Inilah 3 Pilot Pesawat Tempur Wanita Pertama India

29
2152

Mohana Singh, Bhawana Kanth dan Avani Chaturvedi tidak akan melupakan hari sabtu (18/6) menjadi hari yang paling bersejarah dalam hidup ketiga wanita cantik ini saat ditugaskan pertama kali dalam satuan pesawat tempur angkatan udara di Hyderabad.

Perisitwa bersejarah ini menandai pertama kalinya Angkatan Udara India, melantik tiga pilot pesawat tempur perempuan, yang sebelumnya sempat membuka pintu bagi perempuan yang berminat untuk tugas tempur dalam salah satu dari angkatan bersenjata terbesar di dunia.

Hal ini merupakan langkah maju bagi angkatan bersenjata India yang berkekuatan 1,2 juta itu yang telah ketinggalan dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Ingggris, Israel dan Pakistan tetangganya dalam mengizinkan wanita duduk dalam kokpit pesawat tempur jet.

Angkatan udara wanita India batch pertama.
Angkatan udara wanita India batch pertama.

Angkatan udara wanita India batch pertama ini, bisa menjadi perintis jalan bagi angkatan darat wanita dan angkatan laut wanita. Bulan Februari lalu, Presiden India Pranab Mukherjee mengumumkan dalam parlemen bahwa perempuan akan diizinkan dalam semua satuan tempur angkatan bersenjata.

Ketika ditanya tentang tantangan yang kemungkinan dia hadapi sebagai seorang pilot pesawat tempur wanita, Mohana Singh mengatakan “Tidak berbeda dari apa yang dihadapi pilot pria.”

Sementara, Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar menyerahkan penugasan resmi itu pada Avani Chaturvedi dari Madhya Pradesh, Mohana Singh dari Rajasthan, dan Bhawana Kanth dari Bihar, bersama dengan para taruna lain dalam parade kelulusan di Akademi Angkatan Udara di Dundigal.

Setelah penugasan resmi di tangan, Mohana, Avani, dan Bhawana akan ditempatkan di pangkalan udara Bidar atau Kalaikunda untuk menjalani pelatihan terbang dengan Hawk — termasuk mempelajari manuver tempur intensif dan menembak selama setahun — sebelum bergabung dengan skuadron.

Latihan dilakukan untuk memastikan mereka bisa digdaya di udara, mengatasi jet tempur tua semisal MiG-21 atau yang relatif baru seperti Sukhoi-30MKI dan Mirage-2000. Setelah trampil dalam pertempuran udara, ketiganya baru akan diijinkan menerbangkan pesawat tempur supersonic menjelang tahun depan.

Pilot perempuan india sejatinya berjumlah sekitar 100 dari 1.400 pilot angkatan udara India, tetapi sebegitu jauh mereka hanya bertugas dalam satuan helikopter muapun pesawat angkut serta belum pernah sekalipun ditempatkan dalam pesawat tempur. (marksman/ sumber : indiatimes.com dan voaindonesia.com)

29 COMMENTS

    • TUKANG SERVICE KOK MALAH KALAH PINTAR SAMA MBAH .. SANA BELAJAR LAGI AGAR GAMBARNYA TAMPAK …… ITU LIHAT IC GAMBARNYA, SAMA RANGKAIAN LUMINANCNYA MUNGKIN ADA CAPASITOR KOPLE KE CATUDAYA 11,4 VOLTNYA SUDAH RUSAK / KERING …. HMM

LEAVE A REPLY