Feb 052019
 

Angkatan Udara India akan segera mengintegrasikan pesawat tempur Su-30MKi dengan rudal udara ke udara jarak pendek ASRAAM (Advanced Short Range Air-to-Air Missile).

Sistem rudal ASRAAM yang menggunakan sistem rudal buatan Inggris akan segera bergabung dengan sistem jet tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-30MKI.

Sumber-sumber dari Angkatan Udara India mengatakan, “Dua jet tempur Su-30 MKI buatan perusahaan HAL India telah melakukan modifikasi perangkat lunak untuk bisa mengintegrasikan rudal MBDA ASRAAM”.

Su-30MKI yang akan dilengkapj dengan rudal ASRAAM ini merupakan kelanjutan dari kemajuan penggunaan rudal buatan perusahaan MBDA setelah pesawat serang Jaguar sudah terlebih dahulu menggunakannya.

Rudal ASRAAM yang melengkapi Jaguar adalah bagian dari kesepakatan kontrak 250 juta poundsteling antara IAF dengan MBDA Inggris pada bulan Juli 2014.

Jaguar yang dimodifikasi dengan rudal ASRAAM akan dinyatakan siap beroperasi pada tahun 2019.

Rudal ASRAAM pada pesawat tempur Typhoon (foto:Common Wikipedia)

Angkatan Udara India berencana untuk menggantikan rudal jarak dekat Su-30 MKI saat ini, Vympel R-73 buatan Rusia, dengan ASRAAM secara bertahap.

National Aerospace Laboratory (NAL) ditugaskan oleh IAF untuk memeriksa stabilitas rudal ASRAAM yang dipasangkan pada badan pesawat tempur Su-30 di pengujian terowongan angin Bengaluru.

EuraAsia

 Posted by on Februari 5, 2019