Agu 272016
 

Hampir setiap tahun Indonesia selalu bergelut dengan masalah kebakaran hutan. Indonesia juga berencana untuk membeli pesawat amfibi dengan kemampuan pemboman air dari Rusia atau Jepang.

Ada salah satu alternatif lain yang bisa dijadikan Indonesia untuk memadamkan hutan, meski saat ini masih dalam konsep dan sudah dipatenkan oleh perusahaan Boeing dari AS.

Perusahaan Boeing AS akan mengembangkan konsep baru pemadaman hutan, yakni dengan menggunakan meriam howitzer. Howitzer banyak digunakan dalam berbagai konflik didunia, dengan stok yang sangat melimpah, sebagian diantaranya tersimpan digudang atau bahkan menjadi besi tua.

379890B400000578-3759665-image-a-2_1472205802746

Ide terbaru Boeing adalah dengan menggunakan senjata howitzer yang dilengkapi dengan amunisi penghambat api untuk membantu mencegah kebakaran semakin meluas.

Ditempatkan pada jarak puluhan kilometer dari area kebakaran hutan, howitzer yang dilengkapi dengan amunisi pemadam api bisa membombardir kobaran api dengan tembakan dua amunisi permenit secara lebih aman.

Saat ini, petugas penanggulangan Karhutla Indonesia memadamkan kebakaran hutan dengan menggunakan helikopter atau pesawat amfibi dari Rusia. Sebagai perbandingan, satu baterai yang terdiri dari enam howitzer membutuhkan waktu kurang dari 6 jam untuk bisa menyebarkan 25.000 liter cairan pemadam api, sementara dengan menggunakan pesawat membutuhkan waktu 7,6 jam atau bila menggunakan helikopter bisa menghabiskan waktu sekitar 12 jam.

379890B000000578-3759665-image-a-3_1472205882090

Saat ini yang masih dalam tahap pengembangan adalah selongsong amunisi khusus untuk muatan cairan pemadam api, satu selongsong nantinya bisa memuat 4-22 liter cairan. Setiap amunisi menggunakan teknologi canggih yang terdiri dari timer, altimeter, accelerometer, perangkat gps, sensor suhu, sensor tekanan, atau alat pengukur jarak. Dengan cara ini, bahan kimia akan disebarkan persis di atas api atau di sekitar api untuk menghentikan penyebarannya.

 Posted by on Agustus 27, 2016

  35 Responses to “Howitzer Pamadam Kebakaran Hutan”

  1.  

    Sip

  2.  

    mahal ongkos amunisi

  3.  

    Baguss nihh.. tapi jgn salah sasaran krn bisa bikin banjir rumah orang. . .

  4.  

    suatu saat mungkin bisa di tembakkan dari helikopter,dan mungkin juga
    dalam pengembanganya bisa di terapkan untuk padamkan api di pemukiman
    penduduk.akses air mungkin jauh atau terbatas kasihan warga yg lari
    pontang panting bawa2 ember padamkan api

  5.  

    WIH MUSTI FUNGSI TUH,BUAT KEBAKARAN HUTAN PAKAI AMUNISI CAIRAN PEMADAM API,TAPI KALAU PERANG GANTI AMUNISI NYA PAKAI CAIRAN SIANIDA.WKWKWKWKWK

  6.  

    nyeruput kopi sianida dulu ah……

  7.  

    namanya juga meriam bukan roket atau rudal,entar kalo amunisinya jatuh di negara tetangga asyik tuh..tinggal alasan lagi padamin api lho

  8.  

    Ga keren, jelek dan buruk…pesawat amphihi rusia lbh oke, tp omong tok mau beli, jd males komen, ga bakalan di dgr jg sm pemeritah…percuma koar2 tp ga dibeli2 …pemerintahan yg aneh bin kuno…

  9.  

    tenang aja ini peluru pasti ngga akan semahal peluru M829A4 APFSDS yang di pakein peneterator Depleted Uranium…..

