May 152017
 

Pesawat tempur Super Flanker, Sukhoi Su-35 Rusia (Aktug Ates)


Pemerintah Rusia tertarik dengan produk karet asal Indonesia. Hal tersebut diutarakan Rusia menanggapi kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan imbal beli dengan negara produsen senjata.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan menyampaikan bahwa produk karet yang diminati itu adalah crumb rubber (karet remah). “Mereka tertarik di crumb rubber. Tapi belum kami putuskan,” ujar Oke, seperti dikutip kontan.co.id pada Senin (15/5).

Komoditas karet menjadi salah satu yang tengah dikaji oleh pemerintah untuk imbal dagang dengan produk senjata Rusia. Menurut Oke, payung hukum dari jenis produk yang disepakati dengan mekanisme imbal dagang akan dibuat dalam bentuk Peraturan Menteri.

Dengan Rusia, produk yang diinginkan oleh Pemerintah Indonesia adalah pesawat tempur Sukhoi. Adapun nilai imbal dagang yang akan dilakukan dengan Rusia sekitar 600 juta dolar AS.

Pengadaan Jet Tempur Su-35, Gunakan Skema Imbal Beli

Skema imbal beli atau pola yang diterapkan oleh pemerintah dengan mewajibkan eksportir negara mitra dagang untuk membeli produk dalam negeri, dinilai mampu untuk meningkatkan ekspor serta membuka pasar-pasar baru tujuan ekspor.

Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Nusa Eka, Jumat mengatakan bahwa skema imbal beli tersebut wajib untuk pengadaan barang pemerintah yang berasal dari impor dengan nilai tertentu dan atau berdasarkan peraturan perundangan.

“Saat ini kita melihat ada perlambatan ekspor, dan imbal beli ini bisa kita pergunakan sebagai salah satu instrumen untuk penetrasi produk ekspor. Selain itu juga salah satu instrumen untuk mengatasi hambatan dan kendala ekspor,” kata Nusa Eka, di Jakarta. 16/12/2016.

Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44/M-DAG/PER/6/2016 tentang Ketentuan Imbal Beli Untuk Pengadaan Barang Pemerintah Asal Impor sebagai landasan hukum untuk instrumen tersebut.

Skema imbal beli merupakan suatu cara pembayaran barang yang mewajibkan pemasok luar negeri untuk membeli dan atau memasarkan barang tertentu dari Indonesia sebagai pembayaran atas seluruh atau nilai sebagian barang dari pemasok luar negeri.

Selain imbal beli, instrumen lain yang bisa dipergunakan oleh pemerintah antara lain adalah barter atau pertukaran barang dengan barang lain, pembelian kembali dan offset atau pembelian barang dimana pemasok luar negeri menyetujui untuk melakukan investasi kerja sama produksi dan alih teknologi.

Skema imbal beli tersebut wajib dilaksanakan pada program pengadaan barang asal impor, seperti oleh Kementerian Lembaga, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Lembaga Pemerintah Non Departemen, yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Salah satu contoh rencana pengadaan barang oleh pemerintah dengan menerapkan skema imbal beli dan offset adalah pengadaan delapan unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 senilai 1,14 miliar dolar AS. Dalam kesepakatan tersebut, skema imbal beli yang wajib dilakukan oleh pihak Rusia senilai 570 juta dolar AS.

Dalam konteks imbal beli, Indonesia sudah menawarkan sebanyak 35 produk ekspor kepada pihak Rusia. Sejauh ini pihak Rusia sudah menyampaikan keinginan mereka untuk membeli karet alam produksi dalam negeri, namun tidak menutup kemingkinan untuk membeli produk lainnya.

Rata-rata impor Rusia dari dunia untuk karet alam pada 2011-2015 tercatat sebesar 11,5 juta dolar AS per tahun. Namun, dari rata-rata nilai impor tersebut, Indonesia sama sekali belum menjadi negara pemasok kebutuhan Negeri Beruang Merah tersebut.

