Jul 272014
 
Pesawat patroli maritim dan perang anti-kapal selam, Ilyushin Il-38N Rusia (photo Nikolai Novichkov)

Pesawat patroli maritim dan Perang anti-kapal selam, Ilyushin Il-38N Rusia (photo Nikolai Novichkov)

Rusia – Produksi pertama serial pesawat patroli maritim dan perang anti-kapal selam, Ilyushin Il-38N ‘May’ telah diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia oleh Ilyushin Aviation Complex, 25 Juli 2014.

Pesawat Il-38N adalah upgrade dari pesawat patroli maritim (MPA) Il-38, yang merupakan turunan dari pesawat angkut Il-18 ‘Coot’, yang dirancang untuk mandiri (atau joint) dalam melakukan kegiatan anti-kapal selam jarak jauh, pengintai angkatan laut, operasi SAR, pemantauan ekologi, dan operasi pemasangan ranjau.

Perusahaan Ilyushin telah meng-upgrade lima pesawat Angkatan Laut Rusia Il-38 menjadi pesawat standar baru Il-38N, dengan nilai kontrak RUB3.45 miliar (USD150 juta) yang diberikan oleh Departemen Pertahanan Rusia (MoD) pada 25 Mei 2012. Kontrak ini ditandatangani setelah suksesnya prototipe Il-38N masuk ke dalam Armada Utara Rusia di bulan Maret 2012. Pejabat Ilyushin menyatakan bahwa 28 unit pesawat anti-kapal selam Il-38 akan di-upgrade ke tingkat Il-38N hingga tahun 2020.

Upgrade Il-38N melibatkan instalasi piranti navigasi penerbangan baru dan search and track system Novella (STS), yang meliputi radar, hidroakustik, magnetometric, pengintaian elektronik, pengintaian image termal, komputasi, dan subsistem navigasi.

Untuk mendeteksi kapal selam, pesawat Il-38N dilengkapi STS Novella, dimulai dengan melokalisir kontak dengan melakukan pelacakan dan menghancurkan target dalam mode otomatis tingkat tinggi. Fungsi yang disisakan untuk kru hanyalah pengawasan dan pengambilan keputusan.

Efisiensi pencarian di zona dekat dan jauh telah diperbaiki oleh empat faktor – memungkinkan satu pesawat Il-38N (single) untuk meng-cover area empat kali lebih besar dari yang bisa dilakukan Il-38 original. Dengan demikian, Novella secara bersamaan dapat melacak 32 target baik atas dan bawah air.

Subsistem radar memiliki slot antena penerima array / antena pemancar yang secara mekanis terus menerus pemindai azimuth dan mencocokkan alat pemancar. Radar dapat mendeteksi target udara sejauh 90 km, kapal permukaan sejauh 320 km, dan menjejak periskop kapal selam (dengan 1 m² echoing area) di 30-35 km.

Subsistem dual modul radio hidroakustik dapat beroperasi dengan pelampung (buoys) melalui 96 saluran, dan dijalankan oleh operator tunggal. Setiap modul menyediakan siklus lengkap penerimaan dan pengolahan informasi dari delapan buoys. Tiga jenis sonar buoys digunakan untuk: RGB-41 pasif, sonar non-directional; RGB-48 pasif, sonar directional; dan sonar buoy GB-58 active emitter. Untuk pengintaian hidrologi yang digunakan adalah buoys RTB-93, dan RMB-81 buoy yang baru, digunakan untuk mendeteksi kapal selam berdasarkan jejak magnet (magnetic signature). Pada pesawat juga dipasang quantum magnetometer dengan jangkauan deteksi kapal selam hingga 900 meter.

Sementara itu, sistem gyro-stabilised elektro-optik inframerah, (EOIR) menyediakan kebutuhan deteksi, pelacakan, dan kategorisasi target permukaan.

Subsistem komputer digunakan untuk memproses output dari semua subsistem lain dan untuk mengontrol seluruh kerumitannya. Dua operator bekerja dengan sistem informasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas taktis, dimana operator ketiga menjalankan subsistem radar dan radio pengintaian. Saat perusahaan Ilyushin Aviation merancang STS yang baru, perhatian khusus diberikan kepada meminimalkan jumlah kontrol yang harus dilakukan operator pesawat.

