Apr 122017
 

Korea Utara dan Suriah telah menegaskan kembali upaya untuk meningkatkan hubungan dengan saling memberikan ucapan selamat pada hari peringatan kunci setelah serangan AS baru-baru ini di sebuah pangkalan udara Suriah yang membuat kekhawatiran di banyak negara, seperti dilansir dari Yonhap News.

Surat kabar Korean Central News Agency (KCNA) dari Korea Utara melaporkan pada hari Selasa (11/04/2017), Presiden Suriah Bashar al-Assad mengirim dua pesan ucapan selamat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada hari ulang tahun ke-105 dari pendiri Korea Utara yaitu Kim Il-sung dan ulang tahun ke 5 pemerintahan Korea Utara saat ini.

“Kedua negara sahabat merayakan ulang tahun ini dan pada saat yang sama, melakukan perang melawan ambisi liar kekuatan besar untuk menundukkan semua negara demi perluasan kekuasaan dan dominasi kebijakan serta menjauhkan Korea Utara dan Suriah dari hak-hak mereka untuk menentukan nasib sendiri”, tulis KCNA mengutip pesan dari Pemerintah Suriah.

“Rakyat Suriah dan Korea Utara saat ini sedang memperjuangkan hak-hak mereka untuk menentukan nasib sendiri, kedaulatan nasional, keamanan dan kemakmuran negara”, isi dari pesan tersebut yang mungkin sebagai sindiran atas serangan udara AS pada hari Jumat (07/04/2017).

KCNA juga mengatakan bahwa pesan tersebut menyatakan keyakinannya bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara akan tumbuh lebih kuat sejalan dengan kepentingan kedua bangsa.

Pesan Suriah menyusul telegram serupa yang dikirim oleh Kim Jong-un kepada Presiden Suriah pada hari Kamis (06/04/2017) lalu pada kesempatan ulang tahun ke-70 berdirinya Partai Ba’ath yang berkuasa di Suriah.

Dalam pesan tersebut, Kim menyuarakan dukungan bagi pemerintah Suriah dan bersumpah untuk lebih mempererat konsolidasi antara kedua negara. Selama masa pemerintahan mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, Korea Utara dilaporkan telah menyediakan berbagai teknologi senjata ke Suriah dan terus menjalin hubungan persahabatan hingga sekarang.

  14 Responses to “Hubungan Korea Utara dan Suriah Semakin Mesra Setelah Serangan Rudal Amerika Serikat”

  1. hati hati serangan ASSu mengancam mas kim….

  2. sudah sejak dari dulu mah ada advisor alias penasehat militer dan perwira2 korut di suriah sejak tahun 60an
    pilot au korut beberapa ada yg jadi relawan untuk militer mesir dalam perang enam hari dan yom kippur 1973 melawan israel

  3. Ada berita mesir menyerang israel, apa benar??? Apa motif penyerangan itu? Apa kedua belah pihak sedang berseteru??.

  4. Selama negara itu tidak tunduk pda kepentingan si asu selama itu juga akan terus di jajah tak terkecuali indonesia… mereka ciptakan peperangan dengan drama apa aja…

  5. kalo udh terlalu mesra gitu harus segera di nikahkan..

  6. jangan sampai dunia kacau gara-gara anak labil macam kim jong un

    • apa yg diperbuat anak labil masih lebih parah apa yg diperbuat samiri dan kroco2nya mereka mengadu domba dan tak segan2 membuat rusuh dengan segala cara negara yg dikehendakinya.

  7. Embohlah baca dagelan dunia sekarang, masing2 merasa paling benar sendiri apalagi yg mempunyai kekuatan ekonomi dan militer yg besar!

  8. Ada kesamaan antara Kel. Kim & Kel. Assad, keduanya merasa bhw negara mereka adalah milik mereka sendiri, diwariskan secara turun menurun.

 Leave a Reply