Aug 132014
 
image

IFV Marder

Sukoharjo – 13 unit tank/ IFV Marder buatan Jerman bakal tiba di Markas Batalyon Infanteri 413/Bremoro Palur, Mojolaban, Oktober 2014 mendatang. Dan Yonif 413/ Bremoro, Mayor (Inf) Setyo Wibowo, menerangkan pihaknya telah mendapat kejelasan perihal rencana kedatangan tank seberat 30 ton perunit itu. Diperkirakan tiba di tempatnya pada 5 Oktober. Saat ini, tank-tank untuk memperkuat pertahanan NKRI itu ada di pangkalan Surabaya, Jawa Timur.

“Baru diserahterimakan setelah tanggal 5 Okober. Kami masih terus berkoordinasi. Tinggal selangkah lagi jadi pasukan mekanik atau tank,” terangnya, baru-baru ini.

Pria pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Yonif Lintas Udara 330 itu mengaku, pihaknya terus melakukan persiapan baik dari segi kemampuan prajurit maupun tempat dan fasilitasnya.

“Sudah siap sejak lama. Kami tinggal menerima tanknya tidak lama lagi. Dipastikan tetap tahun ini,” ungkap Mayor (Inf) Setyo Wibowo.

Disinggung apakah tank-tank itu akan dikenalkan pada masyarakat luas, dirinya mengaku belum ada rencana. Meski begitu, dengan dibentuknya pasukan tank di 413/Bremoro, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri.

“Kami harus izin pimpinan daerah dulu. Kan itu beratnya 30 ton, bisa merusak jalanan, yang penting tanknya datang dulu,” pungkas Mayor (Inf) Setyo Wibowo. (Timlo.net / Editor : Andi Penowo).

  116 Responses to “IFV Marder untuk Yonif 413/Bremoro”

  1. wah..koq semua di jawa dulu ya..

  2. ayo pada protes… knapa dijawa semua hehehehehe

  3. mantap, tapi berita yang dulu katanya mau leopard yang ditaruh disana, maaf

  4. Ambles lagi kata pk Mayor…

  5. Affirmative.

  6. penulisnya beneran nyebut tank itu??

  7. sayang di makasar tdk ada bat kav nya kostrad 🙂

    • kan dah ada sukro bung MP :mrgreen:

    • ahahahahaha.a……. anda betul juga bung akung, tapi di makassar juga punya bat kostrad tapi khusus infantri punya, kalo sukro sih sering pergi pergi dia, jarang banget menetap lama di kandangnya hehehehehe…… maunya sih ditambahin lagi 1 ska pespur. 🙂

      • Tambahan bung MP119. Di Makassar juga ada bat Linud Kostrad di Kariango yg dulunya bekas Kopasandha. eh, itu masih masuk Makassar, kan? He3… dah lama banget gak ke sana.

  8. Absenn!!!

    • Mengapa semua alutsista yang saya ingin ajak selfie numpuk di jawa ???? Di bali ni gak ada sama sekali yang namanya Tank , yang ada di gianyar cuma Anoa , dan itupun sering banget ane liat , di Lanal Benka juga jarang yang namanya kaprang mampir , daripada gini Merdeka atau Mati ? Pada tahu gak Jamali Country yang ada di map Yahudi ? Dan kalo gasalah trjadii di tahun 2016

      • Koreksi , Tahun 2015 bukan 2016 , semoga saja tidak akan terjadi

        NKRI Harga mati !!!

      • jamali jawa madura bali, indonesia mo dijadikan 8 negara, di topol saja, Indonesia siap perang

        • Bagaimana mo siap perang ? Jepang yang habis di bom atom aja gaberani melawan lagi , apalagi di topol , topol lebih dahsyat dari bom fatman dan littleboy , pasti akan menyebabkan pencemaran lingkungan seperti halnya Chernobyl , yang ada lumpuh sebelum menyerang , Indonesia jangan membuat ICBM tapi IUBM untuk solusi yang lebih maju , yah semoga bisa aja , gue cuma bantu doa deh , salam bung ,,,,

          • nggak om, sebagai penyampai pesan maksudnya kami punya topol jadi jangan macam2 dg kami, jadi perpecahan tidak akan terjadi, begitu (saya termasuk golongan hoax siyah he..he..), BTW yg ngomong siap perang tuh pak jenderal besar bukan saya, salam kembali

  9. ifv bukan tank rasanya. lagian katanya leopard saja tdk merusak jalanan. kok marder ngerusak???

