibatan Gripen dalam sebuah insiden…
            Interceptor, mau menyergap apa dan siapa di Indonesia??? Indonesia bukan negara yg agresif…
            Indonesia membeli T-50i kala itu sebagai pesawat latih bukan pesawat tempur, baru sekarang ada upgrade menjadi FA-50 dan membeli TA-50 kalau tidak salah 12 pcs lebih ke faktor pendukung project IFX…

        • Bung FNC dah ganti waifu belum season ini?? Hhhhhhhhhh

          • Haha… Ente ngemeng gitu malah makin keliatan jelas kewibuan ente bung soalnya Yg suka teriak waifu2 itu hanya wibu sejati wkkkk… Sy nonton buat hiburan bukan buat nyari Waifu kek ente xixixi…

          • Lah, Ane kan tanya. Kalo Ente gak ada ya gpp. Hhhhhhhhhh

          • Hahaha… Ente keknya penasaran amat sih sm anime yg ane tonton agato?? Nih ane kasih spoiler deh anime terbaru yg ane tonton biar ente ga penasaran… Recreators, Black cover, Inuyashiki… Blend S saya suka karena lucu bukan karena Moenya… Malah anime Moe yg dipuja – puja wibu macam K-ON kagak demen ane kagak lucu sih cuman sok moe doang(termasuk kancole walaupun ane blom nonton tapi keknya ga menarik bagi ane) terus ini juga ane lagi iseng baca mangga Goblin slayer… Udah itu aja biar ente ga penasaran dan nanya anime mulu ane kasih tahu… Tapi jng dilanjutin soalnya ini bukan tempat buat ngobrol anime oke xixixi…

          • Wah, kok tau K-On juga padahal itu anime lawas udah 10 tahun yg lalu. Wah, suhunya Anime nih. Salam Bung FNC. Hhhhhhhhhh

          • Njir, dibilang jng dilanjutin nih wibu bener nyebelin yah wkkkk… Ane nonton itu malah blom lama Agato, Cuman liat reviewnya banyak di puji sm Wibu2 lah pas gue tonton malah jelek…FYI gue nonton anime tuh ngacak ga tergantung dari tahun terbaru karena bosen gue kalau nonton anime doang… Sekali lagi Lu nanya gue sumpahin kena rudal Houthi rumah luh yah xixixi…

          • Dari pada ente sebar paham wibu di sini… Noh mending ente jawab si huha soal F 22 di bawah xixixi….

          • Ente harusnya nonton GATE, Arslan Senki, atau Shoukoku no Altair. Itu bagus loh buat Ente. Hhhhhhhhhh

      • Haaaaah F-15 SE (Silent Eagle)???. Ngimpi. Berani Taruhan Bakal Ndukung Gripik Plua Anti Rusia Klau Bener Terjadi. Toh Paling Pol F-15E

    • membeli F-35 adalah kesalahan fatal… bakalan babak belur untuk biaya perawatan dan untuk upgrade, karena sistem softwarenya yang di upgrade… bahkan yang sekarang Blok 2B yang sudah diproduksi terlalu mahal untuk di upgrade ke Blok 3F… padahal Blok 3F disinyalir baru siap tahun ini jika sesuai target, blok 3f adalah blok dimana F-35 memiliki kemampuan untuk bertempur….

      • Dikenal boros dan banyak masalah memang itu pespur bung… Padahal Sekarang teknologi stealth kan udah banyak yg tahu, Kenapa si asu masih ngotot ga mau jual F-22?? Malah ngotot dng F-35 yg dibilang banyak masalah dan jauh performanya dibanding Raptor??sekutu2 asu pun ngincernya dulu raptor… Kalau itu raptor di jual mungkin Loket akan lebih untung besar dibanding jual kalkun botak xixixi…

        • F 22 itu pesawat legenda mamarika, kalau dijual nanti bisa ketahuan belangnya gimana? Semisal ketahuan rcs nya besar gimana? Ketahuan pilotnya jadi linglung pikun gimana? Nanti jd malu kan πŸ˜€

          • F-22 adalah pespur unggulan dan jelas tidak akan dijual kepada siapapun… meskipun daripada F-35 sebenarnya lebih banyak yang tertatik kepada F-22 terutama karena kemampuan dan kelebihan yang dimiliki… F-35 menawarkan kemampuan proses data link yang super, dan bisa disebut komputer terbang, tetapi menurut saya hal ini justru membunuh kemampuan utama pespur yang harus mampu bermanuver, memiliki kecepatan, kemampuan jelajah dan memiliki payload yang mumpuni…
            USA jelas sekarang dalam situasi rumit, karena mereka tetap mengoperasikan F-15/F-16 dan F-18, dan sepertinya F-35 tidak cukup mampu menggantikan peran semua platform itu, dan F-22 terlalu sedikit untuk di andalkan menjadi pespur utama…

