JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 042018
 

lustrasi racun syaraf novichok. © Jynto and Ben Mills via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kepala Pusat Riset Militer Inggris di Porton Down mengatakan bahwa para ahli tidak dapat mengidentifikasi sumber yang tepat dari agen saraf yang digunakan dalam meracuni mantan agen ganda Rusia, seperti dilansir dari laman situs Sputnik News.

Gary Aitkenhead, CEO dari Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTL) yang berada di Porton Down, Inggris mengatakan bahwa mereka tidak dapat membuktikan kandungan A-234, yang diduga telah dipakai untuk meracuni Skripal, dibuat di Rusia, menurut penyiar Sky News.

“Kami memang dapat mengidentifikasi itu sebagai Novichok, dan mengidentifikasi bahwa itu adalah racun saraf grade militer. Kami belum mengidentifikasi sumber yang tepat, tetapi kami telah memberikan info ilmiah itu kepada pemerintah yang kemudian menggunakan sejumlah sumber lain untuk mengumpulkan kesimpulan seperti yang Anda dengar”, katanya.

Namun, Aitkenhead menegaskan bahwa racun saraf itu membutuhkan “metode yang sangat canggih untuk dapat menciptakan, kemampuan yang hanya dimiliki oleh suatu negara”.

Menurutnya, tidak ada obat penawar untuk racun saraf tersebut.

Perbandingan varian racun syaraf Novichok menurut Mirzayanov. © Ain92 via Wikimedia Commons

Namun Kepala Pusat Riset Militer Inggris di Porton Down menolak berkomentar apakah DSTL telah memproduksi atau menyimpan stok racun saraf A-234 dan menolak bahwa racun saraf yang digunakan untuk meracuni Skripal berasal dari Porton Down.

“Tidak mungkin hal seperti itu berasal dari kami atau menyimpannya dalam fasilitas laboratorium kami”, kata Aitkenhead.

Menurut pejabat tersebut, tugas laboratorium adalah untuk “memberikan bukti ilmiah tentang apa jenis racun saraf tersebut”, namun bukan untuk mengatakan di mana itu telah diproduksi.

Hubungan antara Inggris dan Rusia telah semakin memburuk atas serangan agen saraf Salisbury di mana mantan perwira intelijen Rusia, Sergei Skripal serta putrinya sekarat. Pihak Inggris telah menyatakan bahwa zat ini mirip dengan racun saraf kelas-Novichok yang telah dikembangkan oleh Uni Soviet.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menuduh Rusia mengatur serangan itu dan juga mengusir 23 diplomat Rusia sebagai hukuman. Sejumlah negara telah mendukung klaim Inggris dan mengusir lebih dari 150 diplomat Rusia di sejumlah negara.

Namun pihak Rusia membantah semua tuduhan tersebut dan menyarankan untuk bisa berpartisipasi bersama dalam penyelidikan. Namun, permintaan Moskow untuk dapat meneliti sampel racun saraf tersebut diabaikan.

Bagikan :

  105 Responses to “Ilmuwan Inggris Tak Bisa Buktikan Racun Novichok dari Rusia”

  1.  

    wih….andai benar, betapa malunya tante may hahahhahaha

  2.  

    Sampai sekarang saya masih ga ngerti CARA BERDIPLOMASI yang benar dari Barat.

    Satu sisi mereka dengan enteng menerima, melindung, meminta Informasi2 terhadap Agen-agen penghianat Timur.

    Di Sisi lain , ketika Agen-agen penghianat tersebut di habisi oleh Negera Asal, kenapa begitu marah dan sakit hati yaaa??

    Lebih parah mana coba ??? Menerima, melindungi dan Menggali Informasi agen Penghianat negara lain dibandingkan dengan Tindakan Balik Hukuman terhadap Agen Penghianat tersebut dari negara asal ??

    •  

      Diplomasi mereka cuma kepentingan bung..gak ada etika..gak ada tatakrama..hajar dulu..fitnah dulu..hoax dulu..urusan belakangan..

