Jun 052016
 

Amerika Serikat telah mengumumkan pencabutan embargo penjualan persenjataan kepada Vietnam, dan mulai sekarang Vietnam bisa memiliki akses ke teknologi persenjataan yang paling canggih buatan AS.

Meskipun ada keraguan karena Vietnam akan kesulitan untuk membeli persenjataan AS karena harganya yang terlalu mahal, tapi harap diingat menginginkan perdamaian juga harus mempersiapkan diri untuk berperang.

Dalam artikel kali ini akan dibahas perbandingan pesawat tempur canggih F-15SE dari AS dan Su-35 Rusia yang bisa dipertimbangkan diakusisi Vietnam untuk meningkatkan kemampuan pertahanan nasionalnya.

F-15SE dengan kemampuan nyaris siluman

F-15 Silent Eagle adalah versi terbaru dari pesawat tempur yang paling sukses dalam sejarah Amerika. Dirancang untuk melakukan misi pre empty strike, atau melakukan serangan jauh ke dalam wilayah musuh. F-15SE memiliki kemampuan siluman, keuntungan yang memungkinkannya untuk menyerang dan menghancurkan basis dan pertahanan udara musuh pada tahap awal perang sebelum musuh menyadarinya.

Dikembangkan oleh Boeing dan diuji pertama kali pada tahun 2010, F-15SE dilengkapi dengan teknologi pesawat tempur generasi kelima. Memiliki kemampuan siluman sedikit lebih rendah dari F-35 Lightning II. Secara khusus, ada dua ruang penyimpanan senjata internal yang dirancang tepat di bawah sayap dan badan pesawat yang dilapisi dengan cat penyerap gelombang radar untuk membantu meminimalkan deteksi radar musuh.

F-15SE dengan radar canggih AESA

Dilengkapi dengan radar canggih AESA AN / APG-63V3. Ini adalah varian modern dari radar AN / APG-63 dengan sejenis prosesor radar AN/ APG-79 yang digunakan pada jet tempur F -18E/F Super Hornet.
AN / APG-63V3 dengan kemampuan tracking target hingga sejauh 296 km, dengan kemampuan tracking sama kuatnya pada sasaran darat, Secara khusus F-15SE juga didukung perangkat penjejak sasaran inframerah AN / AAS-42.

Kokpit modern F-15SE

F-15SE dilengkapi kokpit dengan avionic modern fullglass, mode penerbangan semi-otomatis dengan kendali komputer, pilot juga dilengkapi dengan sistem helm penargetan yang terintegrasi dengan kemampuan JHMCS. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem elektronik countervailing digital yang paling canggih.

F-15SE memiliki persenjataan yang lebih besar dari Su-35

Mengenai kemampuan angkut persenjataan, F-15SE dapat memuat hingga 10,4 ton persenjataan, lebih unggul daripada Su-35 yang 8 ton. Persenjataan yang besar menjadikan F-15SE memiliki kemampuan tempur terbaik dengan kemudahan bagi pilot untuk memilih beragam persenjataan yang diinginkannya.
– Dalam pertempuran udara-ke-udara, F-15SE mampu menyebarkan 8 rudal udara-ke-udara jarak medium AIM-120 dan rudal jarak dekat AIM-9.
– Pertempuran udara ke permukaan, F-15SE dapat membawa 6 rudal AGM-65 Maverick atau 2 rudal anti-kapal Harpoon AGM-84. Selain itu juga dapat membawa rudal jelajah AGM-154 dan AGM-158 JASSM generasi baru.
– F-15SE juga membawa beragam bom Mk82 / 84, bom CBU cluster, bom bimbingan laser Paveway II / III, bom bunker, dan small diameter bomb.

Mengapa Vietnam tidak membeli Su-35?

Su-35 buatan Rusia memiliki perangkat peperangan elektronik kuat yang mampu menjamming frekuensi radio elektronik musuh. Su-35 membawa persenjataan rudal udara ke udara yang sangat lengkap, berpotensi menyelinap tanpa menghidupkan radar dengan menggunakan perangkat Infra Red Search Track (IRST), memiliki manuver liar dengan sistem propulsi 3 dimensi, dan terbang dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan afterburner.