          • Coba lihat ini bung@mamba dan Bung@yuli…

            https://www.gizmodo.com.au/2016/02/australia-should-buy-f-22s-not-f-35s-says-retired-raaf-wing-commander/

            Di situ ditulis simulasi F-35 aus vs sukro-35 indonesa xixixi…

            A simulation showing six F-35s versus six Sukhoi SU-35S, Indonesia’s intended future air superiority fighter choice for its air force, suggests that 2.36 Joint Strike Fighters would be lost for every SU-35S downed. The simulation was run on H3MilSim software developed by Mills’ RepSim, a company he and a colleague set up after retiring from the RAAF

            Hahaha… Bahkan orang2 aus takut dng Su-35 indonesia dan kalkun botak pun tandingan… Tapi jika dng F-22 hasil simulasi jadi berlawanan dng si kalkun botak…

            A simulation of the aerially superior F-22 Raptor, though, results in an almost precisely opposite outcome — with 2.14 Sukhoi jets destroyed per F-22 loss.

            Wow, dibantai sukro… benar ga tuh yah?? Coba kemaren tuh Raptor ga kabur pas ketemu sukro kemaren kan jadi tahu hasil realnya wkkkk…

          • Ya, elah ga keluar lagi komeng ane nyangkut mulu nuh wkkkkkk… Padahal tentang simulasi Su-35 indonesia dan F-35 aus xixixi…

        • Hhhhhhhhhh….

      • Blok 2B punya kemampuan tempur, yg belum ada adalah kemampuan berbagi datalink dgn aman untuk berbagai platform.

    • Ditembak houti aja down masa dibeli, biarin amerika kere dulu baru kita tolong, keputusan amerika bela israel krn kelompok yahudi berjanji mau bantu amerika yg kebingungan bayar utang

  4. Itu pilihan bodoh, keuntungan mereka dari Grasberg lebih besar dari hanya sekedar F-22 atau F-35. Beberapa waktu yang lalu ada utusan khusus dari amerika (tapi anehnya kunjungan ini bersifat unofficial) datang menemui Jokowi langsung dan meminta sekitar 12500 ton emas untuk membantu menalangi utang amerika yang mendekati jatuh tempo. Emas sebanyak itu diharapkan di-supply dari tambang yang dimiliki Indonesia (alias meminta perpanjangan Freeport). Dari sini kita tahu bahwa cadangan tambang emas kita luar biasa.
    Sebagai timbal baliknya utusan itu menyampaikan ketersediaan amerika untuk menghapus utang-utang Indonesia secara bertahap, seiring dengan supply emas yang masuk ke kantong Paman Sam (yang pada akhirnya cuma singgah saja untuk membayar utang).
    Permintaan utusan itu ditolak dan dalam waktu singkat isu utang Indonesia menjadi trending di dunia maya dan media massa. Itu adalah “serangan balasan” agen-agen Barat karena penolakan permintaan 12500 ton emas alias perpanjangan kontrak karya Freeport.
    Kalian tahu sendiri siapa-siapa yang cuap-cuap soal utang Indonesia beberapa waktu lalu.

    • Freeport dimintain minimal 51% saham itu mutlak untuk RI.

      RI nggak bakal ngasih peluang kurang sedikit dari itu. Minimal 51% itu sudah harga mati nggak bisa ditawar.

      Namun untuk pembelian alutsista itu bukan ranahnya emas freeport.

      Jadi harap dibedakan, sebab alutsista itu melalui tender dan nggak ada istilah imbal beli dengan emas freeport.

      Yang ada itu RI beli alutsista dari US dan US wajib beri offset dan atau TOT ke RI minimal sebanyak 85% sebagaimana yang dituntut UU pengadaan alutsista.

    • saya dapat bocoran.. katanya tambang dibawah tanah itu menjalar sampai wilayah PNG juga lho ya.. dan ditemukan kandungan uranium juga.. hahahaaa.. makanya mereka ngotot. Lagian selama puluhan tahun beroperasi disitu, baru tahun 2000-an freeport bisa mendulang keuntungan karena investasi membuka tambang disitu juga tidak sedikit.

