Sep 172019
 

Indian Air Force (IAF) Sukhoi Su-30 MKI (AP Photo/Anupam Nath)

Moskow dan New Delhi saat ini sedang menjajaki kemungkinan untuk memproduksi secara lokal sistem pertahanan udara S-400, jet tempur Su-30 dan tank T-90 di India.

“Ya, kami sedang mendiskusikan lokalisasi produksi S-400 dengan India,” kata Sergey Chemezov, CEO Rostec, seperti dikutip oleh media Rusia. Chemezov menambahkan bahwa kesepakatan tertutup pada lisensi produksi lokal di India akan mencakup jet tempur Su-30 dan tank T-90.

Kontrak untuk sistem pertahanan udara ditandatangani pada Oktober 2018 senilai US$ 5,43 miliar (lebih dari INR 38.000 crore). “New Delhi telah melakukan pembayaran di muka dan akan menerima kelima S-400 yang dipesan pada April 2021,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov awal bulan ini.

Rusia dan India akan melakukan negosiasi tersebut menggunakan metode pembayaran baru. Sebelumnya Amerika menjatuhkan sanksi sekunder yang dikenal sebagai Countering American Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) terhadap negara-negara yang membeli peralatan militer Rusia. CAATSA disahkan untuk menghukum Rusia karena campur tangannya dalam pemilihan AS dan keterlibatannya di Ukraina.

Washington dipahami telah berjanji untuk memberikan keringanan sanksi kepada India September lalu meskipun ada rencana untuk membeli S-400, namun pengabaian berakhir pada awal Mei.

India dan Rusia menyusun mekanisme keuangan baru untuk memotong sanksi AS yang mencegah transfer dana ke rekening yang dikelola oleh entitas pertahanan Rusia. Karena pergerakan mata uang global terjadi melalui sistem yang dikontrol AS yang dikenal sebagai SWIFT, hampir semua perusahaan pertahanan Rusia telah menutup sistem transfer berdenominasi dolar.

“Kami meninggalkan pembayaran dolar dua atau tiga tahun yang lalu. Kami memiliki opsi pembayaran lain baik dalam mata uang nasional, atau sistem barter,” kata Chemezov, menambahkan bahwa semua masalah terkait pembayaran untuk pengiriman senjata ke China dan India telah diselesaikan.
Defenseworld

Bagikan:
 Posted by on September 17, 2019