Apr 052017
 

Jet tempur latih Advanced Hawk yang dikembangkan BAE System bersama HAL

Perusahaan dirgantara asal India, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) sedang berusaha untuk secara agresif memasarkan jet tempur latih Advanced Hawk upgrade mengingat respon yang kurang hangat dari Angkatan Udara India saat ini, seperti dilansir dari The Hindu Business Line.

“Kami sedang berusaha untuk menargetkan negara-negara sahabat dari India dan Inggris, dengan pesanan utama untuk India (HAL)”, kata sumber-sumber resmi.

Sumber tersebut menunjukkan bahwa kedua belah pihak berpendapat bahwa terdapat pasar potensial untuk memasarkan jet tempur latih Advanced Hawk, yang memulai debutnya pada Aero India 2017 yang diselenggarakan di Bengaluru beberapa waktu lalu.

Sebuah skandal suap yang melibatkan perusahaan Rolls-Royce, yang membuat mesin jet yang digunakan pada pesawat tempur latih Advanced Hawk, telah menempatkan setiap pesanan baru dari Angkatan Udara India di bawah bayang-bayang.

India adalah operator terbesar jet tempur latih Hawk di dunia. Selain yang ditawarkan dengan peningkatan kemampuan pelatihan untuk armada yang lebih besar, pesawat ini juga sedang dipasarkan sebagai pesawat tempur ringan yang terjangkau untuk negara-negara dengan angkatan udara yang lebih kecil.

“Para pelanggan potensial Advanced Hawk adalah setiap angkatan udara yang bermaksud untuk membeli versi berikutnya dari pesawat tempur Hawk. Tujuan memamerkannya pada Aero India adalah untuk merangsang minat para pembeli tersebut”, tambah narasumber.

Pengerjaan Advanced Hawk telah berlangsung selama lebih dari dua tahun, HAL dan BAE System telah mengumpulkan berbagai sumber daya untuk menjamin kemampuan peran tempur dari jet pelatih tersebut dan juga dapat membawa bergagai senjata pintar.

Menunjuk beberapa inovasi pada Advanced Hawk, narasumber mengatakan bahwa bentuk sayap menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja pesawat dan menambah kelincahan, seperti juga memastikan take-off dan landing pada jarak lebih pendek.

Pesawat ini juga memiliki sensor baru dan persenjataan, termasuk layar helm untuk pilot (HMD), pesawat terbang pertama yang berasal dari pesawat pelatih yang menggunakannya. BAE System dan HAL telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) pada tahun 2015 untuk bersama-sama mencari peluang dalam pengembangan dan mencari pasar ekspor.

Bagikan Artikel:

  21 Responses to “India Mulai Agresif Memasarkan “Advanced Hawk””

  1. Kemarin Tejas, sekarang Advanced Hawk
    Siapa yang minat ayo ngumpul…

  2. Yang sudah bertahun tahun diminati, di kaji, di tunggu tunggu saja kagak datang datang !!!

  3. Hihihi Bung Anu Datanglah… 😆

  4. dengar nama “BAE_HAWK” teringat peristiwa aceh. sok demokratis tu britan masalah d negaranya sendiri malah lebih kacau n masa lalunya juga lebih kelam

  5. hm….

  6. Begh… India… benar2 menggemaskan… semangatnya patut d cung jempol… hampir semua produsen d ajak kerjasama…. gado2 banget & bikin negara produsen yg berseberangan ngeri akan kebocoran rahasianya….

    • hehehe… iya bung, dan India bisa berbuat apa saja demi keuntungan “pribadi” dalam melawan China dan Pakistan yg skrg lagi berseteru dengan India

      • buat rivalnya sih senang senang saja india tot, malah menjadi keuntungan buat mereka karena jadi lebih mudah buat mendapatkan informasi rahasianya, mengingat birokrasi dan prosedur keamanan india yang jauh dibawah standard eropa. bisa bisa kasus kebocoran data Scorpene terulang lagi.

  7. Kita puji semangat india utk menjual jet tempur baik tejas maupu advance hawk ini…semoga banyak yg berminat dgn pesawat latih ini utk mendongkrak perekonomian india…krn dgn kemajuan india msh bakal ada yg menyaingi ato mengimbangi kemajuan pesat china…

  8. Yang model beginian pasti Indonesia beli..Biasanya Indonesia beli pesawat2 murah dan nanggung macam t50,super Tucano,Hawk 200 dll..lemah cuman buat latih Tp sedikit punya kemampuan menyerang musuh…

    • Maklum bung, alasannya klasik, minim dana alias cekakkkk!!, xxixii padahal anggaran naik terus tp alasannya itu2 aja….trnyata program revolusi mental blm terwujud…..kasian indonesiaku yang kaya ini…

  9. T50 kita untuk latih lanjut,,
    jika nantinya di upgrade menjadi F50 secara signifikan meningkatkan kekuatan udara kita..
    ayolah bung,, kita diskusikan dengan jernih..
    dalam jajaran kekuatan udara Indonesia.. T/F50 memiliki tupoksinya sendiri…
    pilot2 masak dari latih dasar langsung mengoperasikan pesawat tempur…
    hawk pun masih digunakan untuk patroli dan intercept blackflight…

    saya tidak membela siapa2,, tapi kita kadung sudah beli T50..
    maka maksimalkan apa yg kita punya…
    salam

    • Pasti ditambah FA50nya bung,kemungkinan besar 3 ska,@ ska 12-16 unit..sambil belajar makai jet,sekalia nambah jam terbang,sekalian patroli kayaknya…menurut saya lho..nambah jam terbang sebagai syarat naek ke level penggunaan pespur yanh lebih superior…

  10. Tetap memilih Tejas sebagai daya tarik Militer India..

  11. Dengan masih hidupnya lini produksi HAWK maka HAWK Indonesia akan panjang umur .

  12. produk HAL lbih unggul dari PT DI.. Dari Tejas ( Riset ny sampe 30 tahunan lebih, hasil nya IAF saja kgg milih)

    Beda nya negri ini investasi pemerintah nya yang kurang..

    Mampukah PT DI membanggakan lewat projeck F33.

 Leave a Reply