  10. Affirmative 😈

    • Ambles,aspal Jawa kyak krupuk sprti d rumah q jalan bolong d tambal,gak smpe 2 bulan bolong lagi.andai jalan2 utama d Indonesia punya ukuran lebar yg paten (Jln raya Bogor bentar lebar,bentar sempit,bentar bolong,bentar ambles)n permanen kyak jalan rusia d kalimantan,hehehe ngayal boleh dong…

  11. salam kenal para warjager…
    semoga marder bisa diproduksi di dlm negeri

  12. bung ari. kalo di pelosok jalan kelas iii apalagi yang c, aspalnya kayak gula merah di serabi. yang penting rata. pake tronton aja ambles kena banjir sekali aja pada lepas aspalnya, mau apa? terima aja. mudah2an kedepan pejabatnya pada amanah. capek di hati kalo semua harus “SEHARUSNYA”

  13. Hebattt … kejutan yg luar biasa, yon infantri dilengkapi tank IFV, tambah terusss yg banyak

  14. Kendaraan Lapis baja berantai = Tank .. itu adalah sebutan yang familiar di kalangan kita,, sekarang aja ada pengklasifikasian IFV,MBT,Medium Tank dll..tapi semua mengerti apa maksut pemakaian nama Tank.
    Seperti orang Indonesia kebanyakan menyebut semua gas pendingin dengan Freon,,Pompa Air dengan Sanyo..semua deterjen dengan rinso,,dll Jadi gak usah dipermasalahi bagi yang sudah tau dan mengerti pengklasifikasian kendaraan lapis baja,,

    Yang Mungkin perlu dibahas
    Batalyon Infanteri (Yonif) 413 Bremoro, Kostrad Solo, Jawa Tengah akan ditingkatkan menjadi batalyon infanteri mekanis dengan kelengkapan kendaraan lapis baja marder dan anoa
    “Jadi fungsi Yonif 413 tetap hanya dilengkapi dengan fasilitas IFV sehingga menjadi batalyon infanteri mekanis. Sedang selain batalyon itu ada juga batalyon infanteri motoris dengan kendaraan tempur Anoa. Kendaraan lapis baja itu untuk melindungi prajurit
    Kasad memproyeksikan di tiap kota besar ada batalyon mekanis.Saat ini dari 100 batalyon lebih di seluruh Indonesia, yang sudah ada batalyon mekanis baru enam kota, yakni Jakarta ditempatkan satu brigade, di Surabaya (Yonif 516) dan tahun ini di Solo satu batalyon(yonif 413) .Dimalang dan kediri juga akan ada pembentukan Yonmek

    tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Yon Mekanik itu tidak jauh berbeda dengan Batalyon Infanteri (Yonif), namun kecepatan manuver, presisi kemampuan, dan sebagainya akan lebih meningkat.

    Kalau Yonmek yang bukan Kostrad mungkin tidak dilengkapi marder,,hanya anoa saja sekita 52 unit tiap batalyon,, (terpenuhi sampai akhir 2015)
    Imho

  15. Yg penting punya dulu lah,urusan ambles ape engganye tuh TNI pasti dah dipikirin jln keluarnye, ane yakin pasti bisalah..!!! Klo ga beli kapan mo punyanye masa alutsista nyang itu-itu trs dah gitu pade tuir- tuir lagi..kasihan TNI kerja jagain NKRI tapi alutsistanye ga gahar, kasih mainan yg maknyus biar tambah semangat..kita az yg fansboy militer senengnye minta nambah klo ngeliat alutsista yg baru apelagi TNI sbg usernye..

    ….NKRI HARGA MATI..

