India Luncurkan Kapal Induk INS Vikramaditya Diam-Diam

V aditya 5 0

INS Vikramaditya (foto:IndianNavy.nic)

JakartaGreater.com – Satu-satunya kapal induk India, INS Vikramaditya, diam-diam berlayar dari Pangkalan Angkatan Laut India di Mumbai pada tanggal 27/02, mematikan sistem automatic identification system (AIS ) dengan tujuan pelayaran yang tidak diketahui.

Selain kapal induk, India juga meluncurkan kapal perang pengawal dan kapal pendukung lainnya dengan jumlah cukup besar.

Menurut laporan media asing yang komprehensif, alasan pengiriman kapal induk India bukanlah untuk berperang dengan Pakistan, tetapi untuk menghindari pertempuran frontal antara India dan Pakistan, yang telah menyebabkan armada kapal induk menjadi pasif dan bisa menjadi sasaran empuk di dermaga.

Alasan lain peluncuran Vikramaditia mungkin juga untuk bertahan di “posisi kunci” dan mencegah kemunduran situasi yang tiba-tiba jika situasi di kawasan India-Pakistan terus memburuk. Vikramaditya kemungkinan akan melakukan serangan udara terhadap kota militer “Kalyan” Pakistan.

Dapat dipahami bahwa “Vikramatya” yang dikirim oleh India adalah kekuatan utama penerbang Angkatan Laut masa depan India. Kapal tersebut memiliki kapasitas 45.400 ton dan digerakkan oleh tenaga konvensional.

Kekuatan udara kapal induk adalah MiG-29K buatan Rusia. Pesawat tempur medium tersebut mampu membawa rudal udara-ke-udara R-73, roket S-24B dan berbagai rudal buatan Rusia dengan total muatan 2,5 ton.

Namun, karena ukuran hanggar yang terbatas, dalam keadaan normal kapal induk hanya dapat mengangkut hingga 24 pesawat MiG-29K. Selain itu, tiadanya perangkat katapel membuat MiG-29K hanya membawa persenjataan dalam jumlah terbatas.

Ettoday

Leave a Reply