Produk yang ditawarkan dalam skema imbal beli antara lain adalah produk manufaktur seperti produk kayu, produk kimia, peralatan konveksi, elektronik dan lainnya. Sementara untuk produk industri primer adalah logam mulia, kopi olahan, ikan olahan dan lain-lain, serta komoditi primer seperti udang, rumput laut, batu bara dan karet alam.

“Mereka sudah menyampaikan keinginan untuk membeli karet alam kita, tapi tidak menutup kemungkinan untuk produk lain,” kata Nusa Eka.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada November 2016 tercatat ada peningkatan impor senjata dan amunisi sebesar 51,3 juta dolar AS. Secara kumulatif, pada periode Januari-November 2016 nilai impor Indonesia secara keseluruhan mencapai 122,86 miliar dolar AS.

Sementara untuk ekspor, pada periode yang sama mencapai 130,65 miliar dolar AS atau menurun 5,63 persen dibanding periode yang sama tahun 2015. Dengan demikian, hingga November 2016, neraca perdagangan masih mengantongi surplus sebesar 7,79 miliar dolar AS.

Sumber: kontan.co.id dan JakartaGreater

  146 Responses to “Imbal Dagang 600 Juta USD, Rusia Tukar Sukhoi dengan Karet”

  1. PPPPPHHHHHHHPPPPPPPP

  2. Kemarin crita mengenai offset
    Skr.crita imbal datang
    Ga tau bsk crita ttg apa lagi
    Hehe

    • Offset artinya:
      Salah satu bentuk imbal dagang antara dua negara, dimana negara pemasok menyetujui memberikan sejumlah barang/jasa ataupun dana untuk investasi, joint production, transfer technology, memberikan peralatan, dan bentuan yang diperlukan di negara penerima/pembeli. Kesepakatan imbal dagang ini dituangkan dalam kontrak agreement lengkap.
      Pelunasan dibayar dengan menggunakan hasil-hasil produksi atas investasi, joint productions, ataupun transfer technologies yang diterima di negara pembeli.

      • Daripada repot ngitungnya kenapa rusia ga gantian aja beli satu skuadron cn-235 atau bbrp biji kapal LPD….toh rusia kan belum punya kapal perang yang “bebas asap”

  3. Sip…

  4. tes

  5. Pertamax Turbo
    Mantap

  6. lebih dari 100 juta dolar per unitnya

    • Nih Saya Jelaskan Kenapa Harga SU-35 Khusus Indonesia Harganya Bisa Capai 140Jt USD Lebih.

      —Pertama. Indonesia Indonesia Mau Pasang Komponen Non Rusia Di SU-35 Makannya Perlu Biaya Tambahan Untuk Meriset Komponen Yg Mau Di Pasang Itu Agar Cocok Di SU-35…

      —Kedua.Itu Juga Termasuk Biaya Untuk ToT…

      —KeTiga. Itu Pembelian Juga Sudah Sepaket Dgn Senjatanya…

      ——IMHO——

      • Lho itu khan opini anda, katanya anda sales Sukhoi, masa anda kasih penjelasan berdasar opini dan bukan berdasarkan data valid ?

        Kalau penjelasan saya :
        Harga Su-35 lengkap radar, senjata, spare part USD 84 juta per unit.

        Anggaran USD 1140 juta. Diberitakan mau dibelikan Sukhoi 8 unit.

        1140 / 8 = 142,5

        Sebab harga Su-35 menurut pembelian China adalah 2000 / 24 = 83,33 dibulatkan sebenarnya USD 84 juta spek lengkap, maka :

        142,5 – 84 = 58,5

        58,5 x 8 = 468

        Sisanya USD 468 juta.

        Jika USD 468 juta ini dibelikan lagi Su-35 dengan spek yg sedikit dikurangi misal di harga USD 78 juta maka :

        468 / 78 = 6

        Jadi ada tambahan 6 unit lagi, sehingga total 8 + 6 = 14 unit.

        Jadi prediksi saya :
        Diberitakan 8 unit, jadinya 14 unit Su-35.

        Angka 468 ini mendekati angka USD 470 juta untuk pembelian Sukhoi di MEF 1 yang katanya adalah dari seri 30.