Perusahaan yang terlibat dalam program modernisasi Il-38N mencakup Ilyushin, Myasishchev Machine Building Plant, dan Leninets Central Research and Production Association. (janes.com)

  32 Responses to “Patroli Maritim dan Anti-Kapal Selam Ilyushin Il-38N”

  1. pertamax

  2. Sama cn 295 mantap mana ya…???

  3. Dulu Penerbangnyaa Letda Oloan Silalahi, Terakhir Pangkat Marsekal Madya Jabatan PangKoops Rumah Komplek Trikora Blok D-1, sebelumnya Jabatan Komandan Pangkalan Lanud Adi Sucipto Yogyakarta sampai tahun 1984

    • Sorry Bro maksud ane IL-28 Beagle TNI AU bukan yang di artikel ini, wakakakakak

      • Loh itu kan pesawat pembom bung,, pesawat anti kapal selam tni dulu kan dari inggris,,

        • ALRI pernah punya il28T khusus varian pembom torpedo…gotong 2 torpedo teri atau 1 torpedo kakap di bomb bay nya…

          • Tapi pesawat anti kapal selam nya kan buatan inggris,, gannet nama nya bung wer….

          • Iya sih bung rico…ganet buatan inggris tandem sm beagle buatan rusia..sama sama anti kapal selam…

            Selain itu zaman itu ALRI juga punya helikopter Mi4 anti kapal selam juga bs gotong torpedo…

            Terakhir kita punya heli AKS Wasp sepaket dgn tribal class yg beli bekas punya belanda…pensiun tahun 90 an….abis itu kita gak punya lg elemen udara AKS hingga detik ini…

  4. asik ad yg br
    kirain dh libur

  5. lumayaan 7 besar

  6. idem…..

  7. 10 besar

  8. mantab..

  9. Apakah pesawat ini sekelas cn 295?

    • eda kasta bung…. CN 295 punya body n wing secara global lebih kecil 30% dr ilyushin. jarak tempuh Ily 9600 km cn 295 masih di range 5000an.hampir dua kalilipetnya… teknologinya jg njomplang. bagusnya Ily dibandingin sama P-3 Orion milik Asu. Tp Cn 295 banyak yg beli ternyata. krn paket hemat…

    • beda kasta bung…. CN 295 punya body n wing secara global lebih kecil 30% dr ilyushin. jarak tempuh Ily 9600 km cn 295 masih di range 5000an.hampir dua kalilipetnya… teknologinya jg njomplang. bagusnya Ily dibandingin sama P-3 Orion milik Asu. Tp Cn 295 banyak yg beli ternyata. krn paket hemat…

  10. mending pake cn 295 lebih hot…

  11. Tampangnya kayak dakota/skytrain USAF era PD2 ya…lucu juga ada jambulnya…kerenan pake rotodome neh sekalian buat mancing kaprang bandit :mrgreen:

  12. Il-38N ini apa sekelas sama P-8 Poseidon gak? Mohon pencerahannya..

  13. Singapura Malaysia Australia Indonesia sebaiknya saling menghargai saling menghormati. Yang perlu kita kuasai adalah negeri sendiri, agar Insya Allah kita berdaulat di segala bidang, rakyat makmur sejahtera dan bersatu, pemerintahan jujur dan bersih, punya R n D sistematis berkelanjutan, TNI semakin berwibawa, dan semua hal baik yg bisa kita harapkan bagi bangsa ini. Amiin….

    Mohon maaf lahir dan batin kepada semua pembaca setia dan admin JKGR.

  14. bung wehrmacht, asu pnya p3 orion -p8 Poseidon dkk, sonotan pny p3, Europa pnya ….AQ lupa namanya, Indonesia pny cn 235, 295 dan Boeing …. lupa juga namanya. pertanyaannya adlh kok milik il38N kok macam skill nya berjibun banget dan seberapa persen skill yg dimiliki cn 295 yg baru u tni al selain jarak tempuh?

    • Il38 kan pesawat serbaguna dr varian angkut hingga anti kapal selam…kurang lebih sama seperti cn235/295 tp beda jarak jangkau…

      Kalau untuk efektifitas yg berhub dgn hal sensitif seperti radar dan perangkat AEW sy pegang CN series karena mesinnya cm 2 sehingga getaran dan noise nya lebih sedikit ketimbang Il38 yg bermesin 4…apalagi mesin rusia terkenal brisik dan besar getarannya sehingga mengganggu efektifitas kuping kuping rotodome/underbelly dome dlm mendengar musuh…

      • bung wehr pingin nanya nih, india pernah komplain P3 orion boeing karen ndak bisadeteck kilo nya, ini apa sangking bagusnya kilo atawa sangking jeleknya p3?

        • Deteksi KS susah mas secanggih apapun peralatan yg dimiliki…itu karena lautan memiliki beberapa layer dan tingkat salinitas yg dpt memantulkan kembali gelombang sonar pencari KS…belum lagi peta bawah laut yg dikuasai KS membuatnya dapat bersembunyi dr kejaran…

          Kayaknya pernah di bahas bung PS neh :mrgreen:

  15. Tapi pesawat anti kapal selam nya kan buatan inggris,, gannet nama nya bung wer….

  16. Kayaknya lebih efektif cn series deh!

 Leave a Reply