Feb 242016
 
 Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk (Photo : Liputan6.com)

Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk (Photo : Liputan6.com)

Jakarta – Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk mengingatkan Rusia dan Indonesia memiliki sejarah kemitraan yang cukup panjang. Kemitraan keduanya dimulai tak lama setelah Indonesia merdeka.

Kolonel Nikolayuk mengatakan Rusia telah mendukung Indonesia sejak awal kemerdekaan. Dan saat ini hubungan kedua negara terus berkembang, dan tengah memasuki fase baru.

“Berbicara mengenai sejarah hubungan antara Rusia dan Indonesia, saya ingin mengatakan, Rusia sudah memberikan dukungan baik secara militer ataupun politik kepada Indonesia sejak awal Indonesia merdeka,” kata Kolonel Nikolayuk, saat perayaan hari Angkatan Bersenjata Rusia, 23/2/2016, di Jakarta.

“Saat ini hubungan kedua negara telah memasuki babak baru, khususnya dalam bidang pertahanan. Indonesia dan Rusia dua negara yang bersahabat. Kami memiliki kerjasama teknik militer yang sangat aktif, dan perlahan-perlahan terus meningkatkan hubungan militer kami,” ujarnya.

Rusia sangat siap untuk mengembangkan hubungan dengan Indonesia, sebagaimana Indonesia juga sangat siap untuk mengembangkan hubungan dengan Rusia.

“Kami memiliki tradisi yang sangat baik, dan pengalaman berkejasama yang sangat luas, yang bisa menjadi pijakan yang baik untuk kerjasama lebih lanjut di tengah persahabatan kedua negara,” Kolonel Nikolay Nikolayuk.

Sindonews.com

Bagikan :

  76 Responses to “Hubungan Militer Indonesia Rusia, Memasuki Fase Baru”

  1.  

    Mantap lanjutkan

  2.  

    lanjutkan

  3.  

    Fase baru…??? Kira-kira apa aja wujudnya neh…

  4.  

    NGEHEEEK

  5.  

    Lanjutkan. Lanjutkan pengiriman Senjata Ghoibnya. xixixixixi… 😀

  6.  

    gak pernah kedengaran atau saya yg gak pernah dengar hubungan militer kita dgn rusia terlebih dimasa2 setelah reformasi. apa hubungan militer ini di goibkan?

  7.  

    Russia sekarang bukan negara komunis lagi bung tenang saja

  8.  

    Bener pake,, banget.

  9.  

    mkasih pak karno yg telah mendekatkan indonesia ke rusiaa makasih pak harto yg mndekatkan indonesia ke amerika…

  10.  

    Indonesia ini ibarat wanita adalah
    PHP yaitu ” PEMBERI HARAPAN PALSU ” suka selingkuh ketika hamil tidak ada yg bertanggung jawab ya itullah indonesia kita !

  11.  

    rusia sudah bukan negara komunis, di rusia sekarang islam menjadi agama terbesar kedua setelah kristen ortodoks. hampir 20% dari seluruh populasi penduduk rusia adalah muslim, serta hampir 40% dari seluruh personel militer rusia sudah menjadi muslim. islam terus berkembang tidak hanya di rusia tapi seluruh dataran eropa.

  12.  

    Siapapun presidennya………jangan lupakan Rusia…….

  13.  

    utk memasuki fase baru hub indonesia-rusia hrs di perkuat dgn membuat pespur bersama mig-41 🙂

  14.  

    Kata yonhap..ok sir…baik..sir..ya..sir..kirim s500..sir..jgn lupa sir..kirim pakfa..ha..ha..

  15.  

    Russia shabat indonesia
    Hampir 90% rakyat indonesia memilih indonesia bershbat dgn russia ktimbang amerika

  16.  

    semua negara bilang indonesia sahabat,teman baek.kelak jika indonesia perang dg ause ato singgaporr baru ketahuan sahabat.

  17.  

    OK, akan lebih mantap kalo ada pangkalan militer 3 matra Rusia di Indonesia, sekalian untuk membantu Indonesia dalam menjaga NKRI, karena Indonesia sangat kekurangan alutsista, untuk pengadaan SU-35 saja hanya mampu beli ketengan ( 8 batang saja ). ……… itu pun mikirnya memakan waktu 3 kali masa pergantian presiden. !!!

