Jan 092019
 

Kapal induk kelas Ford pertama, USS Gerald R. Ford (CVN 78) di Norfolk © US Navy

JakartaGreater.com – Galangan kapal Huntington Ingalls Industries (HII) telah dianugerahi kontrak sebesar $ 26 Miliar untuk membangun kapal induk kelas Ford ketiga (CVN 80) dan keempat (CVN 81) untuk Angkatan Laut AS (US Navy).

Dilansir dari laman Navy Recognition hari Jumat, 4 Januari 2019 bahwa kontrak pembelian blok ini, Angkatan Laut Amerika Serikat diperkirakan akan menghemat anggaran sebesar $ 4 miliar.

Kapal induk kelas Ford telah diciptakan untuk menggantikan kapal induk kelas Nimitz. Oleh karena itu, telah dilengkapi dengan reaktor nuklir baru dan pembangkit tenaga penggerak, anjungan baru serta perlengkapan penangkapan canggih demi mengurangi tenaga kerja.

Selain adanya peningkatan tersebut, kapal induk baru nantinya dapat mendukung hingga 75 pesawat tempur dan hingga 4.500 pelaut di dalamnya.

Kapal-kapal terbaru kelas Ford ini juga akan dilengkapi dengan Sistem Peluncuran Pesawat Elektromagnetik (EMALS), ekstensi dek penerbangan, dua radar baru, plus elevator senjata yang akan mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan.

Kapal induk bertenaga nuklir kelas ini juga dapat dipersenjatai dengan 2 peluncur RIM-162 ESSM yang masing-masing berisi 16 rudal, 2 peluncur RAM RIM-116 yang masing-masing berisi 21 rudal, 2 CIWS Phalanx 20 mm dan 4 senapan mesin M2 kaliber 12.7 mm.

Bagikan: