Jan 262015
 
Amerika Serikat dan India mengumumkan terobosan perjanjian yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Amerika menyuplai teknologi nuklir sipil ke India.

Amerika Serikat dan India mengumumkan terobosan perjanjian yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Amerika menyuplai teknologi nuklir sipil ke India.

Amerika Serikat dan India mengumumkan terobosan perjanjian yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Amerika menyuplai teknologi nuklir sipil ke India.

Kesepakatan itu diumumkan dalam kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke India, Minggu (25/01).

Perjanjian nuklir sebenarnya dicapai pada 2008 tetapi Amerika saat itu khawatir akan undang-undang India tentang asuransi tanggung jawab kecelakaan.

Sekarang akan dibentuk gabungan asuransi tanpa memerlukan peraturan baru.

Dalam konferensi pers bersama, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kedua negara “memulai perjalanan baru” atas dasar “saling percaya baru dan perhatian terus menerus”.

“Kami menjalin persahabatan, ada keterbukaan ketika kami berbicara,” kata Modi mengomentari Presiden Obama.

Ia menambahkan kedua negara akan meningkatkan kerjasama dalam proyek-proyek pertahanan dan sejumlah program lain, termasuk pemberantasan terorisme.

Wartawan BBC di Delhi Sanjoy Majumder melaporkan kedua negara sepakat meningkatkan perdagangan bilateral lima kali lipat, dari saat ini US$100 miliar per tahun.

Kunjungan Obama di India mendapat penjagaan ketat. Ribuan aparat keamanan diterjunkan di ibu kota, Delhi. Pada Senin (26/01), Presiden Obama dijadwalkan akan menjadi tamu kehormatan dalam upacara Hari Republik. (Tempo)

Bagikan Artikel :

  26 Responses to “India dan Amerika Serikat jalin kerja sama nuklir”

  1. Nahh, trik apa lagi nihh..

  2. Pgi warjager

  3. Sepertinya sudah serius persiapan buat ngegebuk Tiongkok

    • Tiongkok akan mengulang sejarah Mongol.
      Siberia yang kosong (jarang penduduk) akan menjadi sasaran ekspansi di masa depan.
      Siberia meski lingkungannya terlalu dingin tetapi memiliki cadangan energi, mineral dan air yang sangat besar.

      Di masa depan (sudah dimulai dari sekarang) perang akan disebabkan oleh tiga hal yaitu FEW (Food, Energy & Water). Cina sudah mengawalinya dengan menancapkan kukunya di Kepulauan Spratly dan Paracel yang kaya kandungan gas alam. Selain itu mereka juga banyak bekerja sama dengan rejim-rejim korup di Afrika untuk memperoleh sumber minyak. Angola adalah contohnya.
      Begitu juga USA terus menggoyang Timur Tengah demi mengamankan pasokan energinya.

      Indonesia bisa menjadikan kekayaan energi, mineral dan pangannya sebagai daya tawar jika ia memiliki kemampuan produksi dan tidak menjadi bangsa importir seperti sekarang ini. Cintailah produk-produk buatan Indonesia. Cintai dan kembangkanlah alutsista-alutsista buatan Indonesia.

      • Bukankah di tahun 2014 ada renegosiasi bung xtrda

      • seingat saya sudah di renegosiasi dan Pada 20 Juni 2014, pemerintah Indonesia dan Cina telah menyepakati harga baru untuk ekspor LNG dari Kilang Tangguh ke Fujian, Cina. Harga yang berlaku mulai 1 Juli 2014 ini akan naik bertahap setiap tahun. Dengan asumsi Japan Crude Cocktail (JCC) US$ 100 per barel, harga ekspor gas ke Fujian mulai Juli 2014 adalah US$ 8 per MMBTU, naik dari sebelumnya US$ 3,3 per MMBTU. Harga naik lagi menjadi US$ 13,3 per MMBTU pada 2017. CMIIW

  4. Opo maneh iki….semakin agresif aj ASU, semoga presiden kita tetap mandiri.

  5. India kan cenderung ke rusia untuk alutsistanya bahkan jg anggota BRICS , bahkan pnawaran F16 blok 60 langsung ditolak mentah2 karena F16 juga dipakai pakistan sekutu USA .. Akhirnya jatuh ke rafale untuk penggantian multirole fighter sebanyak 180unit TOT 100% sebagian diproduksi diindia kontrak hampir 8Mus$ .. Hehehe USA mulai deketin india nawarin senjata dan embel embelnya ..