  10.  

    Gue yakin sekedar gitu aja Insinyur indonesia pasti bisa… yang membuat tk bisa itu dananya.

  11.  

    wkwkwk ide saya 8 tahun yang lalu, tapi bubuk mesiu (TNT) nya harus sedikit atau diganti karena tanah gambut mudah terbakar. cara termurah daripada membawa backhoe untuk membalik tanah gambut yang terbakar.

  12.  

    Dari segi biaya kyx terlalu mahal..
    Tp kalok dr fungsix bagus lah sklyn buat latihan..
    Tp kalok pesawat amphibi ky lbh efektif dgn 4 pesawat..

  13.  

    malah idenya tidak bisa diterapkan di indonesia, karena yang terbakar adalah gambut yang terletak beberapa meter dibawah tanah, ide seperti gambar diatas hanya bisa ditanah keras seperti australia dan amerika.
    kalau di indonesia cocoknya howitzernya diisi kapsul karbondioksida sehingga ketika jatuh dan menghantam gambut kapsul karbondioksida pecah dan menghambat api menjalar dengan membanjiri tanah dengan karbondioksida sehingga gambut di dalam tanah bisa berkurang bahkan padam. tapi penduduk dan hewan harus diungsikan terlebih dahulu agar tidak ada korban jiwa akibat pecahan selongsong ammo howitzer

  14.  

    ide cukup bagus tapi sepertinya gk njamin lebih irit dan efektif anggRan..

  15.  

    Semua bisa kok asal ada dana itu aja simple

  16.  

    Kebanyakan ngomong alulsista terus pikiran nya bro pemerintah berpikir lebih jauh dari pada pikiran kalian kalo komen jangan jadi satria cyber tapi ungkapkan aspirasi anda dengan berbicara baik baik pak presiden kan enak di dengar dari pada koar koar di internet ngak guna

  17.  

    Apa waktu ditembak gak panas pelurunya….terus efek tumbukannya.gimana..
    kalo cairannya meledak sebelum kena tanah sih ok krn sumber panas peluru juga langsung dingin…

    Tapi cara ini apa safety..kalo ada penduduk di sekitar kena tumbuk peluru apa gak lepas itu kepala…

    Apakah cara ini murah ?? Pelurunya harga berapa ??

    Kalo rumah mbah bowo kebakaran pake howitser ini sih boleh dan sangat boleh wakakaka…

    Menurut alhli pemadam kebaran Jendral MUKIDI. nih…Bagusan pake pesawat amfibi…atau bomber water..
    Safety dan lebih efektif…
    Wakaka..

  18.  

    bung seto terlalu mendramatisir masalah,, yang pasti sebelum produk di jual dh lolos QC,, plgi cm mslh teknis, sblum d jual dh psti dilakukan R&D yg rumit. dan psti ini buatan pabrik bukan pande besi,, insyaallah,, aman terkendali,, terutama buat ngebom para pembakar hutan

    •  

      Nah kalo untuk ngebom pembakar hutan silahkan hehe..setuju saya..

      Ok lah taruhlah masalah produk udah lulus QC…
      Ya diuji saja efektif tidak, lebih murah tidak, pengerahannya dan mobilitas bisa cepat tdk di lapangan..
      Jangan jangan udah dibeli malah jadi rongsokan krn gak dipakai…

      Dibanding pesawat pembom air..mobilitas dan areal luasan yg bisa dicover sangat beda..bung..

      Faktor kecepatan penanganan Selisih 1 jam aja kebakaran hutan bisa meluas sangat cepat lo bung..

      Faktor Price, operational cost juga penting..

      Tapi untuk melengkapi arsenal penanganan kebakaran hutan boleh juga dicoba, janga lupa kembangkan roket penebar garam untuk hujan buatan…
      Jangan lupa juga pesawat water bombernya dibeli juga..jangan gagal yah hahaha…
      Jangan lupa perusahaan pembakar hutan dihukum berat juga..itu mafia semua..bakar mafiaaa…wakkakaka

  19.  