        Mengingat tahun 2013 ada wawancara Pak Moeldoko yang menyebut “jika punya 6 Su-35 saja sudah ada daya gentar”, dan angka 468 mendekati 470 maka saya simpulkan 6 unit yg diberitakan dari seri 30 sebenarnya adalah dari seri 35.

        Sehingga saya simpulkan ada 6 unit Su-35 yang sudah dipunyai RI dan akan ditambah 14 unit lagi serta ditambah lagi 16 unit.

        seharusnya dengan pembelian sebanyak 6 + 14 ini dan prospek pembelian 16 unit lagi, rusia seharusnya beri TOT tetapi karena Rusia licik dan pelit maka mereka hanya mau imbal dagang saja.

        • Kalo investasi rusia bagian dari jaminan rusia memberikan transfer teknologinya gimna bung? Yakin yg di publish cuma 8 nanti bung? Jd totalnya brp yah bung su 35nya?xixixixixixixixixixi

          • Tuh dgr bung tn, bung jimmy sales sukhoi abal2 nie, datanya ga invalid, klo bung tn baru gamblang jelasinnya, bung jim terpengaruh sm cunta si neng cintia sih, jdnya ga fokus dipekerjaan…

          • @edo

            Kalo datanya valit, tentu saja bliau sudah tembus jualan disini….heheheh

        • Wah, bung jimmy sales raisoborongpopok abal2 nie, daranya invalid, noh liat data dr suhu kira bung tn, itu baru sales resmi dr dr rosoboronexport milik rusia, bung jimmy sie kebanyakan indehoy sm cintia, jd lupa diri deh…

        • itung itungannya opini nih xixixixixi

          Sent via Blackberry

        • Itu Saya Tulis IMHO Karena Saya Lagi Males Nyales. Dan Dulu Saya Juga Pernah Bilang Klau Sukhoi Yg Di Beli Itu 10-14 Unit… Tapi Alasan Yg Saya Tulis itu Juga Lumayan Valid Karena Sebelumnya Sudah Pernah Di Bahas di Salah satu Artikel…

        • Bung TN lupa hitung..
          Itu china 84 jeti udah sama mesin cadangan lho om yg katanya 1 su 35 china dpt 4 cadangan (mintanya cina) tp russia cuma mau ngasi 2 cadangan.. dan tau sendiri kan harga mesin pesawat kaga murah?

          Kalo saya kira USD 1.2 M bisa dpt 1 skuadron (16 pesawat) 16 x 65 juta (wiki) = 1040 sisa 160 juta : 16 = pas 10 juta untuk armament masing” pesawat.

          10 juta utk missile russia per pesawat udah ok banged.. rata” missile russia di kisaran 500-800rb USD

          Kesimpulan 1.2 M dpt lengkap 1 skuadron siap tempur :D

          • Harga Su-35 kosongan USD 40 juta.

            Spare part (termasuk mesin cadangan 2 unit) USD 20 juta.

            40 + 20 = 60

            Radar, avionik lengkap dan Pelatihan crew dan pilot USD 10 juta.

            60 + 10 = 70

            armament seperti Rudal, jammer dsb USD 14 juta.

            70 + 14 = 84

            Pas 84 juta.

  7. mana nih bung TN. PHD 600 jt usd dapet sukro berapa nih bung,,,,,,,,,

    • Tergantung Klau SU-35 Versi Chino/UAE Itu Harganya Sekitar 80-85Jt USD 600Jt USD Itu Bisa Dpt 7 Unit Dan Masih Ada Sisa Uang. Sedangkan Klau Yg Versi Indonesia Itu Harganya Sekitar 140Jt USD Jadi Klau Di Beliin Bisa Dpt 4 Unit Dan Masih ada Uang Sisa…

  8. Apes x rusia sudah beli kentengan…. harus di tot… eh dibayar ga cash pula… alias barter wkkwkw

  9. @patih pragota

    Masa kecil dulu ada tukang mendring keliling kampung, nawarin sendal jepit dijoli gereh….lha ini pesawat super manuver dijoli karet….pfhhhhhhh, bhuwakakak