    •  

      Bung SP lucu, Novichok memang bisa diproduksi dari bahan2 yg gampang diperoleh oleh umum di toko chemical atau toko pupuk. Hanya saja, negara yg betul2 memiliki kemampuan untuk memproduksinya adalah Rusia. Mengapa negara2 barat tau tentang racun itu? Karena selain lewat intelijen, Rusia sudah memberikan sampelnya pada OPCW untuk kemudian diserahkan kepada beberapa negara khususnya Anggota tetap DK.

      Mengapa UK begitu marah? Karena orang yg sudah menerima suaka tetap dari suatu negara maka otomatis dia menjadi warga negara dari negara pemberi suaka. So, jika warga negaranya diracun yg berasal dari negara lain seperti Rusia, jelas UK akan sangat marah.

      •  

        Yg namanya dikhianati itu sangat menyakitkan Jendral…… baru juga pacaran tapi dikhianti sama pacar saja nyeurinya teh geus didieu….

        INTINYA :

        Apapun warga negaranya, apapun organisasinya dan dimanapun berada………. yg namanya PENGKI-ANAT harus dikasih MATI !!….

        kah kah kah kah

        •  

          Ramos Horta jadi penghianat waktu Tim-tim masih gabung gak dibunuh tuh ama kita, padahal Munir aja lewat apalagi jamannya Mbah Harto.

        •  

          Dan kalo dilihat cara komentar ente, itu juga salah Bung.

        •  

          Ramos Horta itu pejuang kemerdekaan Timor Leste…… so siapa mengkhianati siapa !!??…..

          Seandainya si Ramos dibunuh, berarti diplomasi luar negeri dan strategi militer Indonesia bakal kacao……. padahal ga dibunuh saja sudah kacao….. heeeeeee….

          Intinya yg namanya pengkhi-anat memang musti dikarungin !!…. ga pake koma…. 😆

          •  

            Termasuk para pengkianat yang ada di JKGR ya bung? 😆 wkwkwkw… siapa mengkhianati siapa yah? 😛 hehehe

      •  

        Saya pernah memberika Link, dimana ada jejak kas dari agen kimia itu (Novichok) untuk bisa di telusuri dimana itu di masak/diproduksi… tentu saja negara seperti Rusia bisa mendeteksi apakah bahan itu dibuat dengan cara Rusia atau dengan cara lain…
        Ada hal yang sangat di pertanyakan Russia termasuk keterlibatan Prancis dalam penyelidikan tersebut…

        Menuduh tanpa bukti yang akurat tentu saja tidak bisa diterima… apalagi hanya mengandalkan alasan kalau Novichok hanya diproduksi di Russia… bahkan investigasi belum selesai…
        Dari perkiraan dilakukan di mall / di taman / terakir di pintu rumah…

      •  

        Masalahnya inggris tidak bisa mmebuktikan itu pembelot trkena racun novhicok atau trkena radiasi kota kotor, krna inggris sudah masuk kota paling kotor polusi & bisa juga itu upaya inggris utk mmbunuh pembelot yg disebut konspirasi, menghilangkan jejak

        Hahhaahaaaaa

      •  

        Masak UK ga nyadar konsekuensinya ???
        Secara UK adalah tujuan utama/penampungan para agen pembelot Rusia melarikan diri (gluskov, skripal dll).
        Tapi yaa gini ajah, … klo emang Berani 1 lawan 1 , kenapa nyeret-nyeret yg lain sampe 20 negara ??

    •  

      Agato sugimura adalah Lol

    •  

      Barat bukan satu institusi seiya sekata bung

      para konservatif As di partai Republik banyak yg ngefan Putin
      sama kyak dimari

      xaxaxa

  3.  

    belum ada bukti ilmiah & laboratorium …
    kata nya liberal (neo lib malah) kelakuan udah seperti jaman kolonial, mudah salahkan orang, gak mau kalah, adu domba, usir diplomat, ajak² konco … kasian rakyat dan bangsa nya, akibat pemimpinnya asal bacot satu negara jadi khawatir mau perang.