    Pake pesawat ato hely g efektif. Karakteristik kebakaran di ina beda dgn kebakaran hutan. Paling cocok beli pompa kapasitas besar beli selang puluhan kilo meter. Gambut kalo digerojok air dari hely ato pswt malah asapnya tambah buanyak krn yg terbakar bawah

    •  

      Gambut itu harusnya ditambang aja jadi umpan boiler pembangkit listrik. Cadangan .batu bara jangan dihabisin dulu..

      Coba lihat pabrik kelapa sawit..cuma pakai cangkang sawit aja bisa menghidupkan boiler mini buat operasional pabrik…

      Kata CARIN insinyur banyak di indonesia baca dan buat alutsista dari selembar blu print curian aja bisa, masa ngolah gambut aja gak bisa….

      Haha carin…

      •  

        klo gambut jd bahan bakar,, tmbah biaya lgi bung, klo cangkang sawit itu kn produk sampingan/sisa, trus mesin boiler yang di pakai kn msih umum(ampas tebu, batubara), klo pakai gambut,, hrus diolah gambutnya, hrus modifikasi mesin itu yg mahal, mesin boiler cangkang mau d pakai batubara aja udah agak repot trutama pd sistem pembuangan ny, blom lagi “panas” yg d hasilkan,, tehnis bgt bung,, klo dh nyangkut tehnis,, tmbh biaya,, jd tdk efisien.. hheee
        klo bicara tehnis jd panjang mlhn ntar šŸ˜€ yg psti sulit, terlebih horor nya bkal merusak lingkungan..

  20.  

    Komeng lagii..

    Tampaknya ini bisa jg bwt gantiin fungsi kendaraan penyemprot air milik polisi yg biasa utk nyentor para demonstran..

    Dari jarak jauh tinggal tembakkan sj howitzer air ini ke demonstran..

  21.  

    Ide yg bagus, tnggl menanti mass product nya dan jgn lpa membandingkan cost nya

  22.  

    Masih setia di artikel ini..

    Selongsongnya selain bisa diisi air ada baiknya jg bisa di isi bensin.

    Isi air kan bwt pemadaman kebakaran..
    Sedangkan isi bensin bisa bwt mbakar tentara musuh.. kyk bom napalm..

  23.  

    efektif dan efisien itu kita bicara pemanfaatan waktu dan biaya,, klo seperti itu ya lbh tepat kanalisasi,, membasahi hutan gambut,, hujan buatan, dll.. ini semua bicara strategi bung, klo mslh cost,, ketika bicara nyawa ya jd nomer sekian,, yg psti alat ini untuk minimalisir, melokalisir,, minimalisir korban itu yg pling utama,,, safety first,, gk ada lgi nasib praka wahyudi

    •  

      Bung kupreet, Ya ya ya betul kanalisasi..atau gak taulah teknologi apa yang bisa buat gambut lebih manfaat lagi..itu mungkin yg perlu dikipir ehh dipikir negara ini..

      Atau gambut dijadikan bahan apa gitu..menarik sebenarnya..kasi ilmuwan jerman aja deh pasti jadi manfaat..wakakaka…

  24.  

    mungkin msh hrs dihitung ke efektifan tidaknya dalam memadamkan api kebakaran dengan biayanya….dan apakah cairannya bisa /tidak meracuni tanah..
    malah proyektil model gini kalau jadi senjata baru itu lbh memungkinkan…misal muatannya diisi air aki yg berefek kaya tehnisi f-16

  25.  

    Msh konsep dn blm terbukti efektif buat memadam kebakaran hutan gambut..jadi nggak usah borong he..he..he…

  26.  

    namanya jg jualan om… Pastikan Indonesia Satu.

  27.  

    pinjam dengan jepang aja. alat2 Doraemon pasti lebih hebat dari meriam tersebut. haaaa haaaa haaaa