Namun F-15SE juga memiliki keunggulan tersendiri. Jet tempur F-15 mampu terbang lebih cepat dan pada ketinggian maksimal. F-15SE memiliki sedikit kekurangan pada perangkat peperangan elektronik namun unggul dengan sistem radar AESA-nya. Su-35 menggunakan radar PESA Irbis-E yang memiliki keunggulan teknis lebih rendah dari AESA, untuk pertempuran jarak dekat dan ketinggian rendah radar AESA lebih unggul daripada radar Irbis-E.

Selain itu, F-15SE juga dilengkapi dengan pod eksternal AN / ASQ236 pemetaan tanah dengan resolusi tinggi, dan sistem penargetan LANTIRN (atau AN / AAQ) memungkinkan F-15SE untuk menyerang sasaran darat dengan presisi tinggi.

Secara teknis kedua pesawat tempur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bisa dikatakan hampir seimbang.

Namun perlu dicatat bahwa tetangga Vietnam, yakni China dan Indonesia telah memesan jet tempur Su-35, sehingga kedua negara tersebut dapat memahami pesawat tempur ini lebih dulu dan lebih baik daripada Vietnam.

Dan andai Vietnam juga membeli Su-35, mungkin Vietnam tidak akan lagi memiliki keunggulan dalam taktik dan teknologi peperangan udara.

Kienthuc.Vet.Net

Bagikan :

  46 Responses to “Imbangi Su-35 China dan Indonesia, Vietnam Bisa Membeli F-15SE dari AS”

  1.  

    beli yg byk dehh…

    •  

      Indonesia beli sedikit tetangga hebohh….
      Blom juga datang barangnya udah panik.
      Lagiian belum ditanda tangani,,cuma isu udahh meriang tetangga..

      Indonesia punya tujuan harus bisa produksi sendiri,,soalnya luas wilayah…
      Kemandirian berdaulat..adil dan makmur

  2.  

    1

  3.  

    🙁

  4.  

    Mabok sukoyyy lagi…

  5.  

    jelas saja SU-35 vietcong vs SU-35 chino yg jelas vietnam kalah krn jumlah SU-35 chino lbh byk dr vietcong, mkx lawan tanding yg seimbang cuma F-15SE, bahkan israel & singapor sgt menginginkanx tp tdk di boleh kan ASU, utk menghadapi SU-35 china cukup dg F-16 Viper

  6.  

    buat negara Vietnam yg baru dicabut embargo sista ma Amrik … walaupun ada duit nya, ane pesimis Vietnam bisa dpt F15 full spec utk varian anyar spt diatas … spec tsb mungkin akan dikirim duluan buat Singapore, Aussie atau malah Filipine.

  7.  

    Yang udah beli itu china klo kita cuman minat dan akan akan akan….

  8.  

    Emang Indonesia jadi beli..?

  9.  

    Kalo jangkauan radar, Su35 bisa sampai 300km utk RSC F 15. Sekarang tinggal lebih penting mana, kemampuan siluman atau jammer. Su 35 punya jangkauan radar lebih dari F15, manuver lebih baik, jammer lebih kuat thd semua varian F15. F15 punya kemampuan siluman, rudal yg digotong lebih banyak, lebih cepat, dan kemampuan pendeteksian radar yg lebih bagus & presisi dari Su35.

  10.  

    terangkanlah…..

  11.  

    Peeeeeeeerrrrr….keong…bkn pertamax…sblum liat su35..f15 dah kcium baunya dl oleh su35 krn jangkauan radar su lbih jauh….blm lg jarak tmpuh nya….soal siluman su35 jg semi siluman, soal manuver…?gak tau deh….

  12.  

    ia..su 35 daya jelajah.y lebih jauh kalau d kejar f15 entar d tengah jln batuk2 k habisan aftur..:daya jangkau radar irbis.4000km…nah..loh menang mana…?

  13.  

    Pilihan yg tepat…!!
    Beli dilihat dari musuh potensialnya, tampa mikir geopolitik.. Joss!!!

  14.  

    Irbis officially 400 km.

  15.  

    Kita udah punya f15 .