  16. Yo wis lah. .
    J0wo meneh. . .
    Jow0 meneh. . .
    Yg perbatasan dikasih yg goib2 aja. .

    • Marder diberikan ke Yonmek Kostrad tugasnya memang untuk bisa sewaktu waktu digeser keseluruh penjuru Nusantara,,sebagai bagian PPRC dan bisa dideploy dengan menggunakan herky,

      Kalau Yonmek yang lokal seperti Yonmek 516 Surabaya tugasnya memang untuk pengamanan lokal,, dan sewaktu waktu diberi penugasan ke seluruh nusantara itu adalah reward ,

      KEDEPAN
      Bila Kogabwilhan sudah terbentuk makajjumlah divisi Kostrad akan dibentuk sebanyak Jumlah Kogabwilhan,,
      Bila Kogabwilhan Barat terbentuk., divisi 1 Kostrad akan digeser bermarkas diwilayah barat,,maka alutsista yang dipunyai akan ikut bergeser,,Marder juga akan ikut bergeser,,, Kita sudah punya blueprint marder ,,nantinya penambahan unit bisa diproduksi oleh Pindad,
      Demikian juga dengan Jumlah Pasmar yang jumlahnya akan dibentuk sebanyak jumlah Kogabwilhan,,disaat itu marinir akan dipimpin oleh Jendral berbintang tiga,,

      soo jangan berkecil hati,,

      • Yonmek yang ada di DKI adalah
        Brigade Infanteri-1 PIK/Jayasakti merupakan pasukan yang bertugas mengamankan Ibukota Negara Indonesia, Jakarta. Komposisi pasukan ini:
        Yonif 201/Jaya Yudha (basis Gandaria, Jakarta Timur)
        Yonif 202/Taji Malela (basis Bekasi)
        Yonif 203/Arya Kemuning (Tangerang)
        Yonkav 9/Cobra di Serpong, Tangerang

        Selanjutnya Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam VI/ Tanjungpura.dibentuk Batalyon mekanis,

        • mantap bung penjelesannya, salam kenal 🙂

        • Kalo kodam VII ada gak bung Satrio nantinya untuk YonMek seperti yonmek nya kostrad ?
          soalnya tank tank bat kav nya kodam VII dah pada tuwir tuwir, malah sering mogok pula kalo diajak kluar tuh tank 🙂

          • @Bung MP semua kota besar di wilah kodam ditanah air akan dibentuk yonmek
            Kalau Marder akan diberikan kepada yonmek Kostrad
            Kalau Yon kav alutsista nya bertahap akan diganti ,, mulai amx yang akan diretrofit atau diganti dengan MBT dan Tank Medium

      • kalau yonif 412 isinya apa ya bung? salam kenal bung satrio dan warjager semua

        • Yonif 412 Purworejo itu Rider kan ?Rider pergeseran dan pergerakannya dengan mobilasi Udara (mobud) jadi lebih cepet sebagai pasukan pemukul kodam .bukan Yonmek
          Dulu emang 412 adalah adalah bagian dari Kostrad sekarang jadi yonif Raider.

          • Bung Satrio, kalau tidak salah, Yonif 412/Raider masih di dalam Brigif 6 Divif 2 Kostrad.

            Kalau tidak salah, tiap brigif non-linud Kostrad punya 1 yonif Raider dan sisa yonif di dalam brigif tsb akan dikonversi jadi yonif mekanis. Betul, kah?

            Divif 1 punya 2 brigif linud dan 1 brigif linmed, jadi ada 1 yonif Raider di divif 1. Sedangkan divif 2 punya 1 brigif linud dan 2 brigif linmed, jadi ada 2 yonif Raider di divif 2, bener nggak ya?

          • @Bung dropzone maaf baru kebaca
            Berdasarkan surat keputusan Pangdam VII/ Dip nomor Kep /11/I/1978 tanggal 20 Januari 1978, status Batalyon-batalyon Brigif 6 termasuk Yonif 412 lepas dari Kodam VII/Diponegoro dan selanjutnya masuk menjadi organisasi Administratif Kostrad hingga sebutannya menjadi Yonif 412 Brigif 6 Kostrad.

