Oct 292018
 

Beijing, Jakartagreater.com – Indonesia tidak lama lagi akan bercokol di jajaran 4 besar pasar penerbangan global, demikian perkiraan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Indonesia diperkirakan akan menjadi pendatang yang menonjol dalam pasar penerbangan terbesar di dunia, dari peringkat ke-10 pada 2017 menjadi ke-4 pada 2030 seperti dikutip laman resmi IATA, yang dipantau Antara pada Minggu, 28-10-2018 di Beijing.

Dalam grafik 10 besar pasar penumpang pesawat udara selama periode 2017-2037 yang dilansir laman tersebut, Indonesia menunjukkan tren peningkatan. Selama periode 2018-2019, Indonesia naik peringkat ke-9 sekaligus menggeser posisi Prancis yang turun di posisi ke-10.

Kemudian pada periode 2030-2037, Indonesia beranjak ke posisi ke-4 untuk menggeser Inggris dan Spanyol yang masing-masing akan bertengger di posisi ke-5 dan ke-6. Dalam kurun waktu 7 tahun tersebut posisi Indonesia berada di bawah China, Amerika Serikat, dan India.

IATA dalam laporannya itu juga menyebutkan bahwa pada pertengahan 2020, China akan menggeser AS dari posisi teratas. AS harus puas di posisi ke-2.  Sementara India akan menggeser Inggris di posisi ke-3 pada 2024. Pada saat itu posisi Indonesia masih di peringkat ke-8 menggeser Italia.

IATA juga memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat secara global hingga 2 kali lipat menjadi 8,2 miliar pada 2037. Menurut CEO IATA Alexandre de Juniac, bahwa penerbangan sedang tumbuh dan menghasilkan keuntungan bagi dunia dan peningkatan penumpang 2 kali lipat dalam 20 tahun mendatang dapat menciptakan 100 juta lowongan kerja global.

CEO IATA Alexandre de Juniac mengatakan, ada 2 hal penting dari peningkatan itu yaitu :

  1.  Pertama kami melihat adanya perubahan lalu lintas udara yang lebih mengarah ke Timur.
  2. Kedua, kami meramalkan dampak negatif terhadap pertumbuhan penerbangan jika kebijakan proteksionisme diterapkan secara ketat dan rerstriktif.

Menurut CEO IATA Alexandre de Juniac, kawasan Asia-Pasifik akan mengalami pertumbuhan jumlah penumpang lebih dari separuh pada 20 tahun mendatang. Pertumbuhan pesat tersebut dilatarbelakangi oleh pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan dan meningkatnya pendapatan keluarga yang didukung oleh profil populasi dan demografi.

  6 Responses to “IATA: Indonesia Menuju 4 Besar Pasar Penerbangan Global”

  1.  

    Turut berduka atas jatuhnya pesawat Lion Air, semoga keluarga korban diberi kesabaran dan ketabahan atas kecelakaan tsb!

  2.  

    Turut berduka cita atas jatuhnya Lion Air JT 610.

    •  

      Turut berduka cita akibat jatuhnya Lion Air JT 610 (Boeing 737-Max)… semoga para korban mendapatkan kemuliaan dan para keluarga yang ditinggalkan mendapatkan penghiburan…

      •  

        Katanya itu pesawat baru 2 bulan beroperasi diindonesia pesawat gen terbaru hemat bbm 20% & kemudian nyemplung, klu bukan gangguan cuaca, bukan karna kondisi pilot? Sudah pasti gangguan mesin, katanya sblm itu pesawat dibeli sudah mengalami masalah gangguan mesin & saksi penumpang mengatakan ketika naik pesawat jenis yg sama diwaktu rute yg berbeda saksi merasakan pesawat ketika naik ketinggian normal kekurangan daya & tiba² pesawat menurun kekurangan daya setelah itu kru pesawat terlihat sperti panik, jk dikaitkn dgn kejadian trsebut?
        Berarti itu pesawat penyebab jatuhnya karna gangguan mesin,

        tapi perlu juga diketahui apakh itu pesawat menggunakn bbm bioaftur/ minyak goreng campur aftur yg prnah dijajaki indonesia & mengajak boeing utk mengembangkan bioaftur
        😆 😆

        Tapi biasanya klu mesin kekurangan daya itu masalahnya pd bbm yg dibakar tdk sesuai sehingga tenaga yg dihsilkan tdk sesuai atau tenaganya sedikit kosong
        😆

        klu mobil utk mengiritkan bbm tanpa mengurangi tenaganya biasanya menggunakn turbocharger & bbm memang irit yg dibakar & tenaganya sama dgn mobil jenis yg sama tanpa menggunakan torbocharger
        😆

  3.  

    Ku utk pesawat megiritkan bbm tanpa mengurangi tenaganya bisa saja

    Misalnya dalam mobil yg menggunakan turbocgarger bbm yg dibakar mmng irit tanpa mengurangi tenaganya & tenaganya sama yg dihasilkan dgn mobil jenis yg sama tanpa menggunakn turbocharger, jika mobil yg mnggunakan turbocharger ingin mmbakr bbmnya lebih banyak? Maka tenaganya yg dihasilkan banyak pula

    Tapi itu pesawat katanya gen trbaru irit bbm, tapi tenaganya irit pula yaa nyamplung
    😆 😆

  4.  

    Turut berduka atas jatuhnya pesawat Lion Air, semoga keluarga korban diberi kesabaran dan ketabahan atas kecelakaan tsb! (2)
    ______________________________________
    Belum lagi kalau ditiap pulau yang memenuhi syarat udah dibangun bandara, pasti bisa di peringkat ke 2,

 Leave a Reply