Jul 212019
 

Helikopter AH-64D Apache Longbow © US Army via Wikimedia Commons

Angkatan Udara India (IAF) akan segera menerima helikopter serang Apache dari AS pada akhir bulan Juli. Kemungkinan tiga hingga empat helikopter Apache tahap pertama akan dikirimkan hingga genap mencapai satu skuadron atau sekitar 11 unit dalam waktu satu bulan.

Sebelumnya dilaporkan India menandatangani kesepakatan pembelian 22 helikopter Apache dari Amerika Serikat pada tahun 2015. Menurut sebuah sumber, helikopter Apache akan tiba di Hindon Airbase di Ghaziabad dengan pesawat angkut AN 224 pada 27 Juli, seperti dirilis oleh Indian Today.

Selanjutnya heli tempur terbaik didunia itu akan dipersiapkan di Hindon Airbase dan pada minggu terakhir Agustus akan dikirim ke Pathankot dan akan dimasukkan secara resmi ke dalam IAF. Skuadron pertama Apache akan ditempatkan di Pathankot dengan Komandan pertamanya adalah Kapten Grup M Shaylu.

IAF memiliki Skuadron Helikopter 125 (125 H SQUADRON) di Pathankot, yang dilengkapi dengan helikopter Mi-35 buatan Rusia.. Skuadron kedua akan ditempatkan di Jorhat Airbase of Assam. Kemungknan pada tahun 2020, IAF akan mendapatkan semua helikopter Apache sesuai pesanan.

Helikopter Apache AH-64E dilengkapi persenjataan senapan mesin 30-mm, yang dapat menembakkan hingga 1.200 amunisi. Selain itu Apache juga dilengkapi dengan rudal anti-tank Hellfire, dan sebagai senjata tambahan, helikopter juga menggotong roket Hydra, yang mampu memborbardir target di darat.

IAF saat ini menggunakan helikopter serang Mi-35 dan Mi-25 buatan Rusia dengan satu skuadron yang ditempatkan di Pathankot dan lainnya di Suratgarh di Rajasthan. IAF juga memiliki helikopter serang Rudra buatan pabrikan dalam negeri.

Bagikan:
 Posted by on Juli 21, 2019