  5. Dan selama Freeport masih beroperasi — kalau boleh gue bilang pengkhianat bangsa yang bersedia menjadi agen Barat — berusaha membuka peluang untuk Rio Tinto yang adalah perusahaan tambang milik Rothschilds untuk membeli saham dan menguasai Freeport dari McMoran, menutup kemungkinan freeport untuk dikelola bangsa Indonesia sendiri.

    Dan sampai hari ini kita kehilangan 100 ton emas yang diselundupkan ke Singapura.

  6. Hanya Jokowi dan sejumlah mantan Jenderal dibelakangnya yang mau menentang kerakusan Freeport atas Grasberg. Gue gak bermaksud kampanye disini, tetapi jika Jokowi lengser, tidak ada jaminan bahwa Grasberg akan kembali ke Indonesia dibawah presiden baru!
    Penyakit kita adalah: Orang Baru, Kebijakan Baru!

  7. pecah telor niy f 15…cieeeee…

  8. Ane gak yakin ada hubungannya antara rencana beli Su-27 dg krismon 97/98. Kalo emang iya harusnya sejak Megawati-SBY bisa beli Sukhoi jelas Indonesia akan dihancurkan lagi seperti tahun 97/98. Kok keliatannya jadi sepele banget penyebab krismon. Kalo Bung Yuli pengen tau, krismon 97/98 terjadi karena kita baik pemerintah maupun swasta utang gak kira2, utang gede tanpa jaminan dan utangnya pake dollar. Apalagi dulu kebijakan nilai tukar adalah terkontrol. Begitu dilepas menjadi kebijakan pasar bebas maka nilai tukar rupiah jadi jatuh karena cadangan/simpanan keuangan kita gak ada, harga BBM dan komoditi juga turun. Begitu nilai tukar naik, dan ditambah turunnya harga minyak serta komoditi maka jadilah pukulan yg sangat telak dg beberapa pukulan sekaligus. Malaysia dan Thailand bisa selamat karena sejak awal nilai tukar mereka sudah kuat dan mereka mengandalkan jasa dan manufaktur sebagai pegangan. Jadinya bisa langsung pulih. Kalo saja jaman Mbah Harto bisa memanfaatkan naiknya harga minyak dg digunakan untuk diversifikasi investasi seperti UEA dan Qatar jelas kita akan lebih maju saat ini. Padahal booming minyak itu terjadi pada 70-80an. Dan terjadi lagi pada jaman SBY dan SBY sayangnya tidak mengantisipasi hal itu. Makanya begitu 2012, pertumbuhan ekonomi kita jatuh walopun masih diatas pertumbuhan ekonomi dunia. Ini terjadi karena kita tidak mendiversifikasi investasi juga karena infrastruktur tidak dibangun lagi sejak jaman Suharto. Padahal lama bertahannya infrastruktur perlu diperbarui lagu setelah 20-25 tahun. Nah gitu Bung Yuli.

    • Teori ekonominya spt itu bung.
      Issuenya memang ada hubungan antara rencana beli Su-27 dg krismon 97/98, karena gelagat pak harto yg mulai membelot akan memesan peralatan tempur dr Rusia sebagai akibat kekecewaan beliau terhadap barat yg mengekspose Timor timur bahkan memberlakukan embargo. Sebagaimana kita ketahui bahwa masuknya Timtim ke RI tidak lepas dr keterlibatan AS dan sekutunya. Jika dibiarkan sama dng membangkitkan macan tidur jaman pak Karno

      Ada ketakutan perusahaan besar seperti Boing dan Airbus akan membesarnya IPTN pada waktu itu yg merambah pd rencana produksi N2150 yg notabene adalah saingan B-737 400 atau Airbus A300. Jika N1250 berhasil launching maka kolapslah pasara potensial mereka krn N1250 lebih murah dan kualitas pun bersaing. Blom lagi kisah tentang PT. PAL

      Peluang masuknya melalui melaui si Soros, dng menjatuhkan nilai mata uang. Barulah teori ekonomi yg anda sebutkan diatas menjadi faktor pendukung krisis tersebut. Seperti itulah skenarionya……xixixi

