Aug 212019
 

MiG-21 India. ( Sheeju via commons.wikimedia)

Komandan Angkatan Udara India (IAF) mengatakan jet tempur MiG-21 akan dihapus tahun ini. MiG-21 telah beroperasi selama beberapa dekade dan akan dihentikan karena perombakan jet tempur dengan menggunakan komponen buatan India.

Komandan Udara IAF Dhanoa mengatakan versi dasar jet tempur Rusia akan dihapus tahun ini, lansir NDTV.

MiG-21 bergabung dengan Angkatan Udara India pada tahun 1973-74, pesawat tempur berusia empat dekade tetap menjadi inti dari armada pertahanan udara India,

Angkatan Udara India masih menerbangkan jet tempur MiG-21 yang sudah berusia 44 tahun ketika tidak ada negara lain yang mengoperasikan kendaraan setua itu, kata Komandan Angkatan Udara India Marshal BS Dhanoa.

Pesawat tempur yang sudah berusia empat dekade itu masih tetap menjadi inti dari kekuatan udara India di mana tetangga India sudah menggunakan jet tempur yang semakin maju.

“Kami masih menerbangkan MiG-21 yang berusia 44 tahun tetapi tidak ada yang mengendarai kendaraan-kendaraan vintage itu,” kata Kepala Udara Dhanoa, di acara seminar tentang modernisasi dan pribumisasi Angkatan Udara India.

Kepala Udara mengatakan MiG-21 versi dasar akan dihapus tahun ini. Pesawat telah beroperasi selama beberapa dekade karena perombakan menggunakan komponen buatan India.

“Lebih dari 95 persen komponen yang dibutuhkan dalam perbaikan dibuat di India.’” Kata Dhanoa, seraya menambahkan Rusia tidak menerbangkan lagi MiG-21 dan dan India masih tetap bisa mengoperasikannya karena memiliki fasilitas perombakan.

MiG-21 bergabung dengan Angkatan Udara India pada tahun 1973-74, dan beberapa kali mengalami perombakan dan peningkatan dengan yang tercanggih adalah MiG-21 Bison.

Setidaknya 110 jet tempur MiG-21 ditingkatkan pada tahun 2006 menjadi MiG-21 Bison. Jet tempur dilengkapi dengan radar multi-mode yang kuat, avionik dan sistem komunikasi yang lebih baik.

MiG-21 telah mengalami beberapa kali kecelakaan selama bertahun-tahun. Selama 40 tahun terakhir, India telah kehilangan lebih dari setengah armada tempur MiG-nya dari 872 pesawat.

 Posted by on August 21, 2019