India Kirim Deep Submergence Rescue Vessel untuk Cari KRI Nanggala 402

Militer Dunia – Angkatan Laut India mengirimkan kapal penyelamat kapal selam Deep Submergence Rescue Vessel (DSRV) untuk membantu menemukan kapal selam TNI AL, KRI Nanggala 402 yang hilang pada Rabu pagi, 21/4/2021, di perairan Bali.

Kapal penyelamat kapal selam ini berangkat dari pelabuhan Visakhapatnamm dari negara bagian Andhra Pradesh, India Timur, ungkap juru bicara Angkatan Laut India @indiannavy, Kamis, 22-4-2021.

Angkatan Laut India juga pada situasi kritis ini turut mendoakan keselamatan KRI Nanggala yang disebut sebagai saudara seperjuangan.

“Pada 21 April 2021, peringatan diterima oleh Angkatan Laut India melalui International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO), terkait kapal selam Indonesia yang hilang. Kapal selam itu dilaporkan sedang berlatih di lokasi 25 mil di utara Bali dengan awak 53 personel, ”kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan, dikutip TheHindu.com, 22-4-2021.

DSRV berangkat melalui laut dan harus menempuh jarak sekitar 2.500 mil laut, kata seorang pejabat Angkatan Laut. Konsultasi sedang berlangsung antara pejabat senior Kementerian Pertahanan India dan Indonesia.

India Kirim Deep Submergence Rescue Vessel untuk Cari KRI Nanggala 402. (@indiannavy)

Deep Submergence Rescue Vessel (DSRV)

India adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang mampu melakukan Pencarian dan Penyelamatan kapal selam yang bermasalah melalui DSRV, kata Angkatan Laut India.

“Sistem DSRV Angkatan Laut India dapat menemukan kapal selam hingga kedalaman 1000 meter dengan menggunakan Side Scan Sonar (SSS) dan Remotely Operated Vehicle (ROV) yang canggih,” katanya menambahkan.

Saat etelah kapal selam berhasil ditemukan, sub modul lain dari DSRV – Kendaraan Penyelamat Kapal Selam (SRV) – bekerja sama dengan kapal selam untuk menyelamatkan personel yang terjebak. SRV juga dapat digunakan untuk menyediakan pasokan darurat ke kapal selam.

Angkatan Laut India memperoleh DSRV, kemampuan kritis untuk penyelamatan kapal selam, pada Desember 2018 dan sejak itu telah mengerahkan dua DSRV, masing-masing di Mumbai dan Visakhapatnam di pantai Barat dan Timur ntuk memberikan redundansi, ketersediaan operasional, dan respons awal untuk menangani kemungkinan insiden kapal selam.

DSRV India, yang dipasok oleh James Fisher Defense, Inggris, adalah yang terbaru dalam hal teknologi dan kemampuan, kata seorang pejabat India.

* Foto: doc. Deep Submergence Rescue Vessel India (@indiannavy).

Tinggalkan komentar