      • Kalo masalahnya rencana beli Su-27, lalu kenapa waktu kita beli Su-27/30 kondisi kita gak seperti waktu 97/98. Seberapa besar pengaruh pembelian Su-27 oleh Indonesia terhadap hegemoni barat khususnya USA??? Avibras dan sekarang perusahaan Comac dari China serta Superjet 100 dari Sukhoi aman2 aja tuh menantang hegemoni Boeing dan Airbus. Walopun barang murah kualitas bagus bukan berarti akan berarti akan menang pertempuran. Butuh reputasi yg tinggi yg dibangun dari promosi besar-besaran baru bisa memenangkan pasar. Buktinya Apple dan Samsung masih menguasai hp dunia walopun sudah banyak produk yg lebih mumpuni dari mereka. Maka teori penyebab krismon adalah rencana pembelian Su-27 dan N-2150 jelas alasan yg terlalu dibesar-besarkan. 1 ska takkan mungkin bisa mempengaruhi kebijakan kecuali yg dibeli 10 ska seperti India atau beli 2 ska Tu-160, nah itu bisa jadi bahan pertimbangan tapi belum akan membuat Indonesia menjadi hancur seperti krismon. Intinya teori konspirasi itu terlalu berlebih-lebihan dan tidak masuk akal.

        • Bukan alasan yg dibesar2 kan. Emang itu kronologinya bro….
          Bukan masalah brp skuadron yg dibeli tapi masalah berpalingnyanya itu yg ditakutkan bangun kembali spt jaman pak Karno.

          Ente bilang kalo ingin damai hrs siap berperang. Kalau ingin bertahan menguasai pasar hrs sikut saingan walaupun msh seumur jagung.
          Siapa yg menyangka dulu Nokia tdk akan kolaps oleh serangan pendatang baru Samsung.
          ATR 72 aja ketar ketir jika N250 terwujud. Krn murah dan teknologinya lebih maju. Kesalahan IPTN adalah menyenggol raksasa besar spt Boing dan Airbus.
          Kok di bilang alasan mengada ada. Itu fakta bro.

          • wkwkwkw…. “ego” itu mahal harganya…

          • Lihat saja dari alurnya…
            1995 Indonesia di embargo militer secara otomatis semua koalisi USA juga melakukan hal yang sama
            1996 Karena embargo Suharto waktu itu mulai mencari alternatif dan Gripen sebenarnya menjadi salah satu target, dan jelas tidak mungkin mendapatkanya karena tau sendiri lah…
            akirnya memilih untuk menjajagi pembelian Su-27 dari Russia
            1997 sudah mulai dilakukan pendekatan
            1998/1999 krisis moneter yang mengguncang asia tenggara kususnya dengan Indonesia yang paling berantakan dan akirnya rencana pembelian Su-27 gatot
            2003 dalam kondisi pespur yang semakin berantakan akirnya pembelian Sukhoi family terealisasi dengan semua kekuranganya termasuk tidak adanya senjata
            2005 akirnya embargo militer dicabut USA

            Jika tahun 2003 Indonesia tidak mendapatkan Sukhoi mungkin embargo tidak akan dicabut di 2005…

            Ada unsur lain yang membuat pemerintahan Suharto dalam situasi yang sangat rentan, yaitu memanfaatkan pinjaman IMF, posisi hutang itulah yang dimanfaatkan untuk menyerang perekonomian Indonesia, karena kala itu memang sedang jatuh tempo pembayaran utang… meskipun efeknya berdampak pada banyak negara tetapi jelas terlihat kalau Indonesia adalah yang paling berantakan dan dari unsur diatas jelas memang targetnya adalah perekonomian Indonesia…

        • Bukan gitu ruskye, aluminium itu tahan panas yg brlebihan, bukan tidak bisa panas & ringan anti lengkat dari jenis yg brbeda jika terkena panas yg brlebihan, timah & aluminium kan dari jenis yg berbeda, jika dikeduanya dipanaskan? Tidak akan lengket.

          Sama seperti anumu & anunya jika anunya lg panas? Maka bisa macet itu masuknya bahkan bisa lecet jk dipaksakan, karna jenisnya sama, kecuali menggunakan alat bantu yg biza bergerak gerak didalam

          Hahhaahaaaa

  9. syabas mister agato klu tdk anda tdk ramai yg komentar.

  10. R.I.P Monty The Pony. πŸ™

    #Slh Satu Korban Kekejaman Cakar Eagle Di Inggris
    #Semoga Bapak Kuda Monty Diberi Ketabahan

  11. f15 masterpieces USAF. bahkan f22 kalah besar, lincah,cepat, jg lebih byak bwa misil
    dipake arab saudi jd jet mediocre hehee…
    ditembak rudal sekelas s-200

    https://southfront.org/yemeni-houthis-turned-soviet-air-to-air-missiles-into-ground-to-air-missiles-to-combat-saudi-led-coalition-warplanes/

  12. Houthi pake rudal buatan tiongkok apa rusia ya?

 Leave a Reply