Jun 032018
 

Mata uang Rupee India

Jakartagreater.com – India dilaporkan akan membayar minyak Iran dalam mata uang Rupee karena kedua negara berusaha untuk melewati tekanan ekonomi AS di Teheran, ujar pejabat industri kepada kantor berita Sputniknews.com , 29-5-2018

Berdasarkan kesepakatan itu, pembayaran untuk minyak akan dilakukan melalui UCO Bank yang dikelola negara, yang tidak memiliki eksposur AS. Kedua negara juga membahas sistem barter -seperti untuk menghindari sanksi AS. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif sedang melakukan kunjungan ke India pekan ini, di mana dia telah bertemu dengan mitra India Sushma Swaraj.

“Selama pembicaraan, kedua pihak juga bertukar pandangan tentang perluasan lebih lanjut hubungan dalam perbankan, energi, perdagangan, asuransi, pengiriman, penggunaan mata uang nasional, proyek Chabahar dan kereta api Chabahar-Zahedan,” kata Zarif dalam sebuah pernyataan, dirilis RT.com, 1-6-2018.

Swaraj India mengatakan negara itu akan mengabaikan sanksi perdagangan AS terhadap Iran. “India akan mematuhi sanksi PBB dan tidak ada sanksi khusus negara,” kata Swaraj. Iran adalah pemasok minyak terbesar ketiga di India. India membeli rekor 27,2 juta ton minyak dari Teheran selama tahun keuangan terakhir, yang berakhir pada Maret 2018. Ini merupakan peningkatan 114 persen pada tahun sebelumnya.

Iran adalah pemasok minyak terbesar ketiga di India. Sektor swasta, serta sektor publik India, penyuling minyak sangat bergantung pada minyak mentah Iran yang murah. Penyuling India membeli rekor 27,2 juta ton minyak mentah Iran selama tahun keuangan terakhir, yang berakhir pada Maret 2018, naik 114 persen dari tahun sebelumnya.

Selama sanksi ekonomi terhadap Teheran yang ditata oleh pemerintahan Obama pada tahun 2012, India dan Iran harus membuat pengaturan alternatif, termasuk sistem barter. India mengimpor barang senilai $ 10,5 milyar, terutama minyak mentah, dan komoditas yang diekspor senilai $ 2,4 milyar.

  One Response to “India & Iran Akan Hindari Dolar di Perdagangan Minyak”

  1.  

    Nah,betul itu.gunakan sistem barter,jadi nggak perlu pake mata uang dollar.

 Leave a Reply