India Kerahkan Kapal Selam Scorpene-Class, INS Kalvari

Kapal selam INS Kalvari, kapal pertama dari enam kelas Scorpene pesanan India melaksanakan uji coba laut © Indian Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Saat ketegangan memuncak antara India dan Pakistan, negara itu telah mengerahkan kapal selam kelas-Scorpene yang dibangun secara indigenous, yakni INS Kalvari.

Ini adalah penyebaran operasional INS Kalvari yang pertama kalinya, serta pergerakan terbatas oleh pasukan darat untuk semakin mengamankan Perbatasan Internasional di sektor Jammu, menurut laporan Economic Times pada hari Sabtu.

“Angkatan Laut dikerahkan dalam kondisi siaga tinggi dan tetap siap di ketiga matra – di permukaan, dibawah laut dan di udara; diketahui bahwa semua platform operasional telah berada di laut dan diperintahkan untuk siaga penuh”, kata Laksamana Muda Gujral.

Latihan Kesiapan Operasional Tingkat Teater (TROPEX) tahunan bahkan telah dihentikan sementara karena situasi yang ada, dan diharapkan dilanjutkan hanya setelah ketegangan mereda. Latihan itu semula direncanakan akan selesai pada awal Maret, jadi lebih dari 70 kapal perang, selain pesawat tempur dan kapal pendukung, berada di laut, dipersenjatai sepenuhnya dan siap untuk operasi, menurut laporan itu.

Kapal selam INS Kalvari, kelas Scorpene pertama Angkatan Laut India. © Indian Navy via Wikimedia Commons

Angkatan Laut India akan menerima kapal selam kelas Scorpene kedua, INS Khanderi, di bulan Maret atau April 2019, Komodor Rakesh Anand, Ketua dan MD dari Pembuat Kapal Dok Mazagon Mumbai (MDL) Mumbai seperti dikutip oleh IHS Jane.

“Kapal selam ketiga Karanj juga kemungkinan akan dikirim pada akhir tahun 2019. Baik INS Khanderi dan INS Karanj saat ini sedang menjalani uji coba penerimaan laut”, tutur  Komodor Rakesh Anand.

Kontrak untuk produksi berlisensi enam kapal selam kelas Scorpene ditandatangani pada 6 Oktober 2005 di bawah Proyek 75.

Baru-baru ini, India juga menyetujui akuisisi lebih dari 100 torpedo kelas berat yang akan melengkapi enam kapal selam kelas Scorpene yang sedang dibangun di Mumbai, berlokasi di pantai barat negara itu.

Tinggalkan komentar