  10. Mending gak usah ada cerita,,,

    • Itu Saya Tulis IMHO Karena Saya Lagi Males Nyales. Dan Dulu Saya Juga Pernah Bilang Klau Sukhoi Yg Di Beli Itu 10-14 Unit… Tapi Alasan Yg Saya Tulis itu Juga Lumayan Valid Karena Sebelumnya Sudah Pernah Di Bahas di Salah satu Artikel…

  11. Bung jimmy tak jadi termenung lagi kaya nya xixixi ..
    oya 600juta dolar itu untuk biaya pembelian sukoi atau imbal dagang rusia yg membeli karet dari indonesia dengan nilai 600jt dolar untuk pembelian karet ??

  12. Ya Ndak papa to, Sukhoi diijoli karet sah sah saja. Yang penting dapet Sukhoi. Kalo perlu diijoli ma kelapa dikebon ane

  13. Lama lama naik juga darah tinggi mr.putin nih… ni orang udah bli ketengan banyak bacot plak lagi..buawkakakakak

  14. HANYA UNTUK PLODUK PLODUK LUSIA..KALO PLODUK2 USA BAYAL CASH LUNAS..HAYYAAAA

  15. Yang mau beli muka tembok..Kaya saya

  16. Nah ini dia karet yang bakal dijadikan pelapis penyerap sonar bagi kapal selam canggih terbaru buatan Rusia

  17. PERATURAN MENTERI PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 30 TAHUN 2015
    TENTANG
    IMBAL DAGANG, KANDUNGAN LOKAL, DAN OFSET
    DALAM PENGADAAN ALAT PERALATAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN
    DARI LUAR NEGERI

  18. Bodo amat dah, mau pake karet, pake kopi, pake rempah2 dan pame palawija…ane ga pikirin lg, mau belj kek, mau enggak kek, masa bodo, su35 udh kuno, jelek dan boros…mending gripen, fa50, f16v dan tejas…su35 udh kyk ember pecah, ga bs diandalkan lg, usang…

  19. stop hentikan
    tidak jangan dibeli
    hentikan semua php
    oh ini toh yg dibilang carin pesawat kaleng krupuk
    kasihan sekarang carin loh warjager,semenjak cerai dari suaminya sekarang carin jadi murung aja bawaannya,kan rumah gue sekampung sama carin.ada yg mau sama janda kembang carin? masih muda,seksi,bahenol dan kayak artis 80 an,makanya sekarang carin jarang nongol di jkgr.
    mending pinjam aja dua atau sewa setelah itu jiplak sampai kering…
    sama rudalnya juga jiplak sampai kering……..
    jika ada yg berminat sama janda kembang carin hub:
    cintia horas ….( duta rudal nasional,pro jiplak)
    bung peteuy mau
    bung jimmil mau
    bung phd mau
    bung colibri mau
    atau sibocah mau
    pokoknya siapa yg mau,syaratnya gak pengangguran ya……….

  20. Kasian nusantaraku tercinta, mau beli barang jelek, mahal dan kuno harus dgn imbal dagang pake karet…ironi, negara yg kaya raya ini hanya bisa imbal dagang….malu rasanya hati ini, semoga menhan bisa berpikir lbh cerdas…jika beli ketengan ya gpp tanpa tot pst bs byr cash, ini minta ini itu ya akkhirnya pake karet imbal dagangnya!,, kasian bgt ya??

    • Kasian bung jimmynya….sampe segitunya pengen bisa jualan sampe barang super tjanggih mo ditukar karet….prihatin dengernya

    • dr banyak komentar pada tidak tahu semua bhw indonesia punya sda yg melimpah slh satu contoh cpo,kita produsen cpo terbanyak didunia 26juta ton pertahun kali 900 dolar perton sekarang,kalo dibelikan semua dpt beratus2 pespur

    • Kekayaan alam Indonesia yang paling baik adalah kekayaan yang reversible, bukan yang ireversible.

