Nov 022018
 

INS Talwar, fregat rudal siluman milik Angkatan Laut India © M. Mazumdar/ Bharat-Rakshak via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pemerintah India telah menandatangani kontrak senilai $ 950 juta dengan pemerintah Rusia untuk pembelian dua fregat siluman kelas Krivak III yang telah ditingkatkan, seperti dilansir dari laman Defense News.

Dalam sebuah kontrak antar-pemerintah yang ditandatangani antara India dan United Shipbuilding Corporation (USC) Rusia pekan lalu untuk pasokan dua unit fregat siluman setelah dua tahun negosiasi, kata seorang pejabat di Departemen Pertahanan India.

Kesepakatan itu muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi India pada 5 Oktober dimana pemerintah National Democratic Alliance juga menorehkan kesepakatan senilai $ 5,43 miliar untuk membeli lima sistem rudal S-400 Triumf Rusia meskipun ada keberatan dari Amerika Serikat.

Sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf dalam formasi siaga © Russian MoD via Wikimedia Commons

Pejabat Departemen Pertahanan India mengatakan pengadaan fregat akan menggunakan mata uang rupee-ruble dalam transaksi daripada menggunakan mata uang dolar AS demi menghindari sanksi Amerika terhadap perusahaan pertahanan Rusia di bawah CAATSA.

Fregat dibangun oleh Yantar Shipyard dari Rusia. Mereka akan dilengkapi dengan radar, sonar, ruang komunikasi dan sistem rudal anti-kapal BrahMos, buatan India, menurut seorang pejabat Angkatan Laut India. Kapal-kapal itu diharapkan akan dikirimkan pada akhir tahun 2022, lanjut pejabat itu.

Perbandingan ukuran rudal BrahMos dan BrahMos-M. © Anirvan Shukla via Wikimedia Commons

India dan Rusia menandatangani perjanjian dibulan Oktober 2016 untuk pembelian dan pembangunan empat fregat siluman kelas Kravak III tambahan yang ditingkatkan, yang mana dua fregat akan langsung dipasok oleh Rusia dan dua lainnya akan dibangun di Goa Shipyard Limited milik negara India melalui transfer teknologi.

Kontrak terpisah akan ditandatangani pada tahun depan untuk pembangunan dua fregat siluman tersebut di India. Fregat Krivak III berkapasitas 4.000 ton itu akan menampung dua helikopter multirole dan akan digunakan untuk misi peringatan dini anti-kapal selam dan anti-udara.

India telah membangun tujuh fregat siluman versi dasar di kelas Krivak dibawah skema Proyek 17A Angkatan Laut di galangan kapal milik negara, Mazagon Dock Limited dan Garden Reach Shipbuilders and Engineers.

Angkatan Laut India saat ini memiliki kekuatan armada sebanyak 140 unit kapal perang, dengan rencana untuk meningkatkan jumlah tersebut menjadi 198 armada pada tahun 2027 yang akan datang.

  3 Responses to “India Beli Dua Fregat Siluman Rusia Senilai $950 Juta”

  1.  

    India main borong
    😆 😆

  2.  

    TNI AL bisa gak ya beli ini selain dr eropa barat dan bs dibangun di PT.PAL? Ivert Huitfield aja blm jelas tendernya.he3

  3.  

    Katanya russia pelit transfer tehnologi. Itu india kok dikasih.

 Leave a Reply