  16.  

    udah kita dah punya f15, 1 dusini,2 dumari,3 no disono

  17.  

    su 35 dibilang semi siluman krn jangkauan radar yg jauh.. jd sbelum pesawat lawan melihat su35, radar su35 sdh mendetect lawan… tinggal tembak buum rontok sebelum berhadapan .

  18.  

    SU-35 bukan siluman melainkan anti siluman

  19.  

    wah pada gk tarawih nich semua…,nongkrongin yg gak ada diakhirat nanti…xixiixiii…..

  20.  

    Betul, kalo ada anti siluman berarti yg siluman sudah tidak siluman lagi…
    Apalagi rudal anti radiasi su35 long range…bisa mabok tu f16…
    Strategisnya Minimal Radar su35 bisa digunakan untuk menutup celah radar RI mencegah black fligh pesawat mata mata atau siluman sekalipun yg menerobos…

    Masih ingat RR bilang beli su35 jangan banyak2 krn teknologi pespur cepat perkembangannya…

    Kasian bener RR = Ragu Ragu…ntar menyesal kemudian…
    su35 masih sangat relevan untuk 10 tahun kedepan…

    •  

      @ jolo sostro..

      #Masih ingat RR bilang beli su35 jangan banyak2 krn teknologi pespur cepat perkembangannya#

      aku setuju kata pak RR….,karena pertempuran udara kedepan..sekitar 2020.,pakfa T 50 produksi masal,..menyusul f 35 yg sudah menyebar dahulu..,
      karena pesawat gen 4+ sudah masuk kategori jadul,..di saat itu pula prototype pesawat pesawat generasi ke 6 akan bermunculan..,dr usa,rusia,china,..
      salam…

      ngak pakai ketawa tapi…:)) senyum

  21.  

    Hehehehe….amerika modus nawarin senjata gaharnya ke Vietnam…sptnya Amerika ingin kandungan gas dn minyak lepas pantai dn mungkin d vietnam Ada bukit emas…siap siap bye bye freeport…IMHO yak….kalo tiongkok iseng ama Vietnam..si Vietnam tinggal minta bantuan ma indonesia…kelar….hehehe…#ungkapan ngayal.co.id…..

  22.  

    semua bisa beli om admin. tapi apa iya dijinin ? ga sih mnrut saya. f 15 se itu barang strategis yg rawan bgt dksih k vietnam yg dket dngn rusia. bisa2 itu teknologi rahasianya pindah k rusia. berat bgt klo vietnam mau bli f15 se. produsen nya boeing mah iyain aja. tp bkln kandas di parlemen. klo indonesia yg beli baru mungkin di ijinin tp sayangnya indonesia blm mampu secara finansial. cmiiw

    •  

      Yakin diijinin bung, amrik ga bakalan ngasih krn sekutunya ja di asteng ga dikasih… sekalipun dikasih jg bakalan didowngrade jd percuma… kecuali Indonesia mau jd sekutu Asu ky Singaporn, Asutralia atau Israel yakin gausah diminta jg bakalan dikasih tp ya semua aset strategis jd milik Asu… skrg blm jd sekutu Asu ja (nonblok) udh bnyk yg dikuasain Asu palagi jd sekutunya Asu… kalo soal duit mah Indonesia jauh lebih mampu drpd Vietnam klo Indonesia mau tinggal niatnya ja…

  23.  

    buktin dulu di angkasa baru tau mana yg ter baik.

  24.  

    kalau makan sore gratis banyak bang..?…:))
    buka puasa bersama….

  25.  

    Gimana ya.
    Kalo diliat sih faktor pilpt juga mempengaruhi, strategi juga mempengaruhi, setiap negara pasti beda2 pemikirian.
    Tapi kayanya untuk vietnam, teknologinya pasti sedikit diatas rata2. KARNA AMERIKA -VIETNAM PUNYA KEPENTINGAN JUGA di LCS.
    Masalah teknologi pasti dikasih yg diatas rata2.
    Masalah hargapun pasti ada negosiasinya..
    Karna khusus untuk ini PAK VIETNAM DAN dan sang gebetang negara MAMABOY Memiliki musuh yg sama. Pasti akan saling dukung.. Hingga berujung pada pacaran. Ntar kalo udah beda pemikiran/ ga cocok mama boy dan papa viet bisa cerai hingga tidak memutup kemungkinan mamaboy mengembargo papa viet seperti yg biasanya…

  26.  

