India Ekspor Sonar Sistem Mutahir, untuk Kapal Perang Kecil

Korvet Anawrahta Myanmar (photo : Myanmar defence weapons)
Korvet Anawrahta Myanmar (photo : Myanmar defence weapons)

Kesuksesan di Myanmar telah memberikan kepercayaan diri bagi perusahaan pertahanan India untuk menjelajahi pasar Asia Timur dan Amerika Latin. Bahkan, ekspor pertahanan India telah melonjak enam kali untuk urusan naval system.

Pemerintah India telah menyetujui ekspor sistem sonar buatan dalam negeri untuk platform kapal kecil angkatan laut. Sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa Pemerintah India telah menyetujui ekspor modul hull mounted sonar untuk keperluan kapal pesisir. Tujuannya adalah untuk memasok alat tersebut ke Asia Timur dan Amerika Latin di mana kapal itu dimaksudkan untuk mengawasi pesisir dan perang melawan kapal selam.

“Dirancang dengan menggunakan teknologi terbaru dalam arsitektur perangkat keras dan algoritma pemrosesan sinyal yang canggih, sonar ini mampu mendeteksi, melokalisasi, mengklasifikasi dan pmelacak kapal selam dan dan target permukaan, baik di operasi mode aktif dan pasif,” ujar pernyataan yang dirilis oleh Defense Research and Development Organization, India.

Angkatan Laut India berencana memasang sonar tersebut ke tiga varian dari korvet Pauk class Rusia. Tahun lalu, India telah mengekspor tiga set sistem sonar untuk Myanmar dan juga berhubungan dengan Vietnam dan Filipina.

Sumber : Sputniknews.com

Tinggalkan komentar