Jun 182018
 

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Azerbaijan (AAF) telah membeli rudal jelajah SOM dari perusahaan pertahanan asal Turki, yaitu ROKETSAN, seperti dilansir dari laman berita Azeri Defence.

Menurut Azeri Defence, rudal jelajah SOM yang ada dalam persenjataan Angkatan Udara Azerbaijan telah diperlihatkan dalam parade hari ulang tahun (HUT) Angkatan Bersenjata Azerbaijan yang ke-100 untuk pertama kalinya.

Rudal jelajah SOM (Satha Atilan Orta Menzilli Muhimmat) merupakan rudal jelajah presisi tinggi generasi selanjutnya (next-generation) yang dapat diluncurkan dari platform darat, laut ataupun udara.

Terlihat jelas dari demonstrasi parade tersebut bahwa Azerbaijan telah memperoleh versi modifikasi SOM-B1. Dan ini berarti, Azerbaijan adalah pengguna asing pertama dari rudal SOM buatan Roketsan, Turki.

Rudal SOM-B1, yang merupakan varian dari keluarga rudal jelajah SOM digunakan untuk menyerang target darat dan laut, memiliki hulu ledak 230 kg dan jangkauan tembak 250 km.

Rudal SOM-B1 tersebut akan memungkinkan jet tempur Angkatan Udara Azerbaijan untuk menghancurkan target yang berada jauh di garis belakang musuh dengan akurasi tinggi tanpa tertangkap oleh sistem anti-pesawat lawan.