            TETAPI
            Berdasarkan keputusan Kasad nomor Kep/46/XII/2003 tanggal 15 Desember 2003 tentang pembekuan 8 satuan Yonif Pemukul Kodam dan 2 satuan Yonif Kostrad serta pengesahan pembentukan 10 satuan Yonif Raider di Jajaran TNI AD maka Yonif 412 menjadi Yonif 412/Raider dengan tunggul bergambar Pisau Raider dan Lintas Petir dengan semboyan “Cepat Senyap Tepat”.

            Jadi Yonif 412 sudah tidak tergabung dengan Kostrad lagi ,,sekarang jadi jajaran Yonif Raider dibawah satuan Kodam Diponegoro
            Imho.

  17. Lagi-lagi ada anggapan bisa merusak jalan

    Padahal sudah di jelaskan oleh Director Rheinmetall Landsysteme, Harald Westerman bahwa Tank Leopard dengan beban 62 Ton akan di bagi menjadi banyak titik di tapak roda rantainya, sehingga beban per 1Cm persegi hanya 0,69 kg “Beban ini lebih ringan di banding beban sepatu hak tinggi yang di pakai seorang perempuan”

    Apalagi beban IFV Marder yang hanya 30 Ton di tapak roda rantainya per 1cm persegi cuman 0,37 Kg itu lebih ringan dari pada beban tapak kaki seekor ayam

    Semoga Sumber berita dan Pers ngerti hal ini dan supaya di masukkan juga dalam beritanya sehingga tidak menyesatkan pembaca

  18. Maaf bung satrio….Marder beratnya 30 ton dan MLC (Military Loading Class) herky cm 16 ton…gak mungkinlah marder di geser dgn operasi air lift Pake herky…

    Menurut pendapat saya yonmek hanya akan menjaga kota2 besar di indonesia yg memiliki infrastruktur lumayan…perbatasan akan sulit di lalui kendaraan berat sehingga akan lebih baik dikembangkan kavaleri udara yg standby di pangkalan2 yg dapat menjangkau hot spot perbatasan dgn cepat…lengkapi saja pasukan itu dengan helikopter dan senjata lawan tank seperti javelin,nlaw,milan yg memadai sehingga dapat menahan lawan minimal sampai pasukan inti datang…

    • Kalau spt itu berarti saya rugi membayar pajak ? Berarti kota saya tdk dilindungi dong?

      • Lha…anda pikir harga satu unit helikopter itu berapa? Bs buat beli 6 unit marder bung…

        Seluruh wilayah kita akan dilindungi dengan alutsista yg tepat…kalau kata sun tzu jangan mengikuti ayunan pedang musuh karena berarti kita mengikuti irama tempur mereka….itulah kenapa ketika samurai mencabut senjatanya,lawannya akan menunduk dan mundur beberapa langkah…bukan takut tp membaca pikiran musuh dan memikirkan strategi untuk menghadapinya…

        Jika musuhmu menggunakan A maka gunakanlah B untuk melawanya…maka musuhmu akan bingung menghadapimu…

        • Pertama,apapun jenisnya walau heli sipil masih lebih mahal dari dua marder…apalagi speknya militer…

          Kedua,nala itu laksamana,bukan mpu…mpu adalah sebutan bagi ahli dan cendikiawan di era jawa kuna…

          Ketiga Sun Tzu hidup 500 th sebelum masehi sedangkan gajah mada abad ke 13…tanpa bermaksud mengecilkan taktik gajah mada hanyalah derivarif dan pengembangan dari sun tzu…yg jelas,jima kita bicara art of war maka hanya satu orang yg kita sebut…sun tzu…yg lainya hanya ahli taktik dan strategi…tidak clausewitz,tidak jomini,tdk napoleon dan tidak pula frederic…semua bersumber dr sun Tzu…

        • Maaf ada yg ketinggalan…bhayangkari (bukan bhayangkara) di bawah gajah mada itu pasukan pengawal raja yg menyelamatkan hayam wuruk dan mengungsikannya saat pemberontakan kuti berhasil menguasai ibukota…jadi semacam paspampresnya raja majapahit…bkn pasukan tempur…setelah itu gajah mada berhasil mengorganisir hulubalang majapahit yg tercerai berai dan merebut kembali kerajaan…karena prestasi ini gajah mada diangkat sbg mahapatih (panglima) majapahit….