    •  

      Bila melihat kekayaan bumi Papua yg menjadi incaran AS dan Ausie setelah kesuksesan mereka memisahkan Timtim dgn NKRI, lalu wilayah Kalimantan oleh Malaysia setelah kesuksesan mereka merebut Sipadan-Ligitan dan Kepulauan Riau oleh Singapura setelah kesuksesan mereka atas FIR diruang udara NKRI, …… maka kedepannya bila ada indikasi yg kuat kearah Tantangan, hambatan bahkan ancaman lewat peningkatan kekuatan militer beberapa negara semacam Commonwealth ataupun NATO diwilayah utara-selatan NKRI, maka opsi utk bekerjasama militer secara khusus dan confidential bersama Rusia adalah sebuah keniscayaan.

  18.  

    Lebih baik dengan rusia melihat kemajuan militer yang di alami negara spt iran. Korut. China.india. semua berawal tot dari rusia.

  19.  

    rusia,,negara pengagum pepaya

  20.  

    Nah…skr fase kerjasama yang luas….ama rusia
    Dulu dulu kerjasama yang luas nya yang salah ya…curiga dulu dulu terlalu banyak kepentingan untuk segilintir orang atau kelompok sehingga kerjasama nya bukan untuk kepentingan persatuan dn kesatuan NKRI….
    Hehehe

  21.  

    Kembalikan Kekuatan Alutsista serta Kejayaan TNI seperti di era 60-an bersama Rusia bukan lainnya….

  22.  

    minta TOT rudal, pesawat, radar, kapal selam, kapal perang, satelit, drone sama nuklir dong om, gak pakai mahal ya om

  23.  

    sempat dikhianati oleh prsedien ke 2 kita, makanya unisovyet sempet ngambek kita, tapi alkhamdulillah sekarang sudah normal lagi.
    dengan begini kita bisa tau siapa teman(russia) dan bajing(inggris amerika)

  24.  

    RUSIA sudah sejak lama mengatakan, jika INDONESIA di serang negara manapun, maka RUSIA adalah negara yang pertama kali akan membantu INDONESIA.. sudah terbukti di Suriah, “RUSIA ADALAH TEMAN YANG TIDAK PERNAH MENGINGKARI JANJI”

  25.  

    Baru ni berita bikin hati ini bahagia.
    Makasih bung diego atas artikel yg sangat mencerahkan hati ini.
    Memang rusia sahabat yg baik. Sebaik indonesia di kala zamannya bung karno.

    Selamat malam warjag,salam damai selalu negriku.

  26.  

    Rusia sudah ngebuka pintu yg luebarrrr buat indonesia, sok gimana indonesia memanfaatkan itu, tentu perang masa depn menuntut kita bersekutu, nah walau nggak terang2an tetapi saya rasa perlu untuk mengenali sekutu kita kelak, saya rasa udah cukup di php in asu yg jelas2 gak pernah tulus melainkan serakah lagi tamak ngebikin sekutunya gak punya opsi.

  27.  

    Bang ipul tolong selametin tuh…masa ama bokong doyan…pdhal ude hj..klo gitu apasebabnya

  28.  

    Perjuangan. Yg seperti apalagi………hah? Negara kita sudah damai…justru penghasut yg harus dikarungin buang ke laut..

  29.  

    dah berapa antiaircraft Isis yg dihancurkan F22 di Rusia? Ga usah mimpi kamu.

  30.  

    Dengar kata indonesia dan rusia hati qu deg deg kan….apa ini yg nana nya cinta….CLBK ne RI sm rusia

  31.  

    Dan akhirnya, mulai di suntikkanlah perangsang dan adrenalin ke tubuh raksasa tidur dr asia tenggara itu agar segera terjaga dr tidur panjangx sejak masa lampau, masa dmn kerajaan2 di nusantara berjaya melangkahkan kaki bahkan sampai ke negara luar.

    Jayalah Negeriku

    Jiwa Ksatriya

  32.  

    Lanjutkan sama rusia sir.. Kirim balik yonhap ke israhell , masukin kardus bareng LGBT nya..suruh kawin sama trumph di mamarika…hahahahahhaha nanti gw kirim kolor warna pelangi…

  33.  

    Semoga aja proyek roket satelit berlanjut…
    Kita butuh satelit militer dan roketnya untuk jadi icbm. Sekali dayung kawasan gempar.

  34.  

