Hubungan Militer Iran-Rusia Semakin Dekat

ilustrasi: Corvette Stoyky Rusia. (@ Russian MoD)

Moskow – Jakartagreater.com, Iran dan Rusia akan mengadakan latihan militer bersama di Samudera Hindia, kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam sebuah pengarahan pada Senin, dirilis TASS, 2-10-2019.

“Kami akan melakukan latihan militer bersama dengan Rusia di Samudera Hindia. Mungkin, negara-negara lain juga akan tertarik untuk bergabung dengan latihan ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa latihan itu tidak ditujukan pada negara ketiga mana pun tetapi diarahkan untuk melatih keterampilan menjaga keamanan di wilayah tersebut.

Menurut diplomat top Iran, negaranya dan Rusia memiliki pendekatan yang serupa dengan masalah menjaga keamanan di wilayah Teluk.

“Kami memiliki rencana untuk memastikan keamanan di Teluk yang melibatkan semua negara di kawasan itu.Rencana ini mirip dengan Rusia. Konsep yang kami bagikan dengan rekan-rekan Rusia berbeda secara mendasar dari rencana yang ditawarkan oleh Amerika Serikat. Rencana kami bertumpu pada kerja sama dan sinergi sedangkan rencana Amerika Serikat didasarkan pada agresi dan permusuhan, “tegas Zarif.

Tinggalkan komentar