          Karena itulah di TNI ada lagu andhika bhayangkari…

        • Wadooh kejem banget jawabannya bung..makjleebbbbbbb sampek ke tulang rawan

        • maaf bung Wermacht, bhayangkari adalah pasukan yang menyelamatkan raja Jayanegara, bukan Haywamwuruk pada saat pemberontakan Ra Kuti. Karena pada saat itu Hayamwuruk masih balita….

        • Sbb , kalau musuh menyerang wilayah kami dngan alutsista yang memadai , apakah TNI akan secepat itu mobilitasnya ? Yang ada pasti kayak irian dlu , Infiltrasi dlu , kalo infiltrasi gagal ? Apa akan dibilang ? Apa yang akan dilakukan ? Yang ada cuma Menyalahkan satu sama lain , mau perang terbuka ? Dgn alutsista seadanya seperti yang diumbar ke media massa apakaah bsa ? Salam Bung Wehr…

          • Seoga tdk begitu bung inferfection….TNI sedang berusaha menambal lubang lubang pertahanan kita seperti usul tema diskusi kita ini…ini harus kita apresiasi…

            percayalah pertahanan tdk selalu senjata…

          • bung wehrmacht.. padamu bung,!! like coment2 panjenengan.. 😀

        • Ah iya bener bapak besar…siap salah he he he….jd gajah mada menyelamatkan 2 raja majapahit sekaligus he he he…

    • betul bung,,, wehr
      Maksut saya PPRC nya yang di geser dengan herky,, bentar lagi juga punya pesawat angkut kelas berat kok 😀
      kalau kondisi sekarang memang Yonmek dideploy setelah yonlinud (PPRC) sudah diberangkatkan,, jadi bisa memakai kapal laut,,
      Sedangkan bila Kogabwilhan sudah terbentuk,, Marder akan ditempatkan dekat dengan perbatasan sebagai titik rawan hotspot.,
      Kalau Yonmek yang ditugaskan untuk menjaga seluruh kota kota besar adalah Yonmek yang bukan dari Kostrad,yang hanya dilengkapi oleh anoa,,

      Jadi jangan meributkan dan diperebutkan akan ditempatkan dimana Marder yang hanya 50 unit itu,,karena semua penjuru Tanah air sudah mempunyai Yon Kavaleri baik dari TNI AD maupun dari Marinir
      hehehehehe

    • KPK bukan lembaga audit. Kalau dimasukin KPK artinya harus ada indikasi korupsi terlebih dahulu dengan bukti-bukti yang cukup kuat.

    • bung wehrmacht,

      bisa dijelaskan definisi “terjungkal” ?

      setahu saya hanya nixon yang nyaris/terancam “terjungkal” akibat skandal watergate, tapi buru2 mengundurkan diri dan menyerahkan jabatan kepada wapres gerald ford, sehingga tidak dicatat sejarah sebagai “terjungkal” / impeached…

      • Terjungkal bkn saja karena impeachment bung danu…bs karena kasus sehingga tdk dipilih lg bs juga terjungkal karena sebutir peluru bersarang di tubuhnya he he he…

    • manggut-manggut baca babaran bung@Wehrmacht….satuju ..

    • om w…..lop u..mmuach..

  19. nunggu hoex dr bung satrio

  20. Yups betul bung satrio, klo masalah kedaulatan ga bakal ada anak emas & anak tiri semua sama harus dijaga dg segenap jiwa raga en alutsista walaupun hanya sejengkal tanah sekalipun, mangkanye ga usah berkecil hati,& berprasangka buruk dulu..kedudukan masalah kedaulatan sama dari sabang ampe merauke tetap jadi prioritas utama demi NKRI..yg terpenting rakyat juga harus siap membantu bila terjadi perang sebab TNI tanpa dukungan seluruh rakyat indonesia ga akan mampu menghadapi serangan dari pihak luar, mari teruskan semangat nasionalisme demi IBU PERTIWI tercinta…!!

