India Akan Sediakan Kapal Selam Kilo Refurbished untuk Myanmar

Kapal selam INS Sindhuvir saat ini sedang menjalani perbaikan berat di galangan kapal (foto : Indian Defence News)

India akan menyediakan kapal selam diesel elektrik Kilo class refurbished kepada Angkatan Laut Myanmar.

Kapal selam bekas Angkatan Laut India yang bernama INS Sindhuvir nantinya akan digunakan oleh Angkatan Laut Myanmar yang sedang mencari kapal selam sendiri sebagai kapal selam latih, dilansir oleh India Times.

Kapal selam Kilo tersebut kemungkinan bisa diserahkan pada akhir tahun 2019 setelah selesai menjalani pemutakhiran dengan peralatan dan sistem tempur buatan India.

Kapal selam Kilo class india, dibeli dari Rusia pada tahun 1980-an, saat ini sedang dimodernisasi oleh Hindustan Shipyard Limited (HSL). Setelah mendapatkan izin yang diperlukan dari Rusia yang merupakan pabrikan asli kapal selam tersebut, kapal selam akan diserahkan kepada Myanmar.

Sebelumnya telah terjadi serangkaian pertukaran dan pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara dalam beberapa bulan terakhir, dengan Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Myanmar (CDS) Jenderal Senior Min Aung Hlaing saat ini sedang dalam kunjungan resmi ke India.

Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa pembicaraan dengan Jenderal tertinggi bertujuan untuk “meningkatkan kerja sama pertahanan, meninjau latihan bersama dan pelatihan yang diberikan kepada Angkatan Bersenjata Myanmar, memperkuat keamanan maritim dengan pengawasan bersama dan pembangunan kapasitas dan mengembangkan infrastruktur baru”.

Tinggalkan komentar