  4.  

    Putin tuh Berani, visioner, cerdas, dan berwibawa, nggak banyak ngutang.. kata fadli zon..

    Pd akhirnya inggris akan dibikin plonga plongo oleh putin..

    •  

      Putin ( Prabowo untuk Indonesia ) kata fadli zon

    •  

      Kata bung Agato Prabowo lebih dekat pada USA… sedangkan Fadli Zon memang dari dulu pernah mendatangi apanya Stalin gitu, sepertinya memang beliau ini adalah pencinta USSR… dan pernyataanya memuji Putin agak kontradiktif dengan Prabowo yang mendasarkan cerita fiksi Ghost Fleet sebagai acuan keruntuhan Indonesia 2030….

      •  

        Lah kan Fadli Zon ama Papa Setnov pernah ketemu sama Mr. Trump. Makanya akan lebih menarik kalo Pak Prabowo jadi presiden.

        •  

          Bertemu dengan Trump dan menimbulkan kontroversi karena membuat DPR yang saat itu sebagai perwujudan perwakilan Indonesia yang seharusnya netral malah berkubu dengan salah satu kandidat capres di USA… diperkenalkan di forum lagi… itu bukanlah prestasi, tetapi kecerobohan…
          Pak Prabowo, dengan tidak mengurangi rasa hormat, lebih baik mengincar pilpres 2024 saja… karena terlalu berat untuk bertarung di 2019, apalagi koalisinya sekarang kebanyakan sulit dipegang arahnya…

          •  

            LIKE

          •  

            what do you like…? anu huha or anu agato san…???

          •  

            asal bung tau , prabowo itu kan capres abadi, jdi meski dia maju di pilpres 2024 pun dia ttp akan jadi capres,
            slm capres abadi.

          •  

            kadang2 sya terngiang sabda sinuwun eyang prabu dulu

            “Ora dadi presiden,Ora patheken….!!”

            xaxaxa

          •  

            Knpa sih nama gue loe bawa bawa, klu loe bosan dikejar kejar istri? Silahkan buat pengaduan KDRT perbutan suami orang

            Hahhaahaaaa

          •  

            Prabowo sama AHY wacapresnya.

          •  

            Bah, makin banyak utang, klu indonesia gak sanggup bayar, mrk akan mnjualmu, itupun klu laku

            Hahhaahaaaa

          •  

            Klu jokowi loe pilih? makin menumpuk utang walau infrastruktur sudah trbangun dimana mana & jokowi msh brgantung expornya ke uni eropa, kecuali loe cari penggantinya sbgi cawapres dr kalangan profesional

            Hahhaahaaaa

          •  

            Huha… kamu mesti belajar cara berinvestasi… ketika bangunan dibikin sekarang, contohlan ketika membeli rumah, maka dalam 10 tahun lagi, biaya yang digunakan itu nilainya sudah mengecil… hutang juga sama, ketika 10 tahun yang lalu cicilan 1 juta sudah mencekik leher sampai ke ubun2… sekarang 1 juta itu tidak lebih besar dari uang jajan anak-anak sebulan…
            Jika uangnya untuk subsidi jelas akan hiilang dan tidak berbekas hanya menjadi asap… tetapi kalau dibikin ifra struktur, orang saat ini sudah lupa seperti apa macet horor di simpang jomin… seperti apa rasanya pulang kampung 30 jam naik bis…

          •  

            Investasi itu banyak macam broo, misalnya, loe brinves di pengumpulan dana hj & pemberangkatan hj,
            jk uangnya sudah trkumpul & loe mau memainkan dana haji trsebut ke mata uang, atau emas sambil menunggu waktu pemberangkatan haji, tapi tiba waktunya loe brangkatkan itu orang yg mau haji trserah mau kemana loe berangkatkansupaya loe kagak sperti abu tours & first travel

            Hahhaahaaaa

      •  

        yg dipuji bukan ideologi atau okultisme individu
        melainkan cara mengatur pemerintahannya.

        fair saja banyak yg beranggapan modelnya putin bisa menjawab rongrongan China,
        sepanjang perjalanan sejarah modern,otoriter memang sulit ditembus musuh dari luar yg ingin melakukan tindakan subversif.