    …NKRI HARGA MATI…

  21. joss mas

  22. leopard, abram, merkava, scorpion, marder, amx, anoa, panther, puma, btr, t90, ifv, apc ntu semua panser kalo di jerman..

    yg ngotak ngotakin enih tenk entuh panser cuman dimari kayaknya..

    mana ane peduli..apapun tongkrongannya, via vallen musiknya hahag 😀

  23. gara bang satrio ngejawab dolo jadi pada tau tuh sebagian orang..
    lagian bang satrio juga curang, hayoh ngaku aja dolo nemu jumlahnya bang satrio bela2in talipun bimbit bengkel yg di kikav kaaaan kah kah kah 😀

  24. Kalau AD suka produk NATO, Kalau Marinir suka produk Russia….

  25. ane lupa jumlahnya bang, ada yg bisa ngingetin 😀

    ngikut dikit soal tenk yg diatas, mo roda mo trek mo kecil sedeng besar asal personelnya cuma sopir loder ganer komander bisa disebut dgn tenk, bang..

    centauro ntu tenk roda 8×8, sayang musiknya kagak koplo 😀

    mleset kagak nih yah..

  26. Kok penempatan garasi marder dan MBT kok dipilih kota yg agak jauh dri pelabuhan ato memang sengaja agar tidak terlalu mencolok, masalahnya deploy marder ato MBT akan makan waktu yg agak lama….soalnya ak pernah tinggal disolo utk sampai pelabuhan tanjung mas di semarang saja butuh waktu 2,5-3 jam dng naek mobil kalo membawa marder dng truck mngkin akan sdikit lbih lama lagi, kecuali kalo kita sudah punya pesawat angkut kelas berat mngkin akan lain lagi critanya krn misal dri solo tinggal ke bandara adi sumarmo boyolali dmna pesawat badan lebar bisa landing ato klo ke jawa timur paling dekat ada Lanud Iswayudi jadi deploy nya bisa sewaktu waktu

  27. ikut nyimax

  28. Itu yg di turet smb,apa meriam ya?

  29. Berarti, saat ini, yonifmek Kodam diberi alutsista roda ban karena medan operasibya perkotaan dan wilayah, sedangkan Kostrad dapat yang roda rantai,ya?
    Kalau butuh lebih banyak yonifmek dalam operasi, bisa saja yonifmek Kodam dialihkan sementara ke Kostrad, ya?
    Saya masih bingung, kalo yon armed Kostrad dapat Nexter sedangkan Kodam dapat Astros?

  30. wih di palur..!! #Deket nih…Sering lewat depan markasnya tapi kok sepi yaa dari aktivitas prajurit..Beda sama markas Grup Kopasus Kandang sapi.pasti kalok lewat ada aktivitas latian turun dari Heli..

  31. kenapa harus di jawa semua.,.,
    kami yg di bima ngk pernah lihat alusista apapun,.,.
    padahalkan kami hampir berbatsan dengan australia.,,.,.,.

  32. sbnernya dgn datangnya lapis baja ini bagus jg buat ngetes kerjaan Pemda /PU setempat..misalnya klo jalan yg d lewati tank tsb ambles,brarti ono opo oponya dgn anggaran yg d berikan kpd pemda tsb..maaf oot

  33. nah itu yang penting,mardernya bisa digeser dgn c17 ato a400 mgkn kali ya

  34. lah kalo solar kan pake nozle biar solarnya d kabutkan jd ga pake busi kaya premium bung…

  35. Sugeng rawuh bung wehr, bung satrio, ndan sarkem…monggo dilanjut matà kuliah pertahanan nya, salam hangat nggih poro suhu..hehe

  36. NKRI. . . . . .Harga MATI. . . . .

  37. brigrif 2 baru, Ya lumayan ketahanan kota beserta pangkalan penting makin safe, sebagai negara kepulauan ane demen perbanyak-banyak Ranpur amfibi nya, kapal perangnya dan pesawat pemburunya, masak kapasitas sukhoinya di bawah pembelian india hahai ya ini kan tak hanya mencakup ketahanan 1 kota ataupun satu provinsi saja, puluhan provinsi tuh, tapi lumanyun dari pada kaga beli hahaha, kalau nanti uda sampai pada “indonesia sakti” emmmm disitu ada ribuan pesawat pemburu siap tempur dan ribuan boeing pembom siap invasi hahahaha

 Leave a Reply