  6. Indonesia bangun jgn ngimpi doang, liat tetangga smuanya udah pada maju, kalian malah pada ribut dg sesama anak bangsa

    • Setuju 100 persen, indonesia harus segera bangun dari mimpi indahnya tentang kejayaan majapahit dan sriwijaya, bekerjalah yg keras untuk mengejar ketertinggalanmu wahai bangsa indonesia, buka mata dan lihat india dia sudah melangkah jauh meninggalkan kita, bangunnnn,,,,,,,,,, bangunnnnn,,,,,,, bangunnnnnn,,,,, BANGKITLAH INDONESIA!!!!!!!!!

  7. india benar benar primadona, rebutan dua Raja raksasa block timur dan barat..
    dan ketika block barat mampu mengendalikannya, seketika kehancuran blcok timur segera terjadi..
    segala macam hal tehnologi milik timur sudah dikuasai india. jadi ketika persaingan antara dua kubu dimenangkan barat.. tamatlah riwayat dunia

  8. apakah india lebih cantik dari indonesia sehingga mampu memikat hati papa bear dan paman sam?

    • harusnya indonesia bisa mendapatkan lebih dari india bung karena USA punya banyak kepentingan disini, freport salah satu contohnya, pengahasil pajak terbesar diUSA, tp mental para pejabat kita yang koruplah yang membuat daya tawar kita lemag di mata USA….salam bung..

    • ini jelas bung. terutama dompetnya yang kagak habis2. bayangkan sekali akuisisi pespur jumlahnya 10sq. sekarang india mengincar apache buat heli serangnya.

    • bahasa kita ditahun ’70 an… ada uang–ada rupa…… hehheee

    • dalam hal SDM mereka jauh lebih cantik daripada kita
      engineering skills dan english skills nya sangat bagus
      makanya perusahaan hi-tech berbondong-bondong memindahkan pusat produksi dan risetnya ke sana. India sekarang merupakan pemain utama industri perangkat lunak dan call-center (technical support).

      konon pendidikan di sana sangat murah. akses terhadap buku-buku, laboratorium, dosen dan profesor sangat mudah. beruntung saya masih mengalami pendidikan murah ala Indonesia. SPP kuliah hanya 250 ribu. sejak terjadi liberalisasi pendidikan maka orang-orang dengan background kurang mampu seperti saya semakin sulit menjangkau pendidikan.

      secara mental mereka juga lebih siap untuk mandiri dibanding kita. berpuluh tahun mereka membangun mental “mencintai produk-produk dalam negeri” dan kini mereka memetik hasilnya. padahal dulu kita sering mengolok-olok mereka karena di film2 terlihat memakai mobil “butut”. sekarang siapa yang meragukan kapasitas Tata, Bajaj dan Mahindra?

      jangan dilupakan juga bahwa program satelit kita (Tubsat) selama ini menumpang (piggy back load) roket pengorbit satelit milik India

  9. Kalo urusan ma nuklir sipil Pemerintah nunggu siap lahir batin dulu baru berani berurusan dengan namanya nuklir..nunggu tetangga bangun dulu padahal listrik udah krisis

  10. rame rame ngebukin cina…sapa bilang indonesia yang paling dianiaya di asia.bedanya cina tahu dirinya akan teraniaya dan dia menyiapkan perlawanan,sedangkan indonesia tahu dia akan dianiaya dia justru tahluk menghamba agar tidak dianiyaya.mental inlander..

  11. India telah bekerja sangat keras untuk menjadi seperti sekarang ini, ayo indonesia! Mulailah bekerja dari sekarang, jangan banyak rencana tp tak pernah di kerjakanya. mulailah melangkah maju meskipun keadaan terasa begitu berat tp yakinlah jauh di depan sana akan ada secercah cahaya yg akan membimbingmu jika engkau melangkah maju.

  12. Indiia …….. jiilat sana,,,, jilat sini …… !!!

  13. COBA WAKTU KEMARIN PRESIDENNYA YG KEPILIH BUKAN YANG INI.

  14. india yg hindustan cantik putih loo, sampean ngaa mau ya di jilat sana sini

 Leave a Reply