        •  

          Soehartoe kok malah mudah dilumpuhkan, pdhl otoriter

          Hahhaahaaaa

          •  

            Yg pasti otoriter soehartoe tidak memiliki tujuan pasti, yg mudah dilumpuhkan asing, buktinya soehartoe & anak2nya hanya bisa mengolah permukaan bumi, sperto perkebunan klu mineral perut bumi yg ngolah asing klu dibandingkan hasilnya keuang? Lbh banyak lg hasil mineral perut bumi drpd permukaannya, wajar soehartoe dilumpuhkan asing dgn meninggalkan hutang banyak

            Hahhaahaaaa

            Hahhaahaaaa

          •  

            sya kan bilang dari luar

            klo rongrongan dari dlm itu karena kekuatan politik terlalu sentral sehingga terjadi abuse of power, kolusi dan nepotis birokrasi belum lagi korupsi2.

            teori2 konspirasi apapun tak bisa mengubah kenyataan tersebut, termasuk dementia enak jamanku toh.

          •  

            china juga sma
            namun rongrongan dri dalam tersebut gagal
            Tiananmen tahun 1989

          •  

            klau tujuan pasti itu ada
            yg jadi maslah ketika sinuwun eyang prabu yg suatu saat pasti mangkat,
            siapa yg pantas menggantikan? para senopati pun pada ehem2 batuk2 sendiri.

            polemik lama sejak jaman kerajaan.

          •  

            Oteriter hrs memiliki tujuan pasti dlm mengelola negara, walaupun meleset dr kenyataan? Tapi sudah memiliki karekter dalm mengelola negara

            Hahhaahaaaa

        •  

          Putin memang sangat hebat dan sangat sesuai untuk memimpin Russia yang memiliki potensi besar tetapi bermasalah secara ekonomi… bahkan meskipun dalam tekanan super berat dari negara2 barat…
          Tetapi Indonesia berbeda jauh dengan Russia… Putin mungkin tokoh dan cocok di Russia tetapi Jokowi sudah beberapa kali di anugerahi orang berpengaruh di dunia… dan memang beliau saat ini dalah yang cocok untuk Indonesia…
          Pak Prabowo – Pak Putin… jelas berbeda langit dan bumi…
          Pak Jokowi – Pak Putin… keduanya terbukti sama2 berani mengambil resiko berseteru dengan USA seperti contohnya tetap melakukan pembelian Su-35 dan tetap berhubungan baik dengan Russia ketika semua negara koalisi barat beramai2 menekan Russia…

          •  

            Sekarang ini indonesia sudah bergantung expornya ke uni eropa, jd indonesia tdk bisa lg macam2, dipapua sj indonesia tidak bisa brbuat banyak, jk demikian dilakukan? Maka export indonesia distop, klu pintar? Sudah pasti pindah perdagangan, & otoriter bukan dari kalangan militer sj punya potensi sperti itu dr kalangan publik juga bisa tapi otoriter yg memiliki tujuan dlm mengelola negara

            Hahhaahaaaaa

      •  

        Seorang Prabowo adalah orang yang smart, cerdik dan ahli strategi. Sah-sah saja dia bicara begitu, mengkawatirkan resiko, adalah lebih bermakna dari pada cuek membiarkan resiko menjadi nyata