    Yg bilang alutsista kita harus di rahiasan itu cuma ohak karna agen CIA udah punya datay tentang alutsista negara kita.. belum lagi agen dari Amerika.. jang percaya alutsista kita ada yg rahasia2 lagi alutsista kita cuma ada tua2 semua… karna pemimpin kita mudah di suap untuk bisa membongkar rahasia negrlara kita… tak ngiat perang di timur2 dulu kita kalah karna ada orang dalam yg mengasih info tentang keterbukaan ke timur2 dan ifoy sangat detail jumlah prosenil kita yg berangkat dan Letang penyerangany….kelemahan negara kita cuma pemimpin negeri kita bisa di suap….Jang harap Indonesia biasa menyembunyikan alut sista kita selagi masih ada pemimpin2 kita yg bisa di suap…

  27.  

    gak ada lawan atau teman yg abadi… yg abadi cuma kepentingan.

    sekarang rusky rusky… tapi 10-20 kedepan bs jadi rusky yg ganti jajah SDA indonesia… wkwkwk

    sekarang asu asu… nanti perang sama cina ujung²nya minta bantuan asu… jiah taruh dimana itu muke wkwkwk

    klo indonesia gak kaya SDA apa mau rusky deket sma indonesia? sampai berani beri kredit $1M utk beli alutsita mereka.. itu krn rusky liat SDA. sdh tahu indonesia gak punya duit masih juga ngotot tawari S300.. itu jg krn liat SDA.

    kata rusky… “sdh lah ente gak usah pikir duit buat byar alutsita canggih ane, bayar sja itu sama proyek msh bnyak SDA ente yg blom dikelolah”

    kluar dr mulut harimau asu.. ee masuk ke mulut buaya rusky . wkwkwk

    solusinya adalah MANDIRI, yakin itu asu dan rusky sama gak sukanya liat indonesia mandiri krn jika indonesia mandiri artinya gak mau tergantung lagi sma mereka. tp memang utk mandiri butuh waktu bisa puluhan/ratusan tahun. untuk sementara sblum indonesia mandiri mereka baik rusky asu kita rangkul… scr geopolitik indonesia penting buat mereka, pinter² saja bermain disana. Gak cukup SU35/Pak fa tp F35/F22 klo perlu indonesia kudu punya buat hadang cina.

  28.  

    uaaaaaaaaa ….nguap aja..lah ngatuk….yg penting entar barang.y nongol….I..N:.D..O..N..E..S..I..A….prok…5x

  29.  

    Pelan n pasti

  30.  

    mumpung puasa doa pasti mabrurr ,,,,, semoga segera tandatangan beli 32 pesawat tepurrrr sukhoi 35 + ToT ,,,,,,

  31.  

    Teknologi f-15 se amerika impas dengan bocoran teknologi su-30mk vietnam, dengan tambahan rekan strategis di konflik lcs, amerika dapat setidaknya 2 keuntungan, yaitu bocoran teknologinya su-30 mk dan mitra konflik lcs, belum lagi aset invest di vietnam yang untung ujung-ujungnya amerika lagi…..sst rahasia lho!

  32.  

    ini jenis berita PHP … LoL

  33.  

    Pastinya gak bakalan asu mau kasih f15 se dg fitur secanggih itu, pastinya versi downgrade biar gak bisa ngimbangi sekutunya di asia macam singapore, aussie. Nasib vietnam gak bakalan ada bedanya dg tni au indonesia, mana mau asu kasih f15 ke tni au kecuali rusia yg mau kasih sukhoi, hasilnya kekuatan tni au naik kelas dan bisa sejajar dg tetangga2nya. Asu cuma ngijinin f16 buat dibeli indonesia, walaupun f16 viper pun yg dibeli baru dari si asu, sih bisa dipastikan spek2nya usah versi downgrade dan fitur2 kelemahannya dia bocoran ke sekutu2 terdekatnya di asia, biar gampang ngatasinya kalo ada konflik dg indonesia.

 Leave a Reply