Mar 042016
 

India tengah bersiap untuk menguji penembakan rudal jarak jauh bawah laut bernama K-4. Rudal itu mampu membawa hulu ledak hingga jarak 3.500 kilometer. Tes ini rencananya akan dilakukan dari kapal selam di Teluk Benggala antara tanggal 7 atau 8 Maret. Kementerian Pertahanan India menyatakan bahwa pihaknya telah dalam kondisi siap untuk segera melakukan uji coba sesuai jadwal.

Sementara sistem pelacakan telah bergeser dari Uji Rentang Terpadu (ITR) dan dua kapal Angkatan Laut dibawa ke daerah misi, satu lagi kemungkinan akan pindah ke titik ledakan untuk merekam peristiwa terminal dan pendaratan.

Tes ini akan dilakukan dari kapal selam ponton, replika dari kapal selam, diposisikan hampir 30 kaki dalam di laut. Defence Research and Development Organisation (DRDO), yang telah mengembangkan rudal, telah menyimpan rahasia proyek sampai tes pertama pada bulan Maret 2014.

Dalam tes pertama, rudal itu berhasil menempuh jarak hingga 3.000 kilometer. Saat ini, para ilmuwan dilaporkan berusaha untuk mengujicoba rentang operasional penuh hingga 3.500 kilometer. Rudal, dunia terbaik di kelas ini, harus menjalani dua uji coba perkembangan sebelum diluncurkan dari kapal selam produk dalam negeri yang dikembangkan oleh INS Arihant pada setahun mendatang.

Seorang ilmuwan pertahanan mengatakan bahwa rudal bermanuver tersebut memiliki sistem yang inovatif dalam tiga dimensi, serta memiliki kecepatan hipersonik. Fitur yang luar biasa dari sistem senjata ini membuatnya sulit untuk dilacak dengan mudah dan dihancurkan oleh sistem pertahanan rudal anti-balistik. Rudal ini memiliki akurasi yang tinggi, mendekati kemungkinan nol kesalahan melingkar.

Kapal selam kisaran menengah meluncurkan rudal balistik (SLBM) adalah sekitar 12 meter dengan diameter 1,3 meter. Beratnya sekitar 17 ton dan dapat membawa hulu ledak hingga seberat 2.000 kg. Rudal ini didukung oleh propelan roket padat.

India sejauh ini telah merencanakan tiga rudal di K-series. Sementara kisaran 700-km K-15, diganti sebagai B-05 (diluncurkan 10 kali) dan berbagai 3.500-km K-4 telah dikembangkan. Rudal K-5 akan memiliki kemampuan yang mencolok dan menjangkau lebih dari 5.000 kilometer. Semua rudal K-series memiliki kemampuan yang lebih cepat, lebih ringan dan stealthier.

newindianexpress

  20 Responses to “India Jalankan Proyek Rahasia Rudal K-4”

  1. Waowww

    • Engga wow biasa aja absen dulu

    • oopppsss indonesia harus ber hati hati……sejarah india punya sakit hati dengan indonesia…,
      juga pangkalan india di andaman…? apa maksud nya tuh…,indonesia bisa dilibas dengan cepat..
      india adalah musuh indonesia yang tersamar…

      • Musuh tersamar Indonesia yang sudah pasti itu hanya satu yaitu Zimbabwe

      • india pernah bersitegang dengan indonesia karena indonesia pernah meminjamkan kapal selam ke pakistan … tapi india juga salut dengan kita pada waktu kapal perang tni al memisahkan atau mendamaikan kapal2 perang pakistan dan india yg siap bertempur ..
        sahabat indonesia pada waktu ktt non blok …
        juga film2 india disukai di sini hehehe bahkan baalveer buat anak anak …
        musuh besar india cuman pakistan dan china

  2. Semoga Indonesia segera menyusul

  3. masih percaya Indonesia lemah?

    • Tergantung bung Hugepants,,,
      Jika dibandingkan india, china atau negara2 besar lainnya dimana inhan mereka sudah mampu memenuhi kebutuhan teknologi tinggi, jelas indonesia tertinggal, yg berarti dibidang produksi alutsista masih lemah, contoh pespur, kasel, rudal adalah senjata strategis yg mampu membawa daya penggetar, sedangkan indonesia baru melangkah dibidang itu.

  4. wah duh … iki anak buah sing endi yo…?????

  5. tuan takur makn mantap aja bagaimana dgn rudal nkri kelanjutannya ?

  6. gila loe ndro…

  7. Kalo rahasia tuh berarti gak ada yang tahu kalo ini mah namanya pamer kekuatan dengan tujuan nakut nakutin sama kayak korut nih india medianya lebay padahal kemampuan aslinya nggak segitu juga….

  8. Samaa aja kaya d sinii.. ngakunya punya inpo A1, rahasia negara. Tapii ceritanya udh kemana2

  9. K4 bukan senjata tp sebuah Sandi RAHASIA…Mungkin kali ya..hehehe

    #EdisiNglantur.com

  10. Lebay..bener engga…koar2..doang.kasian tu rakyat.y miskin.terus…gue bilang waw..gitu…

  11. India adalah contoh negara yg para pemimpinnya berusaha untuk menjadikan negaranya menjadi negara maju…Tp Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa..KEPUTUSANnya hanya Allah SWT yg menentukan..Supaya kita selalu TAWADHU/Rendah hati.

    “ Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri ” (QS. Al Hadid: 22-23)

  12. tata bahasa artikelnya agak aneh menurut ane nih….apa kira2 ini artikel dlm bhs inggris trus di translet langsung ke bhs indonesia tanpa ada penyesuaian2 seperlunya yak?

  13. Proyek rahasia??? Tapi diketahui umum,,, hmmm…. 😀

 Leave a Reply