May 102015
 

image

image

image

image

image

image

image

Produsen kendaraan lapis baja FNSS Turki menampilkan kendaraan tempur infanteri (IFV) Kaplan-20, untuk pertama kalinya pada pameran pertahanan IDEF 2015 di Istanbul, 5 Mei 2015.

IFV ini beratnya 20 ton, sebagai anggota terbaru dari keluarga Kaplan, lanjutan dari kendaraan pengintai 10 Ton Kaplan, yang diresmikan di IDEF 2013.

IFV Kaplan-20 di IDEF tahun ini merupakan bentuk prototipe yang rencananya mulai uji coba di akhir tahun 2015. Meskipun tidak diciptakan untuk kebutuhan militer Turki saat ini, FNSS. yakin Turki akan meluncurkan program kebutuhan pengganti IFV dalam beberapa tahun ke depan.

Kaplan-20 tersedia dengan dua pilihan turret (kubah), yakni turret senjata mesin yang dikendalikan dua orang, serta versi turret RCWS (remote/ tak berawak). Turret Kaplan-20 dapat dipasang meriam otomatis 30-40 mm, atau kubah tak berawak ATK Bushmaster Mk 44 30 mm dual-feed cannon. Kedua konfigurasi turret ini dipersenjatai dengan 7.62 mm coaxial chain gun.

Pejabat perusahaan mengatakan kepada IHS Jane bahwa kendaraan dirancang untuk low visual and thermal signature. Mereka menambahkan IFV ini memiliki volume internal 40% lebih besar dari kendaraan di kelas berat yang sama, seperti ACV. Ketika dilengkapi dengan turret tak berawak Kaplan-20 akan membawa tiga awak dan dapat mengangkut delapan penumpang – yang turun menjadi enam jika turret senjata dilengkapi dengan dua awak.

Kesadaran situasional disediakan kamera 360 derajat sepanjang siang dan malam. Kaplan-20 juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti sistem deteksi tembakan akustik dan unit catu daya tambahan (APU).

Pejabat FNSS mengatakan bahwa Kaplan-20 sepenuhnya dirancang oleh tenaga dalam negeri Turki, meskipun running gear, powerpack, sistem elektronik, dan baju besi (armour) dibeli dari pemasok di luar negeri.

Karet lapisan Trek Kaplan-20 (dari Jerman Diehl), yang menurut FNSS mampu mengurangi kebisingan dan getaran, meningkatkan kenyamanan awak dan memperpanjang masa hidup peralatan di dalam IFV.

IFV ini dirancang untuk mengimbangi tank tempur utama baru Altay, Turki dan menawarkan kecepatan maksimum cross country 70 km/jam. FNSS menyatakan Kaplan-20 akan memiliki tenaga 25 Hp per ton, meskipun pemasok mesin belum dipilih untuk kendaraan ini, karena yang ditampilkan dalam pameran tanpa mesin terpasang. Selain itu, Kaplan-20 memiliki kemampuan amfibi, dengan dua jet air yang dipasang di bagian belakang.

Kaplan-20 memiliki panjang 6,5 meter dan lebar 3,15 meter tanpa sistem armor tambahan, dengan tinggi 2 meter.

IHS Jane.

  28 Responses to “IFV Kaplan-20 FNSS Turki”

  1. kita udah punya nanti

  2. Rantainya yg bikin Jerman, pantesan bagus, gk kayak rantai SBS dan medium tank pindad yg cenderung sempit…

  3. Semoga tank medium indonesia lebih mantab

    • Tunggu update model 3D-nya… Tapi prototype pertama di proyeksikan baru jadi 37 bulan lagi… Padahal pemerintah nyuruhnya 2016 sudah jadi prototypenya

  4. Tidak salah kita menggandeng turki.

  5. keren fituristik…
    moga pindad gak kalah sama negara lain.

    • Bagi yg komen senang dengan bentuk yang futuristik dan sporty, khusus nya utk design Tank sebenarnya telah melanggar konsep dasar design Tank.
      Design tank sebaiknya sederhana , kubis tanpa lekuk-lekuk yg melengkung. Hal ini utk kepentingan kemudahan repair, maintenance dan kekuatan agar disaat-saat perang kerusakan dapat diperbaiki dengan cepat.

  6. Hihihihi ngeri

  7. brarti nantinya…punya kita jg gak jauh dr ini yaa…

  8. Yg kita krjasama dng FNSS Turki itu Medium Tank kan..:)

  9. Jika melihat IFV Kaplan 20 tampilannya seperti super car Lamborghini Gallardo, medium tank Pindad yg kerjasama dgn FNSS semoga tampilannya bisa futuristik seperti saudaranya semisal Aventador, Reventon atau Lamborghini Murchielago……

  10. ini IFV atau mobil sport…:D

    terlalu cantik desain nya……….hhiiihi

    di youtube blom ada tes aslinya…hanya animasi.

  11. keren hot gokil futuristik bgt fnss .
    saya mau tanya bung untuk kerjasama dng fnss turki pindad apakah nantiya turki ada intervensi dr pihak asing secara langsung turki anggota nato bukan asia jg eropa ?

  12. Tanpa sistem armor.
    Apa sih itu?
    Apa ga penting shgg ga dipasang?

    • Sistem armor tambahan itu seperti ceramic armor yg di Anoa, tidak semua Anoa dilengkapi ceramic armor. Jenis lainnya yaitu slat armor dan reactive armor. Di tulisan itu maksudnya lebarnya 3.15 m tanpa lapisan armor tambahan, kalau dipasang lapisan armor tambahan bisa jadi lebarnya 3.30 m, dsb. Begitu juga dgn panjang dan tingginya.

  13. desainnya terlalu cantik untuk jadi peralatan tempur… 😀 tapi salut dengan desainer dan perusahaan turki. mereka berani membuat prototype padahal tidak ada permintaan dari pemerintahnya untuk membuat. ini yg harus ditiru oleh perusahaan di Indonesia.

    • yap….jadi kelihatan …kalau seorang prajurit tuh….model2 culun terlalu cantik dan terpelajar.
      sehingga sangat tak ada kesan mematikan dan bandel (tahan banting).

      kalau membuat senjata hendaknya ada unsur2 : ..sangar, mematikan, dan bandel..tetapi futuristik dan canggih jangan sampai ketinggalan juga

  14. untuk produsen kendaraan armor yang terkenal di turki adalah “OTOKAR” desainnya juga bagus dan profilnya lebih rendah. kaplan mungkin pengembangan acv series.

    ini contoh bikinan otokar tulpar :

    http://www.military-today.com/apc/tulpar.htm

  15. Mau tanya kepada ke kalian semua…mungkin ga kita beli armata…utk menggenapi jumlah MBT kita??…kalo produk turki itu ga usah dibahas..cuman cassingnya doang bagus..kita mah bisa beli marder bekas aja..udah cukup…yg penting tentara kita terkirim ke depan dg selamat..xixixi..

  16. bodinya ganjen sekali yaa.. bikin pengen gigit aja

 Leave a Reply