Apr 122017
 

Ilustrasi drone Tejas

Pabrikan Hindustan Aeronatics Limited (HAL) ingin mengembangkan varian drone dari pesawat tempur ringan LCA Tejas. HAL akan membentuk tim yang akan melakukan studi project konversi dari pesawat tempur berawak menjadi tanpa awak.

Diperkirakan tim tidak akan kesulitan karena sudah memiliki basic dari frame Tejas sehingga pengembangannya diharapkan tidak akan membutuhkan waktu lama.

“Kami sedang melakukan studi internal untuk membangun unmanned combat aerial vehicle (UCAV) dengan menggunakan platform pesawat tempur Tejas, “ kata T. Suvarna Raju, Pemimpin dan Manajer Direktur HAL.

Angkatan Udara India saat ini masih menunggu kedatangan 123 unit Tejas untuk menutup kekurangan 200 pesawat tempur sebagai bagian dari 42 Skuadron Udara yang dibutuhkan India.

Drone Tejas nantinya akan difungsikan sebagai pesawat tempur patroli diperbatasan atau di wilayah rawan konflik yang beresiko tinggi, sehingga akan meminimalkan resiko kehilangan pilot yang sangat berharga.

India sepertinya ingin meniru gabrakan AS yang menjadikan drone F16 sebagai pesawat serang tanpa awak. Drone F16 kini bukan hanya dijadikan drone target udara, tapi kini AS sudah mengembangkan drone F16 yang mampu berpatroli dan menyerang target secara mandiri.

Author : Muhidin

Bagikan Artikel:

  18 Responses to “India Akan Kembangkan Drone Tejas”

  1. Lumayan. Suatu kemajuan yang nyata.

  2. makin banyak aja dimasa depan pilot2 gendut

  3. tejas digoreng biar mateng..
    goyang dong…

  4. Pesawat gagal…Tp lumayanlah ada kemauan..Dari pada yang beli Tp gak deal deal..

  5. jadiin pesawat rc aeromodelling aja
    nanti jadi rc tercanggih didunia

  6. apa sy bilang nih tejas bisa berubah bentuk sesuai ke inginan alias sakti madraguna..keluarga F mah g ada apa2 nya..hohohohohoooooo ..

  7. Indonesia sudah lama mulai dengan Drone N219 tapi gak ada kabar lagi

  8. Tejas=tante jangan asal sikat

  9. Indonesia bs bikinpun gak akan berfungsi maksimal bila satelit Militernya blm beroperasi, kecuali Satelit BRI bs dipake transpondernya!

  10. India sudah hebat loh..
    Ini buktinya TEJAS telah di telurkan..

    Lah kita..??????
    Masih di atas kertas..

    Tpi sayang, dengan dana militer yg begitu besar, hanya dapat menelurkan TEJAS…

    PROGRAM T-50 PAK FA INDIA &RUSIA kemana y??
    ada yang tau??

 Leave a Reply