        •  

          jangan lupa juga rajin, tidak sombong dan pandai menabung

          xaxaxa

        •  

          Yaa sah sah saja walau ngaur, ini menurut agato siiih

          Hahhaahaaaa

        •  

          “Kalau kemudian ada yang bilang Indonesia runtuh dalam waktu dekat itu berarti nggak punya harapan. Dia nggak punya harapan positif untuk Indonesia,”

          •  

            Yaa sah sah saja bro, walau ngaur, tapi yg dekat saja lihat dipapua, yg mau bubar krna memiliki gudang mineral diperut buminya yg pembubaran itu didukung asing.
            Jk indonesia menunjukkan kemajuan perang dipapua? Kemungkinan expor indonesia distop uni eropa yg hasil expor indonesia jk di uangkan & dibandingkan hasil perut bumi jk diuangkan? Lebih lebih banyak lg yg dihasilkan perut bumi papua drpd hasil permukaannya, sperti perkebunan, bahkan jk dibandingkan dr uang para investor asing diindonesia msh lbh banyak lg hsil perut bumi

            Hahhaahaaaa

          •  

            Besokpun RI bs bubar klu rakyatnya bs diadu domba dan pejabatnya korub berhianat dgn menjual aset2 negara!he3. Boleh kita berbeda pendapat tapi tdk harus sampe gontok2an!

        •  

          orang yg smart,coba de di lombahkan berlari dgn yg kurus itu kira2 menang yg mana ya?
          ahli setrategi ya setiap orang ya beda bidang keilmuannya.

    •  

      wah jangan slh bung, kta si agato prabowo itu lebih condong ke AS, meski tidak boleh masuk negri paman sam.
      lihat aja pernyataan2 kontroversial si wowo, mirip si donald bebek waktu ingin mencalonkan presiden dulu.
      SALAM CAPRES ABADI.

  5.  

    Fitnah? Dah biasa mereka

  6.  

    Agato sugimura adalah Lol

  7.  

    Sebenarnya dalang fitnah di balik itu adalah CIA dan MI7, Rusia kena jebakan Batman.

  8.  

    wih asik nihhh….liat org berantem puja puji capresnya…xixi

    hajar bray,,maju maju mundur x, kotak, atas, bawah, fatality…..xixi #emang loe kira ini video gim

    •  

      Pemilu kemarin aja gue masih troma… broo… misahin si ubet sama si weleh rebutan nasi bungkus dimari…ini dah mulai lagi…. sontoloyo…pemilu masih jauh,,,deketan juga perang dunia ke3…!!!!

      •  

        Padahal kalau saya… males bener berdebat masalah paslon… karena sampai kiamatpun akan tetap saja ga ada yang mau kalah… jadi mending tunggu saja sampai hari H coblos dan nikmati sensasinya mengikuti perhitungan…
        Yang penting tidak menggunakan Hoax/Black Campaign… selama masih rasional ya iyain saja… toh tetap saja tidak akan merubah pilihan masing2 pihak…

        •  

          enak kalo yang kampaye ahli dibidangya…laa kalo tidakan malah tambah ruwet urusanya…bukan dapat simpati malahan anti pati…!!!
          lebih baik bahas permasalahan sosial yang ada disekitar kita,,,,biar kita bisa membantu memikirkan solusinya,,,angap kontribusi kecil kita dalam mengaflikasikan cinta bangsa….!!!!

    •  

      Emangnya Ente kira mortal kombat???

  9.  

    Sebentar lagi seluruh persemakmuran diharuskan mem-persona non grata-kan semua diplomat Russia tanpa kecuali……

    Terus tanda tangan di atas materei Rp. 6.000,-….. 😆

  10.  

    Owalah mulai agen sarap sampe pilpres ngalor ngidul ngetan-ngulon, tetap pasal 1 -barat itu paling betul, pasal 2 -barat gak pernah salah kalau masih ngeyel juga masuk kepasal 3 -pasal 1 dan 2 tdk dapat diganggu gugat!he3.ngawur.com

 Leave a Reply