    • Justru ini sgt cerdas bung , membeli tanpa keluar devisa banyak dan tidak termonitor oleh intl bank settlement. Membeli barang produksi msnufaktur dituker dengan barang produksi kebun ( sama2 renewal, bisa diproduksi lagi) , kalo om putin minat banyak…nohhh kita sediakan karetnya byk2 spy diijoli sukhoi byk2 jerr…

    • Justru ini sgt cerdas bung , membeli tanpa keluar devisa banyak dan tidak termonitor oleh intl bank settlement. Membeli barang produksi msnufaktur dituker dengan barang produksi kebun ( sama2 renewal, bisa diproduksi lagi) , kalo om putin minat banyak…nohhh kita sediakan karetnya byk2 spy diijoli sukhoi byk2 jerr…

    • membeli dgn imbal datang jg berguna untuk menggenjot ekspor kita bung
      sekalian promosi produk2 yg kurang dilirik oleh negara lain
      ndak ada yg salah ma barter imbal dagang

  21. Skema imbal beli yg sangat cerdas…… ana setuju

  22. nah ini baru saling menguntungkan..mantap strateginya… 600 jt dolar .tp apa itu cuma karet aja nih..sementara pemerintah nawarin 35 jenis untuk imbal beli.. yg pasti tidak satu jenis saja yg nanti akan di pilih oleh rusia..nilai untuk imbal beli berapakah kira2 saudaraku..?…mungkin bung tn phd bisa jelasin..

  23. Kanapa Gk Gunain Soft Loan 3Milliar USD Dari Rusia… Kan Soft Loan Nya Baru Di Gunain Sedikit…

  24. Yaaa ibarat goreng kopi Klo gak gosong gak bakalan kluar aroma nikmat ny; beda lg sm goreng pisang Klo gosong beruk pun tak nak makan; hayuk kang goreng terus nih masih setengah gosong muehehe

  25. Waktu pengadaan SU27/30 dulu juga melalaui skema imbal dagang juga, karet dan minyak sawit mentah, kalau tidak salah. Jaman megawati.

  26. indonesia kan kaya sda wajar dong,kalo perlu spt dulu dg cpo,ingat kita produsen cpo terbanyak di dunia 26 juta ton kali 900 dolar perton sekarang.bisa dapat beratus pesawat kalo dibelikan semua

  27. tawarin tebu jg ada pak, yang penting kebeli 35 nya..
    tanah kita subur, itulah kekayaan kita.

    • Tanah kita emang subur bung dangxel…sampe2 carin pun gak mau kalah suburnya. Konon (menurut cintya) sekarang carin udah ngejanda, 4 anaknya

  28. .

  29. Karena nilai ekspor kita ke Rusia masih defisit terlalu jauh dibanding nilai import, makanya disini terjadi imbal dagang. Berbeda dengan nilai ekspor kita ke USA yang mungkin surplus dibanding nilai import, bahkan sampai Trump menuding Indonesia curang. Mungkin loh.. skali lagi ini mungkin, saya tidak begitu paham dengan perdagangan antar negara.

  30. pemerintah seharusnya membuka posko donasi nasional utk sumbangan penduduk dari produk2 berbahan karet

  31. Rumor dr temen tni… Indonesia di larang pakek dolar apa bila pembelian alustista dari rusia… Mangkanya pemerintah putar otak biar bisa beli… Dengan cara barter…dr stu… Aturan baru pemerintah harus ada offset. Dan TOT..apa lagi alustista rusia masuk wilayah strategis…. Dalam jumlah yang sesungguhnya pasti di rahasiakan… Dengan keuntungan barter… Bisa sama2 saling mengguntungkan.. Satu sama lain…

  32. selain karet produk apalagi yaa yg bisa sebagai komuditas andalan, dari pengalaman saya dulu saya mau memasok serabut kelapa ke china tapi saya kalah di harga cuma selisih Rp50,

  33. Karet kondom bekas termasuk tidak?

  34. (Konon)…disuatu pagi yang dingin membeku dibulan desember 2020, sebuah deringan telpon membangunkan Pak Putin dari peraduannya…

    Menhan: Selamat pagi kamerad, ini saya protes…su-35 yang anda jual kepada kami kualitasnya sangat jelek !!! Masak baru dipake bermanuver cobra pugachev beberapa kali, nossle TVC nya jadi kondoy (menggantung/loyo/mleyot) begitu….?

