Jan 012018
 

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H Angkatan Udara India. © USAF via Wikimedia Commons

JakartaGretaer.com – Pemerintah India telah mulai proses pengintegrasian rudal jelajah supersonik BrahMos-A pada 40 unit jet tempur multiperan Sukhoi Su-30MKI, yang diharapkan memenuhi kebutuhan kritis Angkatan Udara India setelah berkembangnya dinamika keamanan di kawasan, menurut Press Trust of India.

Rudal jelajah Brahmos yang diluncurkan di udara, merupakan rudal jelajah supersonik tercepat di dunia, dan berhasil diluncurkan dari jet tempur Su-30MKI pada 22 November, menandai sebuah tonggak utama untuk meningkatkan kemampuan serangan presisi Angkatan Udara India.

“Sebuah timeline untuk proyek integrasi rudal tersebut telah ditetapkan”, menurut sumber resmi tanpa menjelaskan lebih jauh, namun diketahui bahwa proyek ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2020.

Sebanyak 40 unit dari armada jet tempur Su-30 India akan menjalani modifikasi struktural di Hindustan Aeronautika Ltd. (HAL) untuk integrasi rudal BrahMos tersebut.

Rudal seberat 2,5 ton tersebut mampu terbang hampir tiga kali kecepatan suara di 2.8 Mach dan memiliki jangkauan 290 km.

Jangkauan rudal tersebut dapat diperpanjang hingga 400 km karena sejumlah pembatasan teknis dicabut setelah India menjadi anggota penuh Missile Technology Control Regime (MTCR) tahun lalu.

Rudal Brahmos adalah senjata terberat yang akan digunakan pada pesawat tempur Su-30 India.

Begitu proyek untuk mengintegrasikan senjata pada armada tempur tersebut berakhir, kemampuan Angkatan Udara India (IAF) untuk menyerang target di laut atau darat dari jarak yang cukup jauh diperkirakan akan meningkat.

“Ini adalah proyek yang sangat penting mengingat kebutuhan IAF yang terus berkembang untuk meningkatkan kekuatan udara saat terjadinya perang di dua front tidak dapat dikesampingkan”, kata seorang pejabat.

Setelah uji coba versi peluncuran pesawat terbang, IAF mengatakan bahwa rudal tersebut ditambah dengan kinerja superlatif dari pesawat Su-30MKI akan memberi kekuatan pada jangkauan strategis dan akan memungkinkannya mendominasi di samudra dan medan pertempuran.

Integrasi rudal BrahMos pada pesawat Sukhoi adalah proses yang sangat kompleks yang melibatkan modifikasi mekanik, kelistrikan dan perangkat lunak pada jet tempur Su-30MKI.

Brahmos adalah perusahaan patungan antara DRDO India dan NPO Mashinostroyenia (NPOM) Rusia.

  11 Responses to “India Akan Persenjatai 40 Su-30MKI dengan Rudal BrahMos Tahun 2020”

  1.  

    hooaaammmm

  2.  

    Rusia ternyata gask pelit TOT dng India. Buktinya India sdh bisa menjalani modifikasi struktural di Hindustan Aeronautika Ltd. (HAL) utk SU-30 MKI nya.

    Gmn menurut bung Agato.?…xixixi

  3.  

    Keren Rudalnya

  4.  

    Su-30 MKI Indian Air Force

 Leave a Reply