    S-400 itu di suriah ditujukan untuk menghalau pesawat2 turki atau saudi, atau bisa juga dari israel setelah serangan tanpa peringatan dari turki ke pesawat russia. Tujuan russia terjun di suriah ya tidak lain melindungi sekutu nya, Bashar Assad, ini normal di semua negara jika negaranya diserang, maka pemerintahan yang sah berhak mengundang militer negara lain untuk keberlangsungan negaranya. Beda dengan turki dan saudi yang berencana masuk ke suriah tanpa undangan pemerintah yang sah.

  35.  

    Di tuban jawa timur rusia ikut ambil bagian pembuatan kilang miya.. Kerjasama rusia dan indonesia udah lebih erat tdk hany di bidang militery saja…

  36.  

    kelompok anda benar benar membahayakan persatuan Indonesia. Andalah kaki-tangan US yang sebenarnya, “Pemenggal kepala moderat”.

  37.  

    Saya Maksudkan Koment ini Khusus Bung SHT.
    Trims

  38.  

    dari 1400 tahun lalu masih dalam waktu dekat? saya lebih kependapat bung telah keliru memahami makna sebenarnya dari yang bung kutip. Salam kenal bung.

  39.  

    Beberapa artikel di JKGR nampak jelas bila upaya usa untuk membalkanisasi NKRI, saya melihat sudah masuk lewat tiga jalur utama, setelah heberapa percobaan ke arah chaos ditangkal pemerintah dengan sigap.

    ~> pertama dari kelompok “Islam modern” lewat tangan kerajaan saudi. Punya sumberdaya berlebih, pengaruh menyasar generasi muda intelek dalam sistem pendidikan ala barat. Sudah punya partai besar dan berbagai media massa pendukung. Targetnya membuat nasionalisme sempit dan chaos dengan membenturkan nilai akidah Islam dari dasar pemahaman mereka Vs pranata sosial berbangsa dan bernegara rakyat kita.

    ~> kedua dari kelompok “cendekiawan oportunis berpengaruh yang tampak sangat nasionalis” lewat us sendiri dari RAND corporation, LSM, perbankkan, bantuan teror deplu as, ausi, canada dan organisasi semacam skull and bone. Kelompok ini juga sudah punya partai besar, media massa ternama, dan menyasar orang-orang kritis yang “dianggap dianaktirikan” oleh negara dimana faktanya mereka berkelebihan karena kebijakan orba.
    Targetnya memperuncing dan memunculkan perbedaan serta ketimpangan kemajuan, pembangunan, ekonomi, untuk menaikkan chauvinisme hingga bisa dibenturkan dengan budaya kebersamaan & persatuan yang menjadi ciri khas ke Indonesiaan. Untuk kemudian menyalahkan kita semua yang telah berkhianat pada nilai-nilai Pancasila dan Uud 45.

    ketiga~> dari entitas sosial baru berupa gerakan LGBT, sex bebas, & narkoba hal ini juga telah lama dimulai namun sengaja “dibiarkan dan dimesin uangkan” terutama untuk yang terakir saya sebut. Menyasar generasi muda, diseluruh negri lewat gaya hidup, dan penetrasi media massa. Target menjauhkan generasi muda dari nilai-nilai budaya ketimuran dan dasar negara hingga muncul sikap acuh dan apatis akut dari seluruh generasi muda NKRI, akan seluruh nilai kebangsaan dan nilai kebersamaan yang diganti dengan persaingan individual, yang tentu saja bukan budaya asli ketimuran.
    Mematahkan sapu dimulai dari memisahkan lidi-lidi nya dengan rapi.

    Inilah sedikit gambaran yang telah terjadi dan dari ketiganya penghalang utamanya hanya orang-orang nasionalis tulen atau ultra nasionalis. Apakah kita diantaranya…. ???
    Dimana pun posisi para warrior, palagan telah dibuka, pertempuran kali ini diawali dengan menyelamatkan diri sendiri, bila “selamat” berlanjut ke orang-orang terdekat masing-masing, kemudian ke kelompok-kelompok nasionalis, hingga kesadaran pemerintah berhasil menggugah patriotisme seluruh warga.

  40.  

    lanjutken bos

  41.  

    Jangan lupa bung upgrade mbah buyut BTR50, BTR 40, PT76B…

  42.  

    Rusia dan Indonesia bisa dibilang kayak Masha and the Bear,tiap masha ada kesulitan beruang selalu bantu.sekalipun masha kadang kelewatan kalau lagi main
    maaf kalau pengandaian nya salah…

 Leave a Reply