    Putin: Uahhhh (sambil menggigil kedinginan)…anda pasti becanda kan…gak mungkin…produk-produk kami sangat berkualitas tinggi, sampai-sampai paman Jinping pun pengen tambah pesanan lagi.

    Putin: Sebentar, saya cek dulu (sambil mengirim WA kepada bung jimmy, salesmannya)….

    Putin: Achhhh tentu saja kamerad…itu sukhoi yang anda bayar dengan karet kan? Mana ada nossle karet yang tahan suhu tinggi…..?!!!!!

  35. Hadew….Klu Rusia punya Shukoi ditukar karet aja mau.., lha terus Swedia nawari Gripen ditukar sama Ban Becak mau ga yaa..??

  36. Sepi

  37. Ada baiknya jg gak tergantung dolar dlm import alutista dan saling menguntungkan dalam sektor Industri dan perdagangan dikedua belah pihak.

  38. 1140 – 570 = 570…., itulah biaya produksi 8 su30….
    #hitungan mabok pedagang sayur keliling……huehehe…

  39. Jempol…ah

  40. menuju 112 Sukhoi …

    ngarep mode on … kikikikih …

  41. klu bisa sama freeport & caltex ditukar dgn SU T50 kirke badai, hihiiii

  42. Cape baca artikelnya,ora jelas

  43. Mantab jiwa bung jim ga jadi termenung…

  44. nah setuja nih imbal beli. jadi enggak ada dolar yang keluar negeri. greapen dan sukoi bisa jalan bareng. good lah

  45. komen saya di telan bumi

  46. masih ingat as australia menyadap RI yg ingin tau cr pembayarn trnsaksi alutsista yang di beli dari russia ? mungkin ini pengaburan pemerintah untuk menyamarkn jumlah dan cara pembayarnya
    asal tebak aja bung para senior jkgr..hihihi

  47. wow … mantap … lanjutkan

  48. Ya ampuuunnnnn…saking mahal nya ni perawatan/harga pesawat rongsok sampe2 harus jualan karet segala….udah pak….ambil yg pasti2 aja pak, pesawat dg teknologi baru nan canggih yg perawatan nya pas di kantong negara kita pak….betul pak pesawat tempur gripen jawaban nya pak….

  49. HUAHAHAHA !!! Kagak useh karet…Lah limbah pabrik tahu aje pantes ditukar ame ni barang…

  50. S7 pendapat tn phd..kita hanya memenuhi mef th 2019..itu hanya tambahan Sukhoi yang mo di kirim ke sini,wong Om panda aja ngebet bli banyak.. pertanyaan nya ngapain Om panda bli bnyak ni barang..ahay..??? mungkin tn phd bs diskusikan..Gripen,bdai da pada nongkrong di mari ko.. apalagi 35…hahahaha.. nyuruput kopi lagi..ngarep.com

  51. bung Edo tak usah gengsi langkah pemerintah kalau clear sudah sangat bagus dan cerdas

  52. sekenyal kenyalnya karet masih lebih kenyal calon transaksi su-35 kali ini
    bahkan alot pula
    meskipun dari awalnya sudah ada opsi barter dengan karet alam namun setelah jauh melangkah baru menimang kenyalnya karet
    jadi kaget terkenyal kenyal bila memang nanti suatu hari su-35 betul betul jadi batal mendarat di bumi pertiwi tercinta

  53. beli apa pon indon tetap lemah

    • Hahaha … Sekarang Cintia pindah kewarganegaraan Malon

      Cin … Ngurus negara itu gak cukup punya peralatan dan pasukan perang hebat, hrs punya taktik politik yg jooss, walaupun kita punya 1 jt rudal tetap aja kita bakal kalah sama negara2 di dunia xixixi

  54. apa bnr ada kejadian 4 anggota arhanud gugur dinatuna ya?

  55. Siapa ya?? Aer Panas? Merem Belinya? Adi bin Slamet?

 Leave a Reply